4 Tanaman Hias yang Ampuh Menyerap Debu Dalam Rumah

Pretty Black Cat

4 Tanaman Hias yang Ampuh Menyerap Debu Dalam Rumah



4 Tanaman Hias yang Ampuh Menyerap Debu Dalam Rumah

Sebagai seorang ibu, pastinya sering menghadapi yang namanya debu dalam rumah ya. Debu memang menjadi masalah utama ketika sedang bersih-bersih. Debu yang menempel di segala perabot rumah, atau di lantai dalam kolong-kolong kasur, meja dan kursi, seringnya bikin kotor dan mengganggu.

Walau tak kasat mata (serem amat sih), debu selalu saja tampak sekalipun dalam jumlah yang tipis. Jika dibiarkan, maka akan semakin banyak bahkan bisa menyebabkan bersin-bersin atau alergi.

Ohya, saya punya satu trik nih supaya debu hilang dan nggak nempel lagi dilantai. Langkah-langkahnya, sapu lantai terlebih dahulu ke segala sudut, kemudian pel lantai sampai sudut-sudutnya, langkah terakhir tunggu sampai lantai kering dan lalu sapu lagi setiap sisi lantai. Dijamin deh, lantai bersih mengkilap bebas debu. Cobain deh, hihi..

Selain melakukan langkah-langkah membersihkan rumah ala saya tadi, kamu juga bisa meletakkan beberapa tanaman hias yang efektif menyerap debu di dalam rumah, lho. Nggak percaya? Simak dulu yuk tips berikut ini..

4 Tanaman Hias yang Ampuh Menyerap Debu Dalam Rumah

Debu bukan hanya berasal dari luar rumah, tapi juga dari dalam rumah. Yuk, letakkan tanaman hias berikut yang ampuh serap debu dalam rumah. Wajib catet!

1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua
Pexels


Pasti pecinta tanaman udah nggak asing lagi ya dengan tanaman satu ini. Ternyata, tanaman lidah mertua juga ampuh menyerap debu dalam rumah, lho..

Lidah mertua yang dikenal juga tanaman ular ini, efektif menyaring polusi, debu, dan racun di udara, seperti pada zat karbondioksida, benzena, formaldehida, dan trikloroetilen.

Perawatan tanaman lidah mertua terbilang mudah nih. Kamu nggak perlu terlalu sering menyiramnya, karena tanaman lidah mertua bisa tumbuh dengan cukup baik dalam ruangan walau hanya sesekali di siram.

2. Tanaman Palem Bambu

Tanaman Palem Bambu
Pexels


Tanaman palem bambu merupakan jenis tanaman yang membutuhkan cahaya cukup terang agar dapat tumbuh subur. Bentuk dari tanaman palem bambu ini cukup besar dan memanjang ke atas. Tanaman palem bambu mampu menyerap udara kotor dan zat-zat racun di udara. Tanaman palem bambu ini bahkan bisa bertahan dalam ruangan ber-AC. Karena struktur daunnya yang kuat dan nggak mudah layu.

Tanaman palem bambu mampu tumbuh subur dalam area lembap. Maka dari itu, jangan terlalu banyak disirami air. Selain itu, tanaman ini baiknya diletakkan ditempat yang terang.

Sebagaimana tanaman hias lain, palem bambu juga mampu menangkal racun di udara, seperti, benzena, karbon monoksida, formaldehida, xylene, chloroform, dan sebagainya.

3. Tanaman Karet atau Rubber Plant (ficus elastic)

Tanaman Karet (Rubber Plant)
Pexels


Tanaman karet atau rubber plant (ficus elastic) merupakan tumbuhan hijau yang asalnya dari India. Tanaman ini memiliki akar yang merambat dan tumbuh ke atas di sekitar batang tanaman.

Tanaman karet ini biasanya ditempatkan di pojok ruangan dengan cahaya terang. Selain itu, tanaman ini mampu menyaring bahkan menghilangkan zat-zat beracun seperti karbon monoksida, trikloroetilen, formaldehida, dan zat kimia lainnya.

Untuk perawatannya juga nggak sulit nih. Sirami dengan cukup air, agar tetap terjaga kelembapan tanahnya.

4. Tanaman Sri Rejeki (Chinese Evergreen)

Tanaman Sri Rejeki
Pexels


Tanaman Sri Rejeki atau Chinese evergreen merupakan jenis tanaman berdaun lebar dan bergelombang. Tanaman ini dipercaya dapat menyerap debu dalam ruangan, seperti zat-zat formaldehida, trikloroetilen, formalin, karbon monoksida, dan benzena.

Perawatannya juga cukup gampang kok. Siram tanaman satu kali seminggu, atau saat tanaman terlihat dalam kondisi kering serta letakkan dalam ruangan dengan intensitas cahaya rendah.

Nah, kamu sudah punya tanaman yang mana? Kalau belum, cobain deh beli salah satunya, supaya dapat mengurangi debu-debu "nakal" yang bertebaran dan menempel dalam rumah. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..

Ref: https://bit.ly/3d0Wban


Posting Komentar

15 Komentar

  1. lidah mertua andalanku nih hehe.. paling bisa nanamnya dan ngerawatnya gak susah ya, ditingggal berhari-hari juga gak kering :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. andalan emak-emak juga deh si mertua ini, haha..

      Hapus
  2. Wahh yg rubber plant itu aku baru tahu lhoo. Dari bentukannya juga lucuuu. Wkwkw (tipe orang yg nyari tanaman karena lucu). Ternyata bisa nyerap debu jg yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. lucu dan bermanfaat mbak. cus cari si rubber plantnya..

      Hapus
  3. wah ini keren ya jadinlebih alami dan indah ... aki baru tahu lho mqnfaatnlidah mertua juga bisa menyerap debu ya ... kerennn

    BalasHapus
  4. Pantes sering liat rumah orang ada lidah mertua dan sri rejeki ini Mba. Jadi ini toh alasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. iya mbak, jadi nggak cuma sekadar taruh tanaman di rumah.

      Hapus
  5. Saya sudah punya beberapa pot lidah mertua dan memang benar bikin nyaman rumah, tapi memang perlu telaten merawatnya supaya bisa terus berkembang biak. Pengin deh, punya tanaman bambu palem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjutin punya bambu palemnya kak, biar makin nyaman dan adem dalem rumah :D

      Hapus
  6. Wah saya mah belum pernah taro tanaman dalam ruangan. Ternyata bermanfaat juga

    BalasHapus
  7. Ternyata ada yaa kak? Baru tahu nih kak Iki. Makasih informasinya yaa kak. Btw, saya kalau nomor 1 ada di rumah, tapi saya tertarik sama nomor 2 sama 3 cakep. Soalnya saya cowok suka uga sama tanaman hias begituan kak. Kk dirumah ada kah (stok)? Lw ada boleh dong kak saya dikasih or beli. Berharapnya dikasih sih. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow ow.. kalo di kirim bibit dari Bali, sampe wonogiri langsung besar, haha..

      Hapus
    2. 😁😁😁 malah Ndak ngurus kak, tau2 besar sendiri 🤣🤣🤣

      Hapus
  8. Sbgai orang yg ga telaten ngerawat taneman, aku cuma bs mupeng aja liat2 ini. Hehehe.. Lidah mertua itu kayanya yg banyak akhir2 ini orang2 pd punya ya. Ternyata selain estetika, ada nilai tambahnya yg bs menyerap debu. Nice info mbaa 😁

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.