Cara Memasak Rendang Agar Empuk Lebih Cepat, Ayo Cobain!



Cara Memasak Rendang, Rendang, Masak Rendang, Rendang Empuk


Cara memasak rendang agar empuk lebih cepat, seringkali dianggap sulit oleh sebagian orang. Karena, memasak daging rendang yang empuk dengan olahan bumbu rempah yang sempurna, membuat cita rasa rendang semakin nikmat.

FYI, bahkan makanan khas Minang satu ini pun pernah menduduki peringkat pertama sebagai makanan terlezat di dunia, lho. Jadi nggak heran ya, kalau rendang nggak hanya populer di Indonesia, tapi juga di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Amerika, dan Eropa.

Cara Memasak Rendang

Sebelum memasak rendang, pastikan kamu menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memasak terlebih dahulu. Setelah itu, kamu perlu memperhatikan cara memasak rendang yang empuk berikut ini:

1. Pilih Bagian Daging Sapi yang Tepat

Pilih Bagian Daging Sapi yang Tepat


Perlu kamu ketahui bahwa khas masakan rendang yaitu dimasak dalam waktu yang lama supaya bumbunya meresap dengan baik dan merata ke dalam daging.

Kamu bisa memilih bagian daging sapi yang padat seperti paha, khususnya paha bagian luar. Oleh sebab itu, jika ingin membuat rendang sapi yang empuk dan pas, kamu harus pintar memilih bagian daging sapi yang tepat.

2. Lumuri Daging dengan Jahe atau Nanas Parut

Nanas dan Jahe Parut


Sebelum mengolah daging menjadi rendang, baiknya kamu melumuri daging dengan parutan jahe terlebih dahulu, setelah itu diamkan beberapa menit, dan olah.

Selain jahe parut, kamu juga dapat melumuri daging menggunakan nanas parut untuk mendapatkan daging yang lebih empuk ketika diolah. Ini menjadi salah satu cara memasak rendang agar empuk yang dilakukan banyak orang.

3. Memotong Daging Searah dengan Serat Daging yang Panjang

Memotong Daging Sapi Searah Serat Panjang


Saat memasak rendang, pastikan kamu nggak memotong daging terlalu kecil atau terlalu besar, karena berpengaruh terhadap kematangan daging nantinya.

Kamu perlu memotong daging dengan ukuran yang pas dan pastikan potong daging searah dengan serat daging yang panjang agar teksturnya nggak alot ketika dimasak. Dengan begitu daging rendang pun terasa empuk dan enak dikunyah.

4. Mengolah Daging dan Bumbu dengan Tepat

Bumbu Rempah Rendang


Jangan hanya fokus pada pengolahan daging agar empuk, tetapi juga harus tepat dalam mengolah bumbu. Karena, daging dan bumbu merupakan satu kesatuan dalam rendang.

Untuk mendapatkan cita rasa yang enak dan maksimal, kamu bisa menyiapkan bumbu rendang dari bahan segar, sehingga masakan akan lebih nikmat dan lezat. Jangan lupa juga, kamu bisa menghaluskan bumbu dengan cara digiling dan hindari menggunakan blender.

Setelah bumbu rendang halus, kamu bisa menuangkan santan ke dalamnya. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah daging dimasukkan ke dalam dan dimasak hingga matang.

5. Masak Rendang dengan Api Kecil

Saat memasak rendang gunakanlah api kecil selama beberapa jam, supaya bumbunya meresap dengan sempurna ke dalam daging dan daging jadi matang secara merata, sehingga empuk ketika dihidangkan.

Jika kamu suka dengan rendang daging sapi yang kering, kamu bisa memasaknya lebih lama yaitu sekitar 5-6 jam. Jika ingin rendang yang basah kamu bisa memasaknya sebentar saja sekitar 3-4 jam dengan api kecil. 

Itulah tadi beberapa cara memasak rendang yang empuk yang perlu kamu perhatikan. Dengan begitu, kamu bisa memasak dan menghidangkan rendang yang lezat dan enak dikunyah. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar