15+ Tempat Wisata di Maroko yang Terkenal, Ada Gurun Hingga Pegunungan



Tempat Wisata di Maroko

Maroko belakangan menjadi negara yang banyak diperbincangkan, karena berhasil menyingkirkan Spanyol dan Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar. Beribukota di Rabat, agama resmi Maroko adalah Islam. Sementara bahasa resminya adalah bahasa Arab dan Berber (etnis asli daerah Afrika Utara).

Termasuk dalam negara bagian Afrika Utara, Maroko berbatasan langsung dengan Aljazair. Selain itu, Maroko memiliki beragam julukan, mulai dari Negeri Matahari Terbit hingga Singa Atlas.

Tempat Wisata di Maroko yang Terkenal

Secara geografis, sebagian besar wilayah Maroko merupakan pegunungan yang terjal dan gurun yang membentang luas. Maka dari itu, Maroko memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan, mulai dari gurun hingga pegunungan, bahkan di antaranya merupakan situs bersejarah, lho.

Yuk, catat dulu rekomendasi tempat wisata di Maroko yang terkenal berikut ini:

1. Air Terjun Ouzoud

Air Terjun Ouzoud, Ouzoud Waterfall

Yuk, nikmati segarnya berwisata ke Air Terjun Ouzoud yang berada di wilayah Pegunungan Atlas Tengah, Provinsi Azilal, yang merupakan gabungan dari beragam aliran sungai menuju ngarai El-Abid. Air terjun yang memiliki ketinggian 110 meter ini alirannya tampak memesona, karena menuruni tebing terjal berwarna cokelat kemerahan.

Pengunjung juga bisa menikmati panorama sekitar dengan menaiki perahu yang disediakan pengelola. Air Terjun Ouzoud juga merupakan habitat primata barbary, yakni spesies monyet terunik di dunia. Sesekali sekawanan monyet akan menghampiri pengunjng untuk meminta makanan.

2. Pantai Legzira

Pantai Legzira Maroko, Legzira Beach

Tempat wisata di Maroko satu ini terbilang unik. Karena, terdapat dua lengkungan batu raksasa di tepi pantainya. Namun pada 2016, satu lengkungannya mengalami erosi air laut.

Walau begitu, wisata pantai di Maroko satu ini masih sangat memesona, terlebih saat matahari terbenam, cahaya kemerahan mentarinya akan bersinar indah di sekitar lengkungan batunya.

Namun, pantai ini tidak direkomendasikan untuk berenang ya, karena ombaknya yang cukup tinggi. Itu sebabnya sangat cocok dan menjadi favorit peselancar.

Salah satu pantai terindah di Afrika dengan pemandangan tebing dan pasir cokelatnya ini berada di kawasan cukup terpencil. Jadi, buat kamu yang membutuhkan ketenangan, boleh coba nih berwisata ke Pantai Legzira di Maroko.

3. Pegunungan Jbel Toubkal

Jbel Toubkal Maroko

Sama-sama berada di kawasan Pegunungan Atlas, Taman Nasional Jbel Toubkal menjadi tempat wisata di Maroko yang nggak kalah menakjubkan dari Ouzoud Waterfall, nih..

Jbel Toubkal memiliki puncak tertinggi yaitu mencapai 4.167 meter atau setara dengan 13.671 kaki, hal tersebut lah yang membuatnya tampak bersalju. Selain itu, lokasi wisata yang terletak di sebelah selatan Kota Marrakesh ini, sangat direkomendasikan bagi para pendaki sekaligus sebagai tempat camping yang sejuk.

Jangan lupa, persiapkan fisik dengan sebaik-baiknya, agar kuat melewati jalanan terjal dan bebatuan, serta membawa perlengkapan mendaki yang tepat yaa..

4. Pegunungan M’Goun

M'Goun Mountain

Beralih ke tempat wisata di Maroko yang dikelilingi dataran hijau membentang, M'Goun adalah termasuk bagian dari jajaran Pegunungan Atlas yang merupakan puncak tertinggi ketiga, yakni mencapai 4.017 meter.

Pengunjung bisa melihat pemandangan puncak berbalut salju, dan suasana yang masih sangat asri, membuat betah berlama-lama menikmati keindahan alamnya.

5. Pegunungan Oukaïmeden

Oukaimeden Mountain

Kalau sebelumnya ada M'Goun dengan puncak bersaljunya, di poin ini juga ada Oukaïmeden sebagai wisata bersalju. Hanya saja di sini kamu bisa berseluncur di atas salju dan merasakan pengalaman meluncur yang seru di atas ketinggian 2.610 - 3.268 meter.

Bukan hanya menyajikan pemandangan indah kawasan Pegunungan Atlas, wisata Oukaïmeden pun menyediakan resort dengan fasilitas lengkap. Sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir tahun bersama keluarga, nih.

6. Draa Valley

Draa Valley

Yuk, merapat bagi kamu yang senang berwisata sejarah sekaligus tertarik dengan arsitektur unik, Draa Valley bisa menjadi tempat wisata di Maroko paling tepat.

