Tips Semangat Beraktivitas Saat Sedang Datang Bulan

Pretty Black Cat

Tips Semangat Beraktivitas Saat Sedang Datang Bulan



Tips semangat beraktivitas

Tips Semangat Beraktivitas Saat Sedang Datang Bulan - Sudah masuk tanggalnya untuk kamu kedatangan tamu belum? Kalau sudah, pasti nggak nyaman ya rasanya. Dikit-dikit mager, dikit-dikit megang perut, dikit-dikit ngecek belakang, aduuh.. Suka kesel gimanaa gitu ya. Eh tapi, kamu tahu nggak sih fakta atau mitos saat menstruasi? Cek selengkapnya disini yuk.

Mungkin memang hal wajar ya, karena kalau lagi kedatangan tamu memang bikin salah tingkah, hehe.. Tapi, please! Jangan jadikan alasan untuk kamu malas bergerak. Malahan kalau kamu lebih banyak beraktivitas, akan membuatmu lebih sehat pastinya.

Kalau kamu terus-terusan mager, kerjaan nggak akan selesai dong. Yuk ah semangat. Ikuti tips-tips berikut:

1. Olahraga ringan

Poin pertama yang harus kamu lakuin adalah melakukan olahraga ringan. Hal ini menghindarkan kamu dari kram perut yang berlebihan. Kram perut memang wajar dirasakan saat sedang menstruasi. Biasanya ditanggal pertama sampai tiga hari berikutnya. Kram perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi di dalam rahim. Kontraksi otot rahim memicu hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.

2. Banyak minum air putih

Saat menstruasi, tak jarang tubuh akan terlihat lesu, sakit kepala, dan nyeri dibeberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, kamu harus banyak mengonsumsi air putih untuk menghidrasi tubuh. Ingat ya, air putih biasa atau air hangat, bukan air dingin atau bahkan soda. Hal tersebut akan menyebabkan darah menstruasi akan menempel pada dinding rahim.

3. Massage

Cobalah untuk memijat bagian perutmu dengan perlahan, untuk melemaskan otot punggung bagian bawah. Gunakan minyak zaitun atau kayu putih, agar perutmu menjadi hangat. Cara ini kan membuatmu rileks dan terhindar dari kram perut yang berlebihan.

4. Gunakan pembalut yang nyaman

Pembalut digunakan untuk menyerap darah menstruasi. Untuk itu, kamu harus memilih pembalut yang benar-benar nyaman saat dipakai. Agar kamu bisa tetap bergerak aktif. Dan jangan lupa untuk selalu membawa pembalut cadangan di dalam tasmu.

5. Berpikir positif

Hal paling penting yang harus kamu lakukan saat sedang menstruasi adalah selalu berpikir positif. Jauhkan diri dari hal-hal yang membuat emosi atau yang merusak mood-mu. Sugesti pikiran bahwa kamu dalam keadaan baik-baik saja saat sedang menstruasi.

Yup, itu tadi tips-tips agar kamu nggak mager saat sedang menstruasi ya. FYI, saat kamu banyak melakukan aktivitas saat menstruasi, maka darah menstruasi akan lebih banyak keluar. Sehingga lebih cepat membuatmu terbebas dari menstruasi dan terhindar dari bakteri yang terdapat dalam darah kotor tersebut.

Semoga bermanfaat ya girls. Sampai jumpa..

Gif: tenor.com
Ref: sains.kompas.com, merdeka.com, kumparan.com


Posting Komentar

4 Komentar

  1. kayaknya nomer lima paling penting dan paling susah, bawaanya negatif think terus dan kayaknya semua hal yang menyebalkan datang menghampiri menari-nari di depan mataku:(

    BalasHapus
  2. Iya ya, kalau lagi datang bulan tuh, pas lagi deras-derasnya, duuhh maunya tidur mulu biar nggak maramara, hahaha
    Nggak nyaman pokoknya, udah pake yang panjangnya buat malam pun tetep kurang nyaman, akhirnya sering-sering ganti pembalut deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah ada yang curhat, hihi..
      Bener sih mbak, auto pegel linu juga, haha..

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.