Tips Memilih Laptop Bisnis. Ini Dia yang Perlu Dipertimbangkan



Tips Memilih Laptop Bisnis. Ini Dia yang Perlu Dipertimbangkan



Laptop bisnis berbagai merek memang telah banyak bermunculan. Namun, untuk menemukan dan memilih yang tepat, tentu tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya kegiatan dengan menggunakan laptop berjalan lancar.

Laptop bisnis tidak boleh dipilih asal-asalan. Perlunya mempertimbangan harga hingga spesifikasinya, laptop bisnis terbaik juga harus lebih praktis digunakan di manapun dan kapan pun.

Memilih Laptop Bisnis Terbaik 2022? Ini Dia 10 Pertimbangan yang Harus Dilakukan!

Sebelum menentukan pilihan laptop bisnis untuk menunjang aktivitas bisnis kamu yang super sibuk, baca dulu nih pertimbangan penting sebelum membelinya, antara lain:

1. Pilih Jenis Laptop

Ada beragam jenis laptop dengan ukuran yang berbeda-beda. Salah satunya adalah netbook, sebagai pengganti desktop. Jenis laptop bisnis terbaik ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan penggunaan sehari-harinya.

Untuk jenis laptop ukuran 11,6 - 12 inci akan sangat cocok untuk kamu yang sering menggunakan layar ultra-portable. Beberapa di antaranya akan memilih laptop utama dengan layar normal 13,3 - 14 inci. Jenis laptop ini sangat ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Namun, karena ukurannya yang cukup kecil, tidak terdapat DVD drive.

Akan tetapi, kalau kamu membutuhkan laptop hanya untuk menginstal PC dan tidak melakukan aktivitas  di luar, laptop ukuran 17 sangat cocok sebagai penggantinya. Dengan fisik lebih ringkas dan layar lebih lebar, bisa membuat meja kerja terkesan lebih rapi.

2. Ketahanan Fisik dan Energi

Memiliki laptop bisnis yang terbaik adalah sebuah investasi. Hal ini berarti, akan lebih baik kamu membeli laptop dengan harga cukup mahal dengan kualitas terbaik yang pastinya juga akan lebih menghemat uang kamu dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mengapa demikian? Karena, masalah pada laptop umumnya adalah seberapa tahan fisik serta energinya ketika digunakan. Misalnya seperti, ketahanan suhu, seberapa kokoh fisiknya, termasuk pula pada bagian keyboard atau touchpadnya.

Laptop yang memiliki kondisi kuat dan kokoh, pasti terbuat dari bahan logam terbaik. Sehingga tahan diberbagai kondisi cuaca, tahan goncangan serta tahan kelembaban udara. Hal inilah yang mampu mempertahankan kesehatan laptop, bahkan awet hingga sampai ke anak cucu.

Sekalipun mungkin, laptop kamu sudah ketinggalan zaman fitur-fiturnya, setidaknya laptop kamu masih bisa berjalan sebagaimana mestinya, dan tanpa perlu merogoh kocek lagi untuk merawat laptop kamu. Terlebih, jika laptop memiliki baterai dengan daya tahan lebih lama, maka kamu bisa bebas bekerja dengan aman dan nyaman di manapun. Utamakan jenis baterai polymer daripada Li-ion.

3.  Kapasitas Media Penyimpanan

Kamu pasti nggak mau kan menghapus beberapa data penting karena kekurangan media penyimpanan dalam laptop? Untuk itu, besaran kapasitas media penyimpanan pada laptop bisnis terbaik, menjadi hal penting dalam pemilihan laptop bisnis. 

Kamu bisa memilih laptop dengan SSD, supaya data-data penting kamu dapat tersimpan dengan aman. SSD sebagai media penyimpanan memang saat ini semakin populer terutama pada laptop bisnis, karena kemampuannya membaca data, tahan akan goncangan, memiliki sumber tenaga cukup besar, serta tahan akan kerusakan yang terjamin.

Walau harganya terbilang cukup mahal, namun SSD menjamin kepuasan yang berkali-kali lipat lebih baik dari sebuah hard disk.

