Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger

Pretty Black Cat

Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger



Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger


Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger - Syukur alhamdulillah, nggak terasa udah sampai di penghujung tahun ya kita. Sudahkah resolusi 2020 kalian tercapai semuanya? Kalau saya sih belum. Karena jujur, 2020 adalah tahun cantik tapi berat, berat kondisinya, berat ekonominya, berat perjuangannya, eh tapi berat badan saya jadi turun lho, nggak tanggung-tanggung turunnya sampai 10kg, wkwk..


Jadi, tulisan saya kali ini sebenarnya adalah curahan hati dari resolusi yang belum banyak tercapai di 2020. Eh tapi, ada banyak hal positif juga yang saya dapat, terutama dalam dunia blogging.


Pertama, saya jadi dapat banyak kenalan blogger baru, ada ibu Kafa, ada kak Triyatni, ada mbak Jihan, ada mamah Ina, ada mbak Rina, ada mbak Leila, ada mbak Dedek, ada mbak Alif, ada uni Reisha, ada mbak Siska, ada teh Anil, ada abak Dharma, dan baaaanyak lagi blogger-blogger keceh yang nggak bisa saya sebutin satu persatu disini. Kalian luar biasaaaa..


Kedua, saya jadi mengenal dunia perjob-an, yang tentunya mendatangkan cuan, alhamdulillah bisa buat jajan bang Rasyiid, hihi.. Dan juga beberapa lomba blog yang saya berani ikuti. Nah, saya mohon doanya ya, soalnya lagi ikut 2 kontes SEO nih, semoga Allah mengizinkan saya menang, bismillah.. Bakal jadi hadiah awal tahun yang luar biasa nih nantinya, aamiin.. Makasih sebelumnya mentemen..


Ketiga, saya jadi lebih tenggelam dalam dunia blogging, artinya, saya jadi lebih merawat blog saya. Mulai dari rajin nulis, perbaikan teknik-teknik SEO, dan lain sebagainya.


Keempat, saya jadi mengikuti banyak komunitas menulis, tapi yang berkesan cuma beberapa aja. Sebab, karena mereka saya jadi lebih semangat nulis.


Kelima, apa lagi yaa.. Lanjutannya ada di bawah deh, yuk mariii...


Prolog


Menjadi seorang blogger menurut saya adalah sebuah keputusan yang menarik. Kenapa menarik? Karena, hanya dengan menulis, kita bisa banyak mendapat pengetahuan baru, belajar hal baru, dan juga punya teman-teman baru yang pastinya juga senang dengan dunia tulis-menulis.


Saya pernah bercerita tentang bagaimana mulai mengenal dunia tulis-menulis. Jatuh bangun karena rasa malas yang membelenggu, seakan mematikan ide-ide yang terbendung, sudah menjadi makanan sehari-hari seorang blogger, haha..

Tapi, setelah saya bergabung di beberapa komunitas menulis, saya jadi merasa punya banyak kesempatan untuk bercerita, berbagi hal-hal menarik ataupun enggak, dan tentunya membuat semangat menulis semakin bergelora.

Apa Itu Liebster Award?


Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger
Gambar: dari blog Artjoka

Pasti para blogger lawas udah pada tau ya apa itu Liebster Award. Tapi saya blogger lawas pun baru tau beberapa bulan lalu ding, hihi.. Jadi, Liebster Award ini adalah salah satu bentuk penghargaan berbentuk gambar atau tulisan yang diberikan secara estafet dari blogger satu ke blogger terpilih lainnya. Dimana penghargaan ini bertujuan untuk mempererat tali persahabatan antar sesama blogger. Keren kaaann..

Saya tau Liebster Award ini dari Eka Fitriani Larasati, yang biasa saya panggil teteh, karena dia asli urang Bandung, dan adalah seorang blogger sekaligus ilustrator pertama yang saya kenal, iya serius! Teh Eka lah yang pertama kali menganugerahkan Liebster Award ini kepada sayaa, aahh.. senangnya.. Makasih teh..

Syarat dan Ketentuan Liebster Award


Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun buat Sahabat Blogger

Seru ya.. Jujur, jantung ini mulai berdegup kencang, haha.. Kira-kira siapa ya sahabat blogger yang akan saya pilih? Tapi sebelumnya, saya akan menjawab pertanyaan dari teh Eka terlebih duluuu..


