Peluang Usaha Online 2021, Modal Minim Hingga Untung Besar!

Pretty Black Cat

Peluang Usaha Online 2021, Modal Minim Hingga Untung Besar!



Peluang Usaha Online, Peluang usaha, peluang bisnis, peluang usaha rumahan, peluang usaha online shop, peluang usaha online tanpa modal

Apakah kamu sedang mencari peluang usaha online? Ingin mencoba peluang usaha online rumahan? Atau mungkin juga menginginkan peluang usaha online tanpa modal? Yuk! Pulihkan dan bangkitkan perekonomian dan memungkinkan terbukanya lowongan pekerjaan baru, karena di artikel ini ada 7 peluang usaha online yang bisa kamu jalankan dengan strategi yang tepat dan keamanan siber-nya.

Peluang usaha online pada masa pandemi Covid-19 ini memang semakin marak bermunculan ya. Hal ini tentu saja memberi angin segar pada masyarakat yang terkena imbasnya. Terutama pada sektor ekonomi.

Cukup sudah masyarakat terkurung dalam balutan kesengsaraan karena penghasilan tiba-tiba mandek dalam setahun terakhir. Peluang usaha online telah banyak membantu masyarakat sejak memasuki 2021 ini. Masyarakat harus bangkit membuka lembaran baru dan ini merupakan kesempatan emas untuk menata kembali perekonomian yang sempat ambruk.

Walau sebenarnya banyak bantuan yang digelontorkan pemerintah, namun tidak selamanya kita bisa mengharapkan hal tersebut. 

Peluang Usaha Online dan Perkembangannya di Indonesia

Lembaga Frost & Sullivan melakukan sebuah penelitian, bahwa usaha online di Indonesia tercatat mengalami peningkatan sebesar 17% pertahunnya. Meningkatnya pertumbuhan ini juga dipengaruhi oleh sistem manajemen bisnis yang bagus, pengiriman barang tepat waktu, pelayanan yang ramah, hingga terjaminnya sistem keamanan data pelanggan yang sangat baik.

Selain itu, kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama bagi siapa saja yang menjalankan bisnis online. Walaupun terkadang, usaha tersebut masih terbilang kecil dan sangat butuh untuk dipromosikan. Target utama mereka adalah media sosial, yang cukup sederhana dalam pengaplikasiannya.

Karena memang, sebuah lembaga survei mendata bahwa dengan menggunakan media sosial tingkat komunikasi juga lebih tinggi antara minat pelanggan dengan suatu produk. Selanjutnya, para pelaku usaha online juga mulai melirik keberadaan platform e-commerce berikut layanan pengiriman online yang mampu menjangkau keberbagai tempat.

Peluang usaha online memang tahun ini akan semakin marak bermunculan. Walau tidak terlalu menjamur, namun keberadaannya tetap saja selalu menarik pelanggan dengan modal penasaran, sehingga tidak akan habis untuk selalu ingin mencoba dan terus mencoba.

Maka dari itu diperlukan keunikan dari setiap barang yang kamu jual atau bagaimana cara mempromosikannya untuk lebih banyak menarik pelanggan. Supaya rasa penasaran pelanggan akan terbayar ketika mencoba produk yang kamu jual dan akan kembali lagi untuk membelinya.

Pentingnya Meningkatkan Keamanan Siber

Meningkatnya penggunaan teknologi dalam mempromosikan sebuah usaha online, berarti ikut meningkatkan pula keamanan siberDi mana siber adalah media elektronik yang digunakan orang untuk keperluan berkomunikasi melalui jaringan internet.

Pentingnya Meningkatkan Keamanan Siber

Ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan para pelaku usaha online dalam meningkatkan prospek mereka, menurut CPA (badan akuntansi) Australia penting untuk mencatat hal-hal berikut, antara lain:

1. Konsultasi kepada ahli teknologi digital.

2. Fokus kepada peningkatan kepuasan pelanggan.

3. Jelajahi berbagai peluang baru untuk perluasan pemasaran.

4. Aktif dalam penggunaan media sosial, serta perhatikan perilaku pelanggan.

5. Berinvestasi pada perangkat terkini dengan teknologi yang relevan.

6. Perhatikan biaya keuangan eksternal dan rasio utang.

7. Meningkatkan keamanan cyber dan cek secara berkala sistem Teknologi Informasi (TI) bisnis.

Peluang Usaha Online 2021

Sebenarnya peluang usaha online ini sudah mulai ada sebelum pandemi menyebar. Namun, minat masyarakat semakin menggebu untuk membuka usaha online sekitar pertengahan 2020. Karena, masyarakat mulai mencoba untuk memulihkan dan membangkitkan kembali sumber perekonomian mereka.

Untuk itu, saya ingin berbagi informasi peluang usaha online tahun 2021 yang telah dikutip dari berbagai sumber. Mari kita simak bersama.

