Simak Ragam Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

Pretty Black Cat

Simak Ragam Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas



 

Simak Ragam Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

“Makanan terasa hambar bila tak pakai sambal!”. Masyarakat memang sangat menyenangi dengan berbagai jenis makanan pedas. Wajar jika kemudian banyak bertebaran produk-produk makanan dengan citarasa pedas. Tapi ternyata, dibalik besarnya antusias masyarakat terhadap masakan pedas, bahaya makanan pedas juga bisa mengintai kita. 

Selain selera, bahaya ini juga yang membuat sebagian orang tidak terlalu menggemari masakan pedas. Lalu sebenarnya, apa saja sih manfaat sekaligus bahaya makanan pedas yang harus diketahui?

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas

Selain nikmat dan menggugah selera, terdapat beberapa khasiat kesehatan yang bisa kita rasakan ketika mengkonsumsi makanan pedas dalam kadar cukup dan frekuensi tidak terlalu sering dan berlebihan. Lebih detailnya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai risiko penyakit yang mungkin menyerang. Cabai dan paprika, yang mana diketahui memiliki rasa pedas, mengandung vitamin C dan A yang sangat tinggi. Dimana kedua jenis vitamin tersebut ialah zat antioksidan yang baik dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

2. Menurunkan Berat Badan

Sensasi panas dan terbakar yang tercipta di lidah ketika kita mengkonsumsi cabai disebabkan adanya kandungan senyawa capsaicin di dalamnya. Faktanya, kandungan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan temperatur dalam tubuh sehingga dapat mempercepat kinerja metabolisme. Seperti yang kita ketahui, saat sistem metabolisme dalam tubuh berjalan dengan cepat, kalori yang ada di dalam tubuh pun bisa terbakar dengan lebih cepat, sehingga dapat dengan cepat menurunkan berat badan.

3. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi makanan pedas secara rutin disebut-sebut mampu mencegah kanker. Capsaicin yang terkandung dalam cabai memiliki khasiat untuk menghambat sekaligus mematikan pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel lain disekitarnya.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat makan makanan pedas juga ternyata bisa dirasakan untuk kesehatan jantung. Buah cabai yang dikonsumsi secara rutin diklaim mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan capsaicin dalam makanan pedas terbukti efektif melawan inflamasi yang menjadi penyebab dari berbagai penyakit jantung.

Bahaya Makanan Pedas Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Saat dikonsumsi secara berlebihan, makanan pedas dapat menuntun seseorang pada berbagai risiko kesehatan yang sangat berbahaya. Misalnya saja:

1. Maag

Salah satu bahaya makanan pedas yang paling sering menimpa para pecinta pedas ialah maag. Jumlah cabai yang terlalu banyak bisa mengakibatkan lambung mengalami peradangan atau iritasi, dimana kondisi ini lebih akrab disebut sebagai maag. Selain itu, seorang penggila makanan pedas juga dimungkinkan akan mengalami sakit kepala dan diare.

2. Asam Lambung Naik

Seseorang yang mengkonsumsi makanan pedas dalam level di atas kemampuannya, dalam frekuensi sering, akan mengalami masalah pada organ lambungnya. Sebab, makanan pedas bisa menjadi penyebab terjadinya asam lambung yang mengakibatkan tenggorokan menjadi panas. Tak hanya itu, dinding lambung juga dikhawatirkan akan mengalami iritasi dan kerusakan.

3. Iritasi Usus

Bisa dibilang, usus adalah salah satu organ dalam sistem pencernaan yang sangat sensitif. Seseorang yang mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan dimungkinkan akan mendapati bahaya pada ususnya. Beberapa gangguan pada usus mungkin menjadi sulit untuk dihindari, hingga akhirnya menimbulkan iritasi pada usus.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya makanan pedas. Seperti kata pepatah, “Hal apapun yang kadarnya berlebihan itu tidak memiliki dampak yang baik!” Demikian pula dengan makanan pedas. Meski mungkin banyak digemari karena sensasinya, namun ketika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan, Anda akan merasakan beberapa gejala gangguan pada kesehatannya. Jadi, tetap konsumsi makanan pedas dalam porsi yang wajar saja ya!

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa..


Pict: canva



Posting Komentar

2 Komentar

  1. semua jenis makanan pasti ada hal baik dan buruknya ya jika dikonsumsi secara berlebihan

    BalasHapus
  2. Sangat-sangat informatif kak. Sayangnya mahal cabe, yang murah cabe-cabean, jadi kurangi makan yang pedes-pedes. Paling kalau saya sambel bawang aja dah seger banget kak, buat makan. Nikmatnya nampol dah. Apalagi lempernya buat kokoh langsung. Pernah makan pakai sambel bawang kak? Nasinya tiwul anget, campur sama nasi putih biasa, tempe goreng, sama ikan asin. Hmm nyamii....

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.