Makanan Penurun Asam Urat, Tua Muda Wajib Baca!



 

Makanan Penurun Asam Urat, Tua Muda Wajib Baca!


Makanan penurun kadar asam urat, bisa sangat membantu penderita asam urat untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan penyakit ini. Ketahui ciri-ciri asam urat, menjadi hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mengalami asam urat yang bisa menjadi parah.

Jika sudah terlanjur terserang asam urat, ada baiknya penderita asam urat segera mengonsumsi makanan penurun kadar asam urat. Hal ini sekaligus membiasakan penderita asam urat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan juga terhindar dari penyakit lainnya.

Makanan Penurun Asam Urat, Tua Muda Wajib Baca!

Penderita asam urat memang kebanyakan nggak boleh makan sembarangan ya, intinya makannya tuh harus benar-benar dijaga. Jadi, makanan apa aja sih yang bisa menurunkan kadar asam urat? Berikut poin-poinnya:

1. Beras Merah

Beras merah dipercaya ampuh menurunkan kada asam urat. Walaupun, sama-sama mengandung karbohidrat seperti beras putih, namun kadar gula dan kalori yang terkandung dalam beras merah cenderung lebih rendah. Jadi, aman dikonsumsi penderita asam urat, dan baik juga untuk menurunkan berat badan, lho.

Beras merah juga terasa lebih hambar daripada beras putih. Kalau kamu belum terbiasa atau kurang menikmati mengonsumsi beras merah, kamu bisa mencampurkan sedikit beras putih, supaya lebih berasa, dan makin berenergi.

2. Pisang

Buah pisang menjadi salah satu buah yang dapat menurunkan asam urat karena memiliki kandungan kalium dan akalinya yang tinggi, serta rendah gula. Zat kalium ini nantinya akan membuang kadar asam urat melalui urin.

Sementara kadar kalorinya yang tinggi, akan membuat kenyang lebih lama, jadi buah pisang juga sangat cocok untuk kamu yang sedang diet, dan dipercaya memusnahkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Apel

Siapa sangka apel ternyata menjadi salah satu makanan penurun asam urat. Kandungan zat asam malat yang dapat menetralkan kadar asam urat dalam tubuh, lalu membuangnya melalui urin. Selain bisa sebagai penurun asam urat, apel juga ampuh sebagai penangkal kolesterol, lho.. Antioksidan dalam buah apel juga membantu menangkal radikal bebas serta mendetoks tubuh. 

4. Alpukat

Udah jadi rahasia umum ya, kalau alpukat punya banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan. Kandungan gula alpukat sangat sedikit, jadi sangat cocok dijadikan penurun asam urat sekaligus penurun berat badan.

Dalam alpukat terdapat kandungan yang mampu meningkatkan sifat basa dalam tubuh, yang secara otomatis mengurangi kadar asam urat. Alpukat juga diketahui memiliki lemak tak jenuh, ini berarti sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

5. Delima

Delima juga oke sekali nih sebagai penurun asam urat. Bukan hanya memiliki penampilan yang cantik, buah delima juga memiliki rasa yang unik, serta berfungsi mengurangi plak dalam arteri sebagai penyebab asam urat tinggi.

6. Seledri

Wow! Seledri juga punya khasiat sebagai penurun asam urat, nih. Daun seledri mengandung glikosida, flavonoid dan apiol, yang membantu mengurangi nyeri pada persendian asam urat.

Cara mengonsumsi selderi untuk penurun asam urat, yakni, cuci bersih seledri, lalu rebus dalam 200 ml air (2 gelas), kemudian saring sarinya, lalu minum. Minum secara rutin satu kali sehari. Seledri juga bisa mendetoks racun dalam tubuh, lho.

7. Ikan salmon

Udah pada tahu ya, kalau ikan salmon memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi dan juga baik ini, sangat bagus sebagai penurun kadar asam urat dalam tubuh. Kadar purinnya rendah, jadi sangat aman dikonsumsi penderita asam urat. Konsumsi secukupnya saja ya.

Kandungan omega 3 tinggi dan lemak tak jenuhnya ternyata juga sangat baik lho untuk mengurangi kolesterol dan komplikasi penyakit jantung dan stroke.

Yups, itulah tadi 7 makanan penurun asam urat yang wajib diketahui kaum tua dan muda. Ada baiknya juga sih mencegah asam urat datang, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Baca juga: Testimoni Mosehat, Penyakit Asam Urat Dijamin Minggat!

Semoga sehat selalu, dan silakan berbagi ke mana saja. Sampai jumpaa..




Posting Komentar

1 Komentar

  1. sangat bisa buat referensi nih, karena ada di sekitar.
    Mengigat kemarin ada temen yang tidak bisa jalan karena asam urat. Di cek kalau tidak salah menyebut angka 8 dan 2

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.