5 Jajanan Khas Medan. Wajib Dicoba!

Pretty Black Cat

5 Jajanan Khas Medan. Wajib Dicoba!



Jajanan Khas Medan


Halo semua.. Masih di awal bulan nih. Pasti masih pada semangat dong ya.. Semoga juga selalu sehat ya teman-teman. Btw, adakah yang pernah coba jajanan khas Medan? Atau buat anak Medan yang lagi pada merantau nih, pada kangen nggak sih sama jajanan khas Medan? Ya kangenlah heeii.. haha..

Pasti udah pada tau ya, kalau Medan itu punya jajanan atau kuliner yang terkenal enaknya, bahkan ada yang tokonya udah berdiri sejak zaman Belanda lho. Penasaran nggak sih kalian? Ini sekaligus mengobati rasa rindu saya sama jajanan Medan nih, hehe.. Yuklah kita tengok aja.

5 Jajanan Khas Kota Medan. Wajib Dicoba!

1. Tahu Balek

Jajanan Khas Kota Medan
Foto: Hobby Makan

Kalau bahasa jawanya tahu walik, kalau ini Tahu Balek (logat Medan). Kenapa dinamakan Tahu Balek? Ya karena tahunya digoreng dengan dibalik atau terbalik. Setelah tahu digoreng, lalu bagian putih dalam tahu dibalik keluar, dan diberi toping sambal kecap.

RM Pondok Surya Binjai, terkenal dengan menu Tahu Baleknya. Tapi buat kamu warga Medan, kamu bisa kok temukan Tahu Balek ini di Medan Night Market, Jalan H. Adam Malik No. 90. Dengan harga perporsinya 25K - 30K, kamu sudah bisa menikmati Tahu Balek ini.

2. Risol Spesial Gogo

Jajanan Khas Kota Medan
Foto: Risol Gogo

Menu Risol Spesial Gogo, adalah jajanan khas Medan selanjutnya. Risol legendaris ini sudah ada sejak 1981 lho. Lokasinya ada di Jalan Mojopahit No. 53. Kenapa dinamakan Risol Spesial Gogo? Karena memang jenis risol ragout ini berisi suwiran ayam yang melimpah, tambahan bawang bombay, dan juga wortel.

Remahan tepung panirnya membalut risol dengan sempurna. Jadi, ketika digigit, bagian luar yang risol yang lembut renyah, berpadu dengan lembutnya rasa isi dalam risol yang lezat. Satu potong Risol Spesial Gogo bisa kamu nikmati hanya dengan Rp3.300 saja.

Ada juga menu lain sejenis risol nih, yakni kroket ayam, kroket abon, dan lemper pulut ketan hitam.

3. Sate Kerang

Jajanan Khas Kota Medan
Foto: Sate Rahmat

Naaah, ini nih jajanan khas Medan favorit saya, Sate Kerang. Sampai-sampai kalau mudik ke Medan nggak boleh ketinggalan buat disantap nih. Tekstur khas kenyal dari kerang dengan bumbu rempah cita rasa gurih pedas, yang rasanya sih hampir mirip bumbu rendang. Kerang yang dipilih tentu saja kerang segar yang lalu diolah tanpa meninggalkan bau amis saat dimakan.

Sate kerang bersama jajarannya seperti, sate usus, sate jengkol, sate puyuh, dan sate tahu, sangat nikmat disantap dengan nasi hangat atau sekedar untuk cemilan saat bersantai, dijamin bikin kamu ketagihan.

Salah satu Rumah Makan di Medan yang terkenal dengan menu sate kerangnya bahkan sering kali dijaikan oleh-oleh adalah Sate Kerang Rahmat. Berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 14. Cukup merogoh kocek Rp7.000 per tusuk sate kerang, satu tusuknya berisi 5-6 kerang, tergantung ukuran kerangnya.

4. Bika Ambon

Jajanan Khas Kota Medan
Foto: Tripelaktoba

Pasti udah pada tau ya Bika Ambon, jajanan khas Medan satu ini biasanya sering dijadikan oleh-oleh. Dan salah satu yang terenak adalah Bika Ambon Ahun. Memiliki 3 cabang gerai yaitu, di Jalan Sekip, Jalan Letda Sujono, dan Jalan Bridjen Katamso. Harga perkotak Bika Ambon bisa mencapai Rp73.000, dan tersedia 2 varian rasa, original dan pandan.