Pertanyaan dari Artjoka dan jawaban dari Kyndaerim


1. Sebutkan buku favorit!


Buku Makan Tuh Cinta!
Sumber: Google Books

Buku favorit saya, Makan Tuh Cinta! (15 Cerita Komedi Cinta), karena buku ini adalah salah satu buku yang menginspirasi saya untuk membuat cerpen.

2. Sebutkan film favorit!


Film favorit saya, Battle Ship dan Notebook. Sungguh 2 genre film yang sangat berbeda jauuh, wkwk..

3.Sebutkan warna favorit!


Biruuuuu.. Mungkin ini alasan kenapa saya agak suka feeling blue, hihi..

4. Ceritakan tentang kepribadian dirimu!

Malu sebenarnya mengumbar kepribadian saya disini, serasa mengumbar aib, wkwk.. Tolong jangan dibatin dan di bully, hihi..

Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger


5. Sebutkan cita-citamu!

Dulu waktu masih kecil, saya pernah punya cita-cita jadi pramugari, tapi ya cuma sekedar cita-cita masa kecil, perjuangannya juga minus, haha.. Jadi, saya putuskan cita-cita saya sekarang adalah menjadi penulis, itu aja dulu, nggak mau muluk-muluk, hehe..

6. Apa pendapatmu tentang Teh Eka?


Teh Eka itu, perempuan multitalenta, si jago gambar dengan segudang kegiatan, dan seorang ibu yang super sabar dan teliti. Dan satu hal yang saya senang dari teh Eka adalah, semangat belajarnya yang tinggi, terutama soal blogging, berusaha buat ngulik sendiri kode-kode cinta html, hehe..


7. Apa pendapatmu tentang blog Artjoka?


Artjoka itu, blog yang pertama kali saya lihat dengan konsep ilustrasi, yang menurut saya sangat keren, dan saya selalu sukak sama ide-ide ilustrasinya si empunya blog, apalagi sekarang si teteh udah beralih ke cara gambar digital, jadi makin keren deh. Di blog Artjoka saya juga bisa menemukan banyak cerita khas mamak-mamak dengan keluh kesah beserta rasa syukurnya yang tulus dan lalu tertuang dalam cerita-cerita yang apik, hihi..


8. Bagaimana caramu memanajemen waktu antara ngeblog dengan urusan pribadi?

Jujur, saya bukan seorang yang pandai menyusun waktu, dan jauh untuk bisa disiplin. Intinya nggak punya waktu khusus kapan harus nulis. Seringnya nulis itu ya sambil ngerjain kerjaan utama, hehe.. Yang penting nggak ada yang terabaikan, nulis tetep jalan, walau kadang banyak lompatnya, wkwk.. Dan perhatian buat ngurus rumah dan seisinya juga lancar djaya!

9. Sebutkan motto hidup kamu?


Liebster Award, motto hidup


10. Siapa orang paling berpengaruh dalam hidupmu?


Sejak kecil, saya kagum sama bapak dan ibuk saya. Sebagai orang seni, mereka sangat saya jadikan motivasi untuk semangat belajar seni. Walaupun dalam bidang berbeda, saya mencoba konsisten, sama seperti bapak dan ibuk yang konsisten menjalani profesinya dibidang seni, sampai saat ini.


11. Apa tujuan kamu menulis dan bikin blog?

Sebuah pilihan yang nggak disangka-sangka sih ya. Menulis itu bikin pikiran terbuka, bikin uneg-uneg tersampaikan, terutama kalau nulis puisi, semua emosi akan tertuang jelas disana, ya daripada di pendam kan, hehe.. Dan dari pada tulisan kita berserak nggak tersusun, mendingan dikumpulin, dan saya memilih blog sebagai tempat mencurahkan isi hati sekaligus mendapat cuan, eh..

Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger

Selesai sudah saya menjawab pertanyaan dan meneruskan tongkat estafet dari artjoka. Sekarang, giliran saya memilih sahabat blogger untuk meneruskan tongkat estafet ini. Oh oh siapa dia? Yuk kepoin blog mereka..

