Hari Blogger Nasional: Pengalaman Menjadi Seorang Blogger

Pretty Black Cat

Hari Blogger Nasional: Pengalaman Menjadi Seorang Blogger



Hari Blogger Nasional, Blogger Nasional, Blogger Indonesia, Blogger Nusantara, Blogger, Seo Moms Community, 1Minggu1Cerita, Indonesian Content Creator


Hari Blogger Nasional: Pengalaman Menjadi Seorang Blogger - Bulan Oktober segera berakhir ya. Udah hampir dipenghujung tahun juga. Btw, di Oktober ini saya baru tau lho kalau tanggal 27 Oktober itu adalah hari blogger nasional, yang resmi di canangkan 13 tahun lalu.

Saya sendiri sudah sejak 2012 mencoba peruntungan di dunia blogger. Eh, skip tahun 2016 & 2017 ya, karena di tahun itu bener-bener fokus ngurus anak, hehe.. Ditahun 2014-2015 juga sebenernya belum terlalu semangat nulis.

Sampai akhirnya di 2018, suami saya Bayu Pradana, mengubah blogspot saya menjadi domain. Itu juga saya kaget, dan bisa dibilang kejutan di ulang tahun saya yang ke 28 tahun, haha.. Semacam itu bisa dibilang so sweet nggak sih? Hadiah ulang tahunnya domain, aneh-aneh sweet lah ya.. Ok skip!

Keisengan Neblog

Saya pernah cerita alasan buat blog pertama kali. Cuma cuap-cuap singkat aja sih. Tapi intinya, makin kesini, ngeblog itu makin asyik (karena udah ada Ads juga sih, jadi semangat, hihi). Apalagi waktu nulis cerpen dan puisi, kayak ngalir aja gitu. Tadinya ada perasaan malu sih karena tulisan saya bakalan dibaca banyak orang (pede amat sih, haha). Eh, tapi beberapa temen yang juga seneng nulis itu pada suka dan ngasih semangat. Eh sayanya juga jadi nularin mereka buat ikutan bikin blog.

Tapi sayangnya, beberapa udah pada nggak aktif ngeblog, karena kesibukan masing-masing. Ada si Ubit, pemuda asli Aceh ini sekarang udah menetap di Kupang, NTT, bahagia bersama keluarga kecilnya, dan sibuk sama kegiatan barunya yaitu motret keindahan wajah sang istri, kelucuan kedua anaknya, dan keindahan alam di Kupang.

Ada lagi si Anoe, orang batak asli ini juga udah mandek ngeblog gegara pengen jadi model. Kila, si anak bawang kalo main petak umpet ini, sempet saya ajak lagi buat ngeblog, tapi katanya belum bisa ngelanjutin, karena fokus jadi selebgram, yaelah.. Dan ada 4 lagi temen blog saya dulu, yang udah lost contact, huhu..

Keacakan Niche

Saya memutuskan untuk menulis cerpen dan puisi. Karena memang kebanyakan dari idenya adalah pengalaman pribadi, pasti cerita mengalir dengan sempurna, sesempurna saat dia meninggalkan tanpa alasan.

Begitupun puisi, dulu itu kalau lagi galau, pasti ada aja yang di tulis. Walaupun nulis puisi yang sangat-sangat-sangat sederhana, tapi yang jelas bisa bikin hati ini legaa.. Ibarat mampu melupakan masa lalu yang menyakitkan.

Tapi makin kesini, tema blog saya jadi acak-kadut-carut-marut. Apalagi setelah saya mendapat email ajakan kerjasama untuk peratama kalinya, godaan itu yang lalu menjerumuskan saya untuk lebih memilih meraih pundi-pundi, daripada harus konsis menulis puisi, haha..

Tapi tenaang, saya masih inget kok caranya menulis cerpen dan puisi. Itu di draft blog ada banyak banget yang belum di publish, karena belum selesai nulisnya, hihi.. Maapkan daku cerpen dan puisi.

Gabung di Komunitas

Jujur, saya ini sebenernya baru beberapa bulan ini gabung di banyak komunitas. Salah satunya 1minggu 1cerita, komunitas menulis terkeceh yang pernah saya tau. Membernya aja ada dari berbagai penjuru dunia, seperti Jerman, Australia, Jepang, dan kemana-mana.

Di komunitas 1minggu1cerita ini, saya juga mendaftarkan diri menjadi pembaca mingguan, ada beberapa anggota juga yang mendaftar. Jadi, tugas saya dan para anggota grup pembaca 1minggu1cerita akan membaca beberapa artikel karya member, yang nantinya akan diseleksi menjadi yang terbaik, dan yang telah disaring akan dikembalikan kepada member umum untuk kemudian dipilih menjadi yang terfavorit. Seru deh..

