Agar Tidak Rugi Beli Asuransi Online, Lakukan Hal Ini!




Insurtech adalah istilah yang diberikan untuk produk asuransi online, yaitu merupakan akronim dari insurance technology. Di zaman sekarang asuransi bukanlah sesuatu yang baru lagi, kamu bisa dengan mudah menjumpainya dimana-mana, termasuk diantaranya adalah produk yang berbasis online, sampai dengan pembelian hingga prosedur klaim nantinya juga dilakukan secara online.

Produk yang dihadirkan sendiri juga relatif beragam, sama halnya dengan produk asuransi konvensional yang lainnya.

Hal-hal Tentang Asuransi Digital yang Harus Diketahui

Asuransi Digital, Asuransi Online


Meskipun sama-sama asuransi, namun di antara asuransi tradisional dengan produk asuransi digital ini pada dasarnya berbeda, sehingga jangan sampai salah kaprah dalam pembeliannya, karena bisa saja nantinya ada rasa menyesal.

Berikut ini ada beberapa hal yang patut diketahui tentang produk asuransi digital, yaitu:

1. Produk asuransi yang semua layanannya berbasis online

Sebenarnya sama seperti namanya yaitu asuransi digital, memang berbagai bentuk pelayanan yang diberikan dalam produk tersebut serba digital, mulai dari proses pembeliannya, layanan bantuan, sampai ketika nasabah ingin mengajukan klaim juga harus online.

2. Solusi bagi yang tidak ingin ribet beli asuransi

Selama ini banyak yang mengidentikkan beli asuransi itu ribet, terlalu banyak aturan yang harus diikuti, dan belum lagi dengan prosesnya yang panjang dan lama.

Sehingga kemudian, masyarakat jadi enggan membeli asuransi. Namun, tidak berlaku ketika kamu menggunakan asuransi digital atau online. Kamu tidak harus melalui agen asuransi, melainkan, cukup dari rumah saja sudah bisa melakukan pembelian produk tersebut.

3. Harga Premi Relatif Lebih Terjangkau

Premi Asuransi Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan asuransi tradisional yang preminya mahal, maka produk asuransi digital ini dijual dengan premi murah. Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi tersebut menawarkan sebuah fitur yaitu fleksibilitas.

Sehingga, akan lebih mudah bagi nasabah mengatur sendiri berapa premi yang ingin dibayarkan.

4. Produknya terbatas

Sayangnya, dibandingkan dengan asuransi tradisional yang pilihan produknya begitu banyak, maka asuransi online atau digital lebih sedikit. Mengingat dari segi pilihan produk yaitu asuransi kesehatan, jiwa maupun pendidikan saja, karena tidak semua produk asuransi bisa dibuat digital.

Tips Beli Asuransi Digital

Meskipun secara harga premi lebih murah dibandingkan dengan asuransi tradisional, namun kamu harus tetap berhati-hati saat membeli asuransi digital ini. Karena belakangan marak terjadi kasus penipuan yang merugikan banyak nasabah.

Berikut ini beberapa tips memilih asuransi yang tepat, antara lain:

1. Pilih perusahaan asuransi terpercaya

Jika dilihat dari banyaknya perusahaan asuransi digital di Indonesia, sebagian besar merupakan perusahaan asuransi tradisional yang merambah ke arah digital.

Hal ini justru lebih baik dipilih dibandingkan yang murni digital, seperti I Love Life Astra. Karena sudah jelas mengenai legalitas perusahaan tersebut, termasuk keberadaan kantor resminya.

2. Pilih perusahaan asuransi dengan kondisi keuangan yang sehat

Penting juga untuk mengecek mengenai kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Bukan tanpa alasan, melainkan karena hal ini berhubungan dengan kemampuan perusahaan dalam membayarkan kewajiban kepada para nasabahnya.

Sehingga, usahakan hanya membeli asuransi dari perusahaan yang keuangannya sehat, yang modalnya kuat, ditambah dengan nilai RBC lebih dari 120 persen.

3. Kemudahan dalam mengajukan klaim

Klaim Asuransi

Pilih perusahaan asuransi yang menawarkan layanan klaim secara mudah, namun tetap harus memahami terlebih dulu jenis klaimnya seperti apa.

Sayang sekali bukan, jika sudah aktif melakukan kewajiban sebagai nasabah asuransi, namun justru kesulitan saat ingin menikmati hak klaim tersebut, karena perusahaan yang mempersulitnya.

