Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Tentang Keluarga, No. 5 Agak Laen!



Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Tentang Keluarga, No. 5 Agak Laen!

Film Indonesia belakangan mencuri banyak perhatian masyarakat Indonesia, terutama yang bergenre film keluarga. Cerita yang diangkat kebanyakan mewakili perasaan para penontonnya. Sehingga, cukup merasa emosional saat menontonnya.

Ada cerita tentang konflik antara ayah dan anak, ibu dan anak, maupun pasangan suami istri. Bahkan, banyak juga film yang berhasil masuk nominasi di beberapa penghargaan film bergengsi di Indonesia maupun internasional.

Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Tentang Keluarga

Berikut adalah rekomendasi film Indonesia terbaik tentang keluarga menurut penilaian masyarakat, kritikus film, dan bahkan saya sendiri, antara lain:

1. Miracle in Cell No. 7 (2019)

Miracle in Cell No. 7


Film ini merupakan remake dari film Korea Selatan dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang seorang ayah dengan keterbelakangan mental yang dituduh membunuh anak seorang pejabat. Ayah tersebut kemudian dipenjara di sel nomor 7 bersama dengan para kriminal lainnya. Namun, lelaki ini berhasil mendapatkan cinta dan dukungan dari para napi di sel tersebut dan napi lainnya.

Berkat kerja keras aktor dan seluruh kru film, Miracle in Cell No. 7 berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik pada Festival Film Indonesia 2019.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Film Indonesia terbaik selanjutnya mengisahkan tentang keluarga Angkasa, Aurora, dan Awan yang harus menghadapi kenyataan dan mengetahui sebuah rahasia kedua orang tua mereka yang sudah cukup lama disimpan.

Film ini berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik pada Festival Film Indonesia 2020.

3. Losmen Bu Broto (2021)

Losmen Bu Broto

Selanjutnya ada Losmen Bu Broto yang merupakan adaptasi dari serial TVRI berjudul sama yang tayang pada tahun 1980-an. Film ini mengisahkan tentang keluarga Pak Broto dan Bu Broto yang memiliki sebuah losmen, yang pengelolaannya turut dibantu oleh ketiga anak mereka, Sri, Pur, dan Tarjo. Namun, konflik pun mulai terjadi antara Bu Broto dengan kedua anak perempuannya, hingga sempat membuat Bu Borto marah besar pada mereka.

Berkat cerita, akting para pemain, dan kerja keras para kru, film ini berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik pada Festival Film Indonesia 2021.

4. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Sabtu Bersama Bapak

Next, film ini mengisahkan tentang dua orang anak laki-laki yang harus menghadapi kematian ayahnya sejak kecil. Namun sebelum meninggal, sang ayah sengaja merekam dirinya sambil memberikan nasehat-nasehat penting kepada sang anak, di mana rekaman tersebut akan ditonton setiap Sabtu. Berlatar tiga waktu berbeda, cerita ini dikemas dengan sangat baik, sekaligus memberikan pelajaran hidup dan pesan moral yang bermakna, termasuk tentang perhatian seorang ayah terhadap anaknya.

Film ini berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik pada Festival Film Indonesia 2022.

5. Ngeri-ngeri Sedap (2022)

Ngeri-ngeri Sedap


Film Indonesia satu ini digadang-gadang menjadi film Indonesia terbaik sepanjang 2022 tentang keluarga. Sejak trailernya muncul pun sudah memberikan rasa penasaran yang besar kepada penonton. Kisah keluarga Batak paling emosional ini bercerita tentang sepasang suami istri yang rindu oleh ketiga anak lelakinya yang sudah lama merantau.

Lantas, mereka berdua membuat rencana untuk berpura-pura bercerai, agar ketiga anaknya pulang ke rumah, hingga satu anak perempuan mereka yang akhirnya ikut membantu sandiwara tersebut, sekaligus mencari solusi agar tidak terjadi perceraian. Penasaran nggak sih sama filmnya? Saya pernah bikin Review Film Ngeri-ngeri Sedap, lho. Mampir dan baca ya.

