Blooming Sparkly Red Rose

Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop






Halo semua.. Kyndaerim mau berbagi tips lagi nih. Kali ini sesuai pengalaman saya juga, hehe..
Karena saya dan suami lumayan suka nonton, jadi saya berdua pasti nonton, asalkan filmnya bagus ya.. Pertama kali saya mengajak Bang Rasyiid nonton Film Rudi Habibie saat usianya 2 bulan, yaa.. masih bayiii sekali, haha.. Saya memberanikan diri membawa Bang Rasyiid nonton, karena Alhamdulillah Bang Rasyiid anaknya anteng. Kalaupun pas dia bangun, saya sudah siap dengan ‘termos’ yang saya bawa, hehe.. Jadi aman, dan dia bobok lagi, tanpa terganggu suara keras dari film.
Oke. Langsung aja saya kasih Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop, cekidot!

1. Pastikan orang tua dan anak benar-benar siap

Ada anak yang sangat exited saat diajak nonton. Ada pula yang biasa-biasa saja, atau bahkan menolak. Jadi, pastikan anak benar-benar siap, dan beri tahu apa yang akan ditontonnya. Apalagi, bila anak baru pertama kali masuk bioskop. Anda juga harus siap dalam menghadapi anak apabila segala sesuatu terjadi. Misalnya saja, anak kaget, menangis, atau bahkan teriak. Hal itu akan mengganggu penonton lain. So, persiapkan mental terlebih dulu, bisa dibilang begitu sih ya, hehe.. Untuk anak usia dibawah 1 tahun, sebaiknya gunakan penutup telinga, atau akan lebih baik orang tua harus bersabar sampai anak berusia di atas 2 tahun untuk mengajaknya nonton bioskop. Jangan ikuti saya yaa.. Kalau saya sih nekat, haha..

2. Pilih film keluarga

Pilihlah film yang tepat, yang sesuai untuk anak-anak. Biasanya anak akan menyukai film animasi. Atau orang tua bisa memilih film keluarga. Pastikan juga durasi film yang tidak terlalu lama, dengan alur yang lambat dan terkesan monoton, agar anak tidak cepat bosan dan rewel. Itu berarti, orang tua harus mencari tahu terlebih dulu synopsis dari film tersebut.

3. Persiapan matang

Bacanya aja udah kayak mau nyiapin apaa gitu, haha.. Orang tua harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Nggak jauh beda sih sama poin pertama. Bawalah makanan ringan untuk cemilan anak selama menonton lengkap dengan minumannya, lebih baik bawa air mineral saja. Sebelum masuk bioskop, ajak anak untuk buang air kecil terlebih dulu, agar tidak mengganggu saat sedang menonton. Pastikan juga anak kenyang dan tidur cukup di malam harinya. Ajak saat weekend, agar tidak mengganggu jadwal kegiatan lain si anak.

4. Jangan paksa anak

Apabila anak mulai bosan dan rewel dipertengahan film, dan tidak mau lagi dirayu dengan berbagai cara, sebaiknya segera ajak anak keluar teater, agar tidak mengganggu penonton lain. Alihkan sejenak dengan menunggu di lobi, dan coba ajak untuk masuk lagi ke dalam teater. Kadang cara ini berhasil. Namun, jika anak menolak untuk mesuk kembali, ikuti saja, jangan terlalu memaksa. Jangan takut rugi karena sudah membeli tiket, ikhlasin saja, demi anak, hehe..

Ini dulu cukup kali ya. Semuanya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Yang terpenting, orang tua harus benar-benar mengerti apa yang harus dilakukan.

Kalau saya sih, malamnya kasih tahu anak kalau besok mau nonton. Sebelum masuk teater, saya aja pipis dulu, dan memastikan. Juga membawa cemilan yang mudah dan tidak bikin belepotan. Bawa air mineral yang cukup. Dan saat film berlangsung, beberapa kali saya tanya anak apa dia mau pipis, haha.. Atau sekedar memastikan agar dia nggak bosan. Ok itu aja.

Silakan berbagi bila bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar yaa, mungkin ada tambahan lain. Terima kasih, sampai jumpaa..


Post a Comment

2 Comments

  1. kmrn sekeluarga nonton habibie - ainun 3, tapi khawatir baby kami rewel jadinya ngalah deh jagain anak diluar, bundanya ma abang2nya nonton di dalam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bang, next coba ajak nonton lagi, hehe..

      Delete

Kyndaerim: Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.