5 Hidangan Khas Daging dari Berbagai Penjuru Dunia



Rendang


Olahan daging merupakan hidangan yang digemari banyak orang di seluruh dunia, terutama daging ayam dan daging sapi. Jika cara mengolahnya tepat, maka akan ada banyak manfaat mengonsumsi daging yang didapat.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang empuk jika diolah dengan tepat, membuatnya sayang untuk dilewatkan. Ada banyak sekali olahan daging yang bisa dibuat, dari yang sederhana hingga yang kompleks. 

Hidangan Khas Daging dari Berbagai Penjuru Dunia

Ini dia berbagai hidangan khas daging dari 5 negara di dunia yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Rendang, Sumatra Barat

Rendang

Rendang merupakan hidangan ikonik dari Minangkabau, Sumatera Barat, yang terkenal dengan kelezatannya yang mendunia. Lebih dari sekadar hidangan, rendang merupakan simbol budaya dan tradisi Minang yang kaya.

Rendang biasanya dimasak dengan api kecil dalam waktu yang lama, bahkan hingga berjam-jam atau seharian penuh. Proses ini menghasilkan tekstur daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna.

Rendang menggunakan berbagai macam rempah, seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, jintan, lada, dan santan kelapa yang merupakan bahan penting dalam rendang yang memberikan rasa gurih dan tekstur creamy.

Menariknya, jika cara memasak rendang benar, maka dapat disimpan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu tanpa basi.

Yang membuat rendang semakin istimewa adalah, pada tahun 2011, CNN International menempatkan rendang di urutan pertama dalam daftar 50 makanan terenak di dunia.

2. Beef Wellington, Inggris

Beef Wellington


Beef Wellington adalah hidangan daging sapi panggang yang terkenal berasal dari Inggris. Konon, hidangan ini dinamai untuk menghormati Arthur Wellesley, yang merupakan Adipati Wellington pertama dan Perdana Menteri Inggris pada abad ke-19.

Beef Wellington terdiri dari daging sapi bagian tenderloin yang empuk dan juicy. Selanjutnya, ada lapisan pâté, biasanya foie gras (hati angsa), memberikan rasa gurih dan kaya pada hidangan.

Diberi isian duxelles atau campuran jamur cincang yang dimasak dengan bawang bombay dan mentega, menambah tekstur dan kelembutan pada Beef Wellington.

Semuanya kemudian dibungkus dalam puff pastry yang renyah, memberikan tekstur kontras yang lezat.

3. Pho, Vietnam

Pho Vietnam


Pho Vietnam adalah hidangan mi berkuah kaldu sapi khas Vietnam yang terkenal dengan kelezatannya. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke Hanoi pada awal abad ke-20, dan kini telah menyebar ke seluruh penjuru Vietnam dan bahkan mendunia.

Ciri Khas Pho terletak pada kaldu bening yang kaya rasa ini direbus selama berjam-jam dengan tulang sapi, rempah-rempah, seperti kayu manis, kapulaga, dan pala.

Minya sendiri berbentuk pipih putih yang terbuat dari tepung beras, memberikan tekstur kenyal dan lembut saat disantap. Isiiannya terdiri dari irisan tipis daging sapi mentah (pho bo) atau daging sapi yang dimasak (pho tai). Selain itu, pho juga dapat disajikan dengan ayam (pho ga) atau vegetarian (pho chay). Tambahan daun bawang, tauge, dan kemangi akan memberikan kesegaran dan aroma yang khas.

Pho juga dinikmati dengan berbagai bumbu pelengkap seperti saus hoisin, saus sriracha, irisan jeruk nipis, cabai rawit, dan ketumbar segar.

4. Kung Pao Chicken, Tiongkok

Kung Pao Chicken


Ayam Kung Pao, atau Gōngbǎo Jīdīng dalam bahasa Mandarin, adalah hidangan ayam pedas dan gurih yang berasal dari provinsi Sichuan, Tiongkok.

Asal mula Ayam Kung Pao tidak diketahui secara pasti, namun konon hidangan ini diciptakan untuk Gubernur Ding Baozhen pada abad ke-19. Nama "Kung Pao" berasal dari gelar kehormatan Ding Baozhen, yaitu Gōngbǎo, yang berarti "penjaga istana". Hidangan ini menjadi populer di seluruh Tiongkok dan kemudian mendunia.

Ciri khas Kung Pao Chicken terletak pada bahan kacang tanah, cabai kering Sichuan, bawang putih, bawang bombay serta bumbu lainnya.

Tekstur ayam gorengnya yang renyah, kacang tanah yang garing, dan cabai yang sedikit pedas serta biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi goreng. Cita rasanya cenderung pedas, gurih, namun sedikit manis.

5. Lasagna, Itali

Lasagna


Lasagna adalah hidangan pasta panggang tradisional Italia yang terkenal di seluruh dunia. Terdiri dari lembaran pasta tipis yang dilapisi dengan berbagai isian, seperti saus daging, keju, dan sayuran, kemudian dipanggang hingga matang dan kecoklatan.

Asal usul lasagna dapat ditelusuri kembali ke zaman Romawi kuno dengan nama "lasanum". Awalnya, lasagna tidak menggunakan saus tomat, melainkan saus berbasis daging dan rempah-rempah.

Resep lasagna juga berevolusi selama berabad-abad, dan variasi regional pun muncul di seluruh Italia. Ciri khas lasagna menggunakan lembaran pasta pipih dan lebar yang disebut "lasagne". 

Lasagna dibuat dengan melapisi lembaran pasta dengan isian, biasanya 5 - 10 lembar atau sesuai keinginan. Dimasak dengan cara dipanggang dalam oven hingga matang, saus mengental, dan keju meleleh hingga kecoklatan.

