5 Keuntungan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah, No. 3 Idaman!



5 Keuntungan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah, No. 3 Idaman!


Memiliki rumah sendiri merupakan impian siapa saja. Akan tetapi, memiliki rumah sendiri tidaklah cukup hanya dengan mengumpulkan niat saja. Apalagi, memiliki rumah sendiri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih, bagi kamu yang tinggal di kota besar, pasti akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Selain harus memiliki niat yang kuat serta dana yang cukup, kamu juga harus memiliki tujuan yang pasti sebelum memutuskan untuk memiliki hunian sendiri, agar tidak ada penyesalan di akhir. Setelah memiliki tujuan yang jelas, kamu pun akan mendapatkan banyak keuntungan ketika sudah memiliki rumah sendiri, terutama bagi pasangan yang sudah menikah.

Lantas, apa sajakah keuntungannya? Baca artikel ini sampai habis ya!

Keuntungan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah

Bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, berikut 5 keuntungan memiliki rumah sendiri untuk keluarga kecilmu, antara lain:

1. Sebagai Investasi

Investasi

Memiliki rumah sendiri ternyata bisa menjadi investasi masa depan. Karena, seiring dengan berjalannya waktu, harga tanah akan semakin naik, bahkan hingga 2 kali lipat hanya dalam waktu 5 tahun saja, lho. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan, misalnya menjual rumah tersebut untuk kemudian pindah ke tempat yang baru.

2. Lebih Bebas

Keuntungan selanjutnya memiliki rumah sendiri adalah, kamu akan lebih bebas melakukan apa pun tanpa rasa canggung atau tidak enakan. Misalnya saja, bebas bermesraan bersama pasangan, bebas bermain bersama anak, bebas bercengkrama bersama keluarga, dan lain-lain.

Berbeda halnya jika masih satu atap bersama orang tua atau bahkan mertua. Yuk, baca poin berikutnya.

3. Bebas dari Mertua

Dengan alasan tertentu, kebanyakan pasangan akan memilih atau diminta untuk tinggal bersama mertua atau orang tua sendiri. Sebenarnya tidak menjadi masalah, jika mereka tidak turut campur masalah rumah tangga kamu dan pasangan.

Akan tetapi, dalam kenyataannya, banyak kasus keretakan rumah tangga dikarenakan turut campurnya mertua dalam kehidupan rumah tangga sang anak. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa segera merencanakan membeli rumah, supaya kehidupan dengan pasangan lebih harmonis.

4. Mendekor Rumah Sepuas Hati

Dekorasi Rumah

Siapa pun pasti akan senang jika bisa mendekor hunian sesuka hati yang sesuai keinginan. Menata furniture hingga mendesain interior dan eksterior rumah sendiri sepuas hati.

Berbeda halnya jika kamu masih tinggal di rumah kontrakan. Mungkin hanya bisa mengatur ulang furniture, tapi tidak bisa mendesain hal lain yang sesuai keinginanmu. Bukan begitu?

5. Menjaga Privacy

Keuntungan yang terakhir adalah, privacy keluarga akan lebih terjaga. Jika memiliki rumah sendiri dan hanya ada keluarga kecilmu di dalamnya, maka rahasia dijamin aman.

Nah, sudah lebih tahu ya kenapa punya rumah sendiri itu lebih baik. Jadi, apa pun keinginanmu sekarang, semoga kelak diberi kesempatan untuk bisa memiliki rumah sendiri, supaya hidup lebih aman dan tentram, aamiin..



Posting Komentar

47 Komentar

  1. Setuju sama semua keuntungan yang udah dijelasin kalau udah punya rumah sendiri. Hidup lebih mandiri dan nyaman karena milik sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kelak bisa jadi investasi, hehe..

      Hapus
    2. Bisa jadi begitu.

      Hapus
  2. Hhha memang agak gimana gitu ya kalau tingga bersama dengan mertua, tapi kalau mertuanya tidak terlalu sensitif dengan hal-hal tertentu gitu mungkin jadi lebih asik. Tapi memang memiliki rumah sendiri itu penting banget sih, harus mulai merencanakannya dari jauh-jauh hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tetep sih tergantung mertuanya gimana, haha.. Hidup di rumah sendiri setelah menikah memang kudu dipersiapkan mateng-mateng, bahkan mungkin pas lagi nyari jodoh, hihihi..

      Hapus
  3. Hahahaha emang lebih enak dong punya rumah sendiri, bisa ngebangun keluarga dengan aturan yang kita buat sendiri dong, Tapi ya ngga selamanya jauh dari mertua jadi positif hehehe kadang kehadiran mertua sangat ngebantu sih menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu, Bang. Semua balik lagi ke sifat mertua masing-masing, haha..

      Hapus
  4. Bener banget sih ini. Dulu waktu memutuskan membeli rumah, point-point ini juga yang jadi pertimbangan kami. Demi kenyamanan bersama tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Sekarang hidup jadi lebih nyaman yah, Mbak

      Hapus
  5. Kalau punya rumah sendiri kita nggak perlu mikir lagi tentng uang sewa, bebas menempati karena menjadi hak milik kita. Semoga kedepan aku juga bisa membeli rumah baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Bener, Mas. Udah paling tenang deh tinggal di rumah sendiri, syukur-syukur dapet lingkungan yg mendukung juga, jadi komplit deh.

      Hapus
  6. Jadi ingin segera mempersiapkan keuangan dan mulai memperhitungkan beli rumah atau bangun rumah deh jadinya.

    Btw, kayaknya perlu nyari istri dulu gak sih diriku ini sebelum beli rumah yak 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Mas Rahman, biar sekalian jalan, mending sambil nabung buat rumah, sambil nyari isrti juga bisa loh, haha..

