6 Strategi Mengerjakan Tugas Kelas Online di Era Digital Kekinian



6 Strategi Mengerjakan Tugas Kelas Online di Era Digital Kekinian


Sama halnya dengan kuliah reguler, kuliah kelas online juga memiliki banyak tugas yang dibebankan pada mahasiswanya. Tujuannya tentu saja penilaian terhadap kinerja mahasiswa selama perkuliahan.

Tak berbeda dari kelas reguler, tugas yang diberikan bagi para mahasiswa kelas online ini, harus diselesaikan dalam rentang waktu yang sudah ditentukan, dan biasanya tugas harus disubmit ke platform pembelajaran online milik kampus masing-masing. Misalnya BINUS yang menggunakan penerapan LMS pada platform BINUSMAYA.

Mengerjakan tugas dengan metode online tak jarang membuat seseorang jadi lengah. Banyak mahasiswa yang mengulur waktu. Memang pada akhirnya tugas selesai, namun semakin banyak tugas yang diulur, maka aktivitas lainnya bisa terbengkalai. Misalnya pekerjaan yang tak kunjung selesai karena mengerjakan tumpukan tugas.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk cek strategi terbaik untuk mengerjakan tugas kelas online.

Strategi Mengerjakan Tugas Kelas Online

Menurut pengalaman saya, terapkan strategi berikut jika kamu ingin sukses di kelas online saat kuliah online, antara lain:

1. Hindari Menunda

Ketika mendapatkan tugas, sebaiknya segera dikerjakan tanpa harus menunggu tanggal deadline. Semakin lama menunda tugas, maka niat untuk mengerjakan tugas akan semakin pudar.

Kenapa? Karena otakmu akan menipu dirimu sendiri dengan selalu mencari alasan agar bisa menundanya lebih lama. Lantas bagaimana solusinya? 

Berdasarkan pengalaman, jika tugas sudah dibagikan, lekaslah bergerak untuk mencari materi. Atau bisa juga dengan mencari teman untuk mengerjakan tugas bersama.

Hindari menunda tugas bahkan membiarkan banyak tugas menumpuk. Tugas yang menumpuk, tak hanya membuatmu lebih lelah dan mudah panik, namun juga membuat pengerjaannya jadi tak maksimal. Intinya hal ini hanya akan membuatmu rugi. 

2. Buatlah Jadwal

Buat Jadwal To-Do-List


Pastikan ketika mendapatkan tugas, kamu telah memiliki jadwal deadline dari semua tugas yang dibebankan. Setelah itu, prioritaskan tugas dengan masa pengumpulan paling awal. Lalu, lanjutkan dengan memfilter tugas dari tingkat kesulitannya. Sebaiknya kerjakan dari tugas yang paling mudah agar waktumu tidak habis banyak.

Selain itu, berikan target waktu untuk setiap tugasnya. Ini penting, mengingat seseorang akan sering terlena jika berkaitan dengan waktu. Apalagi, jika kamu tak hanya kuliah, namun juga nyambi bekerja. Mengerjakan tugas tanpa memedulikan waktu hanya akan membuatmu kian lelah dan akhirnya tugas semakin bertumpuk. 

3. Kerjakan dengan Referensi

Semakin banyak referensi semakin baik. Kamu bisa mendapatkan referensi dari buku-buku di perpustakaan atau bisa juga mengambil referensi dari media lain, seperti internet.

Semakin banyak referensi maka tugasmu akan lebih cepat selesai. Tak hanya itu, memiliki referensi yang banyak juga berdampak pada luasnya sudut pandang terhadap penyelesaian tugas.

4. Komitmen

Setelah menerapkan beberapa strategi di atas, ikatlah semuanya dengan komitmen. Hindari mengerjakan tugas lain ketika kamu sudah menetapkan jadwal.

Kamu bisa berikan reward, jika berhasil mengerjakan semua tugas tepat waktu. Atau kamu juga bisa memberikan punishment, jika tugas tidak dikerjakan sesuai dengan jadwal.

5. Hindari Distraksi

Hindari Distraksi


Ketika mengerjakan tugas, pastikan untuk menjauhkan distraksi dari sekitarmu. Misalnya dengan tidak menyalakan TV, radio atau hal lain yang mampu mengganggumu.

Atau jika perlu, mematikan smartphone milikmu jika kamu tiba-tiba ingin melakukan aktivitas dengan smartphone seperti browsing, membuka sosial media atau menonton Youtube. Semakin banyak distraksi, maka semakin lama pula pengerjaan tugasnya.

Selain itu, ketika mengerjakan tugas, pastikan kamu berada di tempat yang nyaman dan bisa membuatmu lebih berkonsentrasi. Misalnya jika mengerjakannya di kamar, maka terlebih dahulu rapikan dulu kamarmu.

