Tips Memilih Body Lotion untuk Kulit Sensitif



Body Lotion, Kulit Sensitif


Memilih body lotion untuk kulit sensitif memang tidak boleh sembarangan. Jika tidak selektif dalam memilih lotion, maka lama kelamaan dapat memicu alergi pada kulit. Itu sebabnya body lotion memiliki manfaat melembapkan kulit, membentuk lapisan yang mengunci nutrisi dan air, mencegah kulit kering dan menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari body lotion, ada baiknya memilih body lotion dengan kandungan pelembap yang sesuai jenis kulit sensitif, supaya tidak mudah iritasi dan benar-benar melembapkan.

Tips Memilih Body Lotion untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif ditandai munculnya bintik merah, ruam dan gatal saat menggunakan produk tertentu. Makanya, jika memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya memilih body lotion yang tepat.

Berikut tips lengkap memilih body lotion untuk kulit sensitif:

1. Mengandung Ekstra Pelembap

Ketika memilih body lotion untuk kulit sensitif, kamu harus mengenali beberapa jenis pelembap terlebih dahulu.

Pada dasarnya, terdapat 3 jenis pelembap sesuai dengan fungsinya masing-masing, yaitu:

- Humektan

Membantu menghidrasi kulit dengan cara menarik air dari udara. Kandungan pelembap jenis humektan termasuk bahan-bahan seperti gliserin, AHA (alpha hydroxy acid) dan asam hialuronat.

- Oklusif

Berfungsi sebagai perisai yang dapat melindungi kulit dari penguapan air dari dalam kulit serta mampu mengunci kelembapan pada kulit. Jenis pelembap oklusif adalah petrolatum, mineral oil, paraffin, dan squalene. Sangat cocok digunakan untuk kulit yang benar-benar kering.

- Emolien

Jenis pelembap kulit emolien dapat melembutkan, melembapkan, serta memperbaiki berbagai kondisi kulit. Kandungan emolien bekerja dengan cara menutupi kulit dengan lapisan pelindung sebagai penahan kelembapan.

Ketika lapisan atas kulit tidak mengandung cukup air, maka kulit akan mengering, sehingga membuatnya mengelupas atau retak meninggalkan ruang terbuka di antara sel-sel di kulit.

Kandungan pelembap emolienlah yang akan mengisi ruang tersebut dengan zat berlemak, yang disebut lipid, yang membuat kulit lebih lembut dan halus.

Adapun kandungan emolien yang umum, seperti mineral oil, ceramide, lanolin, dan paraffin.

2. Mampu Melindungi dari Sinar Matahari

Tidak cukup hanya menjaga kelembapan, body lotion yang baik juga harus mampu melindungi dari sinar matahari.

Menurut penelitian di Dermatology Practical & Conceptual, paparan sinar matahari berlebih menjadi penyebab utama terjadinya kanker kulit. Maka penting memilih body lotion dengan kandungan tabir surya, agar terlindungi dari sinar matahari secara langsung.

3. Aman untuk Seluruh Bagian Tubuh

Memilih body lotion untuk kulit sensitif, pastikan produk perawatan kulit memiliki kandungan yang aman, dan memiliki Sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dengan begitu, body lotion akan aman dipakai di seluruh bagian tubuh.

4. Mengandung Bahan-bahan Alami

Kandungan bahan alami dalam body lotion juga jadi pertimbangan penting ketika memilih body lotion untuk kulit sensitif. Beberapa produk perawatan kulit sensitif memiliki bahan-bahan yang cenderung ringan dan alami untuk kulit.

Salah satu kandungan body lotion yang bagus untuk kulit adalah gliserin, yang bisa ditemukan dalam bahan alami, seperti madu, soybean, kelapa, dan palm oil. Bahan gliserin dapat melembapkan lapisan luar kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, meredakan kulit kering, dan lainnya.

Selain itu, dikutip dari Medical College Of Georgia, kandungan gliserin juga dikatakan dapat mengatasi penyakit kulit seperti psoriasis.

Dengan memilih body lotion yang tepat untuk kulit sensitif, kulit kamu akan semakin terjaga kelembapan dan kesehatannya. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

7 Komentar

  1. Penting banget nih..
    Selain konsen pada perawatan wajah, juga kudu perhatian dengan perawatan kulit tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuull.. Biar nggak setengah-setengah.

      Hapus
  2. ternyata banyak istilah2 bahan aktif dari body lotion yang baru aku tahu mba, selama ini hanya baca klaimnya saja, hihi

    BalasHapus
  3. Lebih tenang kalau pilih lotion yang ada kandungan bahan alami ya, Mak. Manfaatnya lebih banyak.

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu lebih details kandungan yg cocok untuk kulit sensitif. Kulitku sensitif dan selama ini asal beli aja yg lembab dan harum pokonya wkwk. Besok liat deh kandungannya.

    BalasHapus
  5. saya kalau pakai hand body lotion asal pakai aja selama harga sesuai dan wanginya suka. tapi ternyata kalau yang pakai punya kulit sensitif gak bisa sembarangan ya, bener tuh efek sampingnya bisa cukup mengganggu. well noted banget nih

    BalasHapus
  6. Saya tipe orang yang suka di lapangan, sering juga ke proyek. Semenjak beberapa bulan pakai body lotion ga pernah lupa, setelah sadar kalau kulit menghitam haha

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!