Tips Blogging untuk Pemula, Wajib Baca dan Terapkan!



Tips Blogging untuk Pemula, Wajib Baca dan Terapkan!

Kita hidup di era di mana blogging cukup umum tetapi menjadi umum tidak berarti mudah atau tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ada banyak hal yang bekerja di back end satu blog atau sederhananya kita dapat mengatakan bahwa sebuah blog harus memiliki beberapa faktor yang dapat membuatnya lebih menarik dan produktif.

Hal pertama adalah memikirkan ide-ide unik yang pastinya selalu membuahkan hasil. Selain itu, masih banyak lagi faktor yang saling bahu-membahu untuk menaikkan peringkat sebuah blog agar para blogger mendapatkan manfaat dari blognya.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa blogging adalah sesuatu yang perlu kamu anggap serius dan itulah sebabnya diartikel kali ini, saya akan membahas tentang tips blogging untuk pemula, yang nantinya dapat menyajikan sebuah kebermanfaatan yang luar biasa.

Tips Blogging untuk Pemula, Wajib Baca dan Terapkan!

Ada 5 tips penting blogging yang harus diperhatikan dan diketahui oleh para blogger pemula. Seperti apa? Yuk baca sampai habis.

1. Curahkan Pikiranmu

Ide adalah dasar dari setiap kisah sukses, begitupun dalam dunia blogging. Hal pertama yang perlu kamu tangkap adalah ide. Ada jutaan orang yang menulis untuk internet dan pada akhirnya, ada jutaan ide yang sudah ada di internet.

Sekarang giliran kamu untuk mengeksplorasi pikiran kamu dan mengambil ide terbaik yang pasti bisa membuat blog kamu dianggap sukses. Jelaskan bahwa jika audiens menyukai ide-ide kamu, maka kamu dapat memperoleh lebih banyak perhatian dan akan dapat meningkatkan kredibilitas blog kamu.

2. Mencapai Keunikan

Sangat jelas bahwa tidak ada yang suka membaca konten yang digandakan atau disalin, jadi, kamu harus menghindarinya. Tapi, apa bisa?

Pertama, kamu perlu memastikan apakah konten tersebut dijiplak atau tidak. Kemudian, kamu dapat mengambil langkah untuk menghapus duplikasi. Setelah memeriksa duplikasi dengan menggunakan pemeriksa plagiarisme, kamu perlu membuat teks yang dijiplak menjadi unik, yups.. edit kembali dengan gaya bahasa kamu.

Apa pendekatan termudah?

Jika kamu bersedia melakukan pekerjaan ini dalam waktu yang lebih singkat maka kamu dapat menggunakan parafraser dan kamu dapat dengan mudah parafrase online.

Parafase Online

Dengan menggunakan parafrase, akan sangat mudah untuk mencapai keunikan dalam waktu yang lebih singkat, sehingga kamu dapat mencari alat parafrase yang sesuai.

3. Targetkan Audiens yang Tepat

Ketika berbicara tentang peringkat blog, itu hanya mungkin jika kamu membuat sebuah blog yang dapat dijangkau oleh audiens yang tepat. Setelah memilih niche, kamu perlu menargetkan audiens yang tertarik dengan niche blog kamu. Seperti, jika niche kamu tentang fashion, maka kamu perlu menargetkan audiens yang mencari kebutuhannya.

Setelah memahami target pembaca blog, kamu bisa langsung mengelompokkannya ke dalam awan sosial (social cloud)? Maksudnya? Yuk, baca poin selanjutnya.

4. Buat Awan Sosial (Social Cloud)

Kamu pasti memiliki media sosialkan? Nah, setelah rampung menulis, segeralah membagikan postingan kamu ke media sosial. Dalam beberapa media sosial yang terssedia, pastinya juga memiliki komunitas, carilah komunitas menulis, dan bentuk awan-awan sosial yang sesuai dengan niche blog kamu. Peluang agar blog dibaca akan lebih tinggi jika kamu melakukan hal ini.

Tips Blogging untuk Pemula, Wajib Baca dan Terapkan!

Kenapa harus berbagi ke media sosial? Zaman sekarang, siapa sih yang nggak main media sosial? Dan biasanya sebagian besar audiens itu mencari kebutuhannya diawali dari media sosial, lho. Makanya, kamu harus aktif dan jangan sampai lupa membagikan setiap postingan ke media sosial agar menarik audiens lebih dan lebih lagi.

5. Gunakan Gambar dan Video

Beberapa orang akan lebih menyukai konten dengan gambar atau video. Jadi, pastikan dalam blog yang kamu tulis, selalu membubuhkan gambar atau video, supaya audiens merasa jauh dari bosan saat membaca, dan terlihat lebih menarik.

Namun, jangan lupa untuk memberikan keterangan apakah gambar atau video tersebut memiliki hak cipta atau gratis. Atau, jika kamu akan menggunakan gambar animasi apapun, maka kamu dapat mengedit gambar itu terlebih dahulu. Setelah mengeditnya, kamu bebas menggunakan konten atau gambar yang tersebut.

Blogging bisa menjadi sumber pendapatan yang tepat jika kamu bisa memanfaatkannya dengan serius dan baik tentunya. Supaya konten yang kamu buat bisa muncul di SERP. Kelima poin di atas saya rasa bisa kamu ikuti ya. Lakukan kesemuanya dengan benar, dan selamat datang di dunia blogging yang menyenangkan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi blogger sukses, sampai jumpaa..



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Saya paling aktifnya share ke FB dan Twitter. Sesekali ke LinkedIn juga. Kalo di FB masih banyak teman dunia nyata saya yang terhubung dengan saya. Semoga mereka pada baca blog saya :)

    BalasHapus
  2. Bener sekali deh ini mbak... Banyak juga nih yang harus dibutuhkan untuk jadi blogger profesional ya..

    BalasHapus
  3. Social cloud-ku masih kurang aktif kak padahal ini penting banget ya untuk social score

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.