Komunitas kedua yang bikin saya betah adalah Indonesian Content Creator. Ini lebih ke grup support sih ya. Tapi memang banyak juga dari kalangan blogger, jadi nambah semangat juga buat nulis. Digagas oleh ibu Kafa, grup yang disingkat ICC ini juga punya banyak member di luar blogger yang keceh-keceh juga. Yuk, yang mau join ICC silakan, 

Ada lagi nih komunitas khusus untuk ibu-ibu blogger, yaitu SEO Moms Community. Di dapuk oleh dua (sejoli) keren, bang Qbenk dan mbak Sari, komunitas ini di bentuk karena apresiasi kepada para moms, terkhusus untuk ibu dari bang Qbenk yang telah tiada. Melalui seleksi yang cukup ketat, saya sangat beruntung bisa bergabung di batch 3 SEO Moms Community ini. Di komunitas ini, saya belajar banyak tentang bagaimana menjadi blogger yang benar-benar-baik, yang menulis sesuai dengan aturan, dan bukan asal-asalan #eeaa.. Selain itu, saya juga banyak mengenal momblogger dari seluruh penjuru.

Hal yang Saya Banggakan

Ini sebenernya adalah subjudul memaksa sih. Kenapa? Karena masih belum ada pencapaian yang berarti dalam ngeblog, haha.. Tapi untuk bisa rutin menulis aja sih udah termasuk pencapaian yang rajin ya, haha..

Di bulan Juli kemarin, saya berhasil terpilih menjadi nominasi IWA 2020 (Indonesia Website Awards). Walaupun cuma jadi nominasi, tapi cukup membuat saya senang sih di awal pengumuman terpilih jadi nominasi. Jangan lupa mampir dan baca apa itu IWA? Dan tolong bantu vote kyndaerim yaa.. Terima kasih.

Hal yang saya capai selanjutnya adalah, punya antologi pertama, yang sebenernya adalah hadiah dari seorang blogger keren Indonesiaaa.. Terima kasih untuk yang kesekian kali creameno..

Udah itu dulu, haha..

Harapan dan Impian

Jujur, saya sangat senang setahun terakhir ini bisa kembali semangat menulis blog. Mengenal orang-orang dengan kesenangan yang sama memang membuat lebih bahagia ya, hihi.. Di hari blogger nasional ini, saya berharap, bisa lebih konsisten lagi dalam menulis, semoga dipercayakan lebih banyak lagi brand untuk kerjasama, hihi.. Makin rame visitornya, dan terakhir, bisa segera membukukan niche awal blog saya yaitu cerpen dan puisi, aamiin.. (bantu aamiinkan yaa..)

Cukup sudah saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya dari banyak pihak yang telah membantu menyemangati jiwa dan raga ini untuk bisa tetap menulis dan memberikan banyak manfaat melalui blog saya ini. Udah mirip-mirip ucapan awards ya, haha..

Semangat menulis untuk kita semuaaa.. Selamat Hari Blogger Nasional.

Gif: 



Posting Komentar

36 Komentar

  1. Selamat Hari Blogger Nasional semoga kita bisa menjadi Blogger yang kompeten

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak Arri.. Aamiin Yaa Robbal'alamiin..

      Hapus
  2. Selamat Hari Blogger Nasional yaa, ini tulisannya paket all in one karena banyak komunitas yang disebutkan.
    Semoga makin semangat dalam berkarya juga, dan mungkinnnnnn sudah saatnya bikin blog satu lagi mungkin .. buat fokus cerpen dan puisi, sementara yang ini buat dipakai nyari cicis. hehehe... cuman keidean ajah, ketika membaca kegalauanmu di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama teh, udah ada dong blog buat cerpen dan puisinya, tapi masih galau, mau pindahin semua yg disini ataaau bikin cerita baruuu, hihi..

      makasih untuk saran dan sarannya teh :*

      Hapus
  3. Waaa terharu dan so sweet, makin banyak yang menulis ttg ICC, thank youu dan selamat hari bloger juga, semoga kita semua makin semangaaattttt untuk menjadi bloger profesional 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama buu.. ini semua karena ibu Kafa deh :*

      Semangat-semangaaaat!!

      Hapus
  4. Wah keren bisa komit di puisi dan cerpen. Selamat hari blogger nasional juga ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. tapi nggak sekomit dulu sih mbak.

      sama-sama ya mbaak !

      Hapus
  5. So sweet sih itu Mbak. Dikasih hadiah yg bisa ngasih cuan malah. Hihi. Jadi emang ga kerasa lgsg diksiah duit ya, ya karena kudu kerja dulu dgn rutin menulis. Haha

    Selamat Hari bloger Nasional mbak. Suami mba IT jg ya? Yaa pun baru sadar, gabung di 1m1c jg ya ternyata. Wah kalian kompak sekaliii

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. bener-bener, kudu rajin nulis dan promosiiiiii :D

      Beliau lebih ke web developer sih mbak, hihi.. Enggak enggak, suamik bukan member 1m1c, haha..

