Melawan Penyakit Kritis dengan Menjaga Kesehatan Mental

Pretty Black Cat

Melawan Penyakit Kritis dengan Menjaga Kesehatan Mental



Melawan Penyakit Kritis, Menjaga Kesehatan Mental, Gaya Hidup Sehat, Hidup Sehat

Melawan Penyakit Kritis dengan Menjaga Kesehatan Mental - Memiliki kesehatan mental pasti akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih sehat. Kesehatan mental adalah hal yang terpenting untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan dengan baik. Sekalipun kamu mengidap penyakit kritis, kesehatan mental harus tetap terjaga, demi melawan tingkat stres yang semakin tinggi.

Karena kesehatan mental berkaitan erat dengan kesehatan fisik, maka harus dijaga sebaik-baiknya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mental?

Memiliki tubuh yang sehat, tentunya juga harus memiliki mental yang juga harus sehat. Terlalu terbebani oleh pikiran, akan membuat fisik rentan terserang penyakit. Menurut Mental Health, orang dengan kondisi stres tingkat tinggi, cenderung mudah terserang penyakit kanker bahkan memiliki risiko 32% lebih besar hingga mengalami kematian. Yang lebih parahnya, jika sampai depresi berat, memiliki risiko terkena gangguan jantung koroner.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Sementara dalam kekhawatiran lain, jika tubuh mengalami gangguan kesehatan mental, maka seseorang tidak akan pernah tenang terhadap apa yang sedang dialaminya. Misalnya saja dia telah divonis mengidam penyakit kritis, maka pikirannya akan terus memikirkan penyakit tersebut.

Berbagai pertanyaan akan selalu muncul dalam benaknya, seperti, bagaimana supaya dia bisa segera sembuh, banyaknya biaya pengobatan yang akan ditanggung, pekerjaannya akan terbengkalai, dan sampai menunda rencana yang telah disusun jauh hari?

Rasa cemas berlebih ini akan memicu stres bahkan mengarah ke depresi. Hal terburuk yang terjadi adalah, menghambat proses penyembuhan penyakit kritis yang diderita. Dibeberapa kondisi, penderita penyakit kritis sulit mengendalikan diri untuk bersikap tidak peduli terhadap kesehatannya.

Maka dari itu, perlu adanya rasa optimisme, rasa bersyukur, tingkat stres rendah, serta kebahagiaan diri, semua ini sangat berkaitan erat dengan proses penyembuhan dan mencegah risiko berbagai penyakit.

Seorang pekerja keras atau yang terbiasa dengan kegiatan padat di setiap harinya, tentu butuh fisik dan mental yang kuat. Supaya apa yang kamu jalani tetap bisa berjalan dengan baik, sesuai keinginan. Maka dari itu, kamu sangat perlu menjaga kesehatan mental di segala kondisi. 

Tips menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Berpikir positif

Sebelum melakukan berbagai aktivitas atau dalam kondisi apapun, ada baiknya dahulukan dengan membangun pikiran positif dalam diri. Sadar akan apa yang harus dijalani akan lebih baik dari pada harus mundur dan terlanjur kalah dengan pikiran negatif. 

Yakinlah akan selalu ada hal yang bisa disyukuri. Walau terkadang, berpikir positif itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh keselarasan hati dan pikiran yang jernih. Dengan begitu, kamu mampu menjalani hari-hari dengan tenang dan bahagia.

2. Melakukan aktivitas fisik

Setelah mampu berpikir positif, kamu akan dengan mudah melakukan berbagai aktivitas fisik. Selain menyehatkan tubuh, tentu saja ikut menjaga kesehatan mental. Lakukan aktivitas fisik yang ringan-ringan saja, seperti, jalan kaki, senam, yoga, atau aktivitas lain yang kamu sukai.

Cukup lakukan 30 menit perharinya. Olahraga secara rutin juga mampu meningkatkan percaya diri, dan  membuat tidur lebih nyenyak.

Cara ini adalah termasuk terapi untuk menghindarkan diri dari rasa cemas berlebih. Aktivitas fisik juga mamicu pelepasan hormon endorfin, sehingga mampu memberikan energi positif untuk kesehatan mental.

3. Asupan gizi seimbang

Sering kali perasaan cemas memengaruhi nafsu makan. Ingat, sehat itu berharga. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang banyak mengandung lemak esensial, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, maka kesehatan fisik dan mental akan senantiasa terjaga, bahkan bisa mencegah depresi dan penyakit Alzheimer.

4. Manjakan diri

Beri ruang untuk dirimu sendiri agar melakukan hal yang disukai. Misalnya, menonton film favorit, mendengarkan lagu kesukaan, menulis, menari, dsb. Hargai diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat membantu redakan rasa cemas, meningkatkan suasana hati bahagia.

Beri perhatian lebih pada diri sendiri, sayangi, rawat, dan cintai dengan sepenuh hati. Dalam keadaan apapun, pikirkan bahwa diri sendiri mampu mendapatkan kebahagiaan, sebagai langkah baik untuk melawan penyakit kritis.

Sehat selalu untuk kita semua. Silakan berbagi jika bermanfaat. Sampai jumpaa..

Gif: tenor.com
Reff: https://hellosehat.com/hidup-sehat/


Posting Komentar

1 Komentar

  1. pengen banget bisa manjakan abah yang lagi sakit stroke. sejak sakit beliau pengennya tiduran mulu nih mbak.. pdhl sebelumnya orangnya nggak bisa diem, pengennya kerja mulu keluar luar mulu. mgkn culture shock juga yaa...

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.