Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tubuh

Pretty Black Cat

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tubuh



Susu kambing etawa

Manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tubuh, ternyata tak kalah kandungannya dengan susu sapi atau susu kambing biasa, lho. Karena, ada begitu banyak jenis susu yang biasa kita konsumsi, seperti susu sapi, susu kambing, hingga susu kedelai. Tentunya semua susu memberikan manfaatnya masing-masing ya. Begitu juga dengan susu kambing etawa yang belakangan ini mulai diminati masyarakat. 

Kambing etawa adalah hasil persilangan antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia. Kambing jenis ini sangat dikenal di kalangan masyarakat karena kualitas dan manfaatnya. Di pasaran, kambing etawa dijual dengan harga cukup mahal, sekitar 4-6 juta rupiah.

Faktor lain yang membuat susu kambing etawa istimewa adalah susu yang dihasilkannya kaya akan nutrisi. Bahkan kandungannya tak kalah dengan kandungan gizi pada susu sapi. Susu kambing etawa mengandung protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, sodium, vitamin A, vitamin B2, B3, dan laktoferin.
   

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan

Meminum susu kambing etawa secara rutin dapat memberikan banyak manfaat, utamanya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini akan saya rangkum beberapa manfaat susu kambing etawa yang bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh, antara lain:


1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Salah satu manfaat susu kambing etawa adalah meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan Riboflavin (vitamin B2) dan B3 yang terkandung di dalamnya, dipercaya dapat membantu perkembangan sel otak dan saraf. Kandungan dalam susu kambing etawa rupanya juga bermanfaat untuk pertumbuhan sel otak pada janin.

2. Mencegah Penyakit Pernapasan

Susu kambing etawa memiliki kandungan flourin dan betakasein yang baik untuk mengobati gangguan pernapasan seperti asma, TBC, dan flek paru-paru. Susu kambing etawa juga dapat dijadikan obat ampuh untuk membersihkan organ-orang dengan masalah pernapasan.

3. Mencegah Stres

Bukan hanya kafein saja yang mampu meredakan stress, rupanya susu kambing etawa juga memiliki manfaat yang sama. Untuk menghindari stress, Anda bisa mencoba susu kambing etawa hangat untuk membuat pikiran lebih rileks. Susu kambing etawa mengandung zinc dan magnesium untuk memperkuat jaringan saraf dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

4. Manfaat untuk Kecantikan

Bukan hanya kesehatan tubuh saja, susu kambing etawa juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Asam laktat dalam susu kambing etawa bermanfaat untuk regenerasi kulit dan menghilangkan kulit mati. Susu kambing etawa bahkan bisa digunakan sebagai sabun mandi, sabun wajah, lulur, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan mineral seperti Vitamin C, niacin, thiamin, vitamin B, selenium, dan seng. Molekul yang terkandung dalam susu kambing etawa sangat mudah diserap oleh kulit.

5. Meningkatkan Produksi ASI pada Ibu Hamil

Kalsium yang terkandung pada susu kambing lebih banyak dibanding pada susu sapi. Susu kambing yang dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui, akan membantu memperlancar produksi ASI. Akan lebih baik jika ibu hamil mengonsumsinya pada usia kehamilan 6 bulan.

6. Meningkatkan Sistem Imun dan Antibodi

Mengonsumsi susu kambing secara rutin dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Kandungan flourin di dalamnya mencapai 10 kali lipat dibanding pada susu sapi. Jika Anda sedang masa penyembuhan atau ingin meningkatkan kekebalan tubuh, ada baiknya Anda mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin. Begitu juga pada anak-anak yang rentan terkena penyakit, susu kambing etawa akan sangat membantu meningkatkan imun dan antibody anak.

7. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi susu kambing etawa untuk penderita diabetes adalah pilihan yang tepat. Susu kambing etawa yang didapat karena kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes untuk membentuk insulin. Untuk penderita diabetes, sebaiknya konsumsi susu kambing tanpa tambahan gula atau pemanis.

8. Menjaga Kesehatan dan Kerja Jantung

Dalam susu kambing etawa terdapat kandungan kalium yang mampu menormalkan tensi darah. Hal ini sekaligus dapat menjaga kesehatan dan kinerja jantung. Kesehatan jantung yang terjaga dapat menghindarkan tubuh dari gangguan fungsi jantung dan penyakit stroke. Namun, kamu tetap harus mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat.

9. Mengatasi Infeksi Bakteri

Susu kambing etawa juga mengandung zat antibakteri. Kandungan ini membuat susu kambing etawa mampu mengatasi infeksi bakteri, khususnya E.coli. Dari hasil penelitian menunjukkan jika konsentrasi susu sebanyak 60-80 persen bisa menghambat pertumbuhan bakteri resisten, sementara konsentrasi 100% dapat menghambat bakteri sedang. Bakteri E.coli ini merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti infeksi saluran kemih dan pneumonia.

10. Mengobati Diare

Penyakit diare merupakan salah satu yang disebabkan oleh bakteri E.coli. Kandungan zat laktoferin pada susu kambing etawa membuat susu ini dapat mengobati diare. Laktoferin yang ada pada susu kambing etawa memiliki sifat antidiare yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli sebagai penyebab diare.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat susu kambing etawa selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah, karena kalsium yang terkandung di dalamnya. Kalsium dengan Vitamin D mampu membantu tekanan darah tetap stabil. Meski begitu, hal ini belum bisa dijadikan acuan karena kurangnya bukti ilmiah. Dilihat dari berbagai kandungan di dalamnya, manfaat susu kambing etawa sangat besar untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, kamu tetap harus mengimbangi dengan konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Tingginya kandungan lemak dalam susu kambing etawa akan membuat berat badan naik jika tidak dikonsumsi dengan tepat. Jika terjadi hal yang demikian, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai manfaat susu kambing etawa dan cara mengonsumsinya.

Semoga artikel ini memberi banyak manfaat. Silakan berbagi ke media sosial. Sampai jumpaa..

Ref:
https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-susu-kambing-etawa-hlt/
https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-susu-kambing-etawa/
https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-susu-kambing-etawa
https://www.idntimes.com/health/fitness/siti-nurdianti/manfaat-susu-kambing-etawa-exp-c1c2/5
Gif: canva



Posting Komentar

0 Komentar