Alternatif Selain Sirup Sebagai Obat Maupun Suplemen Anak, No. 6 Disukai Anak!



Interlac + Vitamin D3


Sebagai seorang ibu yang memiliki anak usia sekolah dan semenjak dijalankannya sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sering kali saya merasa was-was, kalau sampai anak terserang penyakit menular seperti flu maupun batuk.

Belum lagi beredar kabar, munculnya Varian Covid Omicron XBB, jadi semakin bikin was-was saat berada di luar rumah. Walaupun tetap menerapkan 3M, tetap saja kita harus waspada dan membekali anak-anak dengan dukungan suplemen yang aman dikonsumsi setiap hari.

Selain kekhawatiran karena virus, belum lama ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) telah menarik sementara penjualan maupun berupa resep dokter terhadap beberapa varian obat sirup anak, dikarenakan kontaminasi etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang mencapai 48mg/ml dari batas toleransi 0,1mg/ml.

Bahan tersebut memang biasanya dijadikan sebagai bagian dari pelarut obat sirup anak dengan rasa yang manis. Namun, jika kandungannya diberi secara berlebihan, maka akan menyebabkan asam oksalat menumpuk secara berlebih pula saat melalui tahap oksidasi pada enzim tubuh.

Asam oksalat ini merupakan senyawa yang dapat membentuk batu ginjal hingga akhirnya mencederai organ tubuh tertentu jika telah menumpuk keberadaannya.

Mirisnya lagi, hal tersebut telah menyebabkan sebanyak 206 kasus anak mengalami gangguan ginjal akut misterius dan merenggut 99 nyawa anak. Innalillah..

Untuk itu, seluruh masyarakat pun disarankan agar mencari alternatif selain sirup yang bisa dengan aman dikonsumsi anak, baik sebagai obat maupun suplemen daya tahan tubuh anak.

Fakta menarik lain yang diungkap para ahli, bahwa 80 persen bagian sistem imun manusia terdapat pada saluran cerna. Jika diukur, saluran cerna pada manusia mampu mencapai 300 meter persegi atau sama dengan luas lapangan tenis, lho.

Sementara itu, kinerja sistem imun yang terjaga dengan baik dikarenakan dukungan dari bakteri baik (probiotik). Sebaliknya, apabila sistem imun terganggu, itu disebabkan oleh bakteri jahat yang berkembang karena kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan saat makan, penggunaan obat yang berlebih, diare, kelelahan, stres, dan sebagainya.

Itulah mengapa kita benar-benar harus menjaga kesehatan saluran cerna, supaya tidak mudah terserang berbagai macam penyakit menular, terutama yang berhubungan dengan sistem imun tubuh.

Alternatif Selain Sirup Sebagai Obat Maupun Suplemen Anak

Untuk mencegah berbagai kemungkinan yang terjadi pada anak, sekaligus menjalankan imbauan Kemenkes, berikut beberapa alternatif selain sirup yang lebih aman dikonsumsi anak, antara lain:

1. Obat Bubuk atau Puyer

Obat bubuk


Obat jenis ini biasanya berbahan campuran zat kimia kering yang kemudian dihaluskan lalu dikemas dalam kertas khusus obat. Cara ini paling sering dilakukan ketika anak berusia di bawah 3 tahun.

Cara meminum puyer pun cukup mudah. Biasanya, puyer dilarutkan dengan menggunakan sedikit air yang tertampung pada sendok makan, kemudian siap diminum seperti meminum sirup.

2. Obat Spray atau Nasal Spray

Obat Spray


Alternatif selain sirup berikutnya ada obat spray. Obat ini biasanya digunakan saat anak mengalami pilek disertai hidung tersumbat. Tentunya dengan penggunaan atas saran dokter.

Untuk penggunaannya, semprotkan nasal spray ke lubang hidung, diamkan selama 30-60 detik, lalu keringkan dengan handuk secara perlahan.

3. Obat Kapsul

Obat Kapsul

Kapsul merupakan jenis obat padat dalam kemasan cangkang tabung, baik lunak maupun keras yang terbuat dari pati atau gelatin agar mudah dilarutkan dalam saluran cerna.