      Hapus
  7. Kalau buat kita sebagai perempuan dan istri, penting banget ini punya rumah. Daripada beli kendaraan bermotor mending nabung untuk rumah saja dulu. Salah satu tujuannya ya biar mandiri, jangan sampai ikut mertua ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat! Intinya sih biar bisa mandiri dan nggak tergantung sama mertua yah, Mbak. Toh juga bisa nelpon kalo misal perlu sesuatu atau kangen sekali pun, hehe..

      Hapus
  8. Hmmm, boleh juga nih. Nomer 3 idaman banyak menantu kyknya. Kalau saya, cita-cita pengen sesegera mungkin punya rumah pribadi setelah nikah biar bebas ndekor dan lebih privacy. Selain itu, kalo punya rumah sendiri tuh bisa bangun mini garden impian saya di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terwujud ya Mbak, aamiin..

      Hapus
  9. Memiliki rumah sendiri memang banyak keuntungannya. Awal menikah saya dan suami tinggal di rumah dinas, 5 tahun setelahnya beli rumah via KPR, Alhamdulillah memang investasi luar biasa, apalagi di Jakarta. Dari harga ratusan juta, 15 tahun jadi em-em an harga rumahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah.. Iya mbak memang kelak jadi investasi yg nggak maen².

      Hapus
  10. 7 tahun menikah, dan masih tinggal bareng mertua, karna gak mungkin ninggalin mereka sendirian. Tapi Alhamdulillahnya hubungan kami baik sekali. Tapi meski begitu, tetap ada impian untuk tinggal di rumah sendiri suatu saat nanti tentu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah, bahagia dan sehat terus keluarganya yah mbak. Aamiin..

      Hapus
  11. Menurut saya yang paling utama ketika udah punya rumah sendiri apalagi setelah menikah adalah jadi lebih mandiri dan meminimalisasi peran dari pihak lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih. Jadi sama² saling belajar juga.

      Hapus
  12. Saya cukup lama tinggal sama orangtua setelah menikah. Ya, untungnya baik orangtua maupun mertua memang termasuk yang baik. Gak pernah konfilk dengan anak dan menantu. Tapi, memang sebaiknya kalau rawan konflik, pisah rumah aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Semoga selalu dalam keberkahan ya, kak.

      Hapus
  13. memiliki rumah sendiri setelah nikah memang baik buat kesehatan mental kita ya. Ya minimal yang belum kebeli rumah secara cash, bisa KPR kan, yang penting klo menurut saya, asal jangan serumah sama mertua. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang banyak yg lebih gitu sih, Mas, hehe.. Syukutlr dapet mertua baik, jadi akur.

      Hapus
  14. Nomor tiga, perlu dilengkapi kayaknya: bebas dari mertua dan ipar yang rese dan toxic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha.. Iyayah bisa juga. Semoga dijauhkan dari mereka yg ga baik, aamiin..

      Hapus
  15. Alhamdulillah dapat pandangan baru, Insya Allah akan didiskusikan dengan pasangan sebelum menikah.

    Memang lebih enak rumah sendiri Kak, lebih leluasa hehe.

    Terima Kasih Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dilancarkan segalanya yah, aamiin..

      Hapus
  16. Seru banget ya. Semoga kelak bisa juga merasakan kenikmatan dan keuntungan punya rumah sendiri Aamiin

    BalasHapus
  17. Setuju mba. Kalau punya rumah sendiri itu rasanya kayak punya istana sendiri. Mau ngapain juga bebas haha

    BalasHapus
  18. Bebas dari mertua, wkwkwkw, benar banget.
    Bukannya durhaka atau gimana tapi terkadang mulut mertua itu tanpa sadar menyakiti menantunya sendiri, dan kita merasa tidak bebas untuk begini dan begitu.
    Konsep durhaka sebenarnya juga perlu dipahami dalam sih, karena orang tua ke anak itu bisa durhaka, dan mertua ke menantu juga bisa durhaka. Gak melulu soal yang muda harus hormat terus ke yang tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep! Yg penting bisa saling ngerti dan nggak urus campur rumah tangga anaknya yah.

      Hapus
  19. Punya rumah setelah menikah itu memang impian semua orang sih, apalagi orangtua doktrin juga seperti itu, tapi ya... gimana ya kak di masa sekarang apalagi buat sandwich generation itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gen sandwich memang harus banyak baca / belajar sih keknya, biar nggak melulu bergantung sama ortu.

      Hapus
  20. Anonim18:06

    Nomor 3 bener banget sih, apalagi kalau udah punya anak..
    Bisa santai beresin mainan anak, gak perlu terburu2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, nggak bakal kena omel sama mertua, hihihi

      Hapus
  21. Rumah sendiri memang lebih banyak enaknya siihh kakak2 ku merasakan sekali ituu wkwksk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur yah, Mbak. Jadi bebas, hehe..

      Hapus
  22. 5 poin itu betul semua, mbak. plus di tambah rasa tenang, karena kemungkinan di minta sama orang lain, seperti kalau kita mengontrak rumah. Sudah nyaman dengan lingkungan dlsb, eh yang punya rumah ambil rumah kontrakannya. Kan sedih banget

    BalasHapus
  23. Nah, selama ngontrak, memang harusnya sambil nabung dan cari² rumah ya, Mbak.

    BalasHapus
  24. Minta doanya yaa kawan supaya tahun depan bisa beli rumah sendiri aamiin

    BalasHapus
  25. memang memiliki rumah sendiri itu paling enak. tapi kadang ada ngga enaknya juga sih. apalagi lingkungannya ternyata ngga sesuai harapan

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!