SEO Moms Community: Kelas Belajar SEO Basic Untuk Blogger Perempuan

Pretty Black Cat

SEO Moms Community: Kelas Belajar SEO Basic Untuk Blogger Perempuan



SEO Moms Community, SEO Moms

SEO Moms Community, merupakan wadah belajar SEO Basic khusus Blogger Perempuan di Indonesia. Eh tapi, nggak harus yang udah jadi emack-emack, kok.. Yang penting seorang blogger perempuan (yang rajin nulis dan memang niat buat belajar SEO, bukan yang cuma intip-intip aja, hehe..) ya.

Mengenal SEO Moms Community

Belajar SEO itu memang susah-susah gampang. Susah kalau nggak memperhatikan, gampang kalau memang niat belajar. Sesederhana itu aja sih..

SEO Moms Community adalah kelas belajar SEO GRATIS di antara banyaknya kelas SEO berbayar. Kenapa gratis? Karena, sang founder nggak ingin merasa berdosa kalau sampai materi yang disampaikan nggak ada yang nempel, padahal member udah bayar.

Founder SEO Moms Community betul-betul memberikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami member, khususnya emack-emack nih. Coba dong, di mana lagi ada mastah SEO sebaik dan seramah beliau, hihi..

Beliaulah M. Sahlan alias Q Benk. Ya, Q Benk, entah dari mana panggilan itu berasal, yang jelas dialah founder SEO Moms Community kelas belajar SEO Basic (gratis) untuk Blogger Perempuan se-Indonesia Raya.

Awal mula bang Q kenal dunia SEO saya rasa cukup memberi keberuntungan kepada bang Q sendiri. Di mana saat 2007, bang Q pernah membuat tulisan tentang narkoba, dan ternyata secara nggak sengaja, salah satu staf BNP membaca tulisan tersebut dan membuatnya tertarik dengan sosok Q Benk.

Alhasil, bang Q mulai diundang untuk menjadi pembicara dibeberapa kesempatan dan memintanya untuk terus berkampanye seputar narkoba lewat blog. Lantas di 2008, bang Q berniat untuk lebih mendalami lagi dunia SEO.

Padahal dulunya bang Q ini adalah seorang kuli bangunan, lho. Dengan hasil yang tetap disyukurinya, bang Q rajin main ke warnet untuk serius belajar ngeblog. Sampai akhirnya Bang Q memutuskan untuk mundur dari dunia perkulian dan fokus ngeblog.

Blogger pinggiran, begitu Bang Q menyebut dirinya, adalah blogger berdarah Madura namun dibesarkan di Sei Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Yang paling saya salut adalah, Bang Q dengan hati mulianya mendirikan SEO Moms Community ini untuk almarhumah ibundanya yang telah berpulang pada 25 November 2019 silam. Dedikasi bang Q untuk ibunda tercintanya memang pantas dicontoh nih.

Pengalaman Menjadi Member SEO Moms Community

Sebuah keberuntungan karena bisa bergabung di SEO Moms Community Batch 3 di September 2020. Komunitas ini adalah komunitas kedua saya setelah Ibuku Content Creator (ICC). Dan memang waktu itu, saya mendapat informasi registrasi SEOMOC dari ICC, thank you lho ICC, hehe..

Tadinya memang nggak ada niat sih buat gabung di SEO Moms Community, hihi.. Karena takut nanti kenapa-kenapa, misalnya nggak fokus, jadi berhenti di tengah jalan, akhirnya kena kick, haha..

Tapii.. setelah nekat buat mendaftar, alhamdulillah ya terpilih dan seketika semua ketakutan itu musnah setelah benar-benar masuk dan belajar. Selain itu, karena memang founder dan co-foundernya SEO Moms Community itu super friendly dan membimbing (santai tapi tegas) sekali.

Karena, mereka aja serius buat ngajarin kita para emack-emack (yang selalu rempong dengan segala urusan dapur, belum lagi yang lagi hamil, menyusui, dengan segala kemageran dan berbagai drama lainnya yang terjadi) kenapa kita nggak bisa serius juga buat menerima materinya, hihi..