Cara lain mengonsumsi obat kapsul adalah dengan membuka cangkangnya, kemudian larutkan serbuk obatnya dalam sedikit air di sendok makan. Sama seperti cara meminum obat puyer.

4. Obat dari Dubur (Supositoria)

Obat dari Dubur (Supositoria)


Tidak semua anak mudah meminum obat, atau bahkan pada beberapa penyakit yang membuatnya sulit mengonsumsi obat, sehingga mudah merasa mual, bahkan lemas.

Dalam kasus ini, disarankan agar menggunakan obat dubur. Obat jenis ini sudah umum dilakukan dalam dunia medis, sehingga sangat aman dilakukan.

Obat dubur (Supositoria) berbentuk tabung dengan ujung tumpul mengerucut. Cara penggunaannya, masukkan ke dalam dubur, dan obat ini akan mencair, kemudian terserap dalam aliran darah.

5. Tablet Effervescent

Tablet Effervescent


Selanjutnya ada tablet effervescent yang sangat mudah dikonsumsi, karena cukup melarutkannya dalam segelas air. Jenis tablet ini mengandung natrium bikarbonat serta campuran bahan asam lainnya. Umumnya, tablet effervescent dikonsumsi sebagai suplemen maupun multivitamin.

6. Tablet Kunyah atau Obat Kunyah

Sesuai namanya, mengonsumsi obat ini cukup dengan dikunyah. Oleh karena itu, rasanya pun tidak pahit seperti jenis obat pada umumnya. Dengan demikian, anak akan senang mengonsumsinya.

Oleh karenanya, tablet kunyah ini dapat menjadi obat sekaligus suplemen praktis yang aman dikonsumsi anak sesuai anjuran.

Rekomendasi Suplemen Imunitas Anak Berupa Tablet Kunyah

Interlac + Vitamin D3, Tablet Kunyah


Rasanya, hampir semua ibu pernah mencoba keenam jenis obat di atas kepada anak, termasuk saya. Terlebih, jika dalam bentuk suplemen, jenis tablet kunyah memang lebih disukai anak.

Selain mudah dikonsumsi, tablet kunyah yang biasanya disukai anak-anak memiliki varian rasa jeruk yang dikenal mengandung berbagai macam vitamin.

Beruntung, saya menemukan Interlac + Vitamin D3 yang merupakan tablet kunyah rasa jeruk, sebagai alternatif selain sirup.

Interlac + Vitamin D3

Double action kandungan Vitamin D3 dan Lactobacillus reuteri DSM 17938-nya bukan hanya bermanfaat menjaga kesehatan saluran cerna, namun juga ampuh meningkatkan sistem imun anak dan orang dewasa.

Dapatkan manfaat optimal hanya dengan mengonsumsi Interlac + Vitamin D3 sebanyak 1 tablet setiap hari. No worries, karena suplemen anak dengan rasa jeruk ini sudah teruji khasiatnya. Apalagi, tanpa cemaran EG dan DEG, jadi terjamin aman.

Interlac


Segera rasakan juga manfaat Interlac yang mudah didapatkan di apotek dan baby store, atau bisa langsung checkout di eCommerce kesayanganmu seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli. Kamu juga harus follow akun Instagram @interlacprobiotics untuk tahu lebih banyak dan tidak ketinggalan informasi seputar kesehatan.

Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu untuk kita semua. Sampai jumpaa..



Ref:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/alternatif-obat-sirup-untuk-anak

https://health.grid.id/amp/353552143/cemaran-eg-dan-deg-capai-48mgml-dari-batas-toleransi-01mgml-bpom-sebut-kejahatan-obat-dan-makanan-adalah-kejahatan-kemanusiaan

Gambar: Canva & Dok. Pribadi




Posting Komentar

70 Komentar

  1. Iya bangeettt mba, beneran galau anak2 udah mulai PTM.cuaca juga sering ujan.pokoke berita anak sakit tuh adaaaa aja tiap hari.
    Asyik ya ada Interlac, semogaaa kita semua sehaaattttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah kan, Mbaaak..

