Laptop Bisnis Terbaik 2022 Rekomendasi Untuk Kamu



Laptop Bisnis Terbaik 2022, Laptop Bisnis Terbaik, Laptop, Laptop Bisnis, Rekomendasi Laptop Bisnis, Asus Business, Laptop Asus


Laptop bisnis terbaik merupakan salah satu perangkat utama menunjang segala aktivitas bisnis, kamu, karena di zaman digital ini, banyak hal yang dapat dilakukan melalui laptop, mulai dari menyusun rencana kerja, riset bisnis, membuat konten, persentasi, dan lain sebagainya.

Memilih laptop bisnis, tidak bisa dipertimbangkan hanya dari segi harganya saja, tetapi perlu diperhatikan pula keunggulan apa saja yang diberikan untuk memudahkan segala aktivitas bisnismu.


Laptop Bisnis Terbaik 2022 

Saat ingin membeli laptop bisnis terbaik, kamu harus mempertimbangkan spesifikasi dan fitur-fitur apa saja yang disematkan pada perangkat tersebut, agar segala aktivitas dalam pekerjaan tidak menjadi terhambat. 

Berikut rekomendasi laptop bisnis terbaik 2022 dari ASUS ExpertBook, catat yaa!

1. ASUS ExpertBook B1400

ASUS ExpertBook B1400
Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B1400

Bagi pebisnis yang memiliki banyak jadwal penting, perangkat dengan keunggulan terbaik tentunya akan memudahkan terkoneksi dengan cepat kapan pun dan di mana pun. Tidak selalu diburu karena kemacetan di jalan atau karena pulang terlalu larut, sehingga, waktu yang dimiliki tidak bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Bersama laptop bisnis terbaik dari ASUS ExpertBook B1400 yang memiliki banyak keunggulan spesifikasinya, laptopnya cenderung ringkas anti ribet, masa penggunaan baterai yang tahan lama disela-sela kesibukan mobilitas, spesifikasinya powerfull dilengkapi dengan fitur-fitur cerdas serta tersedia beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Mari kita lihat lebih lengkap spesifikasi ASUS ExpertBook B1400 rekomendasi laptop bisnis terbaik yang pertama, please jangan skip!

  • Sistem Keamanan Berlapis
Salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah laptop bisnis paling baik adalah sistem keamanan yang oke punya. Laptop bisnis tipe ini dirakit dengan tangguh supaya keamanan data terjaga dan terhindar dari kerusakan. Selain itu, kemampuan enkripsi serta sentralisasi manajemen unitnya dikontrol langsung oleh tim manajemen IT.

Terdapat fitur fingerprint (pembaca sidik jari) yang terintegrasi Windows Hello pada tombol power, ini adalah bagian dari lapisan keamanan data pertama. Dengan adanya fitur ini, khususnya pada Windows 10, kamu dapat dengan mudah login dan tidak perlu mengetik kata sandi lagi. Pastikan jari kamu tidak basah dan benar-benar bersih ya.

Fitur privacy shield (perlindungan privasi) yang terdapat dibagian kamera, memberikan keamanan terhadap segala bentuk privasi. Aktifkan segera secara manual, agar data kamu aman dan tidak mudah diretas.

Selain terdapat lapisan canggih di atas, tersedia pula  Trusted Platform Module (TPM) 2.0 yang berbentuk chip khusus, berfungsi sebagai enkripsi data laptop. Chip ini nantinya akan menjaga data dengan baik, sekalipun SSD dan HDD nya dpindahkan pada perangkat lain. 

  • Produktifitas

Laptop bisnis terbaik satu ini, memiliki performa luar biasa yang serba bisa, karena dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11, sangat canggih serta grafis diskrit NVIDA® GeForce®1 yang memberikan performa hebat untuk menyelesaikan segala tugas kamu.

Berkapasitas memori hingga 48 GB dipastikan memiliki penyimpanan yang luas. Dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan akses cepat dan konektivitas nonstop dijangkauan WiFi yang lancar serta teknologi ASUS WiFi Master3 yang cepat membantu terkoneksi secara otomatis dan memilih sinyal WiFi terbaik yang stabil dan kuat, di manapun dan kapan pun.

