Sedap! 7 Makanan Khas Belitung Ini Bikin Mau Lagi dan Lagi



Makanan Khas Belitung, Makanan Khas Bangka Belitung, Kuliner Khas Belitung, Kuiner Khas Bangka Belitung


Belitung, pulau yang semakin terkenal setelah menjadi latar lokasi cerita novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Kesuksesan novelnya yang begitu besar, mengantar Laskar Pelangi hingga menjadi sorotan dunia dan berhasil mendapat penghargaan internasional. Novel laris ini juga diadaptasi menjadi film yang tak kalah sukses berkat keapikan tangan duo Riri Riza dan Mira Lesmana. Berkat popularitasnya, tak aneh jika Pulau Belitung kian menjadi destinasi favorit para turis lokal maupun turis asing.

Jika ingin mengunjungi Belitung, kamu bisa menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Lebih praktis karena kini kita juga sudah bisa pesan tiket pesawat secara online. Sudah cukup banyak jasa penerbangan yang menyediakan rute ke pulau satu ini, di antaranya adalah Nam Air.

Selain Wisata Laskar Pelangi mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata dan replika SD Muhammadiyah Gantong dalam filmnya, kamu juga jangan sampai kelewatan beragam makanan khas yang bisa kamu rasakan dengan lebih otentik di sana, ya! Sebagai acuan untuk kulineran nanti di Belitung, cek dulu 7 makanan khas Belitung yang bikin kamu pengen nambah lagi, lagi, dan lagi, di bawah ini, yuk!

Sedap! 7 Makanan Khas Belitung Ini Bikin Mau Lagi dan Lagi

1. Berego

Berego adalah menu sarapan Belitung yang serupa dengan sajian lontong yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Jika ingin mencoba Berego, kamu bisa menikmatinya sebagai pendamping dari beberapa makanan. Di antaranya ada Lakse, Gangan, dan Mie Belitung. Duh, jadi terbayang sarapan dengan sajian nikmat satu ini. Dengan setiap suapannya, rasa hangat kian menyeruak mulai dari dada hingga lambung.

2. Mie Belitung

Setelah Berego, santapan yang perlu kamu icip adalah Mie Belitung. Mie kuning dengan kuah kaldu udang yang gurih adalah cita rasa dari Mie ini. Mie Belitung disajikan dengan udang, potongan kentang rebus, acar timun, serta kerupuk emping. Disajikan hangat dengan aroma yang nikmat, membuat Mie Belitung ini menjadi salah satu sajian populer yang bisa dinikmati kapan saja. Tertarik mencobanya?

3. Lakse

Berlokasi di wilayah yang kental akan etnis Melayu, Belitung juga memiliki sajian khas bernama Lakse. Mie yang terbuat dari campuran adonan tepung beras dan tapioka menjadi bahan dasar dari Lakse. Kemudian, mie tersebut akan disiram dengan kuah kaldu daging ikan tenggiri yang telah diracik dengan bumbu-bumbu rempah dan santan kelapa. Bagi kamu yang suka pedas, pastikan untuk menikmati kuah kuning Lakse dengan cabai. Gurih hangatnya kuah Lakse, terasa sampai di hati.

4. Sup Gangan

Jika sudah puas menyantap mie, kini saatnya kamu menikmati sajian nasi dengan semangkuk hangat sup daging ikan tenggiri. Kuah sup ini diracik dari beragam rempah dengan citarasa asam pedas yang gurih. Sup Gangan ini cocok untuk dimakan sebagai makan siang yang dapat memberikan tenaga ekstra untuk menjalani harimu.

5. Siput Gonggong

Sebagai wilayah pulau, tentu tak aneh jika Belitung memiliki beragam kuliner seafood yang tak hanya lezat, namun juga unik. Seperti di antaranya Siput Gonggong yang terbuat dari siput laut.
Setelah diolah sedemikan rupa, Siput Gonggong ini akan disajikan dengan kuah sambal, yummy! Seperti cara makan siput lainnya, Siput Gonggong juga hanya memerlukan tusuk gigi untuk mengeluarkan daging siput dari cangkangnya.

6. Suto Belitung

Mirip dengan lontong sayur, Suto Belitung siap dinikmati dengan paduan topping potongan lontong, bihun, daging, serta emping. Kuahnya sendiri adalah kuah kari daging sapi yang kental. Tak hanya kental, kuah Suto Belitung ini juga gurih berkat campuran santan yang dimasukkan ke dalam kuahnya.
Rendam sedikit emping ke dalam kuah Suto Belitung, dan langsung makan sebelum terlalu lembek. Gabungan dari sensasi emping yang garing dan kuah gurih yang meresap ke dalam emping, duh, tak bisa dijelaskan dengan kata-kata!

7. Belacan

Jika kamu sudah puas bermain dan berwisata mengelilingi Belitong, saatnya kamu membeli oleh-oleh untuk sahabat dan anggota keluarga lain seperti om, tante, dan para sepupu. Saat membeli oleh-oleh dari Manado, salah satu hal yang paling populer dan mudah untuk di bawa pulang kembali ke wilayah asal adalah Belacan.

Belacan adalah hasil fermentasi udang rebon dan bisa dijadikan sebagai elemen penyedap ketika sedang membuat sambal. Kamu bisa memberikannya kepada sahabat maupun keluarga dekat sebagai oleh-oleh khas dari Manado.

Benar benar menggugah selera dan bikin penasaran dengan keaslian rasanya, kan? Tunggu apalagi? Yuk, pesan tiket pesawat online ke Belitung sekarang juga! Cek penerbangan dan tanggal yang sesuai dengan jadwal kamu, dan bisa langsung booking hanya dengan sentuhan jari saja. Simpel banget!
Pssst, jangan lupa ajak sahabat-sahabat kamu untuk ikutan, supaya momen liburan jadi berlipat ganda lebih menyenangkan! Di antara ketujuh makanan khas Belitung di atas, santapan mana nih, yang jadi favorit kamu?


Posting Komentar

0 Komentar

Promo Tour Bali Murah