Renny Novita

Partnernya teh Eka di TANOS (Tantangan NaoN Sih?) yang jago bahasa Jerman, lah iya, wong domisili Jerman, hehe.. Perempuan keturunan Sunda ini sukanya bahas self development lho.. Langsung cek blognya deh.

Dodo Nugraha

Wong kito galo! Pemuda asal Palembang ini suka sekali bikin judul artikel yang lucu-lucu, "Ketemu Istri Kedua di Gramedia", nih salah satu judul tulisannya, bikin penasarankan? Penasaran sama blognya atau istri keduanya? Eh, wkwk..

Rofiatur Rofiah

Si podcaster favorit saya nih, suka sekali chat WA via voice note, hihi.. Bisa dong intip podcastnya di "24 hours with Oviroro".

Muhammad Dito Alifa

Nih pemuda satu kalau udah nulis suka out of the box deh. Salah satu cerpennya juga pernah nongol di Line Today lho.. Keren dong..

Ghina Rahmatika

Perempuan lucu asal Jogja ini adalah seorang ibu dari gadis cantik bernama Nahla. Dia senang sekali mendongeng lho..

Putri Kurniawati

Ibu muda yang suka berpuisi nih, puisi-puisinya bagus-bagus lho, ada yang divideoin juga, sering juga duet bareng teman-temannya.. Kalau kita kapan bikin duet puisi ya Put? hihi..

Aina Awliya

Si little sister ini natural sekali kalau udah nulis, selalu sukak sama tulisan-tulisannya, dan saya jatuh cinta sama suaranya kalau sudah bercerita di podcast, hihi.. Oiya, gadis kece ini juga bisa nyanyi lho. Yuklah langsung aja cek blognya, hehe..

Kak Eno

2020 saya lebih berwarna, karena satu tulisan saya terpampang di buku antologi Thoughts yang sempat dibuat oleh kak Eno, dan adalah tulisan pertama saya yang dibukukan, huhu, terharu.. Perempuan cantik yang tinggal di Jeju ini sering sekali bikin hal menarik buat pembaca blognya. Cus, ceki-ceki blognya deh.

Devina Genesia

Cerita-cerita diblognya selalu menarik untuk dibaca, dan selalu ada beragam perasaan disetiap ceritanya. Walau sempat ada kisah sedih dalam hidupnya, tapi dia sudah kembali ceriaaa.. Semangat terus kak Dev!!

Arai Amelya

Gadis asal Malang pecinta kucing ini, senang sekali traveling sendiri. Bahkan ia pernah jalan-jalan sendiri sampai ke Bukittinggi lho.

Nyi Penengah Dewanti

Perempuan tanggung dan berhati mulia ini, adalah penulis 8 Novel & 124 Antologi, seorang reviewers, dan mengelola 7 blog. Hebat beud dah mbak Nyi iniii..

Selamat untuk sahabat blogger yang terpilih. Silakan untuk melanjutkan Liebster Award ini yaa.. Nggak memaksa kok, take your time aja, hehe.. Buat blogger yang lain, kalian juga sahabat saya kok, kalian semua sungguh menginspirasi dan terus membuat saya semangat untuk terus menulis.. I love you all, cup-cup-muach..

Pertanyaan Untuk Sahabat Blogger

Liebster Award: Kejutan Akhir Tahun Untuk Sahabat Blogger

Semoga berkenan menjawab sahabat blogger kyndaaa.. Selamat menempuh hari baru, semoga resolusi kamu yang tertunda bisa segera tercapai dengan komplit yaa.. Semangaat!!

Sampai jumpa lagi di Liebster Award mendatang.. Bubbye!!


"Artikel ini di ikutsertakan dalam minggu tema Komunitas Indonesian Content Creator"

Gif & pic by canva



Posting Komentar

45 Komentar

  1. Sampe dieja berkali2 bener gak itu namaku haha ternyata bener link nya ke blog aku🤭 makasih kak🤗 saatnya nulis nih dan kembali melempar tongkat estafet ke blogger lainnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha.. iya Put, ditunggu yaaa..
      tapi jangan terburu, karena memang harus ada survey kecil-kecilan kalo mau bikin kek gini, wkwk..