4. Jangan tergoda dengan perusahaan asuransi yang suka overclaim

Seperti menawarkan premi murah dengan manfaat yang besar, hal ini sebenarnya adalah jebakan yang dilakukan oleh perusahaan asuransi bodong dalam merugikan nasabahnya.

Karena, ketika di nalar secara akal sehat juga tidak mungkin mendapatkan manfaat besar dengan premi yang murah.

Asuransi online memang bisa dijadikan sebagai solusi terbaik bagi masyarakat yang ingin jaminan praktis saat membeli asuransi. Namun, tetap harus selektif saat memilih hingga membeli produknya, karena memang tidak semuanya dijamin aman.

Layanan terbaik dan pastinya terpercaya, hanya ada di I Love Life Astra. Salah satu perusahaan asuransi Indonesia yang mempelopori produk digitalnya, paling lengkap juga pilihan produknya dibandingkan dengan yang lain, sehingga tidak perlu ragu jika seandainya ingin apply sekarang juga. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

29 Komentar

  1. Sebagai konsumen juga mesti cerdas ya sebelum memilih produk asuransi digital. Jangan sampai menyesal di kemudian hari deh, hanya gara-gara tergoda penawaran yang nggak make sense. Terima kasih loh atas informasinya keren banget

    BalasHapus
  2. Asuransi tradisional dan digital masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, ya. Tapi produk digital dengan segala kemudahannya ini mampu menarik perhatian. Salah satunya produk dari Astra ini.

    BalasHapus
  3. Bener banget nih, beli asuransi digital emang praktis, tapi tetap harus hati-hati biar nggak ketipu. Pilih perusahaan yang udah terpercaya dan punya kondisi keuangan yang sehat, kayak I Love Life Astra. Soalnya, nggak mau kan udah bayar premi tapi susah klaimnya? Hihihi!

    BalasHapus
  4. Benar sekali, jangan tergoda dengan perusahaan asuransi yang overklaim
    Sekarang punya asuransi makin mudah ya, karena ada asuransi online

    BalasHapus
  5. Di era digital, asuransi juga digital ya. Tapi kudu teliti buat milih asuransi yang terpercaya agar tidak zonk lalu nangiss soalnya biaya bayar preminya kan lumayannnn.

    BalasHapus
  6. Sebelum memutuskan berasuransi lebih cek dan ricek dulu ya mbak asuransi yang ingin kita pakai. Klo aku sekarang ikut asuransi dari suami, ini otomatis sich. Jadi ngga perlu apply asuransi" lagi i.

    BalasHapus
  7. Kemudahan klaim tentu jadi nilai tersendiri yang bikin tertarik pastinya. Apalagi bisa dilakukan sat set by online, wuah jadi meringankan penggunanya saat berasuransi

    BalasHapus
  8. Asuransi online dan asuransi tradisional, pastinya sama-sama memiliki kelebihan kekurangan. Jadi tinggal disesuaikan saja sesuai keinginan. Tapi paling penting, sebelum membeli asuransi harus cek dan ricek dulu. termasuk membeli asuransi pada perusahan yang terpercaya.

    BalasHapus
  9. Produk baru ya mbak? Mesti benar-benar diteliti kalau mau beli. Jangan sampai kena investasi bodong

    BalasHapus
  10. Wah sekarang serba online sampai asuransi pun bisa online juga ya. Memudahkan sih, tapi harus lebih selektif dan hati-hati, jangan sampai karena tergiur dengan premi murah dan manfaatnya banyak tanpa mencari tahu dulu, kita sudah tergoda yang akhirnya malah terjebak di asuransi bodong. Huhu jangan sampai deh.

    BalasHapus
  11. Penting banget untuk religi sebelum memilih asuransi agar tidak was-was untuk kedepannya. Dan untungnya sekarang ada sistem asuransi online jadi bisa dengan mudah mencari referensi sebanyak-banyaknya sebelum memilih asuransi yang tepat

    BalasHapus
  12. wah aku baru tahu kalau asuransi aja sudah ada digital-nya alias online. ini sih benar-benar mempermudah ya, tidak perlu ribet kalau mau daftar

    BalasHapus
  13. Meski tergolong mudah, kita tetap nggak boleh milih asuransi online sembarangan ya. Kudu lihat juga perusahaan yang menawarkan. Oke deh.

