Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas, Solusi Nasi Cepat Matang

Pretty Black Cat

Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas, Solusi Nasi Cepat Matang



Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas Agar Nasi Cepat Matang

Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas, Solusi Nasi Cepat Matang - Memasak nasi merupakan pelajaran pertama yang harus kita ketahui ketika berada di dapur. Cara mudah memasak nasi adalah dengan menggunakan rice cooker. Tinggal cok, cetek, dan tunggu matang. Namun, bagaimana jika tiba-tiba listrik padam? Apakah rice cooker masih dapat diandalkan? Apakah rasa lapar masih bisa menunggu lebih lama sampai listrik menyala? Jangan sampai hal tersebut terjadi ya.

Cara memasak nasi dengan kompor gas adalah alternatif disaat listrik padam. Caranya cukup mudah, tidak sesulit yang dibayangkan. Lagipula, menanak nasi manual juga akan membuat nasi cepat matang, serta pemakaian listrik akan jauh lebih hemat dan rasa lapar segera teratasi. Selain itu, nasi akan lebih tahan lama, tidak berbau, tidak mudah kering, maupun berubah warna layaknya memasak nasi dengan rice cooker.

Zaman dulu, sebelum terciptanya alat elektrik memasak nasi seperti rice cooker atau magic com, dan memasak nasi di kompor gas, biasanya dilakukan di atas bakaran kayu atau tungku dengan menggunakan periuk atau wadah tahan panas lain, baik dengan cara digantung atau diletakkan langsung di atas bara api. Ada yang pernah mencobanya? Atau melihatnya? Atau bahkan masih ada yang menggunakan cara ini? Boleh share dikolom komentar ya.

Sebagai pejuang dapur, tentunya harus bisa memasak nasi selain dengan rice cooker. Seperti layaknya memasak nasi zaman dulu, hanya saja penggunaan kayu bakar atau dengan tunggu lebih dimudahkan dengan hadirnya kompor gas atau kompor minyak tanah (kompor sumbu).

2 Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Ada 2 cara memasak nasi di atas kompor. Konon katanya, cara-cara ini sudah dilakukan

1. Memasak dengan Cara Aron

Aron merupakan teknik memasak nasi tradisional tanpa dikukus. Artinya, memasak nasi langsung dengan dandang. Cara ini harus dilakukan dengan teknik yang benar, karena jika tidak, nasi akan terasa keras bahkan tidak terlalu matang. Berikut adalah langkah-langkah memasak nasi dengan cara aron.

Alat dan bahan:

1. Beras sesuai dengan porsinya (misalnya 3 cup)

2. Air

3. Dandang atau panci kukus

4. Kompor gas

5. Sendok nasi kayu atau sendok nasi jenis lain, untuk mengaduk nasi

Cara memasak:

1. Siapkan dandang, lalu cuci bersih beras, bilas hingga 2-3 kali hingga tidak cukup keruh airnya, serta buang gabah atau batu yang tampak.

2. Rendam beras dalam air secukupnya, dengan takaran air kurang lebih 2 ruas jari telunjuk. Diamkan hingga 10-15 menit.

3. Kemudian angkat ke atas kompor, masak dengan api sedang dan dimasak hingga air terserap, jangan lupa sesekali diaduk merata agar tidak lengket.

4. Lalu, kecilkan api, sambil mengaduk nasi agar tidak berkerak dan gosong bagian bawahnya. Tunggu 15-20 menit, pastikan nasi benar-benar matang.

5. Selesai, nasi siap dihidangkan dengan lauk-pauk yang tersedia.

Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas

2. Memasak dengan Cara Kukus

Kukus merupakan teknik memasak dengan uap panas yang dihasilkan dari air yang dipanaskan atau di didihkan. Caranya, isi air dalam panci kukus, dan letakkan apa yang ingin dimasak di atas wadah berlubang, lalu tutup, biarkan makanan matang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Cara memasak nasi dengan dikukus, dilakukan dengan dua kali pengerjaan. Kata orang sih lebih ribet dibanding dengan memasak nasi dengan cara aron. Yuk, langsung praktekin langkah-langkah di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. Beras 3 cup

2. Air

3. Periuk atau dandang dan panci kukus

4. Kompor gas

5. Sendok nasi kayu atau sendok nasi jenis lain, untuk mengaduk nasi

Cara memasak:

1. Cuci bersih beras dalam panci, bilas hingga 2-3 kali, hingga airnya tidak cukup keruh.

2. Lalu beri air secukupnya, ukur hingga kurang lebih 2 ruas jari telunjuk.

3. Kemudian, masak nasi di atas api sedang, sampai airnya hampir habis, jangan lupa mengaduknya sesekali.

4. Setelah itu, panaskan dandang atau panci pengukus, yang sudah berisi air, tutup dan tunggu hingga panasnya menghasilkan uap

5. Lalu, pindahkan nasi setengah matang ke dalam panci pengukus. Aduk sesekali agar nasi tidak lengket. Pastikan masak dengan api sedang.

