Cara Mencegah Rambut Rontok, Salah Satunya Jangan Sampai Stres!



Rambut Rontok


Cara mencegah rambut rontok menjadi siasat paling dicari khususnya kaum perempuan yang selalu mendambakan rambut sehat dan kuat. Karena rambut adalah mahkotanya para perempuan, jadi harus senantiasa terjaga keindahannya.

Untuk memiliki rambut sehat dan bebas rontok, kamu harus konsisten merawat rambut dengan cara-cara yang aman dan alami, agar rambut tidak mudah rusak.

Ada banyak faktor yang memengaruhi rambut rontok, seperti stres, obat-obatan, kehamilan, hormon, pola makan tidak sehat, hingga penyakit tertentu.

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Bebas dari Kerusakan

Jangan biarkan rambut rontok terus melanda. Yuk, ikuti tips berikut agar rambut bebas rontok dan tidak cepat rusak.

1. Hindari Menyisir Saat Rambut Basah

Sering kali sesaat setelah keramas, rambut langsung disisir supaya lebih rapi. Padahal, itu akan membuat rambut semakin rontok. Ada baiknya, keringkan rambut telebih dulu, namun jangan menggosok dengan handuk telalu kuat, cukup di tap-tap atau keringkan dengan kipas angin. Lebih baik lagi membiarkannya kering secara alami.

Menyisisr rambut saat basah, akan melemahkan folikel rambut, sehingga mudah tercabut dari akar dan menyebabkan kerontokan. Sebisa mungkin jangan terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer yaa..

2. Memijat Lembut Kulit Kepala

Memijat Kulit Kepala
Foto: Canva


Memijat kulit kepala secara teratur dengan menggunakan minyak kelapa, minyak almond atau minyak wijen, dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga dengan cepat menstimulasi folikel rambut.

Selain mencegah kerontokan, cara ini juga ampuh mencegah masalah rambut lainnya seperti ketombe dan infeksi pada kulit kepala.

3. Menjaga Asupan Makanan

Rambut juga memerlukan asupan makanan dengan kandungan yang mampu memperkuat akar rambut. Pilihlah makanan seperti kacang-kacangan, karena mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah kerontokan.

Selain itu, rambut juga memerlukan asupan protein tinggi dalam telur dan ikan salmon, karena terdapat zat yang mampu menjaga keutuhan rambut, sehingga semakin kuat dan sehat.

Memakan buah-buahan dan sayur-sayuran juga baik untuk menjaga kesehatan rambut kamu, lho. Jangan lupakan ya!

4. Hindari Stres

Stres bukan hanya memengaruhi masalah berat badan, diabetes, atau stroke aja, lho.. Tapi juga dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Hindari stres dengan melakukan aktivitas positif, misalnya berolahraga, meditasi, berenang, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

5. Cukup Tidur

Tidur Cukup
Foto: Canva


Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ternyata menerapkan cukup tidur juga dapat mencegah kerontokan rambut, nih. Idealnya jam tidur terbaik adalah dengan durasi 7 - 8 jam perhari. Hal ini sangat berpengaruh dalam mengatur hormon yang dapat membantu meregenerasi rambut.

6. Memilih Produk Shampo yang Tepat

Cara mencegah kerontokan rambut yang terakhir adalah dengan memilih produk shampo yang tepat. Hindari berganti-ganti shampo, karena hal tersebut akan memicu kerusakan rambut lainnya. Perhatikan pula kandungan dalam shampo yang baik untuk memperbaiki kerusakan rambut. Seperti asam amino, ceramide, centella asiatica dan lactobacillus.

Cara mencegah rambut rontok di atas cukup mudah diterapkan, bukan? Kuncinya sih, konsisten merawat rambut, supaya rambut benar-benar sehat dan kuat. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sering banget ngalamin rambut rontok, apalagi kalau pas masa menyusui. Wajib banget nih tipsnya buat dicoba

    BalasHapus
  2. rambut aku termasuk rontok banget, udah gonta ganti hair tonic tapi kayaknya masih tetep aja. Susah nemuin yang cocok
    kadang aku merasa kalau rambut aku kayak rapuh gitu. Cuman dipegang atau disisr pake tangan tetep aja ada ygn rontok

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggungjawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya. Terima kasih!