    BalasHapus
  14. Kreatif nih Astra, menyediakan juga asuransi online, mengikuti perubahan jaman ya, sehingga memudahkan penjualan dan pembelian asuransi

    BalasHapus
  15. Di zaman yang serba digital seperti saat ini banyak hal yang menyesuaikan dengan kondisi agar lebih efektif dan efisien, termasuk dalam hal asuransi. Inovasi Astra untuk mengadakan asuransi online adalah terobosan yang baik sehingga semua prosesnya bisa menjadi lebih efektif juga

    BalasHapus
  16. Wah iya kalau online memang nggak ribet ya, tapi kudu pintar memilih penyedia asuransi online yang terpercaya

    BalasHapus
  17. Terima kasih atas tipsnya! Memang penting banget untuk memilih perusahaan asuransi tepercaya dengan keuangan yang sehat.

    BalasHapus
  18. Aku yang sejauh ini lebih banyak terpapar informasi mengenai asuransi konvensional, baru tersadar nih kalau rupanya asuransi digital itu fiturnya masih belum seberlimpah yang konven. Tapi kalau mengincar kepraktiksan dan hati sreg juga hasil kulik-kulik kemudian berhasil membawa ke satu perusahaan asuransi digital terpercaya, bisa sih jadi pilihan karena lebih mudah ngurusnya ya.

    BalasHapus
  19. Sebelum membeli asuransi, penting untuk memahami kebutuhan kita terlebih dahulu. Jenis asuransi apa yang emang kita butuhkan? Berapa banyak uang yang ingin kita asuransikan? kudu pahami sih

    BalasHapus
  20. Bener banget, kalau mau ikut asuransi harus sangat berhati-hati, jangan sampai nyesel di kemudian hari. Karena beberapa kali saya menyaksikan sendiri nasabah asuransi mau mencairkan polisnya ribet banget bahkan sampai bertahun-tahun tidak cair-cair.

    BalasHapus
  21. Yg bnyk dikeluhkan masyarakat soal asuransi ini emg soal klaimnya sih. Pas lagi bayar premi, nagihnya kenceng bgt. Giliran pas ngaduin klaim, susah bgt.

    Untung aja I Love Life Astra. Preminya murah, klaimnya jg mudah bgt.

    BalasHapus
  22. Pernah denger juga tentang Asuransi Astra, dan kebetulan juga banyak yang rekomendasiin asuransi ini. Ternyata emang sepenting itu ya punya asuransi buat masa depan.

    BalasHapus
  23. ASuransi I Love Life Astra salah satu yang direkomendasiin temen-temenku, nih. Selain nggak ribet karena digital, tetapi emang terpercaya.

    BalasHapus
  24. Kasus-kasus asuransi jiwa bermasalah beberapa tahun lalu lumayan bikin deg-degan. Di satu sisi ingin bikin asuransi, di sisi lain khawatir asuransinya tidak amanah. Bener-bener mesti teliti dan cermat memilih asuransi ya.

    BalasHapus
  25. Huhu aku akhirnya ngelepas 1 asuransi dehh.. sayang banget sebenernya tapi dah telanjur :(( sedih, pengen dipertahanin dluu tapi pas bangun rumah kayak mepet banget pengeluarannya eeuyy

    BalasHapus
  26. Musti berhati-hati ikut asuransi itu, banyak yang dipertimbangkan. Selain premi yang rendah, juga yang terpercaya, biar tenang juga.

    BalasHapus
  27. Iya kan.. Seringkali kita tuh tergoda dengan iming-iming yang mudah dan cepat ketika di klaim. Karena inilah sebenernya yang diinginkan ketika mengikuti asuransi, terutama asuraansi kesehatan. Kudu bener-bener teliti mengenai detailing perjanjian apalagi online, plus minus nya juga harus menjadi bahan pertimbangan.

    BalasHapus
  28. Bener banget ya, harus hati-hati memilih asuransi. Kadang kita suka tergoda dengan perusahaan asuransi yang overclaim, apalagi asuransi digital, bayangannya murah tapi manfaatnya gede banget, eh tau-tau ternyata bodong.

    BalasHapus
  29. Betul sih, kudu hati-hati sama apapun yang overclaim. Termasuk asuransi juga. Karena apapun itu, yang terbaik adalah wajar. Wajarnya seperti apa? Ya itu yang perlu diikuti.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!