Tips Ampuh! Turunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan

Blooming Sparkly Red Rose

Tips Ampuh! Turunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan






Assalamu'alaikum. Masih lancarkan puasanya? Harus tetap semangat dong ya.

Ngomong-ngomong tentang puasa ramadhan, biasanya ada yang niat buat diet nih. Sambil menyelam minum es buah gitu, hehe..

Eh tapi, nggak sedikit juga lho orang bilang waktu puasa ramadhan berat badan malah naik. Itu salah dimananya ya..

Kebanyakan orang akan menganggap puasa Ramadhan adalah momen yang tepat untuk diet. Karena, kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam lamanya.

Disamping itu, sebagian orang terkadang salah mengartikan diet saat puasa Ramadhan. Misalnya, makan nasi hanya diwaktu sahur, lah ketika berbuka minumnya es buah, makan gorengan, plus takjil gratisan. Kalau itu sih udah jelas nggak bakal berhasil ya program dietnya.

Jadi, sebenarnya diet sehat selama puasa Ramadhan itu kayak apa sih? Langsung aja kita bahas yuk.

1. Perbanyak serat & protein

Coba deh kamu perbaiki menu makan saat sahur dan berbuka. Pastikan terdapat protein dan kaya akan serat. Karena kandungan serat bisa membuatmu kenyang lebih lama. Jadi, kamu nggak akan terasa lapar selama puasa. Dan ketika berbuka pun, dijamin kekhilafan untuk memakan semua yang terhidang bisa lebih terkontrol. Yang terpenting juga, hindari mengkonsumsi makanan tinggi kalori.

2. Kurangi makanan & minuman manis

Ada yang bilang 'berbukalah dengan yang manis', karena hal itu baik untuk mengembalikan energi yang telah hilang selama berpuasa. Eh tapii.. Nggak boleh banyak-banyak. Karena nantinya si manis-manis itu akan berubah menjadi lemak, dan otomatis akan mengambyarkan program dietmu.

Lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya dari buah, sayur, atau nasi merah.

3. Olahraga teratur

Lemas dan jadi malas berolahraga karena puasa? Please! Jangan jadikan alasan. Karena, berolahraga disaat puasa bisa jadi sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Pembakaran glukosa yang tersisa dalam tubuh akan menghasilkan energi. Namun, jika asupan glukosa berkurang, maka akan dicari sumber energi cadangan untuk kemudian memicu pembakaran lemak berlebih.

4. Banyak minum air

8 gelas air akan cukup diperlukan tubuh setiap harinya. Namun, bagaimana disaat puasa seperti ini?

Cobalah rumus 2-2-2-2; 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas setelah sholat Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

'Penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen.' (kompas.com)

Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar.


5. Hindari makan gorengan

Banyak yang bilang 'gorengan surga dunia', istilah darimana itu ya, haha.. Tapi memang godaan gorengan sangatlah menyiksa ya.

Ketika berbuka puasa, hindari memakan makanan berlemak, seperti gorengan. Karena gorengan mengandung lemak jenuh atau lemak jahat yang bisa membuat tubuhmu melar. Jangan sampai gagal diet hanya gara-gara si gorengan..

Yaps! Itu tadi tips ampuh turunkan berat badan saat puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat, jika ya segera berbagi dengan yang lain. Semangat puasa!! Wassalamu'alaikum.

Gif: tenor.com


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wahahaha saya ingin menurunkan berat badan, tapi tadi buka puasa makan gorengan enam biji wgwgw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahlo, hayo hayo kurangi makan gorengannya..


      jadi 2 biji aja gitu, loh.. wkwk..

      Hapus
  2. Dari kelima tips ini, cuma minum air putih yang paling mudah dilakukan. Sisanya penuh perjuangan dan pengorbanan untuk sekedar memulai 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan untuk membangun niat juga susah ya mas 😅

      Hapus
  3. Susah banget mbak.. gorengan sllu yg paling berkilauan😂

    BalasHapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.