1. Kursus Online

Sudah lebih dari satu tahun belakangan, para pejuang ilmu yaitu anak-anak sekolah juga para mahasiswa belajar secara daring atau school from home. Kesempatan satu ini juga boleh kamu raih untuk menambah pemasukan. Bisnis ini juga termasuk minim modal, karena semua tergantung dengan keahlian kamu dalam mengajar.

2. Jual Makanan dan Minuman Kekinian

Nah, peluang usaha online satu ini nih yang paling banyak diminati masyarakat. Karena, semenjak Covid-19, orang-orang mengurangi bepergian termasuk hanya untuk makan.

Peluang usaha makanan dan minuman via online ini sebenarnya sudah tampak pada 2020 lalu. Namun, seiring berjalannya waktu, dan saat memasuki fase pandemi ini, minat konsumen untuk membeli makanan dan minuman via online menjadi meningkat. Apalagi, jika kamu berani berkreasi membuat makanan dan minuman kekinian, pasti akan banyak yang ingin mencobanya.

Kamu juga bisa mencoba menjual sejenis minuman herbal. Karena, memang saat pandemi begini, masyarakat sangat butuh asupan vitamin dari bahan-bahan alami. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan ini.

3. Jual Tanaman Hias dan Sayur-sayuran

Saat banyak masyarakat yang merasa jenuh ketika berada di rumah saja, akhirnya muncul satu kegiatan yang bisa dibilang "menular" kebanyak masyarakat lain, yaitu berkebun atau bercocok tanam. Hobi baru satu ini bisa sangat menghasilkan, lho.

Selama masa pandemi, bisnis pertanian ini sangat bertumbuh secara signifikan, dan minim mengalami krisis. Telah tercatat bahwa pada kuartal II tahun 2020, sektor pertanian mampu berkontribusi terhadap PDB dan naik sebesar 16,24%. Maka dari itu, peluang untuk menjual tanaman, bibit, pupuk, dan peralatan berkebun ini sangat patut untuk dicoba.

Coba manfaatkan lahan di pekarangan rumah untuk mulai mengembangkan tanaman. Lalu, kamu bisa membudidayakan dan menjual tanaman-tanaman tersebut. Baik itu tanaman hias, atau tanaman sejenis sayur-sayuran, kacang-kacangan, cabai-cabaian, dan sebagainya.

Untuk pupuknya, kamu bisa memanfaatkan sampah rumah tangga yang dijadikan pupuk kompos. Selain murah dan mudah didapat, pupuk kompos juga pasti banyak dicari bersamaan dengan bibit tanamannya. Karena, banyak orang yang memulai bercocok tanam dengan sistem organik.

Setelah itu, kamu bisa memasarkannya melalui toko online. Ambil gambar tanaman sebagus mungkin, agar menarik dan terlihat cantik, jadi banyak yang melirik dan memutuskan untuk membelinya. Semoga berhasil.

4. Jual Produk Sistem Dropship dan Reseller

Kemunculan marketplace dan platform e-commerce sangat membantu masyarakat untuk menjual berbagai macam produknya. Dengan memakai sistem dropship dan reseller, kamu tidak perlu repot menyetok barang.

Di mana sistem dropship adalah sistem penjual yang bertindak sebagai perantara antara pemasok barang dengan konsumen. Sementara reseller adalah, orang yang menjual kembali produk dari supplier kepada konsumen. Untuk menjadi reseller, kamu harus mengeluarkan modal untuk membeli produk langsung kepada supplier.

5. Jasa Digital Marketing

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi digital semakin meningkat pesat. Termasuk selama masa pandemi ini, penggunaan internet akan dibutuhkan untuk melakukan promosi segala jenis usaha. Contohnya saja pada poin-poin sebelumnya yang sangat bisa dipasarkan melalui jasa digital marketing.

Maka dari itu, untuk kamu yang ahli dalam dunia digital, strategi pemasaran digital yang kreatif dan tepat sasaran, pasti akan sangat dicari dan membantu para pebisnis online untuk memasarkan produknya.

Jasa digital marketing akan membantu kamu dalam banyak hal. Kamu cukup memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya membuat website. Dengan adanya website, usaha kamu akan terlihat profesional. Nggak percaya? Coba aja.

6. Jasa Penulisan Artikel dan Copywriting

Dunia digital khususnya pada blog dan web portal, mengalami pertumbuhan yang cukup cepat. Oleh karena itu, jumlah permintaan terhadap jasa penulisan artikel dan copywriting pun ikut meningkat.

Diikuti maraknya kemunculan pelaku usaha online, jasa penulisan artikel dan copywriting sangatlah dibutuhkan, guna memperluas jaringan dan memperkenalkan produk yang dijual.

Sebagai blogger, saya juga melihat jelas bahwa para pelaku usaha online sangat melirik jasa ini. Terutama mereka yang baru saja memulai usaha. Hal ini merupakan kesempatan emas untuk blogger.

Dibutuhkan kemampuan menulis yang baik dalam jasa penulisan artikel dan copywriting. Karena, selain akan menarik pembaca untuk membeli produk, namun pelaku usaha juga ingin agar membantu meningkatkan SEO websitenya.