      Hapus
  2. Sebagai newbie di dunia Blog, akh baru tau ada yg namanya Liebster Award Kak. Seruuu jugaa yaa hhha. Tentunya bikin erat satu sama lain dengan sesama blogger 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaw.. kak Devina.. sepertinya aku melupakan dirimu, aku masukin kamu juga ya kak. Supaya bisa ngerasain survey kecil-kecilan nantinya, wkwk..

      Hapus
    2. Ya ampuuun Kakaak, aku ga nyangka namaku dimasukin jugaa. Btw jadi postingan nanti aku menjawab pertanyaan2 yang kakak ajukan? perlu share juga gambar syarat dan ketentuannya? sama logo Liebster Award juga perlu di share?

      Maaf kaaak, aku baru pertama kali nihh 🤣

      Hapus
    3. Hehe.. nggak harus share gambar disini sih kak, yang penting jawab pertanyaan, dan selebihnya di improve aja, hihi..

      Aku juga pertama kali sih, haha..

      Hapus
  3. Namaku di sebut juga jadi terharu. Hehe berbagi tips doang mba gimana bisa turun sampe 10kg 🤭 #akupengennuruninbbjuga.

    Itu pertanyaan banyak banget ya aku bingung mau jawab dari mana. Kalau di jawab semua nanti jadi artikel baru di kolom komentarnya. Hehe aku jawab beberapa ya

    Secara umum Resolusi aku tentu menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Buku kesukaan tentang buku inspirasi gitu. Dan film yang aku suka tentunya drakor. Hehe itu aja ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak Rinaa..

      Tips dietnya cuma nggak makan malem aja lho, hehe.. Makasih buat jawabannya mbak Rinaaa..

      Semoga makin baik dan semangat buat kita di tahun depan ya mbak..

      Hapus
  4. Makasihhh loh masuk di list Liebster Awardmu, aku jadi terhura ...
    Udah kebayang sih jawabannya apa, karena ini kunjungan ketiga kalinya di artikel ini xixi..

    btw film Notebook, aku juga suka hehehe. Jadi ingat si mantan dulu yang merekomendasikan abis filmnya, karena ini film dia banget katanya hehe. Rasanya sih waktu nonton pertama kali, mewek.

    oia itu turun bb sampai 10 kilo, apakah karena program diet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. makasih lho udah bolak-balik mampir, teh..

      Eciye, so sweet banget sih mantannya teh, haha.. Tapi bener sih, aku juga mewek pas nonton pertama kali.

      Nggak program diet teehh. Cuma makan malemnya diganti sama buah aja, hehe..

      Hapus
  5. Asssiiik liebster awardnya masih ada ya hihi. Terakhir ngomongin ini Maret kemarin rasanya. ternyata memang berlanjut terus ya mantteeep. btw samaan kita, malas tapi suka kerapihan ahha. Kalau lagi rajin, bisa bener-bener rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaay! Karena seru nih liebster award kak, kita jadi lebih deket sama sesama blogger, sekalipun belom pernah ketemu, haha..

      TOSS! Sekalinya rajin semua diberesin, haha..

      Hapus
  6. Mantaaappp, bener banget emang tahun 2020 tahun cantik tapi ujiannya masya allah.

    aku baru tau kalo mamanya bang rasyid suka film horor tapi penakut 😁

    Jaga kesehatan ya bu, harus naik nih beratnya minimal 5kg

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah.. tapi tetep harus bersyukur ya bu, masih dikasih sehat..

      Hehe.. iya lho, heran akutuh, padahal takut, tapi penasaran pengen nonton. Tapi film horor yang berkelas ya bu, bukan yang kaleng-kaleng, wkwk..

      Makasih bu, sekarang udah mulai naik lagi kok, hehe..

      Hapus
  7. Aku jadi penasaran sama buku favoritnya mbak. Mau resensinya dong mbak. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di google book mbak Alif, coba cek deh, seru-seru ceritanya..

      Hapus
  8. halo kak Ky,
    aduh makasih ya Liebster award dariku di balas dengan cintah, hihihi. itu pertanyaan dariku pun di jawab dengan lengkap dan bikin idungku melayang ( kalo dipikir-pikir kenapa aku tanya soal diri sendiri ya, narsis banget, wkwkwkwk ). makasih banyak ya ky, semoga makin sukses dan jadi the next mastah SEO, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Teh Ekaa..

      Wkwk.. setelah sekian purnama baru aku bales ya teh. Btw, aku juga jadi ikutan nanya tentang diri sendiri, pengen tau aja apa kata mereka, haha..

      Aamiin.. doa yg sungguh wagelaseeh, teh :D

      Hapus
  9. Duuhh serunyaa. Taun berapa ya main Liebster Award gini. Terakhir pas masih main Tumblr hihi.
    Kak Ky aku juga masih harus berbenah nihhh manajemen waktu ngeblog sama domestik. Bagi tips dong wkwk

    BalasHapus
  10. Whahaha kak Ky! Namaku muncul nih, aduh mesti gimana baru pertama kali tahu Liebster hahaha. Bakal lanjutin nih tongkatnya, tapi tunggulah sedikit lama mkwkw. Masih mengejar deadline yang perlu dikejar. Makasih yaa, jadi punya tambahan resolusi nih di 2021, ngelarin Liebster!

    BalasHapus
  11. halo mbak ky, 2020 ini memang caos banget sama pandemi. Namun, 2020 ini juga banyak kisah ketemu emak2 bloger, termasuk kamu...senangnya semoga kita berkesempatan ketemu offline ya mbak ky. Tetap semangat menulis ngeblog ya mbak ky, mencurahkan isi hati dan mendapatkan cuan eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Inaaa.. Aku juga seneng bisa ketemu onlen kitaa. Aamiin, semoga ada kesempatan offlenan kita, haha..

      Semangat bercuan-cuan juga ya mbak Inaaa.. hahayy..

      Hapus
  12. Wewww aku dapet ini serius? Aduh merembes nih mata, aku dapet dua liebster award loh. Ya Allah, merinding. AKu masih banyak PR dan masih banyak kurangnya Mba. Tapi masyaAllah terima kasih untuk kepercayaannya. Semoga kita semua bisa mewujudkan resolusi-resolusi baik yang diinginkan aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriuslah mbak, haha.. Udah hebat bangetlah mbak Nyi ini.. Bisa konsisten ngeblog walaupun banyak yang harus diurus di dunia nyata, saluutt..

      Aamiin.. semangat terus buat kita ya mbak Nyii..

      Hapus
  13. Wah wah wah apakah itu benar namaku ada di situ.. Terharuuuu.. Aku belum balas punyanya ibukafa juga nih yg liebsternya. Apa nunggu sampe dapat tiga liebster yaa buat balasnya. Wkwk

    Aku turun 5kg jg mbak, tp karena sengaja ubah pola makan nih. Udah ga mau nambah bb lg kecuali nanti hamil. Haha

    Semangat menyongsong 2021 Mbak Ki. Ayo kasih adek buat bang rasyid*kabuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener lhooo..

      Tunggu dapet 3 award, nanti udah dapet 3 tunggu dapet 4, gituu aja sampek capek, akhirnya nggak bales-bales, wkwk..

      Ahahaha.. ayok barengan hamilnya mbak Niin, aamiin.. hihihi..

      Hapus
  14. Duh iya nih. Saya juga belum lanjutkan liebster award dari Mbak Eka. Nyaris saja terlupakan. Baca postingan ini baru ingat. Btw ku terharu Mbak ada nama saya disebut di atas😍 Senang juga bisa mengenal Mbak Kyndaerim:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, mbak Siska nih pasti udah sering banget ya dapet dan bikin Liebster Award, hihi..

      Btw, mbak, ternyata akutuh pengikut blog kamar kenangan udah dari dulu lho, alhamdulillah bisa dipertemukan sama mbak Siska di komunitas nulis, hihi..

      Hapus
  15. Yeaaay jdi tau gmna pribadi mba ky, walau ketebak sih klo mba ky ini penyabar bgt, dan yg paling jelas adl mba ky ini pling rajin nulis dan paling hafal temen2 di grp icc 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. udah ketebak ya mbak walo belum pernah ketemu kita.
      makasih banyak mbak Iva. Yuk yuk, semangat nulis juga :D

      Hapus
  16. Haii mba kyy seneng ada namaku nongol di sini. Tersandung, eh tesanjung euyy. hihi
    Mudah2an resolusinya tercapai. InsyaAllah menang lomba EF dan Seva ya mbaaa. lalu ajarin aku wkwkwkw. Semangaaatttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem judul sinetron ya mbak Ji, wkwk..

      iyalah ku pasti menyebut namamu disini mbaaak, sebagai blogger senior yang punya DA wow, hihi

      Aamiin ya robbal'alaamiin.. MasyaAllah makasih lho mbak Jiii.. Bisa jadi yang pertama ini kalo aku menang, huwaa..