      Aamiin.. sama-sama, Mbak. Sehat selalu buat keluargaaa :*

      Hapus
  2. Bener banget masih banyak alternatif obat dan vitamin. Meskipun sedih banget karena sirup tuh kemajuan di industri farmasi. Bayangin dulu anak kecil hrus minum puyer yg pahit, lalu ada sirup shg bisa jadi manis. Interlac ini inovatif ya ada kandungan probiotik dan vitamin D3 nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keknya semua anak pernah nherasain puyer yah, Mbak. Termasuk kita², haha.. bahkan aku masih suka nyicip kalo ngasih obat ke anak, wkwk..

      Interlac memang solusi banget sih, Mbak.

      Hapus
  3. Tandain! Butuh banget buat vitamin bocil dan buat pencernaan si kakak yang suka smebelit. Ngebantu kan Mba? Duh setelah heboh masalah obat sirup, saya juga ikutan was-was, lha obat yang dilarang itu saya punya. Langsung buang. Padahal baru kasih si kecil tepay seminggu apa 2 mingguan sebelum dirilis pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Siiiil, aku juga punya sirupnya itu. Ya mo gimana kaaan, daripada aanak kenapa napa. Huhu..

      Hapus
  4. makasih infonya kak, lagi nyari obat batuk nih sama asikku dikasih tau obat tablet nanti ditumbuk jadi puyer tp harus ke apotik biar takarannya pas ssuai usia dan berat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya bener, kak. Memang harus sesuai usia anak yah takaran obatnya.

      Hapus
  5. Nomor 6 itu tidak hanya disukai anak-anak. Saya juga suka lah ya kalau vitamin atau obat yang mesti kumininum bentuknya kekgitu. Aku gak bisa nelan tablet pakai air, harus pakai makanan terkhusus pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. aku juga udah gede gini baru bisa minum obat tablet, Mbaaak.. dulunya tuh obat pasti berenang renang dulu di mulut, malah bikin pait, wkwk..

      Hapus
  6. Sudah paling aman deh pilih suplemen bentuk tablet macam Interlac ini, tinggal kunyah praktis rasanya juga disukai anak-anak.

    BalasHapus
  7. Iya ya, sekarang jadi hati-hati dulu mengasup sirup obat atau suplemen sampai benar-benar dinyatakan aman.Alhamdullilah, ada Interlac tablet ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak En. Apalagi rasa jeruknya pasti disukai kanak-kanak.

      Hapus
  8. Tablet kunyah kayaknya pilihan vitamin/suplemen yang paling disukai anak deh, apalagi Interlac+ yang rasa jeruk gini. Anak2 pasti seneng konsumsinya. Udah gitu aman pula, jadi buibu gak perlu khawatir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener khaan?? Tapi harus jaga asupan juga yah, biar seimbang.

      Hapus
  9. Kalau saya, untuk obat ketika sakit terpaksa pakai puyer, saya bikin sendiri sih hahahaha.
    Kalau si Kakak pakai tablet aja, udah bisa telan obat sih dia.
    Tapi kalau vitamin, better [akai tablet kunyah emang ya, praktis banget buat anak-anak, apalagi kalau pakai Interlac + vitamin D3, yang multifungsi banget bisa jaga imun tubuh anak, sekaligus menjaga kesehatan saluran cerna anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw, si Kakak pinter bingits. Aku aja utuh perjuangan sampe umur gede kalo mau telan obat, wkwk..

      Bener Mbak Rey, udah paling praktis nih Interlac. Tinggal emut emut atau kunyah langsung lep

      Hapus
  10. Suplemen anak memang harus pilih yang benar dan juga tepat ya mba. Dan dengan adanya tablet kunyah ini bisa jadi pilihan banget . Rasa jeruknya juga jadi rasa kesukaan anak anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul, Mbak Alida. Interlac ini praktis buat anak dan aman juga dikonsumsi tiap hari.

      Hapus
  11. bener nih, memang kudu nyari alternatif yang lebih aman dan disukai anak itu yang paling penting hihi.. anakku jg vitaminnya sekarang yang model tablet kunyah aja biar dikira makan permen hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good idea nih, Mbak, jadi bilangnya permen aja ya bukan obat, hihi..