      Hapus
  6. Semoga makin semangat ngeblog nya ya kak.. kalau kita ada di lingkungan yang sevisi se-passion tuh emang makin gerrrr gitu ngerjainnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerkan Put.. hehe. Semangat-semangat untuk kita :D

      Hapus
  7. Selamat hari blogger mba, semoga makin solid dan konsisten ya. Buat aku juga nih hehehe, kemarin belum sempet nulis tilik adik yang lahiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. iya mbak, selamat punya keponakan :D

      selamat hari blogger dan semangat untuk kita mbak Nyi..

      Hapus
  8. Sekian tahun ngeblog, aku juga masih gado-gado ini kontennya. Banyak yang nyampur, tapi membela diri dengan menganggap ya pokoknya inilah hal-hal yang menjadi perhatianku khususnya sebagai seorang ibu yang memang banyak yang dipikirin, haha. Selamat Hari Blogger, ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mbak, yang penting masih bermanfaat dan menginspirasi, hehe..

      semangat menulis untuk kita mbak Leila :D

      Hapus
  9. Saya inget pas bikin artikel blog di awal-awal belajar ngeblog, nggak tahu kalau ada kolom sendiri untuk naruh judul artikel. jadinya pas link di share di FB, nggak ada judulnya. Habis itu ketawa bin malu sendiri. ya ampuun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. gpp mbak, awal-awal memang gitu, aku pernah sampe di blokir malah karena terlalu sering share link, huhu..

      Hapus
  10. Inspiratif banget kk. Sya juga akhirnya memutuskan jadi blogger profesional sebulanan ini, hehe. Semoga jalan ke depannya makin positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog kamu udah keren banget tuh, review film yang pasti dicari banyak orang. lanjutkan dan semangat teruss!!

      Hapus
  11. ayo semangat lagi nulis cerpen dan puisi nya kak, cerbung dan mungkin novel nanti yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat teh, semangat numpukin cerpen di draft, haha..
      aamiin.. menulis novel adalah PR terbesarku, wkwk..

      Hapus
  12. Selamat hari blogger mba. Telat ya hehehe

    Sukses terus mba. Keren sih Emang ICC dan 1m1c akupun gabung. Cuma emang blm bisa berkontribusi banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Rina mah udah profesional banget nih, pernah menang lomba dan tulisannya sangat menginspirasi :D

      Hapus
  13. Pokoknya ciri khas mbak Ky itu ya blogya penuh dengan animasi lucu-lucu, hihi. Semangat terus ya Mbak. Selamat hari bloger. Doakan saya semangat juga hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. makasih :* semangat terus menulis untuk kita kak Trii..

      Hapus
  14. Selamat hari blogger, mba Rizky 😍

    Semoga bisa terus berbagi cerita dan pengalaman di blog, dan tetap semangat berkarya πŸ˜†πŸ’• -- selalu menjadi inspirasi bagi teman-teman bloggers lainnya πŸ₯³

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak Eno. Tulisan kak Eno juga lucu-lucu, suka betah loh bacanya :D

      Hapus
  15. Selamat hari blogger Nasional. Terimakasih mba sudah follow saya di Instagram. Sudah saya polbeck. Hehe.
    πŸ˜ŠπŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak Mirnaa, hehe.. makasih lho, aku intipin dari instagramnya 1m1c kemaren :D

      Hapus
  16. selamat hari blogger juga mbak
    aku tau hari blogger kayaknya 2 tahunan ini dan dulu ga getol banget infonya, atau emang akunya aja yang kurang banyak explore

    kalau hari blogger dicanangkan dari13 tahun lalu, harusnya aku bisa celebrasi tiap taun ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending deh, daripada aku baru kemaren taunya, haha..

      mulai dari sekarang deh dicanangkan celebrasinya kak :D

      Hapus
  17. Waaah, ternyata mbaknya udah sangat senior yaaa. Sejak 2012 udah nge-blog. Aku mah baru mulai sejak akhir 2019. Eh, Btw kalo 2012 itu aku masih smp kelas 3. Masih maen twitter saat itu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, anak blogger kemaren sore nih ceritanya Do, haha.. aku tahun 2012 udah jauh dari SMP, wkwk..

      semangat ngeblog ya buat kitaaa :D

      Hapus
  18. Pas awal main ke sini, saya iseng ngeklik link di footer mbaknya. Eh ternyata web si mas suami mbak hihi.

    So sweet mbak menurutku hadiah domainnya😍

    Keren, mbak rizky termasuk aktif nulis dan aktif bw juga. Duh saya perlu belajar lebih untuk mengikuti semangatnya mbak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhihi.. makasih kuskuspintar :D

      kadang-kadang juga aku banyak bolosnya kok Res, hihi..

      sama-sama menyemangati yaa :*

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.