5+ Wisata Kuliner di Bandung, Ada Restoran Steak Legendaris!




Wisata Kuliner di Bandung


Wisata kuliner di Bandung, sering kali menjadi incaran tak hanya bagi warga lokal, namun juga para penikmat kuliner atau pelancong yang datang dari berbagai daerah.

Berjuluk Kota Kembang, nyatanya membuat wisata kuliner di Bandung memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri, begitu pula dengan beragam wisata alam Bandung yang selalu memesona.

Daftar Wisata Kuliner di Bandung

Ada banyak pilihan tempat kulineran di Bandung yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman. Berikut rekomendasinya:

1. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang, Kulineran di Bandung
Batagor Hanjuang (liburanyuk)

Wisata kuliner di Bandung rasanya kurang lengkap kalau belum nyobain makanan khasnya di Batagor Hanjuang, yang berlokasi di Jl. Terusan Babakan Jeruk 1, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Walaupun terletak di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak, tetapi rasa Batagor Hanjuang tetap enak, bahkan nggak berubah sejak didirikan tahun 1990 silam. Menu yang disediakan ada batagor kering, batagor kuah, baso tahu dan siomay.

Uniknya, batagor di sini biasa disajikan bersama mie kuning yang membuatnya berbeda dan menjadi menu andalan Batagor Hanjuang. Harga batagor isi 5 dijual mulai Rp13.000 aja, lho.

2. Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom, Kulineran di Bandung
Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom (tripadvisor)

Wisata kuliner di Bandung berikut ini terbilang cukup sederhana, yaitu Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom yang berlokasi di Jl. Trunojoyo No. 62, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berkonsep prasmanan dengan harga lauk-pauk mulai dari Rp6.000 saja, kamu bisa memilih beragam sajian menu makanan khas Sunda, mulai dari ayam bakar, ayam cabe ijo, ikan mas, sop gurame, soto Bandung, sayur lodeh, pepes ayam, pepes tahu, sambal gologog, sambal oncom, dan menu lainnya yang pasti menggugah selera.

3. Cafe Madtari Bandung

Cafe Madtari Bandung, Kulineran di Bandung
Cafe Madtari Bandung (pergikuliner)

Buat barudak yang lagi cari tempat nongkrong, wisata kuliner di Bandung satu ini bisa jadi pilihan tepat. Namanya Cafe Madtari Bandung, menyediakan berbagai menu seperti mie instan toping cornet atau telur, roti bakar, dan menu lainnya dengan harga terjangkau mulai dari Rp5.000an aja.


FYI, kafe ini sampai dijuluki Si Keju Jabrig, lho, karena memang toping kejunya yang melimpah ruah sampai kayak rambut jabrik, gitu. Cobain deh, menu andalan Cafe Madtari Bandung yaitu Pisang Keju dan Pisang Bakar Coklatnya, pasti bikin kamu nggak mau beranjak dari kafe hits ini. Lokasi Cafe Madtari terletak di Jl. Ranggagading No. 1A, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Nasi Kalong

Nasi Kalong Bandung, Kulineran di Bandung
Nasi Kalong Bandung (tribunnews)


Mendengar namanya yang unik, sajian wisata kuliner di Bandung yakni Nasi Kalong dibuat dari nasi merah dengan tambahan bumbu kluwek yang membuat warna nasinya semakin gelap serta beraroma rempah. Dihidangkan bersama tumis buncis, serta pilihan lauk lain mulai harga Rp5.000 aja, seperti ayam crispy, rendang, udang crispy dan lain-lain.

Eits, walaupun berwarna gelap, tapi rasa dari Nasi Kalong ini lebih gurih dan lezat, karena cara memasak nasinya benar-benar diperhatikan, sehingga membuat semua bumbunya meresap sempurna.

Buat kamu yang penasaran dengan menu satu ini, langsung aja datang ke Jl. Batununggal Indah Raya No.237, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jam buka Nasi Kalong pukul 15.30 - 22.30, dengan jam sibuknya sekitar pukul 20.00, nih.. Jadi jangan sampai kelewatan untuk kulineran di Bandung dengan menu unik ini.

5. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu, Kulineran di Bandung
Cuanki Serayu (terakur)

Beralih ke wisata kuliner di Bandung yang nikmat disantap saat cuaca sejuk, nih. Yup, ada cuanki yang merupakan makanan khas Bandung populer. Terbuat dari campuran daging sapi, ikan, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu lainnya.

Cuanki biasanya disajikan bersama dengan bakso, siomay goreng, siomay kukus, tahu goreng, tahu putih, lalu disiram dengan kuah kaldu panas, kemudian diberi taburan bawang goreng dan irisan seledri. Hampir mirip bakso ya, tapi cuanki disajikan tanpa mie.

Penasaran ingin mencicipi sedapnya cuanki? Langsung aja mampir ke Cuanki Serayu yang terletak di Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Warung Sitinggil

Warung Sitinggil, Kulineran di Bandung
Warung Sitinggil (liburanyuk)

Ingin mencoba kulineran di daerah perbukitan? Kamu bisa mampir ke Warung Sitinggil. Tempat wisata kuliner di Bandung ini tidak hanya menyajikan menu makanan khas Sunda yang lezat, namun juga suasana pedesaan yang asri sekaligus menyuguhkan pemandangan alam yang indah di atas ketinggian.

Hal itu pun disesuaikan dengan arti dari Sitinggil sendiri, yakni bangunan di atas tanah yang tinggi. Berlokasi di Jl. Dago Giri No.90, Mekarwangi, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Warung Sitinggil buka setiap Selasa - Minggu, pukul 12 siang hingga 10 malam. Harga bermacam menu yang ditawarkan bahkan kurang dari 50 ribu, lho.

7. Suis Butcher

Suis Butcher, Kulineran di Bandung
Suis Butcher (traveloka)

Didirikan sejak tahun 1990, Suis Butcher menjadi salah satu wisata kuliner di Bandung dengan menu andalan steak yang patut kamu cobain, nih. FYI, Suis Butcher merupakan restoran steak tertua di Kota Bandung, lho.

Meski menu andalan di Suis Butcher adalah steak, namun banyak pilihan menu lain yang tak kalah lezat, seperti Beef Cordon Bleu, Salsom, Rib Barbeque, Beef Schnitzel dan lain-lain.

Kalau kamu penasaran dengan restoran steak legendaris ini, langsung aja datang ke Jl. L. L. R.E. Martadinata No.201, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Steak Ranjang

Steak Ranjang, Kulineran di Bandung
Steak Ranjang (pergikuliner)

Masih dari menu steak, wisata kuliner di Bandung kali ini terbilang cukup unik, namanya Steak Ranjang. Untuk kamu penggemar steak atau yang ingin makan steak dengan harga yang ramah dikantong, langsung aja datang ke lokasi Steak Ranjang, di Jl. Dipati Ukur No.248, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dengan harga seporsi Steak Ranjang mulai dari Rp20.000an plus bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera, kamu sudah bisa menikmati kelezatan steak layaknya direstoran mahal.

9. Mie Kocok Bandung "Mang Dadeng"

Mie Kocok Bandung Mang Dadeng, Kulineran di Bandung
Mie Kocok Bandung "Mang Dadeng" (tripadvisor)

Penggemar mie harus banget nih mencicipi wisata kuliner di Bandung yang legendaris ini. Adalah Mie Kocok Bandung "Mang Dadeng", yang berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sajian Mie Kocok Bandung "Mang Dadeng" terkenal karena kelezatan kuah gurihnya dan isian mie yang menggugah selera. Harga seporsi Mie Kocok Bandung "Mang Dadeng" mulai dari Rp28.000 aja.

Gimana, nih, sudah siap kulineran di Bandung? Jangan lupa mampir ke tempat wisata kuliner di Bandung dalam daftar ini ya. Mencicipi kuliner khas Sunda sambil menikmati suasana Kota Kembang yang selalu bikin kangen. Selamat berwisata kuliner. Sampai jumpaa..


Posting Komentar

16 Komentar

  1. Semua rekomendasi kuliner Bandung tadi sukses bikin aq ngiler kak, emang kalo berkunjung ke suatu daerah yang diburu pasti wisata kulinernya dulu. Dan semoga suatu hari aq bisa main2 ke Bandung biar bisa mampir ke beberapa warung dan resto diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Sampai ketemu di Bandung, hihi..

      Hapus
  2. Nahhh, ini artikel yg aku cari pas ke Bandung kemarin. Beberapa sudah saya cicipi, tapi belum semuanyaaa. Btwe, aku penasaran banget sama Nasi Kalong 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Travel blogger memang harus cobain, nih Kak.

      Hapus
  3. Jadi kangen kepingin ke Bandung lagi. Surganya kuliner!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup yup! Semoga disegerakan yah buat kulineran di Bandung lagi.

      Hapus
  4. Penasaran sama nasi kalong Bandungnya itu lohh hmm.. warnanya menggoda udah macam nasi goreng merah pedess tapi versi lebih gelap yaa mba Ky wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum, Mbak Jiii.. Ini nasi pokoknya bikin gagal diet, wkwk.

      Hapus
  5. BAndung emang kota kuliner banget sih, banyak menu sedap mantap yang sampe sekarang jadi idola dan sangat dicari oleh wisatawan. Aku mau masukin list dulu, siapa tahu kalo ke Bandung bisa mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap! Food blogger jangan sampe ketinggalan ya, Ko.

      Hapus
  6. Bagi yang seneng wisata kuliner dan pengen ke Bandung, bisa sih makanan-makanannya masuk list yang kudu dicicipi. Penasaran sama batagor Hanjuang aku kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaskeun! Cicipi juga yg laen dongs, hehe..

      Hapus
  7. Aduh ngelir berat mba. Jadi pingin kulineran ke Bandung euy. Mumpung deket paling cuma 2 jam perjalanan. Cuzz ah

    BalasHapus
  8. wah bikin ngiler sekali nih kak, Bandung menjadi salah satu wishlist tempat yg pengen banget saya kunjungi, semoga suatu saat bisa tercapai & bisa coba rekomendasi kuliner dari kk

    BalasHapus
  9. Suis butcher Ama cuanki serayu yg aku pernah cobain. Mie kocok Ama batagor pernah sbnrnya, tapi beda tempat. Dan kayainya batagor mah mau di mana aja asal Bandung enak semua 😄😄. Aku sukaaa ..

    Suis butcher itu juga fav kami sekeluarga mba. Tiap ke Bandung pasti pengen kesana.

    Trus paling sukaa lagi Ama restoran Sunda di Bandung, soalnya pastiii sambelnya ENAAAK. Ya ampuuuun 😅, sambel aja bikin aku ketagihan. Belum ada yg ngalahin deh kalo sambel dan lalapan Bandung 😄👍

    BalasHapus
  10. Duh, batagornya bikin kepengen. Rasanya menggoda banget nih, dan bikin tambah kenyang dengan adanya mie.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.