6. Tutup saat memasak, agar uap cepat mematangkan nasi. Tunggu hingga 15-20 menit. Pastikan nasi benar-benar matang.

7. Selesai, nasi siap dihidangkan bersama lauk-pauk yang tersedia.

Tips Cara Memasak Nasi

Memasak nasi memang bukanlah sebuah hal sulit. Namun, bukan berarti asal memasak nasi. Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memasak nasi, baik dengan kompor atau pun dengan rice cooker, diantaranya:

1. Mencuci beras hingga airnya tidak terlalu keruh

Cucilah beras hingga airnya tidak terlalu keruh, biasanya mencuci hingga 2-3 kali bilasan saja. Pastikan juga tidak ada kotoran yang tertinggal, seperti batu, gabah, atau sejenisnya.

2. Takaran air memasak nasi

Takaran air memasak nasi di atas 3 cup akan selalu sama, biasanya menutupi hingga 2 ruas jari telunjuk. Sedangkan memasak nasi di bawah 3 cup, membutuhkan lebih sedikit air, biasanya 1 sampai 1 setengah ruas jari telunjuk.

3. Aduk secara berkala

Jika memasak nasi dengan kompor, jangan lupa untuk mengaduknya secara berkala, agar menghindari gosong dan berkerak pada bagian bawahnya. Intinya jangan terlalu lama meninggalkan saat memasak nasi dengan kompor.

4. Pastikan kering dan menekan tombol

Jika memasak nasi dengan rice cooker, jangan lupa mengelap bagian sisi luar dan bawah, agar menghindari kerusakan pada rice cooker, jadi pastikan seluruh sisi luarnya benar-benar kering. Selain itu, jangan lupa mencetekkan atau menekan tombol proses memasak nasinya, agar kamu tidak merasa lapar lebih lama lagi.

Gimana, cukup mudah bukan memasak nasi dengan kompor. Kamu bisa memilih dengan cara aron (tanpa dikukus) atau dengan cara dikukus. Cara memasak nasi dengan kompor gas benar-benar sangat membantu kamu disaat listrik padam, membuat nasi lebih cepat matang, aroma nasi jadi harum, serta membuat nasi lebih pulen.

Kamu juga bisa memasak berbagai macam jenis nasi, seperti nasi liwet, nasi uduk atau nasi gurih, dan berbagai jenis nasi lainnya. Satu hal lagi yang terpenting adalah, pastikan bahwa gas masih terisi ya, hehe..

Kamu sudah pernah memasak nasi dengan cara di atas? Atau ada yang ingin menambahkan tips cara memasak nasi selain di atas? Yuk, langsung ceritakan pengalamanmu memasak nasi dengan kompor gas, silakan komen di bawah yaa. Selamat mencoba memasak nasi dengan kompor. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..

Gif: giphy, weheartit
Reff:  cerita ibuk saya, https://www.kompas.com/food/


Posting Komentar

27 Komentar

  1. Seumur-umur aku nggak pernah mbak masak di kompor, wkwk.. Palingan cuma lihatin ibu masak aja, tapi lihat tok nggak pernah memahami, huhu..

    Taunya tinggal makan, tapi karena baca artikel ini, aku jadi berniat untuk belajar masak nasi di kompor, serius! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha.. aku dulupun begitu kok. sejak merantau inilah baru tau menghargai peralatan dapur seadanya, hihi.. gpp, masih belum terlambat belajar, walau hanya memasak nasi. habis itu baru masak yang laen yak :D

      Selamat belajar memasak nasi dengan kompor. semoga berhasil Raa...

      Hapus
  2. Pertama kali saya belajar memasak nasi dari nenek, dan masih dengan kayu bakar, jadi tau rasanya susah, haha.. Tapi zaman sekarangpun, saya lebih suka masak nasi dengan dandang, sesibuk apapun itu, saya selalu masak dengan dandang, haha..

    sementara rice cooker hanya membantu kalau-kalau ada hajatan di rumah atau membantu tetangga kalau ada acara, hehe..

    terima kasih untuk infonya mbak, sangat bermanfaat.

    izim share yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah.. hebat ih makan enak. berarti bener-bener tau rasanya nasi aroma kayu bakar yak, hihi.. memang harus gitu ya kak, belajar hidup, susah senang dijalani dengan ikhlas, hehe.. malah bertuah saya, wkwk..

      silakan di share kak. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. Sebagai anak rantau aku jg suka sama nasi yang dimasak manual. Rasanya beda aja gitu sama nasi yg dimasak rice cooker atau magic com.