  • Kapasitas Penyimpanan Ganda

Kompaknya kerjasama antara kapasitas dan kecepatan laptop bisnis terbaik ASUS ini, karena memiliki dua perangkat penyimpanan dengan kombinasi kuat dari SSD 1 TB ultra cepat diikuti HDD 2 TB. Beberapa sekrup pada pangkalan dapat mudah dilepas sehingga bisa memberikan akses untuk meningkatkan RAM tanpa perlu membongkar perangkat.

  • Teknologi dan Kecerdasan

Teknologi canggih dan kecerdasan Intelligent Performance Boost dihadirkan secara eksklusif untuk menghasilkan kinerja sekaligus kelincahan sebuah laptop bisnis terbaik, cukup menyetel termal internal saja. Algoritme pun dihadirkan secara eksklusif dengan menggabungkan lima4, desainnya aerodinamis, serta catu daya mencapai 90 watt5 sebagai pengelola kinerja CPU. Hal ini juga memudahkan kamu untuk dapat beralih ke mode kinerja, seimbang artau berbisik. Gimana menurut kamu laptop bisnis yang satu ini, sudah cukup untuk menemani aktivitas terbaik bisnis kamu?

2. ASUS ExpertBook B3 Flip

ASUS ExpertBook B3 Flip
Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B3 Flip

Laptop bisnis terbaik satu ini memiliki harga terjangkau, namun memiliki performa yang canggih. ASUS ExpertBook B3 Flip, merupakan produk terbaru ASUS dengan mengusung prosesordari generasi terbaru 12th Gen Intel® Core™ i5 12600K Processor. Tampilannya yang flipable hingga 360 derajat tentu sangat menarik. karena bisa difungsikan sebagai laptop maupun tablet.

Mari kita lihat lebih lengkap spesifikasi  ASUS ExpertBook B3 Flip, please jangan diskip!

  • Performa

ASUS ExpertBook B3 Flip sudah hadir di Indonesia sejak awal 2022. Laptop bisnis pilihan terbaik ASUS ini memiliki performa yang ngbeut, karena selain menawarkan prosesor 12th Gen Intel® Core™, laptop ini berbekal prosesor 11th Gen Intel® yang hemat daya dan ngebut performanya. Memiliki daya tahan baterai lebih lama, sehingga cocok digunakan oleh pebisnis, pelajar dan juga mahasiswa.

ASUS Expertbook B3 Flip menggunakan kartu grafis Intel® Iris® Xᵉ graphics with execution unit 96 serta frekuensi grafis dinamis yang mampu mencapai 1,3 GHz. Kartu ini adalah penerus Intel® Iris® Plus Graphics yang sudah diklaim memiliki performa yang jauh lebih ngebut dari yang sebelumnya.

  • Dual Kamera

ASUS ExpertBook B3 Flip sangat cocok dipakai oleh kamu yang produktif sekaligus memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Selain memiliki hardware yang canggih, ASUS Expertbook B3 Flip juga dibekali dengan dual kamera, sebagaimana sebuah smartphone saat ini. 

Namun, kedua kamera ini diklaim memiliki berkali lipat kemampuan yang lengkap dan lebih canggih. Karena, kedua kameranya berukuran 13 MP desolusi 720 Pixel. Laptop convertible ini satu kamera terletak umumnya kamera yang dimiliki laptop yaitu pada layar depan bagian atas bezel, sementara kamera kedua pada bagian atas keyboard.

  • Keamanan dan Ketahanan

Keamanan dan ketahanan ASUS Expertbook B3 Flip pastinya juga sudah teruji, melalui uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Serta tersedianya media penyimpanan PCIe SSD, yang membuat laptop bisnis terbaik ini tahan banting.

Dengan harganya yang terjangkau, ASUS Expertbook B3 Flip dilengkapi pula dengan modul Trusted Platform Module (TPM) 2.0, di mana pada modul ini memungkinkan fitur enkripsi, jadi data-data yang tersimpan tetap aman, walaupun SSD terhubung ke perangkat lain. Selain itu, sistem keamanan sidik jarinya pun mumpuni.

