Bibir Kering Saat Puasa? Atasi Dengan Cara Ini

Blooming Sparkly Red Rose

Bibir Kering Saat Puasa? Atasi Dengan Cara Ini





Assalamualaikum. Masih pada kuat puasa yaa.. Sabaar, sedikit lagi kita menang. Semangat!

Ngomongin tentang puasa, siapa nih yang punya masalah bibir kering dan pecah-pecah? Sayaa!! Yups, saya adalah termasuk perempuan dengan masalah tersebut. Rasanya nggak nyaman deh. Apalagi saya orangnya suka "ngutik-ngutik" bagian bibir kering yang udah mengelupas, iyuuh!

Keadaan ini memang sangat umum ya dialami banyak orang saat sedang puasa. Karena, hampir seluruh bagian tubuh mengalami dehidrasi saat berpuasa selama 13 jam lamanya.

Selain itu, wajah akan terlihat pucat dan tidak segar. Bikin percaya diri hilang saat berbicara dengan seseorang, dan penampilan jadi nggak banget yaa..

Lalu, gimana ya cara mengatasinya? Yuk simak tips berikut.

1. Air putih dan buah

Perbanyak mengonsumsi air putih setiap sahur dan saat berbuka puasa. Hal ini akan kembali menghidrasi tubuh, karena selama berpuasa tubuh telah kehilangan banyak cairan. Cukup minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas disepanjang malam, dsn 2 gelas saat sahur.

Untuk buahnya, kamu bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti pir, jeruk, semangka, melon, dsb.

2. Hindari minuman berkafein

Sebagian orang pasti sering mengonsumsi kopi saat pagi hari. Namun, hindari kebiasaan tersebut saat sedang berpuasa. Karena, kopi dapat mengurangi kelembapan alami kulit. Hindari meminum kopi saat sahur dan berbuka.

Atau setidaknya cukup minum satu cangkir saja. Lebih bagus lagi, ganti dengan teh hijau, agar tubuhmu lebih segar saat berpuasa.

3. Merawat bibir

Coba lakukan scrubbing pada bibirmu dengan campuran madu dan gula. Oleskan pada bibir secara rutin kurang lebih 5-10 menit. Lakukan sesaat sebelum tidur dan atau sebelum sahur.

Selain itu, kandungan dalam madu yang dapat melembutkan serta melembabkan permukaan bibir. Menjadikan bibirmu terlihat lebih halus dan segar.

4. Hindari makanan asin dan pedas

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi, dapat mengikat cairan dalam tubuh. Dan makanan pedas, dapat membuat dehidrasi sepanjang hari.

Makanya, kurangi memakan makanan yang mengandung rasa asin serta pedas. Biar puasamu kuat sampai waktu berbuka.

5. Pakai lip balm

Jika tidak berpuasa, kamu pemilik bibir kering pasti sudah melakukan cara ini ya. Memakai lip balm saat puasa nggak dilarang kok. Jika bibirmu sudah terasa kering, langsung saja sapu lembut bibirmu dengan lip balm.

Pakailah lip balm yang mengandung jojoba oil atau vitamin E yang bisa melembabkan bibir dengan maksimal.

6. Hindari menjilat bibir

Kamu mungkin berpikir, bahwa menjilat bibir saat kering dapat membuatnya menjadi lembab dan halus? Ternyata pernyataan itu salah besar. Karena, air liur akan membuat bibirmu semakin kering, bahkan dapat membuatnya pecah-pecah parah.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah bibir kering selama berpuasa.

Semoga bermanfaat yaa. Jangan lupa berbagi kemedia sosialmu. Sampai jumpaa..

Gif: tenor.com


Posting Komentar

4 Komentar

  1. biar bibir gk kering.. saya minum sirup marjan hehehe





    tapi pas buka puasa dong

    BalasHapus
  2. Salam kenal... kawan
    Saya setuju dengan poin 2, kafein sebenarnya bersifat diuresis (mengeluarkan air lewat kencing), hal ini menyebabkan berkurangnya kadar air dalam tubuh sehingga salah satu efeknya adalah kering, salah satunya adalah bibir.

    BalasHapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.