4. Pemilihan Sistem Operasi

Pemilihan sistem operasi yang kurang bagus, akan mempengaruhi performa laptop kamu. Baiknya, disesuaikan dengan kebutuhan perangkat saja. Terkadang pula, sistem operasi terbaik bukan berarti yang terbaru.

Misalnya saja, kamu terbiasa dan sudah nyaman dengan Windows 7, maka akan terasa aneh jika harus mengoperasikan Windows 8. Akan tetapi, untuk ke depannya, lebih baik kamu dapat beralih untuk mempersiapkan diri dan lebih mengenal sistem operasi yang jauh lebih baik, supaya kelancaran bisnis pun semakin terarah.

5. Perhatikan Sistem Keamanan

Laptop bisnis terbaik untuk kebutuhan pribadi, umumnya memiliki sistem keamanan canggih, misalnya fingerprint, enkripsi data, GPS, face recognition, password harddisk, dan sebagainya. Dengan begitu, data-data terkait bisnis kamu akan aman tanpa khawatir dibobol.

Selain itu, pentingnya mengganti sistem keamanan laptop setidaknya enam bulan sekali, supaya terbaharui.

6. Jenis CPU dan GPU

Pemilihan jenis CPU dan GPU tergantung pada kebutuhan pemakaian. Semakin tinggi kinerja laptop, maka kemampuan CPU pasti akan semakin tinggi pula dalam membantu menyelesaikan pekerjaan kamu.

Selain itu, harga yang ditawarkan pun akan disesuaikan dengan kemampuan CPU. Kalau kamu menginginkan kualitas tinggi, maka pilihlah laptop bisnis terbaik dengan kualitas CPU terbaik juga. Jangan tergiur harga murah, kalau tidak mau menghambat pekerjaan kamu. 

Sementara jenis GPU atau biasa dikenal penjual laptop sebagai VGA, yang sebenarnya memiliki fungsi tidak jauh beda dengan CPU. Hanya saja, GPU berfokus pada kemampuannya dalam menampilkan grafik, pengeditan video atau bermain game. 

Sesungguhnya, para pebisnis tidak begitu membutuhkan jenis perangkat ini dan cukup dengan jenis GPU onboard saja untuk dapat membantu menyelesaikan pekerjaan bisnismu.

7. Mendukung Presentasi

Laptop bisnis juga harus memiliki fitur yang mudah terhubung dengan proyektor untuk melakukan presentasi. Itu berarti laptop harus sudah dilengkapi output VGA dan HDMI/DVI. Dengan begitu, presentasi seputar perkembangan bisnis atau mengatur strategi terbaik, akan berjalan dengan lancar.

8. Ketersediaan Port Data

Umumnya, USB, card reader dan eSATA, wajib tersedia pada jenis laptop bisnis terbaik. Hal ini dimaksudkan agar kamu mudah memindahkan data eksternal maupun data internal.

Lantas, bagaimana cara memilih port data yang baik? Sebaiknya pilih port data dengan teknologi USB 3.0 yang memiliki kecepatan hingga 10 kali lipat daripada teknologi USB di bawahnya.

Wajib diingat, bahwa USB 3.0 pasti memiliki warna merah atau hijau. Sementara jenis di bawah itu adalah warna hitam.

9. Konektivitas

Memiliki laptop bisnis terbaik untuk para pebisnis, pastinya wajib terhubung ke internet. Untuk itu, pastikan tersedianya fitur Wifi, Bluetooth, Ethernet serta Mobile Broadband.

Fitur-fitur ini akan membantu kamu tetap terhubung ke jaringan dan mendukung pekerjaan kamu saat berada di luar ruangan.

10. Penjual Resmi Terpercaya

Membeli laptop bisnis terbaik tidak boleh pada sembarang penjual. Ada baiknya kamu memilih penjual resmi yang memiliki ketersediaan suku cadang. Selain itu, penting juga yang memiliki garansi yang relatif panjang serta kemudahan saat mengklaimnya.

Ke sepuluh poin di atas, merupakan hal terpenting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop bisnis. Jangan terburu ambil keputusan ya kalau nggak mau terlalu sering keluarkan biaya karena laptop sering diservice. Pilihlah laptop bisnis yang bisa tahan lama untuk kerja online maupun offline.

Semoga artikel banyak membantu ya. Silakan berbagi ke media sosial mana pun. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar