Berjualan Online di Pedesaan: Potensi, Tantangan, dan Cara Mengatasinya



Berjualan Onlne di Pedesaan


Berjualan online di pedesaan adalah terobosan yang sangat menarik. Mengingat, banyak sekali produk khas di pedesaan yang begitu diminati penduduk kota dan berbagai wilayah di luar desa tersebut.

Namun, melakukan bisnis ini juga memiliki tantangan tersendiri. Karena, membutuhkan beberapa strategi jitu supaya benar-benar mampu menarik banyak pelanggan.

Yuk, simak artikel ini untuk penjelasan selanjutnya.

Potensi dan Peluang Membuka Bisnis Online di Pedesaan

Potensi berjualan online di pedesaan seakan hendak diraih para pelaku bisnis. Lantas, potensi seperti apa sih yang bisa didapatkan dari bisnis ini?

Berikut beberapa keuntungannya:

1. Belum Banyak Saingan

Jualan di Pedesaan


Penjual di daerah pedesaan biasanya melakukan usahanya secara offline. Maka, ini adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dengan memaksmalkan peran internet. Keuntungan lainnya adalah bisnis yang belum banyak saingannya cenderung lebih diingat dan mudah dikenali oleh masyarakat.

2. Tersedia Pilihan Produk Segar yang Bisa Dipasarkan ke Luar Daerah

Kita semua tahu, jika kawasan pedesaan sangat unggul dengan produk lokal yang tidak ada di perkotaan. Ini tentu memudahkan kamu untuk memilih produk apa saja yang akan dijual.

Mulai dari sayuran, makanan sehat hingga kerajinan sangat mungkin dipasarkan melalui toko online. Ini juga bisa menjadi ciri khas bisnis kamu nantinya. Misalnya, jika kamu tinggal di desa dan bertanam cabai, kamu bisa memulai jualan cabai siap konsumsi.

Berdasarkan ulasan di situs teknologi, ada lho akun di TikTok yang jualannya sambal, yaitu akun Tiktok bernama Eat Sambel. Mereka bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta Rupiah dari pemasaran yang dilakukan di TikTok.

3. Keterbatasan Akses Penduduk ke Kota sehingga Produk Kota yang Dijual di Desa Lebih Laku

Kamu tahukan, kalau akses transportasi di desa belum sepenuhnya merata? Inilah yang menjadikan masyarakat pedesaan tidak bisa leluasa jika harus belanja ke kota.

Itulah mengapa, dengan berjualan online kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan banyak pelanggan di desa. Sebab, banyak dari penduduk desa yang telah memiliki akses internet. Sehingga dapat dengan mudah menemukan bisnis kamu dan memenuhi kebutuhan mereka.

4. Potensi Pasar Produk Kerajinan

Produk Kerajinan Tangan


Produk kerajinan tangan selalu memiliki peminat. Bahkan, banyak pengusaha yang mengekspor kerajinan tangan lokal hingga ke mancanegara.

Untuk hal ini, kamu bisa bekerja sama langsung dengan para pengrajin setempat maupun UMKM yang sudah ada. Langkah ini juga turut membantu perputaran ekonomi di wilayah tersebut, lho.

Cara Mengatasi Tantangan Berjualan Online di Pedesaan

Sebagai pemula, kamu mungkin merasa berat untuk memulai berjualan secara online di pedesaan, termasuk bagaimana cara mempromosikan produk. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi tantangan tersebut, antara lain:

1. Bekerja Sama dengan Perusahaan Logistik

Bekerja Sama dengan Perusahaan Logistik


Sudah tentu barang-barang harus dikirimkan jasa perusahaan logistik. Sebab, ada berbagai keuntungan yang bisa kamu rasakan, yakni:

> Meningkatkan kepercayaan pada bisnis jualan online

> Proses pengiriman barang lebih cepat

> Perjalanan barang bisa dicek secara online

> Pengiriman lebih praktis dan efisien

2. Meningkatkan Keahlian di Bidang Teknologi dan Internet

Ketika berjualan secara online, maka penting sekali untuk menguasai platform yang nantinya akan digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti kelas-kelas digital marketing maupun kursus-kursus yang membahas masalah teknologi.

Sebab, untuk bisa berbenah, kita perlu paham dan bisa menganalisis data-data yang disajikan oleh platform digital.

3. Akses Internet Cepat dan Stabil

Berbisnis secara digital, sudah pasti kamu harus memiliki jaringan internet cepat dan stabil. Beberapa manfaat internet cepat untuk kamu sebagai seorang penjual, antara lain:

- Mempercepat proses riset pasar. Kamu jadi tahu cara pemasaran kompetitor, hal-hal yang sedang trend di media sosial, hingga mencari berbagai referensi ide mengembangkan bisnis adalah beberapa hal yang bisa dicoba.

- Lebih mudah membangun relasi dengan sesama pengusaha. Sebab, mengikuti komunitas sesama pengusaha bisa membantu menambah pengetahuan tentang bisnis.

- Adanya internet yang cepat dan stabil, juga akan memudahkan kamu untuk melakukan promosi di berbagai media sosial. Sehingga calon pembeli juga lebih mudah menemukan bisnis kamu. 

Selain hal tersebut di atas, penting pula memilih ISP atau provider penyedia layanan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia. Jaringan internet IndiHome sudah menggunakan fiber optic sehingga lebih cepat dan stabil. Dengan menggunakannya, kamu bisa fokus menjalankan bisnis online tanpa adanya gangguan internet.

4. Mendapatkan Penghasilan dengan Bergabung di Program SOBI


Sobat IndiHome

Cara berikutnya untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa bergabung dalam program SOBI atau Sobat IndiHome.

Dalam program ini, kamu akan mendapatkan link afiliasi, di mana jika kamu mempromosikan link tersebut dan membuat orang lain mengklik link, kemudian menjadi pelanggan IndiHome, maka kamu akan mendapatkan komisi. 

Bisnis afiliasi ini mudah dijalankan. Cukup rajin-rajin saja bagikan link afiliasi, disertai dengan caption yang menarik, sehingga banyak yang menggunakan link tersebut. Untuk pendaftaran dan cara lengkapnya, baca di situs SOBI.

Selama kamu memiliki rencana bisnis yang baik, berjualan online di pedesaan bukanlah hal yang memberatkan. Bahkan, ini adalah ide yang sangat bijak. Mengapa? Karena, kamu ikut memeratakan kegiatan ekonomi. Semangat dan semoga bermanfaat!


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Memang sih klo di Pedesaan putaran omset lambat jadi harus pny jaringan keluar

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!