      Ah, jadi malu akutuh.. wkwk..

      Hapus
  17. Dulu ngeblog juga karena ingin mengungkapkan apa yang ada dipikiran. Ternyata bonusnya banyak jadi Blogger dan kini bener bener harus dikerjakan dengan rajin dan profesional jika ingin mendapat cuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju nih sama mbak Wid. Cuan adalah bonus jerih payah kita, haha..

      Hapus
  18. Wahhh...seru ya dunia blogger itu mbak. Aku juga pernah dapet Liebster Awards ini. Seneng jd blogger itu banyak manfaatnya, punya bnyk jejaring pertemanan, lebih paham ilmu SEO, dan dpt job2 dr blog. Semoga makin sukses mbak Ky

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak Rikaa.. wow banget deh pokoknya ngeblog ini kalo ditekuni memang warbyasak hasilnya..

      Aamiin.. sukses juga buat mbak Rikaa..

      Hapus
  19. Kerenn mbaa tema tulisannya jadi pengen ikutan loh nulis estafet para blogger gini gimana caranya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru pertama kali nih dapet award dari teman blogger mbak, haha..

      caranya ya musti nunggu ada yang kasih award sama mbak Sefti, hihi..

      Seru deh entar kalo udah dapet..

      Hapus
  20. Haloo mbaak. Aku udah lama ga mampir ke sini, sebab kesibukan duniawi hiihii 😅🙏
    Aku terharu loooh masuk "nominasi" yang di-mention.
    Dan jugaaak, aku baru tahu mengenai Liebster Award ini. Maklum, blogger pemula nih ehehehe

    Akan aku coba yaak buat beginian, kalo sempat... hiihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Do gapapa, lebih penting dunia nyatalah kalo ada cuannya, hihi..

      yaa.. tanpa ada DL kok ini, yang penting di bales, wkwk..

      Eniwey, beberapa kali aku sempat mampir ke blog kamu, dan berniat tinggalkan jejak, eh tapi beberapa kali jugak komennya gagal publish, alhasil ku menyerah, huhu..

      Hapus
    2. Mungkin masalah sinyal, mbak...
      Aku sempet gitu jg komen di blog orang lain. Gagal mulu buat komen hahahaa

      Hapus
    3. Wkwk.. iya bener Do, besok-besok coba stay dulu lah ya.. haha..

      Hapus
  21. Oh yaa, satu lagi.. Makasih uda baca tulisan tulisanku mbaak. Ternyata mbak masih sering baca tulisanku yaak
    (aku tidak tahu sebab tidak ada jejak komentar 😅)

    BalasHapus
  22. Baru tau ada namanya Liebster award nih, pe ER buat Blogger kyk sy yg semangat nya mulai kendor huhu

    BalasHapus
  23. Whoaaa kak Rizkyyyy, ada namaku😱😍 terharuu😭🤧 maafkan baru baca postingan ini, ternyata udah dari tgl 18 yaa😭 rupanya update-an kakak selama ini nggak muncul di reading list aku, makanya kukira kak Iky sedang hiatus, nggak taunya emg bermasalah aja kayaknyaa yaa reading list dari Bloggernya😥

    Terima kasih atas apresiasinya kaaak, nggak nyangka kalau tahun kemarin bisa bertemu dengan teman-teman baru di blogger yg selalu membawa vibe positif untuk aku semangat menulis lg setelah sekian lama🤧 dan nggak nyangka juga podcast-ku yg ala-ala itu ada yg sukaaak hihi, kayaknya harus segera diupdate ya kak, biar nggak bulukan ditinggal lama-lama😆

    Sekali lg terima kasih kak Ikyy hadiah tahun barunyaa😁, insya Allah aku akan lanjutkan tongkat estafet ini saat waktunya senggang💪🏻😎 Much love😍💕

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.