Sudah pernah mencoba atau membuat salah satu dari hidangan khas daging di atas? Kasih tahu di komentar ya. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

23 Komentar

  1. Astaga lasgana emang enak banget apalagi kalau ada saus bechamel dan ekstra keju. Jadi ngiler dah.


    Kalau rendang juga enak siih.

    BalasHapus
  2. Banyak banget ya kak ternyata makanan-makanan dari negara lain yang menggunakan daging di penjuru dunia. Satu per satu harusnya dicoba sih ya. Aku baru icip yang beef Wellington waktu ada acara dulu

    BalasHapus
  3. Rendang ini favorit banget lah. Udah mendunia juga sebagai masakan paling enak di dunia. Keren ya
    Dan nggak semua bisa masak rendang. Mungkin cuma orang asli sana yang bisa bikin sesuai resep aslinya.

    BalasHapus
  4. Penasaran sama rasa beef wellington dan pho nih. Lainnya udah pernah nyoba dan emang mak nyus!

    BalasHapus
  5. Rendang emang tiada duanya. Bahkan aku yang nggak doyan makan daging aja doyan makan rendang.

    BalasHapus
  6. Tetap pilihannya rendang hehehe. Alasannya, karena rasanya sudah sesuai dengan lidah, terus sudah tahu cara buatnya. Jadi anti gagal. Terus kalau saya, menyantap rentang tidak hanya dengan nasi, lontong, buras, ketupat, tapi juga saya suka pakai roti. Bisa buat bekal juga kalau pas ada kerjaan di pagi hari di luar rumah.

    BalasHapus
  7. Melihat hidangan-hidangan ini, saya jadi semakin penasaran untuk mencicipinya langsung. Rasanya, setiap gigitan akan membawa saya pada petualangan rasa yang tak terlupakan. Next mau belajar masaknya juga, kalau kepengen bisa buat sendiri

    BalasHapus
  8. Paling mantap memang rendang ya, bisa habis nasi berkali-kali. Wah jadi pengen bikin rendang.

    BalasHapus
  9. kalo bicara soal kuliner daging, pasti nggak lupa sama Rendang yang dinobatkan sebagai salah satu kuliner ternikmat di dunia.

    BalasHapus
  10. saya pernah coba masak Lasagna dan rendang aja, kalau yang lain belum pernah coba sih, ada variasi lain khas Jatim nih mbak, ada rawon, tahu campur

    BalasHapus
  11. ide menarik nih buat memasak daging yang sedang melimpah ini. Kalau rendang, gulai, tongseng, dan sate, udah biasa 'kan ya.. Sesekali gak ada salahnya mencoba dimasak dengan resep menu ala negara-negara tetangga.

    BalasHapus
  12. Wah banyak ya olahan daging di dunia yang lezat. Bisa jadi inspirasi biar nggak bosan makan daging yang itu-itu terus. Rendang ini nggak semua bisa masaknya ya, ada cara khusus biar rendang enak, empuk dan taham lama. Jujur saja aku nggak bisa masak rendang khas Sumatera Barat. Bisannya masak rendang versi aku aja yang gampang, haha.

    BalasHapus
  13. Selain rendang di Indonesia juga ada daging semur kak, eh 😁. Hidangan perdagingan yang terus memikat deh memang. Apalagi pas nih masih ada daging kurban bisa dimanfaatkan

    BalasHapus
  14. Saya penasaran dengan rasa Beef Wellington. Dagingnya aja kualitas tinggi, pasti rasanya enak sekali karena ditambah dengan hati angsa dan dibungkus dengan puff pastry

    BalasHapus
  15. Sebagai orang Indonesia, aku bangga banget salah satu makanan Indonesia yakni rendang jadi salah satu makanan terenak di dunia. Tapi, makanan dari negara lain yang ada di list ini nggak kalah menarik sih.

    BalasHapus
  16. Rendang paling mantul bun menurutku buat olahan daging. Aku sukaa banget. Pantesan jadi hidangan favorit dunia juga kan ya kalo ngga salah

    BalasHapus
  17. Kungpao enak bangeeet. Pernah makan di Shanghai. Kalo Pho baru cobain yg versi Jkt sih. Blm prnh cobain lgsg di Vietnam.

    Rendang? Jgn ditanya lg. Depan kntrku duku jualan nasi padang. Ampe bisen deh mkn rendang tiap hari. Wkwk

    BalasHapus
  18. wah hidangan khas yang bikin mupeng semua itu. tapi salfok sama kung pao chicken deh. berasa pernah baca di mana gitu

    BalasHapus
  19. dari lima list daging penjuru dunia aku cuman tahu tiga aja, rendang (ofkors), lasagna dan kung pao chicken. tapi si kungpau ini aku belum pernah nyobain sih, hehe

    BalasHapus
  20. tetep dong rendang daging nomor satu paling enak di dunia dan ga ada duanya paling enak. kedua beef wellington dan baru mungkin saya suka lasagna, lainnya kurang cocok di lidah saya soal bumbunya biasanya, kebetulan udah coba semua olahannya

    BalasHapus
  21. Rendang sih top of the top. Puncak tertinggi dari masakan perdagingan

    BalasHapus
  22. Aku pecinta makanan dengan bahan dominan daging.
    Tapi masih banyak sekali makanan olahan daging yang aku belum pernah coba. Wah wah, langung ngiler sama menu Beef Wellington.

    BalasHapus
  23. Lasagna ama kungpao ini yang beberapa kali pernah aku makan dan lebih bersahaabat ama lasagna wkwkwkw, aaah jadi pengen !

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!