  • Konektivitas
Laptop bisnis terbaik satu ini juga memiliki konektivitas sangat lengkap. Dengan didukung jenis port seperti HDMI, USB Type-A dan combo audio jack. Terdapat pula Thunderbolt 4.0 Port dengan kecepatan transfer data sangat tinggi.. Maka tidak heran, ASUS Expertbook B3 Flip ini dapat terhubung ke berbagai perangkat profesional. Istimewanya lagi, port tersebut dapat difungsikan sebagai pengisi daya dengan menggunakan power bank.

Sementara itu, konektivitas nirkabelnya menggunakan modul WiFi 6 (802.11ax) yang merupakan transfer data terbaik saat ini. laptop bisnis terbaik ini pun dilengkapi dengan konektivitas ethernet yang dapat digunakan network administrator atau siapa saja yang membutuhkan konektivitas jaringan secara fisik.

  • Desain

Fitur layar touch screen pada ASUS Expertbook B3 Flip memudahkan pengguna untuk mengontrol perangkat. Dengan membuka mode tent lalu membentangkannya 360° untuk menjalankan pekerjaan penting. Ukuran layar 14 inch-nya yang memiliki rasio dari layar sampai ke body 80% dan lebih intuitif dan praktis.

Desainnya yang stylish serta ringan, sehingga mudah di bawa ke mana-mana, karena dimensi fisiknya berukuran 32,9 x 22,39 x 1,92 cm, tebalnya 1,95 cm, dan bobotnya hanya 1,61 kg saja. Walaupun bukan menjadi yang teringan, namun dengan ukuran tersebut sangat nyaman digunakan. Laptop bisnis terbaik rekomendasi 2022 ini cukup mempuni, bukan?

3. ASUS ExpertBook B5 OLED

ASUS ExpertBook B5 OLED
Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B5 Oled

Laptop bisnis terbaik ini, memang khusus dirancang untuk para profesional bisnis dengan mobilitas tinggi serta portabilitas yang handal. Hadir dengan dua varian desain, yakni Clamshell pada seri B5302CEA dengan engsel 180°. Sementara varian desain lainnya mengusung desain fliable 360°. Dengan bobotnya yang cukup ringan, yaitu hanya 1 kg saja, jadi nyaman dibawa kemanapun.

Laptop ini bahkan menjadi laptop bisnis terbaik pertama dengan teknologi layar canggih, yakni ASUS OLED dengan performa mesin powerfull dan daya baterai yang cukup lama. 

Mari kita lihat lebih lengkap spesifikasi ASUS ExpertBook B5 OLED, please jangan diskip!

  • Desain

Seperti yang tersampaikan di atas, laptop bisnis ini berfokus pada mobilitas dan portabilitas, sehingga bodynya pun dirancang sangat ringan dan ringkas akan tetapi tetap tangguh. Ketebalannya saja hanya 16,9 mm atau 1,69 cm, dimensinya 30,90 cm x 21,06 cm, dan bobotnya hanya 1 kg.

Material logam premium yang digunakan yaitu magnesium-aluminium alloy pada bagian belakang layar dan bawah body. Kepadatannya saja diklaim mencapai 1,81 gram/cm3. Laptop bisnis ini pun telah lolos uji ekstrem berstandar militer Amerika Serikat: MIL-STD 810H. Ketahanannya pun mampu berada dalam suhu yang ekstrem, sekalipun terjatuh dari ketinggian tertentu.

  • Kinerja Mesin
Kinerja mesin laptop bisnis ini gesit dan handal, karena tervalidasi Intel EVO yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core i7 serta didukung oleh RAM DD4 3200 MHz dan berkapasitas hingga 48 GB. Penyimpanannya pun menggunakan teknologi dua SSD M.2 NVMe PCIe 3.0x4 berkapasitas hingga 2 TB. Media tersebut dapat dikonfigurasikan secara RAID untuk tingkatkan kinerja.