7. Ikut Program Afiliasi 

Apakah ini termasuk peluang usaha online? Menurut saya sih iya, karena juga bisa menghasilkan, hehe.. Program afiliasi adalah program yang di mana ketika kamu berhasil mengajak orang membeli produk tertentu dari kode refferal yang kamu miliki, maka kamu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut. Besaran komisi tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan yang mengadakan program afiliasi. Memilih program afiliasi terbaik bisa kamu temukan pada e-commerce, penyedia layanan hosting, dan sebagainya.

Strategi Sukses Pemasaran Online Secara Efektif

Secara tidak langsung, pelaku usaha online mau tidak mau harus meningkatkan strategi pemasarannya. Yaitu dengan melibatkan dunia digital. Karena, menurut data yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), didapat bahwa, hanya sekitar 8% atau setara dengan 3,79 juta pelaku UKM yang mempersiapkan strategi pemasaran online dengan matang.

Berikut ada beberapa tips dalam melakukan strategi pemasaran online agar efektif dan menjangkau lebih banyak pelanggan, di antaranya:

1. Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

Mengutip dari Data Reportal, angka pengguna aktif media sosial di Indonesia hingga awal Januari 2021 mencapai 10 juta atau sekitar 6,3% dibandingkan Januari 2020. Dan dalam kurun waktu periode yang sama, mampu meningkat sebesar 27 juta atau 15,5 persen menjadi 202,6 juta.

Jumlah tingkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun untuk penggua media sosial menimbulkan alasan yang kuat, bahwa sangat efektif memang untuk melakukan pemasaran melalui media sosial.

Langkahnya adalah, membuat akun media sosial khusus untuk produk yang kamu jual. Kemudian, buat konten semenarik mungkin, serta konsisten dalam melakukan posting. Selanjutnya, sisipkan pesan dalam gambar terkait produk. Terakhir, buatlah caption promosi yang menarik dan persuasif.

2. Kirim Email Marketing Kepada Pelanggan Tertarget

Promosi melalui email dirasa cukup ampuh menggaet pelanggan lebih tertarget dan efektif sesuai dengan segmen pasar yang kamu tuju. Buat narasi marketing yang menarik, informasi seputar produk baru atau menjelaskan promo yang sedang berlangsung. Selain itu, cara promosi melalui email juga dapat meningkatkan hubungan baik kamu dengan personal pelanggan. Sehingga akan berpengaruh pula pada penjualan produk kamu.

3. Menawarkan Sistem Reseller Produk

Sistem reseller pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para pelaku usaha online. Melalui reseller, strategi pemasaran terbilang cukup optimal hasilnya. Karena, pastinya jangkauan pasar lebih luas. Walaupun harga barang kepada reseller jauh lebih murah, namun peluang pembelian dalam jumlah besar akan lebih cepat memutar keuntungan.

4. Tampilkan Review Produk dan Testimoni Pelanggan 

Menurut pengalaman saya ketika akan belanja online, saya akan terlebih dulu melihat testimoni dan review produk dari pelanggan yang pernah membeli produk tersebut. Karena, dari sanalah saya bisa mengetahui seberapa bagus produk tersebut. Apakah nantinya cocok atau tidak untuk saya.

Penjelasan dari review dan testimoni dinilai sangat efektif untuk membangun kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang kamu jual. Karena terkadang, ada pembeli yang merasa ragu untuk membeli produk tersebut.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penyampaian deskripsi produk yang kurang jelas dan tidak lengkap. Tentunya semua itu akan mempengaruhi jadi atau tidaknya caon pembeli membeli barang yang dibutuhkannya.

Maka dari itu, sangat penting untuk menciptakan pelayanan dan memberikan kualitas yang baik terhadap produk jual kamu.

5. Manfaatkan Platform Website

Zaman sekarang, website bukan lagi hanya milik perusahaan atau orang-orang tertentu saja. Namun, website sudah bisa dimiliki oleh setiap orang, asalkan memang benar-benar dibutuhkan dan dapat membantu mewadahi ide-ide si empuya website itu sendiri.

Misalnya, untuk pelaku usaha online agar lebih mendongkrak produknya, pelaku jasa online supaya lebih dikenal luas jasanya, dan sebagainya. Sebab, website adalah media pemasaran yang baik yang bersifat long-term atau jangka panjang.

Dengan memiliki website, calon pembeli akan yakin dengan usaha yang kamu miliki. Artinya, lebih memperluas dan memperkenalkan usaha kamu, karena tak jarang calon pembeli akan mencari barang kebutuhannya melalui mesin pencari.

Gimana, sudah siapkah kamu untuk menjalani usaha online di tahun 2021 ini? Pilih yang sesuai dengan kemampuan dan lakukan dengan senang hati ya. Karena, semua hal yang dilakukan dengan senang hati, pasti akan berhasil baik.

Satu hal lagi, agar semua bisa dipersiapkan dengan matang Jangan terburu nafsu, atau asal-asalan, yaa.. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar