Tips Ampuh! Menambah Berat Badan Saat Puasa



Assalamu'alaikum. Kamu masih kuat puasa kan? Ayo-ayo, jangan lemas-lemas, masih Ramadhan ke-5 nih. Semangat yaa..

Udah baca postingan saya yang kemaren belum? Postingan yang ini lho. Nah, habis ngeshare postingan itu, terus ada temen di wh*ts*pp komen, "kalau bikin gemuk waktu puasa, cemana kak?"

Alamak! Saya lupa kalau temen-temen saya bukan cuma emak-emak yang berbody aduhai aja, haha..

Jadilah postingan ini saya buat. Mari sama-sama kita telaah.

Ternyata, nggak semua orang dibulan puasa ini pengen terlihat kurus ya. Ada juga diantara mereka yang membutuhkan lemak baik agar bisa terlihat lebih berisi. Tapi, gimana caranya? Sedangkan saat puasa cuma ada makan sahur dan berbuka aja.

Hayuk, cek poin-poin penting berikut untuk bisa menambah berat badan saat puasa Ramadhan.

1. Sering makan tapi sedikit

Saat puasa, biasanya hanya ada 2 waktu makan, pas sahur dan berbuka, atau bisa dibilang makan pagi dan makan malam aja. Terus, gimana atur pola makan supaya bisa gemuk?

Coba rumus 1:3, artinya, 1x makan saat sahur, 1x makan saat berbuka, 1x makan setelah sholat tarawih, dan 1x makan selesai sholat tarawih, boleh juga tambah dengan memakan makanan ringan setelah itu.

Dengan syarat, makan sedikit tapi sering. Artinya tetap perhatikan atau jaga porsi makan agar nggak berlebihan atau kekenyangan.

2. Wajib tambah menu berkalori

Biasanya, si kalori akan dihindari oleh orang-orang yang ingin kurus. Tapi sebaliknya, para pejuang gemuk malah harus memperbanyak asupan berkalori.

Ingat aja porsi ini, misalnya menambah 300 – 500 kalori per hari, yaitu saat sahur atau berbuka. Sumber kalori yang cukup bisa kamu dapatkan dari makanan, terutama yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak sehat. Kamu bisa mengonsumsinya secara bertahap.

Untuk sumber karbohidratnya, kamu bisa dapatkan pada roti, nasi, beras merah, dan sereal. Sedangkan sumber lemak sehat bisa kamu dapatkan dari alpukat atau ganti minyak goreng dengan minyak zaitun untuk mengolah makanan. (kompas)

3. Perbanyak Protein

Sama halnya dengan mengurangi berat badan, protein diperlukan juga untuk menambah berat badan. Karena kebutuhan protein juga harus tercukupi serta berperan penting dalam pembentukan otot.

Kamu bisa rutin minum susu, dan coba untuk mengonsumsi daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Baiknya, olahan makanan berprotein ini dikonsumsi saat makan sahur, agar lebih menjaga tenaga tetap terkontrol dan mencegah rasa lemas.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang sangat dibutuhkan dalam kondisi apapun ya. Hanya saja perlu diperhatikan pola meminumnya. 

Saat sahur, perbanyaklah minum air putih agar asupan cairan dalam tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa, dan sesaat setelah berbuka sebelum kamu mengonsumsi menu lainnya.

5. Olahraga ringan

Sejatinya, berolahraga sangatlah memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, terlebih saat berpuasa.

Cobalah rutin berolahraga ringan saat berpuasa. Agar berat badanmu bisa bertambah dengan maksimal. Lakukanlah diwaktu yang tepat dan dalam jangka waktu 10-15 menit saja.

Misalnya jogging, lompat tali, jalan cepat, bersepeda atau bisa fungsikan alat bantu dirumahmu seperti kursi atau tangga.

Tapi ingat, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan melakukan olahraga.

6. Menjaga Nafsu Makan

"Balas dendam" diwaktu berbuka puasa tiba adalah kebiasaan buruk yang pernah dilakukan semua orang. Dampaknya akan membuat kamu kekenyangan dan menjadi malas melakukan ibadah setelah berbuka. 

Selain itu, target jumlah kalori yang kamu inginkan malah tidak tercapai. Alhasil, bentuk tubuhmu pun jadi tak menarik, sekalipun ingin menambah beratnya.

Satu lagi yang bisa menjaga nafsu makanmu tetap stabil adalah mengurangi stres dalam diri. Karena biasanya orang yang mudah stres akan melampiaskannya dengan makan yang berlebihan.

7. Metabolisme Tubuh

Metabolisme dalam tubuh juga sangat penting untuk dijaga, karena jadwal makan yang berubah selama berpuasa, dan penyerapan nutrisi jadi kurang optimal.

Untuk tetap menjaga itu semua, jagalah intensitas makan dan minum. Membuat jadwal makan teratur selama berpuasa adalah kuncinya.

8. Konsumsi Cemilan Sehat

Walaupun kamu ingin menambah berat badan, bukan berarti asupan yang masuk ke dalam tubuh tidak dijaga. Bahkan cemilan sekalipun harus memiliki nilai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Cemilan sehat dapat dikonsumsi disela-sela jadwal makanmu. Misalnya sebelum tidur, cobalah untuk mengonsumsi jus,  smoothies, yogurt, puding buah, kurma, snack kedelai, dsb.

Disamping itu, tubuh juga butuh asupan elektrolit yang terdapat pada air kelapa, sebagai pengganti air putih.

9. Istirahat cukup

Dalam keadaan apapun, manusia pasti memerlukan istirahat yang cukup ya. Selain olahraga dan mengatur pola makan, pola tidur juga harus diperbaiki.

Cobalah untuk tidur malam lebih awal, misalnya di bawah jam 10 malam. Juga sempatkan tidur siang disela-sela aktivitas padatmu, setidaknya 10-15 menit, agar kamu tetap memiliki energi untuk menjalani puasa hingga waktu berbuka tiba.

Yaps! Setidaknya itulah yang perlu kamu lakukan ketika ingin menambah berat badan disaat puasa seperti ini. Intinya, tetap jalani kebiasaan pola hidup sehat.

Bagikan postingan ini yuk, biar saat gemuk kamu nggak sendirian, hehe.. Sampai jumpa.. Wassalamu'alaikum.

Gif: tenor.com



Copyright © Kyndaerim.com:
Supported by SEO Expert

0 Comments