Kamar yang berantakan biasanya mampu membuat seseorang menjadi merasa malas. Bahkan tak jarang, kamar yang berantakan malah membuat kita ingin merapikannya, alhasil, tugas jadi terbengkalai. Jadi sebaiknya, rapikan dahulu, setelah itu baru mengerjakan tugas.

Selain itu, gunakan pencahayaan yang baik, karena jika tidak, bisa membuatmu mudah lelah dan mengantuk.

Kamu juga bisa mengerjakan tugas di luar rumah, misalnya di kafe. Namun sebaiknya, cek juga suasana kafe tersebut. Pilihlah cafe yang tenang karena mengerjakan tugas dengan keramaian akan membuatmu sulit fokus.

Di atas adalah beberapa strategi mengerjakan tugas kelas online. Intinya, jika ada tugas segera kerjakan. Hindari menunda jika tidak ingin aktivitasmu yang lain jadi terbengkalai.

Kamu juga bisa gunakan BINUSMAYA untuk sharing bersama teman sekelasmu terkait dengan tugas yang diberikan. Sepengetahuan saya, BINUSMAYA memiliki team room yang bisa digunakan sebagai tempat mengerjakan tugas kelompok dan forum diskusi untuk saling berbagi informasi dengan mahasiswa maupun dosen.

BINUS ONLINE, BINUSMAYA


Kelas online merupakan solusi bagi seseorang yang ingin kuliah, namun terkendala waktu dan jarak. Memang dalam pembelajaran atau penugasannya akan sedikit berbeda dan punya tantangan tersendiri. Akan tetapi, jika sudah terbiasa pasti semua hal tersebut mudah untuk dilakukan.

Jika kamu ingin kuliah online, pilihlah BINUS ONLINE. Selain memiliki kualitas pembelajaran terbaik, BINUS ONLINE juga memiliki beragam fasilitas yang siap mendukung kegiatan belajarmu. So, semangat belajar!



Posting Komentar

41 Komentar

  1. Aku banget ini gampang terdistraksi, akhirnya lupa dan panik sendiri saat DL. Harus fokus ya apalagi kelas online itu dituntut banget kemandiriannya, terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  2. Di sisi lain kelas online memudahkan karena bisa diikuti meski dari rumah. Tapi banyak tantangannya, termasuk mengerjakan tugas harus disiplin dan minim distraksi itu yang sulit. Harus mengalahkan situasi itu kalo mau berhasil ikut kelas online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh, banyak godaannya memang.

      Hapus
  3. Orang banyak mengira kalau kuliah online bisa lebih santai dan rebahan saja, padahal tugas terus lanjut dan tetap ada ya,
    jadi sebagai mahasiswa dengan sistem kuliah online harus tetap bisa menjalankan pembelajaran dan juga melaksanakan tugas perkuliahan dengan baik, ya

    BalasHapus
  4. Belum pernah ikut kuliah online nih Kak. Tapi setuju banget kalau tugas apapun tuh gak boleh ditunda. Kalau ngumpulin tugas tepat waktu kam lega rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Apapun itu, kalo dikerjain lebih awal kan jadi lebih tenang.

      Hapus
  5. Menarik nih Binusmaya menyediakan forum untuk kerja kelompok, ya. Satu lagi alasan menjadikannya alternatif buat kuliah anakku nanti

    BalasHapus
  6. Aku juga suka buat jadwal kalau ada tugas. Dengan buat jadwal aku jadi tahu mana dulu yang harus dikerjakan. Sekarang kuliah serba online, kalau bosan di rumah bisa mengerjakan di cafe yang tenang ya, yang penting jangan ke distraksi aja. Biasanya sih suka jadi pengen lihat medsos, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan tapi banyak godaannya, ya, haha..

      Hapus
  7. 1 dan 5 nampol banget deh Mbak, jangankan tuk tugas kuliah, tuk DL job juga worth it ini mah :D
    asyik ya sekarang kalau mau kuliah tapi terkendala waktu (karena sambil kerja, misalnya) tetap bisa dong ya karena ada kelas online di Binus University.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mbak Di, haha..

      Hapus
  8. Jadi inget zaman pandemi, harus ngajar online. Mahasiswa harus ngerjain tugas online, asistensinya via zoom. Bagus nih BINUS, walaupun sekarang sudah mulai offline, tapi masih memungkinkan kuliah online juga. Ada BINUSMAYA buat kerja kelompok juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, perjuangan banget pasti ya, Mbak.

      Hapus
  9. Bener sih. Menunda tuh bikin kita kadang jadi lupa ngerjain tugas. Eh tau-tau udah waktunya ngumpulin saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalang-kabut nggak tuh, haha..

