Manfaat Menulis di Buku, Penulis Wajib Tahu!

Pretty Black Cat

Manfaat Menulis di Buku, Penulis Wajib Tahu!



Manfaat Menulis di Buku, Penulis Wajib Tahu!

Manfaat menulis buku, sepertinya masih banyak disepelekan oleh sebagian orang ya. Bahkan beberapa ada yang merasa, bahwa kegiatan menulis itu membosankan dan melelahkan. Memangnya menulis itu seberat mengangkat barang ya? Sampai jadi lelah gitu, hmm..

Jujur, kalau menulis di buku tuh tulisan saya memang nggak begitu cakep, tapi setidaknya masih bisa dibaca dong, haha.. Karena kan memang ada ya orang-orang yang tulisannya tuh rapiii buanget, bahkan dari awal sampai akhir hurufnya sejajar nggak naik turun gunung.

Ngaku dong, siapa nih yang mood tulisannya rapi di awal, mulai goyah di tengah, dan jadi tulisan halus kasar di akhir? Saya tunjuk tangan juga nih.. Haha..

Saya juga sering menulis di buku untuk cerpen dan puisi. Di mana, saya akan membuat tema dan alur ceritanya terlebih dulu. Kayaknya bebas aja gitu kalau nulis di buku, walaupun harus dicorat-coret kalau salah tulis. Bahkan, baru-baru ini saya juga lagi rajin nulis jadwal tema apa yang mau dibahas untuk beberapa blog yang saya kelola, yah semacam to-do list gitu.

Karena jujur, saya bukan tipe orang yang tertib untuk menulis di blog. Sebenarnya semenjak lihat beberapa teman blogger yang rutin menulis ide-ide cemerlangnya buat konten diblog atau media sosialnya sih, jadi semangat saya seakan membara untuk mengikuti jejak mereka, hihi..

Manfaat Menulis di Buku, Penulis Wajib Tahu!

Di artikel ini, saya akan berbagi pengetahuan seputar manfaat menulis di buku. Selain supaya kita semua nggak selalu tergantung sama gadget saat ingin mencacat apapun, menulis di buku adalah salah satu cara agar kita tetap ingat bagaimana caranya menulis dengan baik, hihi..

1. Melatih Motorik Halus dan Sensorimotor

Aduh, rasanya kembali ke zaman kecil dulu nggak sih, waktu pertama kali belajar menulis? Haha.. Karena menulis adalah termasuk kegiatan yang dapat melatih motorik halus, di mana pergerakan tangan dan mata semacam dipaksa untuk berkoordinasi dengan baik.

Selain itu, menulis di buku otomatis akan menciptakan lebih banyak aktivitas terutama dibagian sensorimotor, yaitu banyak indra yang dilibatkan dalam menulis. Seperti, memegang pensil atau pulpen dengan benar, menekan pulpen atau pensil saat menulis, dan melihat barisan huruf serta jarak antar kata di atas kertas.

2. Melatih Kesabaran

Kita semua pasti pernah diminta untuk menulis rangkuman buku atau mencatat perkataan (dikte) dari guru atau dosen, ya kan? Nah, tanpa disadari, kecepatan menulis pun pasti berubah. Dari sinilah tingkat kesabaran kita terlihat. Apakah kamu santai ketika menulis dari awal hingga akhir? Atau pengennya buru-buru biar cepat selesai? Silakan kamu bisa jawab sendiri ya kamu si sabar atau bukan, hehe..

3. Mengetahui Karakter Seseorang

Pernah dengar, kalau karakter seseorang bisa diketahui melalui gaya tulisannya? Gaya penulisan yang bagaimana yang dimaksud? Misalnya, bagaimana cara ia menuliskan huruf "i", "t", "f", dsb. Atau, bisa juga dilihat dari kemiringan tulisan, bentuk hurufnya bulat atau meruncing, seberapa cepat ia menulis, dan lain-lain.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Saya paling setuju nih sama poin ke-empat. Manfaat menulis di buku supaya mata sejenak terhindar dari radiasi layar gadget. Apalagi buat kaum 90an seperti saya, yang matanya terasa cepat sekali lelah kalau menatap layar gadget terlalu lama.

Semangat Menulis di Buku Catatan Unik Hibrkraft

Pernah dengar, buku catatan unik Hibrkraft? Yups, buku catatan unik Hibrkraft bisa bikin kamu makin semangat menulis deh, nggak percaya? Sebelum kamu kepoin gimana sih produk buku catatan unik Hibrkraft, kita kenalan dulu yuk dengan Hibrkraft.

Mengenal Hibrkraft

Hibrkraft sudah ada sejak 2013, dan berhasil mengedarkan puluhan buku catatan ke berbagai wilayah di Indonesia. Kenapa Hibrkraft memilih bisnis ini? Karena Hibrkraft memiliki cita-cita membantu banyak orang untuk merekam ide, gagasan, dan segala momen berharga mereka melalui tulisan.

Ada satu hal yang membuat saya salut dengan tujuan didirikannya Hibrkraft, yaitu melakukan pemberdayaan lingkungan, dengan membantu masyarakat disekitar lingkungan Hibrkraft berada, untuk mendorong pertumbuhan masyarakat agar lebih produktif dan kreatif.

Hibrkraft juga membuka kesempatan kepada kamu semua yang ingin memulai usaha secara mandiri. Di mana nantinya tim Hibrkraft sendirilah yang akan memberikan pendampingan gratis kepada seluruh peserta.

Produk Buku Catatan Unik Hibrkraft yang Keren & Menarik!

Buku Catatan Unik, Buku Catatan Kulit, Buku Catatan Hibrkraft, Manfaat Menulis di Buku, Penulis Wajib Tahu!

Terdapat 4 kategori katalog di website Hibrkraft, di antaranya:

Personal, catat semua petualanganmu dalam buku catatan uni yang bisa dibawa ke mana-mana ini.

Bisnis, sangat cocok dijadikan sebagai merchandising dan branding untuk perusahaan atau institusi.

Koleksi, jangan lewatkan buku catatan unik bercover kulit ini sebagai salah satu koleksi kamu, karena memiliki seri khusus dan modelnya yang berbeda-beda

Supplies & Accessories, jenis aksesoris yang bisa dipersonalisasikan sesuai keinginanmu.

Kamu pasti penasarankan sama buku catatan unik Hibrkraft? Langsung aja cek di marketplace Tokopedia di Hibrkraft Kreasi Indonesia atau langsung main aja ke website resmi Hibrkraft ya.

Ayo mulai menulis, simpan atau bagikan moment bahagiamu bersama buku catatan unik Hibrkraft. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa.. Selamat menulis..!!



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Duku sering menulis di buku harian, tapi sekarang berasa gak sempet. Bahkan buat nulis catatan belanja aja, gak sempet. Wakakkaka

    BalasHapus
  2. Akuu.. suka banget beli note lucu lucu tapi diisi cuma setengah setengah..engga sampe penuh

    BalasHapus
  3. Sejak era digital jadi males banget yah mau nulis di buku. Tapi aku masih suka nyatet di buku kalau lagi ikut kajian atau kelas. Apalagi kalau pake buku catatan Hibrkraft jadi auto semangat deh.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.