Film yang berlatar di pinggiran Danau Toba ini pun menuai respon positif dari banyak kalangan. Hingga sempat masuk nominasi Piala Oscar 2023, namun akhirnya gagal karena alasan yang tidak diketahui. Namun begitu, film ini tetap berhasil mendapatkan banyak apresiasi dari penghargaan lokal, seperti Piala Gunungan FFWI 2022

Itulah tadi lima rekomendasi film Indonesia terbaik tentang keluarga yang harus kamu tonton. Adakah lagi film terbaik tentang keluarga versi kamu? Boleh komen, dong!



Posting Komentar

29 Komentar

  1. Ada Tika pangabean yang termasuk komedian juga. Aku lihat trailernya juga bagus, ada unsur komedi sama budaya juga. masuk wishlist dulu lah ya. Anyway, di netflix apa sudah ada ya kak? Atau selain di bioskop ada rekomen tempat nonton lain buat nonton folm ngeri-ngeri sedap, ya kak? 🫰

    BalasHapus
  2. Yang nomor 2 itu penasaran ingin nonton deh ...
    Benar, setiap keluarga pasti punya rahasianya masing², bisa (+) bisa juga (-).

    BalasHapus
  3. Aku udah nonton miracle in cell no.7 versi korea dan indonesianya. Sama-sama bikin nangis bombay, seseru itu nah—wajib ditonton bersama keluarga😺

    BalasHapus
  4. Semoga perfilm Endonesia kedepan semakin cetar membahana. Jauh lebih membumi sekaligus melangit. Rindu film-film yang merani mengangkat budaya dan sejarah nusantara waktu itu.

    thanks infonya gak
    lumayan buat ditonton pas lagi senggang.
    Salam BloggerHub Nusantara
    Wahono Secret

    BalasHapus
  5. Makasih kak karena telah merekomendasi Film Indonesia Terbaik Tentang Keluarga..... semangat kak

    BalasHapus
  6. Film miracle in Cell ini bagus sih, bener2 menguras air mata.

    BalasHapus
  7. Hampir semua sudah ku tonton dan yang paling membekas Sabtu bersama Bapak, semacam ada ikatan batin yang sulit disampaikan dengan kata kata. Banyak jalan cerita yang mirip ama kehidupanku kak

    BalasHapus
  8. Dari 5 baru 3 film yang sudah aku tonton hehehe.... jadi penasaran pengen nonton yang 2 film lagi karena pas banget itu film2 sudah ada di daftar tunggu buat ditonton ...

    BalasHapus
  9. Baru nonton no 2 dan 4, no 1 ini kayaknya emang bagus ya, diadaptasi ke banyak negara. aku udah sering banget baca sinopsisnya dan gak berani nontonnya, agak trigerring kalau nonton film-film sedih. Otw nonton ngeri-ngeri sedap karena banyak yang bilang seruuu.

    BalasHapus
  10. Dari rekomendasi film di atas, yang masih berkesan buat saya adalah Sabtu Bersama Bapak. Mungkin, karena saya juga ditinggalkan seorang Bapak yang meninggal saat masih SD, jadi kaya relate gitu filmnya ketika saya tonton.

    BalasHapus
  11. Semuanya bagus. Saya senang karena tema film Indonesia sekarang kian beragam. Khusus utuk rekomendasi nomor 5, saya kok jadi sedih ya. Sampai merasa tersindir juga sih, sebagai anak, kita cenderung "menyepelekan" pulang dalam arti fisik ke kampung halaman. Enggak ingat kalau ortu rindu ketemu, tak bisa nilainya digantikan dengan duit sebanyak apa pun jumlahnya.