Laptop bisnis dikategorikan sebagai laptop dengan komputasi kelas bisnis yang multitasking. Daya baterainya mampu bertahan selama 14 jam dengan teknologi fast charging.

  • Konektivitas

Karena dikategorikan sebagai laptop bisnis dengan mobilitas yang tinggi, maka seri ExpertBook ini dibekali konektivitas sangat lengkap.Salah satunya yakni menggunakan teknologi nirkabel Wi-Fi 6 dengan kecepatan transfer data stabil, bahkan bisa lebih cepat.

Selain itu, tersedia pula port yang sangat lengkap, seperti HDMI, USB Type-A, dan combo audio jack 3,5 mm, serta kapasitas GB ethernet via Micro HDMI. Terdapat juga port USB Type-C yang didukung dengan Theunderbolt 4 yang mampu mentransfer data sangat tinggi hingga mencapai 40 Gbps. Berfungsi pula sebagai display output yang resolusinya hingga 8Kyang mampu mentransfer data sangat tinggi hingga mencapai 40 Gbps. Berfungsi pula sebagai display output yang resolusinya hingga 8K.

Sementara Power Delivery berfungsi sebagai pengisian daya dengan menggunakan adapter yang ringkas.

  • Layar
ASUS ExpertBook B5 memiliki layar ASUS OLED dengan teknologi yang mengusung kehandalan panel OLED yang menyajikan visual dan warna yang akurat tanpa menyakiti mata. Layar yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 dengan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black dan PANTONE Validated Display.

Teknologi layar ASUS OLED pada laptop bisnis terbaik ini sangat memenuhi standar dalam kebutuhan industri kreatif. Segala konten yang tertampil pun terjamin keakuratannya. Tipe ASUS ini pun telah menggunakan teknologi eye care yang memungkinkan pengguna terhindar dari sprektum cahaya biru yang berbahaya, namun tidak mengurangi kualitas visualnya.

  • Fitur IT Management

Sebagai laptop bisnis terbaik tipe ASUS ExpertBook B5 ini dibekali fitur IT Management yang akan mendukung segala profesionalitas pekerjaan bisnis kamu. Fitur Trusted Platform Module 2.0 dan ASUS Control Center, tak lupa pula Data dan Indentify Security fingerprint, Windows Hello Facial Recognition.

Fitur BIOS/HDD Pasword, Secure File Shredder, USB Storage dan Webcam Privacy Shield. Hardware Protection yang berupa Kensington curity Slot dan ASUS Private Viewnya semakin melengkapi kecanggihan laptop bisnis yang terbaik milik ASUS ini.

Kamera webcamnya 720p HD, yang dilengkapi 3D teknologi noise-reduction (3DNR) di mana kelebihan ini dapat meminimalisisr bahkan menghilangkan noise sampai 23%, serta meningkatkan kualitas gambar.

  • Keamanan

ASUS ExpertBook B5 dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, karena menggunakan chip TPM 2.0 yang dapat menjaga keamanan data-data dalam laptop. Sensor pembaca sidik jari pun telah terintegrasi dengan Windows Hello sebagai keamanan biometrik.

Tidak seperti pada tipe sebelumnya, ASUS ExpertBook B5 memiliki fitur two-way AI noise-cancelling, di mana kecerdasan buatan (AI) ini mampu mengenali serta menyingkirkan noise saat melakukan rekaman ataupun konferensi video. Tipe laptop bisnis terbaik ini bisa jadi pilihan kamu.

4. ASUS ExpertBook B9

ASUS ExpertBook B9
Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B9

Laptop bisnis terbaik berukuran 14 inc ini diklaim sebagai laptop teringan di dunia, begitu kata Jimmy Lin Direktur ASUS untuk regional Asia Tenggara, pada acara peluncuran  ASUS ExpertBook B9.

Mari kita lihat lebih lengkap spesifikasi ASUS ExpertBook B9, please jangan diskip!