      Hapus
  10. kalau yang distraksi ini jadi mengena dah buat daku juga hihi.
    apalagi buat yang lagi ada tugas kelas, kedistrak bentaran aja bisa buyar deh merampungkan tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuls.. Kudu besar niat ngerjain tugas tanpa kedistrak.

      Hapus
  11. Semua kerjaan emang bagusnya jangan ditunda-tunda, apalagi itu tugas kuliah. Binus udah teruji nih kualitasnya. Eh sekarang ada kelas online juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus, langsung kerjain yah, biar tenang. Yup, Mbak, BINUS Online, recommended pokoknya.

      Hapus
  12. Wah enak ya ada BINUS MAYA ini jadi mgga bingung kalau ada tugas yang sulit. Kalau dulu kudu lembur di kampus demi tugas selesai

    BalasHapus
  13. Distraksi ini sih yang beneran kayak pengintai trus ujug ujug cilukba gitu, walhasil bikin fokus berantakan dan akhirnya tugasya bisa nggak selesai tepat waktu. Huhuhu ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli kalang-kabut sih pasti, kak.

      Hapus
  14. Hahaha nomor satu dan dua kalau aku kudu mulai dilakukan sih. Kadang tuh kalau jadwalnya masih jauh, otakku terlena gitu loh mbak. Jadi pas deadline waktu baru gas poll. Padahal gak baik emang kalau dibiasakan

    BalasHapus
  15. Tugas kuliah online memang harus dikerjakan dg komitmen dan sungguh-sungguh. Jangan sampai ya, suka menunda akhirnya tugas menumpuk dan bikin repot sendiri.

    BalasHapus
  16. Saya pun kalau pas ada pekerjaan, pastikan harus mematikan dulu paket data dan WiFi. Biar notifikasi gak muncul terus. Jadi bisa konsentrasi sampai selesai. Kalau tidak, bawaannya terus tergoda untuk buka notifikasi. Hehe gak kelar-kelar deh itu pekerjaan nya

    BalasHapus
  17. Menunda dan distraksi itu yang bagiku paling berat buat dikalahkan. Kebiasaan jelek, memang, dan mesti segera diberantas.

    BalasHapus
  18. nomer 1 ini memang penting banget, hindari menunda, hehe. karena menunda adalah satu kegiatan yang menyebabkan pekerjaan lainnya kegeser saat mengerjakan, duh. makasih tipsnya kak

    BalasHapus
  19. Berhubung ga ada yang mengawasi scr langsung, kita yg lagi belajar kuliah online emg hrs disiplin wkt ya kak. Beda bgt ama kuliah offline yg bs saling diingatkan teman. Kalo online gini, tugas2 bs lewat kl ga ada yg ngingetin.

    BalasHapus
  20. nampaknya mau mengerjakan tugas jenis apapun, baik online maupun offline sama saja ya mba ky, yang paling penting mah jangan menunda

    BalasHapus
  21. cocok banget buat teman-teman yang kuliah online niy tipsnya mba, karena kalau kuliah online kadang suka-suka atur jadwalnya padahal kalau ga dimanaj waktunya malah berantakan ya, tugas tugas jadi terbengkalai karena dientar entar mulu

    BalasHapus
  22. Aku belum pernah merasakan kuliah online. Tapi pasti tantangannya lebih banyak ke komitmen diri dan disiplin yaa..

    Keren ada BINUS Online yang memungkinkan siapa saja untuk tetap bisa belajar meski secara daring dan semoga bisa memberikan impact yang baik untuk kualitas kehidupan seseorang.

    BalasHapus
  23. Strategi melakukannya segera atau tidak menunda menjadi strategi pertama yang kudu dipatuhi. Pasalya kalau tugas sudah tertunda sedikit saja akan semakin memberatkan.

    BalasHapus
  24. Bener banget nih tipsnya, jadi inget aku dulu suka nunda mengerjakan tugas kuliah. Padahal loh enggak kuliah online. Dan zaman aku dulu, sosmed belum kayak sekarang. Emang sih, sosmed dan smartphone itu kadang mengganggu..hehe

    BalasHapus
  25. Wah, tipsnya sangat membantu! Aku biasanya suka tergoda dengan smartphone dan suara bising di sekitar. Bakal coba nih untuk lebih menjauhkan distraksi dan menerapkan suasana yang tenang saat belajar. Terima kasih atas sharingnya! 👍😊

    BalasHapus
  26. Nah, distraksi ini yaa yg kadang agak sulit dihindari, namanya juga di rumah, kadang Nicol atau malah pak aku yg nanya ini itu. Jadi Menag bener2 harus kerjaaa ma dan saling mengerti ya kaak.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!