Gejala Asam Urat dan Cara Mencegahnya. Catat Ya, Bund!



Gejala Asam Urat dan Cara Mencegahnya. Catat Ya, Bund!

Gejala asam urat dan cara mencegahnya sebaiknya diketahui sejak dini. Masalah kesehatan seperti asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat. Penyakit ini akan menyebabkan seseorang mengalami nyeri hebat bahkan pembengkakan dan rasa panas di sekitar sendi.

Tubuh manusia terdiri dari banyak persendian dan semuanya memiliki risiko terkena masalah asam urat. Meskipun demikian, bagian yang paling sering mengalami masalah seperti ini adalah sendi lutut, jari tangan, jari kaki, dan juga pergelangan kaki. Orang yang memiliki risiko besar mengalami masalah asam urat umumnya adalah pria berusia lebih dari 30 tahun.

Di tengah masyarakat, kasus asam urat juga banyak menjangkiti wanita menopause. Penyakit ini sangat menyiksa karena gejala dapat muncul mulai dari 3 sampai 10 hari. Masyarakat awam sering menyebut asam urat sebagai rematik. Padahal rematik merupakan penyakit untuk nyeri sendi dan otot yang meradang.

Faktor dan Penyebab Asam Urat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah asam urat. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut:

1. Orang dengan keluarga penderita asam urat

2. Pasca pembedahan dan cedera

3. Konsumsi makanan tinggi purin

4. Mengkonsumsi alkohol dan gula tinggi

5. Obat-obatan kemoterapi

6. Masalah kesehatan seperti diabetes, kolesterol, anemia, leukemia, penyakit ginjal, penyakit tiroid, hipertensi, penyakit jantung, hingga obesitas.

Gejala Asam Urat dan Cara Mencegahnya

Seseorang yang mengalami penyakit asam urat sering kali disebabkan akibat kadar asam urat dalam darah sangat tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai macam gejala di antaranya seperti:

1. Rasa sakit yang teramat di bagian sendi

2. Susah berjalan di malam hari akibat rasa sakit

3. Nyeri hebat dan disertai rasa panas

4. Muncul ruam kemerahan di kulit persendian

5. Pada proses penyembuhan, kulit akan terkelupas, bersisik, serta gatal

6. Gejala dapat mereda dalam beberapa hari namun tetap harus dilakukan pencegahan dan pengobatan agar tidak kambuh

Cara Pengobatan Asam Urat 

Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang tidak mematikan akan tetapi cukup menyiksa apabila gejalanya sedang kambuh. Meskipun penyakit ini juga dapat sembuh dengan sendirinya, kamu tetap harus melakukan pengobatan.

Ada beberapa cara pengobatan asam urat yang bisa dilakukan baik dengan obat kimia maupun dengan bahan alami. Ketahui lebih lanjut tentang gejala asam urat dan cara mencegahnya.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan pengobatan alami menggunakan kantung berisi es batu. Kamu tinggal memasukkan air kedalam kain atau kantung kemudian tempelkan ke bagian sendi yang terasa sakit.

Cara ini terbukti efektif untuk meringankan gejala, namun memang tidak bisa mengobati secara langsung dan cepat.

Jika kamu ingin segera merasa baikan dari gejala, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi obat kimia. Obat yang sering digunakan untuk mengatasi gejala asam urat adalah obat pereda nyeri dan juga obat steroid. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan ini di apotek atau dengan mengunjungi dokter untuk mendapatkan resepnya.

Selain kamu perlu mengetahui gejala asam urat dan cara mencegahnya, selanjutnya juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit ini. Cara untuk mencegah asam urat yaitu dengan menghindari makanan tinggi purin. Selain itu, perbanyaklah konsumsi air putih dan hindari mengkonsumsi makanan kurang sehat seperti alkohol, kopi, dan gula.

Olahraga secara teratur serta mengkonsumsi makanan sehat sangatlah membantu untuk mencegah penyakit ini. Jangan lupa juga untuk menjaga berat badan ideal agar terhindar dari obesitas.

Demikian informasi tentang gejala asam urat dan cara mencegahnya. Semoga semakin menambah wawasan kamu dalam menjaga kesehatan dan menghindari penyakit ini ya. Pasti bermanfaat, sampai jumpaa..

Baca juga: Testimoni Mosehat, Penyakit Asam Urat Dijamin Minggat!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Aku ngalamin neh sulit berjalan malam hari karena sakit, tapi bukan di sendi, tungkak. Ngeri ih. Semoga bukan asam urat.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.