Tips Memulai Bisnis Playground yang Untungnya Nggak Main-main!



Bisnis Playground

Ide bisnis playground anak menjadi pilihan tepat untuk memulai usaha. Apalagi, menciptakan suasana playground kekinian dan anti bosan, dijamin bikin anak betah bermain.

Playground sendiri merupakan sarana bermain khusus anak, sekaligus dapat pula dijadikan sebagai tempat melatih sensorik dan motoriknya yang dibalut dalam banyak permainan menyenangkan.

Tips Memulai Bisnis Playground

Ada banyak jenis permainan untuk playground, mulai dari ayunan hingga permainan yang anti mainstream seperti jembatan tali. Playground biasanya berada di sekitaran taman kota, tempat wisata hingga pusat perbelanjaan.

Lantas, apa manfaat playground untuk anak? Manfaat playground justru nggak main-main, lho. Antara lain, mampu melatih kepercayaan diri anak, mengontrol emosi anak, bersosialisasi dengan teman-teman baru dan mencoba beragam permainan baru yang tidak dimiliki anak di rumah.

Berikut beberapa tips memulai bisnis playground yang bisa dijadikan panduan, catat yaa..

1. Pilih Lokasi Strategis

Bagaimana cara mencari lokasi playground yang strategis? Bisnis playground umumnya berada di tempat umum seperti di pusat perbelanjaan, mall, tempat wisata, atau pun restoran.

Dengan sistem sewa tempat di lokasi-lokasi tersebut, kamu dapat menjalankan bisnis playground. Pastikan tempat yang dipilih atau yang ditawarkan merupakan tempat yang strategis sehingga dapat dijangkau pengunjung.

Setelah menemukan lokasi playground yang strategis dan biaya sewa yang wajar, kamu dapat menentuian harga playground setiap anak.

2. Fasilitas Permainan yang Berkualitas

Bisnis Playground

Menjalankan bisnis playground harus totalitas, dalam artian, pemilik bukan hanya memikirkan soal keuntungan, akan tetapi juga mampu menyediakan fasilitas permainan yang berkualitas, sehingga anak-anak dapat nyaman bermain dan pastinya aman.

Bagaimana kriteria playground berkualitas?

Selain memastikan semua permainan memiliki standar keamanan yang baik, ada beberapa kriteria playground berkualitas yang harus diperhatikan, antara lain:

- Alat bermain tidak mudah goyah dan harus terjamin kekuatannya. Pastikan pula mur dan baut terpasang kuat dan lakukan pengecekan alat secara rutin, sehingga tidak mudah rusak dan tetap kuat menopang saat digunakan anak-anak.

- Biasanya, peralatan bermain anak memiliki warna-warna cerah, agar menarik perhatian. Begitu pun dengan beragam alat bermain di playground. Namun, pastikan warna cat tidak mudah mengelupas dan luntur, baik untuk playground indoor maupun outdoor.

- Peralatan bermain di playground juga harus selalu dibersihkan secara rutin. Hal ini dilakukan supaya alat bermain tidak kotor dan terhindar dari bakteri, sehingga anak tetap aman bermain.

- Bukan hanya menghadirkan kesenangan, peralatan bermain di playground juga harus memiliki nilai edukasi, agar anak bisa bermain sekaligus belajar. Misalnya seperti permainan puzzle, box pasir, balok, dan sebagainya.

3. Ciptakan Desain yang Menarik

Ada beragam desain playground yang bisa dipilih. Walau mungkin akan memerlukan lebih banyak biaya, akan tetapi, cara ini dapat lebih menarik perhatian anak-anak.

Misalnya saja memberikan lukisan, gambar-gambar lucu atau hiasan didinding berupa karakter kartun yang disukai anak-anak.

4. Pastikan Luas Area Mencukupi

Bisnis Playground

Selain faktor kualitas peralatan bermain, faktor lain yang menjadi penentu menarik tidaknya sebuah playground adalah luas area bermain.

Alangkah baiknya pengelola bisnis playground juga menyediakan semacam ruang tunggu untuk para orang tua atau pun pendamping anak. Beberapa playground juga memperbolehkan orang tua masuk ke arena bermain jika memungkinkan.

5. Hadir dalam Moment Tepat

Kamu pasti pernah melihat arena playground dadakan di sebuah event, kan? Nah, inilah yang dimaksud hadir dalam moment yang tepat.

Bisnis playground juga sering memberikan diskon saat liburan sekolah atau saat akhir pekan tiba. Karena moment-moment tersebut adalah waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga.

Untuk harga tiket masuk ke playground biasanya mulai dari 5 ribu. Silakan dikalikan sendiri ya untuk per-anak dalam setiap harinya.

Jadi, sudah siapkah kamu memulai bisnis playground yang untungnya nggak main-main ini? Mau indoor atau pun outdoor, pastikan ke semua tips di atas diterapkan dengan baik, agar bisnis playground senantiasa membawa kenyamanan, keamanan dan pastinya keuntungan yang nggak main-main. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

13 Komentar

  1. Banyak juga yang harus dipikirkan ya ternyata buat bisnis Playground ini. Safety sih yang terpenting karena kan pengguna nya anak2 ya, banyak yang masih belum paham arti bahaya. Belum lg anak2 biasanya lincah banget 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Harus dibuat seaman mungkin biar ortu juga ga was,was 😁

      Hapus
    2. Yup. Bisnis playground ini juga memang cukup menjanjikan untungnya. Marketnya anak-anak, pasti akan lumayan banget untungnya.

      Hapus
    3. Betuull.. Anak pasti bahagia buanget. Haha..

      Hapus
  2. Sepakat banget, bermain di Playground bukan sekadar bermain saja, tapi lebih dari itu. Btw, kalau ditekuni bisnis ini lumayan bangett, yaa. Apalagi kalau jdi playground dadakan di event.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh mbak. Tempat main anak yg untungnya nggak main-main.

      Hapus
  3. Bermain Playground memang asik, dan banyak anak-anak yang suka, makanya bisnis ini cukup menjanjikan ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 mba En. Untungnya ga main-main emang.

      Hapus
  4. wah, ternyata persiapannya gak main-main ya hihi.. selain modal juga kudu pastikan aman dan nyaman, secara tempat buat anak-anak jadi harus banget safety nya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, mbak. Harus beneran mateng semuanya, bukan cuma untungnya ajah hihi

      Hapus
  5. Jadi penasaran playground kayak Kidzania, Kidszona itu punya siapa ya? Ruame banget soalnya. Tapi ya modal ga main2 ada banyak mainannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ikut penasaran dong aku, haha.. Kuat di modal intinya deh yaa..

      Hapus
  6. Sebagai konsumen playground, aku mengakui bahwa ketersediaan bangku penunggu sangat menentukan sales dari bisnis playground. Aku pernah bayar lebih banyak supaya aku bisa duduk di bangkunya lebih lama, soalnya kakiku pegel padahal anakku masih kepingin diajak ke sana kemari...

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!