      Hapus
  12. Sekarang kita memang perlu waspada ya mam, apalagi penyebab gagal ginjal akut masih misterius, saat ini anakku jg konsumsi Interlac + Vit D3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mom Ai. Interlac ini memang pas dikonsumsi anak.

      Hapus
  13. Kasus gagal ginjal pada anak ini beneran bikin serba was-was ya, mak... semoga lekas berlalu. Alhamdulillah udah nemu suplemen yg Insyaa Allah pasti aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya, mam Rosa. Anak pun jadi terjaga imun dan saluran cernanya

      Hapus
  14. Pada dasarnya obat atau vitamin untuk anak gak melulu bentuknya sirup yaaa. Wah menarik nih rekomendasi suplemen untuk anak, bisa menjadi pilihan sebagai pelengkap kebutuhan vitamin anak.

    BalasHapus
  15. Emang sih solusi sementara ini bagusnya konsumsi obat atau suplemen yang jangan sirup dulu. Lebih baik mencegah kan 🥺

    BalasHapus
  16. Si Isya juga sukaa banget sama Interlac ini, masyaAllah aku pun kagett karena dia tuh awalnya ngga suka yaah jenis permen2an gini. tapi pas kukasih interlac pertama kali ehh dia malah minta2 teruss wkwkwk kubilang sehari sekali minumnyaaa. alhamdulillah emang selalu vit sih Isya jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak pinternya ibook memang harus selalu fit dong yaaah..

      Hapus
  17. Interlac +D3 ini beneran bagus buat anak sih, bisa menambah daya tahan tubuh. Apalagi rasanya jeruk jadi gamang disukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup yup yup! Orang tua jadi ga cemas lagii..

      Hapus
  18. Interlac + vitamin D3 ini jadi rekomendasi ibu2 buat jaga daya tahan tubuh anak, apalagi cuaca lagi tidak menentu seperti sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat! Rekomendasi syekali sih Interlac ini..

      Hapus
  19. Ternyata ada banyak alternatif obat selain sirup ya, eh tapi kalau puyer saya usaha hindari or gak kasih ke anak2 karena biasanya yang dikasih di apotek itu gak RUM. Nah, untung aja di tengah maraknya laranga penggunaan obat sirup ada tablet kunyah Interlac + Vit D3 ya yang bisa jadi solusi sekaligus membantu orang tua menjaga daya tahan tubuh anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku malah baru tau, Mbak. Hehe.. Bener bener mbak, Interlac bikin orang tua no worry lagi.

      Hapus
    2. Iya Mbak. Apalagi kandungannya double action ya. Jaga saluran cerna anak sekaligus tingkatkan imun tubuh

      Hapus
  20. Idem anak2ku juga kegiatannya mulai banyak mbak,mulai sekolah, les, dll.
    Biasanya kalau demam gtu andalanku juga sirup tapi terus terangikutan OVT juga gara2 berita ttg obat sirup yang bikin gagal ginjal kemarin. Jadi sekarang kami pun utk sediaan obat dan vitamin pilihnya yang bentuk tablet kunyah dulu, kyk vitamin itu udah konsumsi Interlac juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, betul sekali. Cari aman dan memang recommended suplemen yah

      Hapus
  21. Tablet kunyah Interlac ini rasanya Jeruk. Anakku yang picky sama apapun yang masuk ke mulut ga protes sama sekali artinya memang enak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. iya mbak, aku juga sempat icip, rasa jeruknya bikin nggak eneg.

      Hapus
  22. Keponakan saya semenjak enggak dikasih sirup lagi, sekarang dikasih tablet kunyah jadi suka mba, buat tetep jaga imun tubuhnya ya, wah ini sih bisa saya rekomendasikan ke saudara saya niy mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak. Sebar sebar lebih banyak ke teman juga boleh, hehe..

      Hapus
  23. Perihal sirup ini meresahkan sekali ya Mom. Apalagi pas baca berita anak-anak sakit gagal ginjal. Duh, ketar-ketir rasanya. pas anak sakit jadi khawatir karena mereka maunya juga sirup, udah terbiasa sih ya. Jadi pas sirup dilarang ya bingung, untung ada interlac dan mereka suka. Buat jaga tubuh biar gak gampang sakit, alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, dong. Sempat bingung kasih apa selain sirup. Untungnya ada interlac ya.