    BalasHapus
  12. setuju semua keren dgan pesan keluarganya masing2, apalagi ngeri2 sedap jg bahas perempuan. saya cuma gak sanggup nonton miracle in cell no 7 ini krn versi aslinya udah banyak bawang bget :''

    BalasHapus
  13. Terima kasih rekomendasi filmnya mba buat ditonton di akhir pekan, dari dulu penasaran nonton yang ngeri-ngeri sedap tapi belum jadi nonton hehe

    BalasHapus
  14. Indonesia sekarang makin gencar produksi film ya. Baguslah kalau banyak yang bergenre keluarga. Semua film yang disebutkan ini, yang paling menyita perhatian ku adalah Miracle in cell no 7 dan ngeri-ngeri sedap. Film ini banyak banget yang rekomen untuk ditonton kemarin. Aku banyak baca dari review teman-teman tentang dua film ini.Emang bagus.

    BalasHapus
  15. Saran gan kalau bisa buatkan juga link download atau streaming nya biar langsung nonton hehe

    BalasHapus
  16. Film losmen bu broto dasarnya adalah sinetron losmen yang tayang era 80 di TVRI setiap rabu malam pukul 21.30 wib.
    Tokoh2nya besae di eranya

    BalasHapus
  17. Dari kelimanya saya baru nonton satu judul, yaitu Sabtu Bersama Bapak. Sebelum menontonnya, saya terlebih dahulu membaca novel tersebut. Memang worth it to read and watch.

    BalasHapus
  18. Wah, keren nih 5 rekomendasi film Indonesia. Sayangnya, belum semua aku tonton. Tapi yang paling menarik minatku, Ngeri-ngeri Sedap.

    BalasHapus
  19. Wah, makasih kak rekomendasi filmnya. Dari 5 film di atas, belum ada yang aku tonton satupun hha. Semiga next time bisa nonton

    BalasHapus
  20. Sudah ditonton semua dan sepakat kalau list ini patut banget direkomendasikan. Favorit semua ini sih.

    BalasHapus
  21. Kebetulan sudah pernah nobar nomor lima di rumah teman, walau tidak sampai selesai tapi jadi tahu sedikit tentang kehidupan keluarga Batak dan keindahan danau Toba dari film ini.

    BalasHapus
  22. Aku baru nonton no 2 dan 5 nih, permasalahannya lumayan complex yaa .. jadi penasaran mau nonton yg lain jg hihi

    BalasHapus
  23. akkk, saya nih udah jarang banget nonton Mbak, sampai semua judul ini cuma tahu doang tapi belum ditonton jua, huhuh :(
    nanti mau marathon nonton film-film rekomendasi ini ahh.

    BalasHapus
  24. Bagus-bagus semua ya sepertinya rekomendasi 5 film tema keluarga di atas. Anakku udah pernah nonton yang no.1 di bioskop. Katanya emang bagus sih. Trus yang no.5 udah pernah baca reviewnya. Keren banget sepertinya :)

    BalasHapus
  25. setiap keluarga pasti punya rahasia, yang mana dari rahasia itu pasti ada hikmah yang bisa diambil.. yang terkadang rahasia itu, berbandingterbalik dengan foto keluarga yang keliatan "manis" di foto / sosmed.. paling penasaran sama film nanti kita cerita tentang hari ini :)

    BalasHapus
  26. dari semua film yang di spill belum ada satu pun yang saya nonton.

    mungkin akan nonton mulai dari film sabtu bersama bapak dulu deh

    BalasHapus
  27. Film keluarga Indonesia tuh unik banget. Selalu masukin unsur budaya, bagusnya budaya kita kan beda2, jadi nontonnya ga bosen walau premisnya serupa

    BalasHapus
  28. Dari semuanya aku cuma baru nonton sabtu bersama bapak. Ceritanya bagus bangeeett, banyak pelajaran parentingnya. Aku antusias nonton juga karena aku baca bukunya dan langsung amazed, kok bisa yaa bikin cerita yang mengharukan, lucu, sekaligus relate dan banyak pelajarannya, huaa.

    BalasHapus
  29. Menurutku film ngeri-ngeri sedap si yang rekomen banget buat ditonton, karna sedihnya dapet, keselnya juga dapet.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!