Jangan Panik! Inilah Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik



asam lambung naik

Apa yang pertama kali harus dilakukan saat asam lambung naik? Satu hal sih, jangan panik! Memang rasa nyeri pada ulu hati atau panas dalam dada (heartburn) sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Penyebab asam lambung naik umumnya terjadi karena sistem pencernaan yang terganggu. Asam lambung yang sudah sampai ke perut, secara tiba-tiba kembali ke kerongkongan, sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Melansir dari American College of Gastroenterology, penderita asam lambung bahkan mengalami mulut terasa pahit dan asam, bahkan bisa jadi lebih parah saat perut kosong. Beberapa penderita asam lambung harusnya tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kondisi yang sesekali muncul ini. Namun, apabila asam lambung terus terjadi atau lebih dari dua kali seminggu, bisa jadi pemicunya karena GERD atau gastroesofageal reflux disease.

Jangan Panik! Inilah Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Beberapa penderita asam lambung akan merasa panik saat asam lambung naik. Untuk menghindari kepanikan, sebaiknya catat tips berikut tentang pertolongan pertama saat asam lambung naik untuk meredakan rasa nyeri, antara lain:

1. Segera longgarkan pakaian

Sesegera mungkin longgarkan pakaian, untuk menghindari tekanan, terutama pada bagian perut. Misalnya ikat pinggang, kancing celana, resleting dan sebagainya yang menyebabkan perut semakin sesak.

2. Segera duduk atau berdiri tegak

Pembawaan tubuh pada posisi tertentu, juga dapat memicu asam lambung naik. Umumnya hal ini yang menekan sfingter esofagus bagian bawah. Di mana bagian ini berupa otot yang berbentuk cincin yang tugasnya mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Untuk itu, tubuh memerlukan posisi yang lebih tegak agar mengurangi tekanan pada bagian tersebut. Apabila kamu sedang rebahan, dan asam lambung kambuh, segeralah berdiri dan tegakkan tubuh, entah dalam keadaan duduk atau berdiri.

3. Kunyahlah permen karet

Sebuah penelitian di 2014 membuktikan bahwa, mengunyah permen karet mampu membantu mengatasi asam lambung naik. Hal ini disebabkan, mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur lalu menelannya agar mengencerkan serta membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

4. Segera minum obat asam lambung

Beberapa orang pasti akan berpikir segera meminum obat asam lambung saat kambuh. Untuk itu, selalu sediakan beberapa jenis obat asam lambung seperti, Antasida, H2 blocker atau Penghambat Pompa Proton (PPI). Jenis obat H2 dan PPI, dipercaya ampuh mengurangi produksi asam dari lambung, sehingga dapat mencegah asam lambung naik. Sementara obat Antasida, berfungsi menetralkan asam lambung.

Sebelum mengonsumsi obat asam lambung, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter, supaya mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi asam lambung yang diderita.

Selain mempersiapkan diri dengan pertolongan pertama saat asam lambung naik, kamu juga perlu persiapkan Nutriflakes sebagai solusi untuk mengatasi asam lambung. Nutriflakes merupakan sereal umbi garut, di mana terkandung efek terapi untuk menenangkan dan menyembuhkan asam lambung.

Kamu juga jangan panik, karena Nutriflakes sangat aman dikonsumsi secara rutin dan sudah terdapat label resmi BPOM serta terbuat dari bahan-bahan alami yang berkhasiat sembuhkan asam lambung seperti, umbi garut, daun kelor, gula aren dan psylliumhusk.

Nutriflakes

Penasaran dengan produk Nutriflakes? Kamu bisa temukan sereal Nutriflakes di website nutriflakes.id, Instagram @nutriflakes.official, atau di e-commerce kesayangan kamu di Tokopedia Nutriflakes atau Shopee Nutriflakes.

Baca juga: Testimoni Mosehat, Penyakit Asam Urat Dijamin Minggat!

Lengkap sudah ya penjelasan tentang pertolongan pertama saat asam lambung naik. Semoga bisa diterapkan dan jangan lagi panik. Salam sehat selalu. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

14 Komentar

  1. Wah terimakasih tipsnya
    Adikku nih yang sering banget ngalamin asam lambung naik. Soalnya dia memang rada-rada rewel soal makanan
    Makanya kemana-mana bawa bekel obat asam lambung deh

    BalasHapus
  2. aku baru tahu lho mba kalau asam lambung naik itu bisa kunyah permen karet sebagai pertolongan pertamanya.
    Ilmu baru lagi nih, akan dicoba nnti kalau asam lambung kumat (tapi semoga ga kumat ya), huhuhu

    BalasHapus
  3. Asam lambung itu emang gak enak banget. Semalam aku baru aja ngerasain. Dari tiduran langsung ke duduk alhamdulillah membaik. Permen karet bisa ngebantu jg ya ternyata.

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat membantu banget Mbak. Apalagi buat aku yang bisa dibilang sering naik asam lambungnya karena suka makan pedasss

    BalasHapus
  5. ini penting bangeeettt kak, aku baru tahu produknya, sebagai orang yang tetiba asam lambung naek ngga ada sebab, aku pengen cobain deh. Siapa tahu cocok kan ya

    BalasHapus
  6. asam lambung naik ini ternyata gak bisa disepelekan ya, akibatnya lebih lanjut bisa fatal juga, huhu.. harus tepat gini penanganannya

    BalasHapus
  7. Wah memang kalau udah mengahalami hal seperti ini memang harus segera diatasi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah pertolongan pertama ini bisa jadi solusinya

    BalasHapus
  8. Makasih buat infonya mba. Pengalaman aku kalau lagi kumat asam lambungnya sampai susah aktifitas apa-apa

    BalasHapus
  9. Aku punya sakit lambung, kalau telat makan pasti dah kambuh. Dan baru tahu kalo mengunyah permen karet bisa bantu mengurangi asam lambung yang lagi tinggi. Makasih mb infonya!

    BalasHapus
  10. Rata-rata temanku yang mengalami permasalahan asam lambung memang bilang kalau pas serangan, waduuhhh rasanya luar biasa. Semoga mengubah pola makan yang benar bisa membantu meringankan gangguan tersebut.

    BalasHapus
  11. terima kasih tips nya ya Mba, saya alhamdulillah gak ngalami hal ini semoga ke depan juga sehat selalu.. Ngak enak kalo sakit , pasti gak nyaman

    BalasHapus
  12. Waaah baru tahu juga. Bahwa permen karet bisa menolong ketika asam lambung naik. Cara yang sederhana, namun sangat bermanfaat. Terima kasih mbak infonya

    BalasHapus
  13. Karena pandemi banyak di rumah, aku jadi abai sama jadwal makan. Akhirnya waktu ini asam lambung naik..hiks, sampai jleb baru sadar, kalau makan asal-asalan baik waktu maupun makanannya. Jadi penasaran coba nutriflakes

    BalasHapus
  14. Wah thanks ya kak tipsnya, papa aku punya asam lambung, bisa nih saya terapkan kalau-kalau asam lambungnya naik

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Promo Tour Bali Murah