      Hapus
  24. kalau ke DSA, pasti dikasih oleh-oleh obat puyer dan biasanya puyer itu lebih ampuh sih emang sayangnya anak-anakku kalau puyer itu minumkannya pake drama, hihih
    yeaay, akhirnya ketemu suplemen yang aman gini ya Mbak.
    Anakku juga udah pada coba dan mereka suka banget dengan rasa jeruknya.

    BalasHapus
  25. Anakku susah banget minum obat bisanya xuma minum sirup jadi deg2an banget pas ada berita obat sirup berbahaya. Kayanya aku harus merutinkan anak2 nih minum interlac supaya sistem.pencernaannya terjaga jd imunitas juga oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Sediakan suplemen ajah, biar lebih aman.

      Hapus
  26. Wah makasih banget. Kmren sempet khawatir klo mau ngasih obat keanak gimana krna yg model sirup udah ga dianjurkan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain list di atas yah mbak, hehe..

      Hapus
  27. Ngeri ya pemberitaan obat sirup. Kemarin anakku sakit-sakitan pula. Akhirnya pakai terapi suplemen tablet, alhamdulillah udah ada solusinya sekarang ya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bikin panik sih. Semoga Interlac bisa bantu jaga imun anak dan saluran cernanya yah. Aamiin..

      Hapus
  28. Karena pencernaan bisa memicu hadirnya penyakit lain, nah pas banget nih Interlac + Vit D3 buat bantu jaga ketahanan tubuh ya Mbak. Apalagi bisa langsung dikunyah, rasanya bakal disukai anak-anak. Buat solusi sehat tanpa menimbulkan kerugian lainnya. Makasih infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap! Boleh bantu sebar-sebar dong, Mas. Hehe...

      Hapus
  29. Iya nih.. syrup lagi meresahkan banget buat Buibu.. apalagi sekarang mulai masuk musim hujan banyak anak-anak yang demam flu.. bayangin gimana rasanya anak sakit tapi syrup yang biasa dikonsumsi sudah dilarang.. duh galau double.. tapi untungnya ada Vitamin D interlac ini, jadi bisa sedikit memperkuat imun tubuh anak ya, Mbak . Bentuknya pun tablet kunyah, jadi aman lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuaca memang bikin panik. Tapi kanak kanak harus tetep sehat yah, mbak.

      Hapus
  30. Bingung juga ya skrg klo anak sakit krn anak kan cocok cocokan juga sama obat. Klo yg biasanya cocok sama sirup, kan jd PR bgt cari obat puyer/tablet yg cocok utk anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba poin di atas mbak, dan jangan lupa rutin minum Interlac juga, hehe..

      Hapus
  31. Bener ada rasa was2. Aku kalau anak udah mulai flu kadang minta izin enggak masuk sekolah, Mbak. Btw, aku baru tau vitamin ini. Praktis yaa buat anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba mbak, biar anak makin sehat dan aktif.

      Hapus
  32. sekarang, jadi lebih hati-hati untuk konsumsi obat apalagi buat anak-anak, Informasi disini sangat bermanfaat karena ada beberapa alternatif pilihan obat selain sirup, terima kasih min,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups. Silakan berbagi informasinya yaa.

      Hapus
  33. Betul banget. Kalau dikunyah macam permen gitu, dimut apalagi rasanya disukai anak pasti deh makan obat gak berasa makan obat. Anak malah suka ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuul.. Jadi kita nggak was-was lagi yah, Mbak..

      Hapus
  34. Anakku konsumsi Tablet kunyah Interlac juga lho mba. Alhamdulillah ga khawatir sama isu yg beredar karena ada alternatif suplemen selain sirup ya mba

    BalasHapus
  35. alhamdulillah ya mbak, ada tablet kunyah yang disukai anak, kalau enggak kasian juga karena sekarang lagi waspada banget sama yang bentuknya sirup. thank infonya mbak

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.