    Btw, kak ky ini di Bali ya ?

    Salam kenal ya kak. Aku Ayu, dari Buleleng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ayu. salam kenal kembali :D

      iya nih aku di Bali. Jadi udah terbiasa masak manual ya, keren, haha..

      Hapus
  4. aku senengan masak di magic com kak. lebih praktis. kalo masak di kompor ribet, hhh..

    tapi memang ngebantu sih kalo seandainya magic com nya rusak atau mati lampu.

    cocok jg buat aku si anak kos yg gk mampu beli magic com nanti, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo.. mulai belajar masak nasi manual, semangat-semangat :D

      Hapus
  5. Aku takut masak dikompor kalo semisal lupa matiin.. Bisa bisa jadi nasi bakar dah.. huhuw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadaw.. makanya jangan ditinggal-tinggal dong kalo masak nasi di kompor, hahaha

      Hapus
  6. Jangan lupa dicetekin hehe.. kalo gak bisa keroncongan perutnya๐Ÿ˜‚

    Dulu pas jaman belum punya rice cooker, mamake juga masak nasi pake dandang.. trus biasanya air rebusannya itu diminum.. apasih namanya itu loh tajin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan, semua istri pasti pernah mengalaminya, wkwk..

      iya bener air tajin Put, pengganti susu kan, hihi..

      Hapus
  7. Kalo aku sering masak di RICE COOKER mbak. Tapi ya itu.. kadang2 kalo lama gak di cok, agak bau, kadang basah, jadi basi, di kasih ayam deh..
    Pernah juga masak pake DANDANG dan apinya harus stabil, kalo kekecilan lama matengnya, kalo kebesaran airnya habis, jdi gosong.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing-masing punya kelebihan kelemahan ya dek. tapi tergantung yang masak jugak sih yak. harus telaten, supaya si nasi nggak gosong, nggak bau, nggak kering, dan nggak basi :D

      Hapus
  8. Huuuaaa aku blum prnah masak nasi pake kompor mba, dan prnah lupa nyetekin magicom pas lgi sahur pula ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† trus klo nyuci beras aku 5-6kali bilasan, kebanyakan ga sih ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. wajar sih itu ya lupa nyetekin ke cook, pengalaman semua ibu-ibu di dunia, haha..

      tergantung jenis berasnya sih mbak, tapi jangan terlalu banyak juga, takutnya vitamin dalam beras hilang, intinya jangan terlalu bening aja pas bersihin beras. gitu :D

      Hapus
  9. Memang jadinya perlu usaha lebih ya kalau menanak nasi pakai kompor gas begini, karena harus ada upaya mindahin plus ngaduk-aduk alias nggak boleh ditinggal. Tapi katanya rasanya sebenernya bisa lebih enak juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. iya bener mbak. jadi dua kali kerja, tapi bener juga rasanya jadi lebih pulen gitu. setaralah sama capeknya kita masak, hehe..

      Hapus
  10. nasi aron aku belum pernah makan sih, enak gak? kalo di sini disebutnya nasi gigih, radanya sih kurang matang gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak sih teh. lebih pulen nasinya. nasi gigih ya, padahal dia gigih ya tapi tetep kurang mateng, hihi..

      Hapus
  11. yes betul, ketika memasak nasi dengan kompor tidak boleh langsung ditinggal alias harus diaduk secara berkala :D

    BalasHapus
  12. Wah prosesnya mudah sih sebenarnya, tapi prakteknya lumayan juga. Hahaha. Sebagai manusia, aku sepertinya taken for granted soal nasi, taunya makan doang wkwk. Nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi setidaknya harus tau lah ya cara memasak nasi sama rice cooker, hehe

      Hapus
  13. Ini sih ibuku banget Kak. Makenya kompor di arpn gitu daripada make ricecooker. Kalau ada kayu bakar mungkin make itu hahaha lebih sedep katanya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. orang zaman dulu memang gitu kali ya mbak. senengnya yang berjuang dulu, baru dinikmati, nggak kayak kita, maunya yang praktis aja, haha..

      Hapus
  14. Ternyata banyak banget ya bu teknik memasak nasi dengan kompor

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.