  • Ringan dan Tipis

Laptop bisnis terbaik ini dirancang dengan bodi yang ringan dan tipis, dimensi berukuran 1,49 x 32 x 20,3 cm, serta bobotnya hanya 870 - 995 gram. Meskipun memiliki body yang tipis dan ringan, namun laptop bisnis ini tetap kuat karena telah melalui uji ketahanan berstandar militer: MIL-STD-810G. Hal lain yang diklaim adalah mampu menahan beban sebesar sampai 30 kg, baik bagian atas maupun bawah, tanpa adanya kerusakan.

  • Desain ErgoLift Hinge

Produk laptop ASUS memang dibekali dengan desain ErgoLift Hinge, termasuk ExpertBook tipe ini. Desain ini digadang-gadang menjadi desain paten milik ASUS. FYI, Desain ErgoLift Hinge ini merupakan desain engsel yang berfungsi sebagai kaki laptop ketika layar dibuka.

Desain ini telah diklaim akan membuat para penggunanya dapat meletakkan tangannya dengan lebih nyaman ketika mengetik. Sudut bukaan layar pun terasa lebih lebar. Jadi, tidak perlu terlalu menunduk. 

Desain ini juga dapat memberikan ruang lebih besar sebagai sirkulasi udara. Sehingga, laptop tidak begitu panas, karena hawanya dapat teralirkan secara maksimal. Pengguna jadi lebih nyaman bekerja walau dalam waktu yang lama, tanpa takut suhu panas bawah laptop.

EgroLift Hinge juga memaksimalkan kualitas suara / audio. Khususnya untuk laptop yang memiliki speaker pada bagian bawah laptop. Sirkulasi udara tersebut cukup besar, jadi mampu menghasilkan audio yang lebih jernih dan tajam, daripada dengan speaker yang langsung menatap alas.

Desain ini pun bisa diputar ke posisi 180o. Jadi, lebih leluasa menatap layar yang rata pada posisi penuh. Desain seperti ini pasti sangat bermanfaat, karena praktis dan tidak perlu berganti layar ketika sedang presentasi.

  • Fitur Proteksi

Fitur spill resistance pada laptop bisnis satu ini, dapat melindungi keyboard karena percikan atau tumpahan air hingga 60 cc atau setara 60 ml. Selain itu, terdapat pula fitur Anti-Glare yang memproteksi pantulan cahaya, sehingga tampilannya pun akan lebih terang dan jelas, baik dalam atau luar ruangan. Hal ini tentu saja akan membuat nyaman penggunanya.

Laptop ASUS ExpertBook B9 juga memiliki webcam fisik yang dapat digunakan video call. Fitur Windows Hello yang dapat log in dengan fingerprint atau facial recognition sensor sebagai bagian dari keamanan data. 

Satu lagi fitur proteksi yakni Secure File Shredder, yang berfungsi sebagai perlindungan untuk penghancuran file digital hingga bersih dan tidak bisa dipulihkan kembali.

  • Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang canggih sebagaimana dimiliki laptop tipe ASUS lainnya, yaitu Advanced Thermal Module. Kecanggihan sistem pendingin ini diklaim lebih kecil 25% lebih kecil daripada sistem pendingin pada laptop umumnya. Rekomendasi laptop bisnis terbaik yang bisa diandalkan ne!

5. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) menjadi rekomendasi laptop bisnis terakhir pada artikel ini, nih. Tidak kalah canggih dari ke 4 laptop ASUS tipe ExpertBook di atas. Salah satunya adalah konektivitasnya yang sudah didukung 5G.

Mari kita lihat lebih lengkap spesifikasi ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), please jangan diskip!

  • Performa

Tidak kalah dari tipe sebelumnya, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) bertenaga CPU 11th Gen Intel Core dan GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics, menjadikan laptop bisnis yang terbaik ini terasa multitasking.

Dibekali memori DDR4 3200 MHz yang berkapasitas sebesar 32 GB (bisa diupgrade). Selain itu, didukung pula media penyimpanan berupa PCle SSD Gen3 yang berkapasitas sebesar 1TB di mana kecepatan membaca data dan tulisnya bahkan lebih cepat dari HDD.