Materi yang Diajarkan di SEO Moms Community

Ada tahapan materi yang diberikan Bang Q di kelas SEO Basic ini. Berikut adalah urutannya:

SEO Onpage

Dalam materi SEO Onpage ini dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya:

1. Titel blog

2. Deskripsi utama blog

3. Deskripsi penelusuran

4. Desain dan tata letak blog

5. Struktur blog

6. Meta tag header (blogspot)

7. Meta robot txt (blogspot)

8. Struktur konten

9. Penulisan standar SEO

10. Related link konten

Sebelum melanjutkan materi SEO Onpage ini, seluruh member diwajibkan menginstal ekstensi SEO META in 1 CLICK pada browser Google Chrome, agar bisa mendeteksi seberapa baik artikel yang dibuat dilihat dari poin-poin di atas.

SEO Offpage

Materi ini bertujuan untuk membenahi bagian dalam blog. Karena, ibaratnya rumah tinggal, jangan cuma kelihatan bagus dari luar aja, tapi juga harus bagus di dalamnya. Kalau dalam blog sih, Google bisa jadi tamu istimewa di blog kita, makanya sebisa mungkin kita buat Google nyaman saat bertamu ke blog kita.

Praktik Oh Praktik..

Setelah membaca penjelasan dari Bang Q tentang semua materi, tibalah saat praktik yang wajib diikuti para member (kecuali untuk member yang banyak kesibukan dalam realita kehidupannya, bisa langsung minta izin sama admin).

Menurut saya sih, belajar SEO itu nggak afdol kalau nggak langsung "turun ke lapangan". Selain kita bisa tau seberapa besar kita bisa menangkap materi yang diberikan, dan seberapa jauh kita bisa menerapkan materi itu dalam blog kita.

Jadi, waktu SEO Moms Community Batch 3 setahun silam, saya dan teman-teman mendapatkan tugas membuat sebuah artikel dengan keyword Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas. Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, begitupun dengan teman-teman yang lain.

Pengalaman Ikut Lomba Blog dan Kontes SEO

Jujurly, selama ngeblogsaya sama sekali belum pernah ikut lomba dalam kategori apapun. Sampai pada suatu siang yang cerah, ada sebuah pengumuman dari Bang Q berupa lomba blog dan kontes SEO dari Sosiago, yaitu, EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, yang dimulai November 2020 lalu.

Seingat saya, Bang Q hanya menyebutkan lomba EF kependekan English First. Dalam benak saya, artikelnya pasti harus bahasa Inggris niih.. Tanpa survey tanpa apapun, akhirnya saya mundur perlahan. Karena memang nggak jago bahasa Inggris, hihi..

Beberapa member juga semangat empat lima untuk ikut lomba tersebut. Akhirnya, mbak Sari selaku admin saat itu, mulai membuka list bagi yang ingin ikut dan sudah membuat artikelnya. Lantas, saya lihat salah satu postingan member dooong, ngintip dikit gimana sih yang namanya lomba blog dan kontes SEO itu.

Dan ternyataaaa.. Artikelnya ditulis dalam bahasa Indonesia. Saya merasa lucu dan sekaligus malu sendiri, Ya Allah.. Haha.. Saya juga memperhatikan tulisan moms yang ada dilist. Tanpa pikir panjang, saya pun memberanikan diri untuk ikutan lombanya.

Lomba ini tentu saja menjadi ajang praktik yang sebenarnya bagi saya dan para member untuk menerapkan materi yang sudah dipelajari di SEO Moms Community. Bang Q juga sangat sabar untuk menuntun kami dalam melakukan optimasi konten, jadi ada strategi dan tahap-tahapnya gitulah..

Hari demi hari berlalu, optimasi masih saja terus saya dan member lakukan, sesuai arahan Bang Q. Selain itu, saya juga punya tim sukses super solid, yaitu mas suamik, hihi.. yang juga ikutan lomba, teman begadang nih ceritanya, hihi.. oke oke skip!

Selain optimasi, pemantauan di mesin pencari pun kerap kami lakukan. Serunya ya di situ. Beruntung kalau artikelnya muncul di SERP (Search Engine Result Page), lah kalau nggak muncul sama sekali, bahkan sampai page paling bontot pun nggak tercium aroma-aroma artikelnya, Bang Q akan memberikan opsi-opsi lain.

Singkat cerita, pengumuman pun disampaikan, lewat sosiago tentunya. Saya yang waktu itu entah sedang berbuat apa, justru tau dari grup SEO Moms Community sendiri. Dan Alhamdulillah.. Blog saya mendapatkan juara ketiga, dan mayoritas juara favorit juga disabet emack-emack SEO Moms Community mengalahkan bapack-bapack yang ikut berlomba.

Perjuangan nggak berhenti sampai disitu, di bulan Desember 2020, kontes Seva Tempat Mobil Online pun diadakan juga di Sosiago. Bang Q sempat sampaikan, bahwa kontes Seva kali ini cukup berat, mengingat Seva telah mengadakan tiga kali kontes SEO dan blog dalam satu tahun.

Namun, saya dan beberapa member lain, apalagi yang berada di halaman muda, mencoba peruntungan kembali dan sekaligus menambah pengalaman dan praktik SEO. Dan lagi-lagi, kami pun diajak bergerilya untuk mencapai halaman muda atau setidaknya muncul di SERP. hehe..

Alhamdulillah, perjuangan yang membuahkan hasil, blog saya berhasil menyabet juara ke 2, disusul member SEO Moms Community lain ada Mbak Yuni dengan blognya filiasukanulis dan yunibinsaniro, kedua blognya masuk posisi 3, 4, lalu ada pohontomat kepunyaan Kak Tri yang masuk posisi 10, dan juga beberapa member lain mendapat juara favorit.

Berlanjut ke kontes SEO Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel, masih diselenggarakan Sosiago, lomba ini berkali-kali lipat juga menantangnya. Namun, saya dan teman-teman tak patah semangat dan mencoba untuk "turun gunung" lagi. Walaupun Bang Q bilang risikonya juga setara dengan Seva.

Serunya berjuang beroptimasi, merasakan ketar-ketir bercampur deg-deg serr berlomba untuk tampil dihalaman pertama Google. Bismillah, kali ini, member SEO Moms Community pun lebih banyak yang percaya diri untuk ikutan.

Jujur, bahkan sampai beberapa hari sebelum pengumuman pun, saya yang dibantu suami masih mengoptimasi konten. Padahal ya, Bang Q udah kasih wejangan untuk cukupkan optimasi karena sudah berada diposisi yang sangat bagus, hihi.. Monmaap ya Bang.

Sementara dihalaman pertama, posisi blog saya dengan blog lainnya sempat kejar-kejaran, ya berganti-ganti posisi gitu, haha.. Nggak kebayang lelahnya Google mantengin blog kita-kita, wkwk..

And the last for the result, alhamdulillaaaah, saya masih bisa bertahan dihalaman pertama dan mendapatkan posisi ke 5 dari total 10 pemenang dan 5 juara favorit. Sungguh perjuangan yang berhasil manis..

SEO Moms Community dan Koordinator Wilayah

Menjadi bagian dari SEO Moms Community adalah keberuntungan menurut saya. Selain banyak mendapatkan teman blogger baru, tentunya saya juga mendapat ilmu SEO Basic yang mudah dipahami emack-emack dari coach yang super ramah dan banyak gaya, Bang Q Benk, hihi..

Setelah angkatan saya, founder dan co-founder kemudian berembuk untuk membagi SEO Moms Community sesuai wilayah. Dan akhirnya terbagilah menjadi 6 wilayah bersama koordinator terpilih, yaitu:

Korwil SEOMOC Sumatera, Arda Sitepu

Korwil SEOMOC Jawa Tengah, Wiwin Pratiwanggini

Korwil SEOMOC Jawa Timur, Rahmah Chemist dan Melani Pryta Dewi

Korwil SEOMOC Jabodetabek, Lidya Fitrian

Korwil SEOMOC Sulawesi, Mugniar Marakarma

Korwil SEOMOC Bali dan Nusa Tenggara, Rizky Masdila Ananda, yups saya si pemilik blog ini, hehe..

dan bulan lalu SEO Moms Community baru saja open registration untuk SEO Moms Community Basic 4, mungkin termasuk kamu, Moms? Semoga bisa menerima semua materi dengan baik ya, aamiin..

SEOMOC dan Rahasia SEO Mom

Bahasan terakhir ini saya rasa adalah yang paling membanggakan sih ya. Karena 20 member SEO Moms Community bersama founder, berhasil menelurkan sebuah buku berjudul Rahasia SEO Moms. Di mana buku ini bercerita tentang pengalaman menarik yang nggak terlupakan dari 20 member dan Bang Q, serta beberapa tips SEO dan pencapaian saat menerapkan SEO pada blog.

Penasaran dong gimana isi lengkapnya? Bisa sekali nih kalau mau order Buku Rahasia SEO Moms, bisa langsung hubungi para koordinator wilayah atau Bang Q, bisa juga kepoin instagram @SeoMoms ya.

Btw, Saya juga adain giveaway buku Rahasia SEO Moms, lho.. Silakan ceki-ceki syarat dan ketentuannya di laman instagram saya.

Yaah, segitu aja deh ya cuap-cuap panjang lebar tentang pengalaman saya belajar SEO Basic bersama SEO Moms Community. Semoga ada yang bisa dipetik dari cerita saya ini. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

12 Komentar

  1. wah seru banget, jadi nambah ilmu baru ya :D

    BalasHapus
  2. luar biasa ya SEO Mom ini, emang dedikasi BangQ patut diacungi jempol :) ilmu yang dikasih cuma-cuma dan sekarang bisa meluas komunitasnya seluruh Indonesia. Bersyukur baget dikasih kesempatan gabung juga :)

    BalasHapus
  3. Wah seru banget aku baca cerita Kak Ky, jadi tau kisah dibalik banyak kemenangan itu. Duh aku jadi makin semangat mengikuti kelas SEOMOC ini. Mana tau bisa ketularan kayak kak Ky juga #ahaayy

    Kutungguin loh giveawaynya

    BalasHapus
  4. seo moms ini keren sekali ya, kalau gabung dijamin pasti menambah banyak ilmu dan pengalaman yang menarik

    BalasHapus
  5. Pasti seru banget ya gabung di komunitas keren dan sarat ilmu kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener nih, paling suka kalau ketemu orang-oran hebat yang sejalan yaa, jadi bisa nyerap banyak ilmu

      Hapus
  6. auto follow Mas QBenk, kali aja ada kelas lagi

    blog saya butuh banget sentuhan SEO nih

    BalasHapus
  7. Lho ini nih kapan hari pernh ditagih ilmunya di grup sebelah eh belum jadi yaaa. Ayo share lah mba caranya biar ga kegeser dan ada di page page depan..

    BalasHapus
  8. Wah ini kayaknya yg lagi aku butuhin nih. Karena aku juga Pemula yg masih baru belajar

    BalasHapus
  9. Saya juga berterimakasih banget sama Mas Qbenk, gak nyangka seo tuh se-seo gini.

    BalasHapus
  10. seru banget mbak kalau bisa belajar rame-rame kayak gini, apalagi moms community di tiap daerah ada perwakilan korwilnya ya.
    aku yang belum moms belum bisa join ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Ai..

      iya bener nih, seru kalo bisa belajar bareng moms blogger kece seIndonesia.

      Ayo ikutan daftar tahun depan mbak Ai, yang penting blogger perempuan kok, yg belum mom juga boleh ikut.

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.