Dengan ukuran Bika Ambon yang cukup besar, tentu saja bisa kamu nikmati bersama orang-orang tersayang. Rasanya yang manis dan gurih, berbalut kekenyalan yang lembut, bertemankan teh hangat atau kopi, sangat pas sekali jadi cemilan sore hari.

5. Bolu Tip Top

Jajanan Khas Kota Medan
Foto: Restaurant Tip Top

Berada di kawasan pusat kota Medan, Restoran Tip Top pasti sudah banyak dikenal warga Medan. Karena Restoran Tip Top ini telah berdiri sejak 1929 pada zaman Belanda dulu. Maka tak heran, restoran ini juga menyajikan menu khas Belanda. Dengan menu cemilan andalannya Bolu Tip Top, cake berukuran imut ini nggak pernah lekang dimakan zaman. Buktinya, sampai sekarang masih banyak yang nyari, bahkan udah menjadi jajanan legendaris asal Medan.

Restoran dengan arsitektur vintage khas zaman dulu ini, masih menggunakan panggangan tradisional, yaitu oven batu dengan kayu bakarnya, Restoran Tip Top masih mampu menarik perhatian para pelanggannya. Per potong bolu yang dijual hanya seharga Rp6.000 sampai Rp8.500 saja lho. Terdapat banyak varian rasa, seperti coklat irish, tarrthes mocca, moka coklat, dan banyak lainnya.

Yak, itu tadi 5 jajanan khas kota Medan yang sayang kali kalo kelen lewatkan gitu aja pas datang ke Medan. Jadi, jangan lupa icip atau bawa buat oleh-oleh keluarga ya. Selamat bercemil ria. Sampai jumpaa..

ODOP DAY 4: 5 Jajanan Khas Medan
Reff: https://bit.ly/3b416qB
Gif: canva - kyndaerim


Posting Komentar

13 Komentar

  1. kayanya semuanya ada di Bandung deh, kecuali sate kerang. Bika ambon tuh yang paling enak. tahu walik baru hype sekarang - sekarang

    BalasHapus
  2. Hahaha terakhir keluar khas Medannya, "Kalo kelen ke Medan...." sate jengkol itu belum pernah ku coba, kalau yang lain alhamdulillah ku suka apalagi Bika ambon udah sering bgtt

    BalasHapus
  3. Salah banget nih baca tengah malam. Jadi pengen makan sate kerang kan ya. Huhuhu

    BalasHapus
  4. Aku besok kalo beli tahu tak bikin tahu walik, aaaah.. Googling dlu to caranya, hihi

    Eh roti tip top kayaknya vakum pernh nyoba deh, dan ini emang legend bgt mbak. Rasanya lembut tp ga kayak brownies gt kan ya

    BalasHapus
  5. Baca ini jadi pengin bika ambon. Di sini kayaknya blm nemu bika ambon yg jual enaak gitu. Entah sih apa aku mainnya kurang jauh ya

    BalasHapus
  6. Kayaknya enak2 mbak, sayangnya aq belum pernah coba bika Ambon dan bolu tiptop.
    Pengen nyoba gimana rasanya tapi bakal lebih enak lagi kalo beli ditempat asalnya ya

    BalasHapus
  7. mau makan semuaaanyaa..duh belum pernah jajan di medan, baru sekali ke bandaranya karena transit pas dari aceh..semoga bisa makan kulinernya di medan langsungg

    BalasHapus
  8. Wah yang pernah saya icip cuma bika ambon. Yang lainnya juga bakal wajib icip nih

    BalasHapus
  9. Yang paling sering aku makan yang bika ambon nih buuu, sholawatin dl ah siapa tau tahun ini bisa ke medan

    BalasHapus
  10. Kelihatannya enak sekali



    (Alya)

    BalasHapus
  11. Oleh-oleh Khas Medan yang baru kucoba itu cuma Bolu Miranti, ternyata masih banyak yang lainnya yaa, eh yang bika ambon udah sering juga ding hehe.. moga bisa cicipin jajanan lainnya

    BalasHapus
  12. Wah, mantap mantap nih jajanannya. Bika ambon mantul. Hehe...

    BalasHapus
  13. semuanya kelihatan enak. Yang pernah ku coba cuma bika ambon dan memang aku suka

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.