  • Kekuatan Jaringan

Istimewanya, tipe ExpertBook satu ini didukung konektivitas 4G LTE dan 5G yang modemnya sudah tersedia dalam perangkatnya. Cukup memasang kartu SIM pada slot yang tersedia, dan akan langsung terhubung ke jaringan tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir masalah jaringan. Selain itu, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ini juga mendukung fitur hotspot.

  • Ketangguhan

Produktivitas serta mobilitas laptop ini terbilang ringan dn ringkas. Dengan dimensi layar 14 inch, ketebalan 1,8 cm dan bobotnya kurang dari 1,5 kg, tentu saja semakin mudah dibawa kemanapun dan lebih nyaman.

Bodynya pun berbahan magnesium aluminium yang sangat kuat namun cenderung ringan. Engselnya pun dibekali material yang 50% kuat daripada tipe laptop convertible lainnya yang diikuti telah lolos uji ketahanan berstandar militer Amerika Serikat MIL-STD-810H, sehingga lebih tahan banting.

  • Desain

Key travelnya berjarak 1,5 mm, sangat ideal layaknya keyoard PC desktop umumnya. Fitur keyboard lain yang tidak kalah canggih yakni anti-spill, membuat laptop akan baik-baik saja walau keyboardnya tersiram air hngga 330 ml.

Desain laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dirancang lebih egronomis serta nyaman digunakan. Sistem ErgoLift Hingenya juga membuat nyaman saat mengetik. Fitur NumberPad 2.0 memiliki fungsi mengubah touchpad menjadi numpad satu tombol. Sangat praktis untuk kamu yang sering bekerja dengan angka. 

Desain layarnya berukuran 14 inch yang tidak mencolok mata, karena telah disertifikasi oleh low-blue light dan anti flicker asal TUV Rheinland, membuat laptop tahan lama walau dipakai selama berjam-jam.

Satu lagi desain canggih ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) yakni dilengkapi teknologi canggih AI Noise Canceling yang dapat meminimalisir kebisingan sekitar. Jadi, tidak perlu terganggu ketika melakukan meeting di outdoor sekalipun, karena suaranya tetap jernih terdengar.

  • Konektivitas

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) konektivitasnya lengkap, yang terdiri dari port USB Type-A, HDMI, combo audio jack dan Micro HDMI. Tersedia pula port Gigabite Ethernet, namun lebih mini yang bisa diekstensikan ke LAN dengan konektor jenis RJ45.

ExpertBook B7 Flip (B7402) nggak cuma hadirkan jaringan 5G dan 4G LTE. Tapi laptop ini juga sajikan fitur konektivitas yang lengkap mulai dari port HDMI, USB Type-A, combo audio jack, dan sebuah Micro HDMI. Oya ada juga port gigabit ethernet tapi dengan tampilan mini display port yang bisa diekstensi ke port LAN dengan konektor RJ45.

  • Keamanan

Dilengkapi dengan keamanan sistem Smart Card Rider sebagai ekstra fasilitas keamanan, Infra-Red dengan teknologi Face Recofinition yang telah terintegrasi oleh Windows Hello. Lalu bagaimana dengan laptop bisnis terbaik 2022 yang satu ini menurut kamu. Apa kamu sudah bisa menentukan pilihan?

Jadi, sangat penting sekali ya memilih laptop untuk bisnis dengan spesifikasi canggih dan mumpuni, yang bisa mendukung segala aktivitas bisnis kamu baik, offline maupun bisnis online agar berjalan dengan maksimal. Semoga artikel seputar rekomendasi laptop bisnis terbaik 2022 dari ASUS ExpertBook ini bisa menjadi pencerahan untuk kamu ya.

Silakan bagikan di media sosial kamu! Mungkin teman atau boss kamu, perlu tahu info tentang laptop bisnis terbaik yang saya rekomendasikan ini. Siapa tahu, laptop oprasional kamu bakal digantiin yang baru dari salah pilihan di atas! :D Semoga!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Memang memilih laptop untuk keperluan bisnis tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan ya. Tentunya sesuai dengan sekmen pekerjaan atau bisnis yang dilakoni

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.