Lembah ini merupakan penghubung antara ujung tenggara Pegunungan Atlas dengan gurun di bagian luar. Terdapat kasbah semacam bangunan dari bata lumpur dengan bentuk yang berbeda-beda yang bisa ditemukan disepanjang jalan kota Zagora. Disekelilingnya pun tertanam pohon palem yang membuat pemandangannya semakin memesona.

7. Merzouga Desert

Merzouga Desert

Saatnya menuju wisata gurun di Maroko bernama Merzouga Desert. Tempat wisata satu ini sebenarnya adalah sebuah desa di tenggara Maroko yang kemudian menjelma menjadi taman hiburan gurun terpopuler di Maroko.

Selain pemandangan gurun yang menakjubkan, Merzouga ternyata merupakan gurun yang memiliki badan air bawah tanah alami terbesar di Maroko, lho.

8. Erg Chebbi

Erg Chebbi

Lanjut ke tempat wisata gurun di Maroko, ada Erg Chebbi. Terletak di kawasan pedalaman Sahara Timur Maroko, Erg Chebbi merupakan padang pasir bergelombang yang luas.

Kawasan ini menjadi favorit dan menguji adrenaline, karena pengunjung dapat berselancar di pasir dan menjelajahi gurun dengan mengendarai unta maupun mobil jeep.

Tidak hanya itu, para pengunjung yang berhasil menjelajah cukup dalam hingga ke tengah gurun, mereka dapat menghabiskan malam dengan berkemah di tengah padang pasir.

9. Chefchaouen

Chefchaouen

Tempat wisata di Maroko yang terletak di Barat Laut Maroko ini, memiliki keunikan dan julukan Kota Biru, karena seluruh bangunannya dicat dengan warna biru.

Keunikan lain yang bisa ditemukan di Chefchaouensi adalah, keberadaan kucing di setiap sudut rumah-rumahnya. Bikin penggemar kucing gemas dan betah berlama-lama berkunjung ke tempat wisata unik ini, nih.

Selain keunikan yang membuat takjub, para pengunjung juga dapat berbelanja oleh-oleh khas Chefchaouen, yakni kerajinan tangan seperti beragam souvenir unik, selimut tenun, pakaian berbahan wol, atau keju berbahan dasar susu kambing yang sangat populer.

10. Ait Benhaddou

Ait Benhaddou

Dikenal sebagai kota kuno yang pernah menjadi penghubung antara Kota Marrakesh dengan Sahara, Ait Benhaddou memiliki enam kasbah dan lima puluh ksar yang tadinya hanya dijadikan contoh arsitektur tanah liat untuk kebanyakan bangunan di Maroko.

Waktu terbaik berkunjung ke Ait Benhaddou adalah di sore atau malam hari. Pengunjung juga bisa merasakan bermalam di dalam kasbah, untuk mendapatkan pengalaman yang menarik dan ketenangan yang lebih.

Istimewanya lagi, tempat ini dijadikan wisata bersejarah dan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1987.

11. Kasbah Udaya

Kasbah Udaya

Tempat wisata di Maroko yang terkenal selanjutnya ada Kasbah Udaya yang merupakan kota kuno paling indah sebagai destinasi wisata menarik. Deretan distrik bangunan berwarna putih dan biru yang dikelilingi benteng menjulang ini, tampak memesona dan memberi kesan damai.

Kondisi kotanya yang bersih, unik dan cantik, membuat tempat ini instagramable banget. Cocok buat kamu yang senang hunting foto.

12. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II


Tertarik untuk berwisata religi di Maroko? Kamu bisa mengunjungi Masjid Hassan II yang berlokasi di Casablanca. Masjid terbesar di Afrika ini memiliki kapasitas hingga 105.000 jamaah, lho. MasyaAllah..

Dibangun oleh Raja Hassan II di atas tanah seluas 2 hektar, pembangunannya membutuhkan 10.000 pengrajin, di mulai pada tahun 1987 dan selesai 6 tahun kemudian. Masjid Hassan II didesain oleh Michel Pinseau, seorang arsitek asal Perancis.

Dekorasi bangunan Masjid tampak modern dan sangat mewah, karena material marmer dan mosaiknya serta penggunaan ubin zellige sebagai simbol arsitektur Islam tradisional.

13. Tangier

Tangier


Beralih ke Tangier yang terletak di pantai Afrika Utara sebelah barat Selat Gibraltar yang mempertemukan Laut Mediterania dengan Samudra Atlantik melalui Tanjung Spartel.

Tangier beribukota di Tangier-Tétouan ini merupakann seebuaah koota kecil sekaligus menjadi pintu gerbang atau pelabuhan di Afrika dari Laut Eropa Selatan.

Melalui pelabuhan ini, kamu bisa menikmati pemandangan indah Selat Gibraltar dan Spanyol dari kejauhan. Bahkan, kamu juga bisa melihat deretan Pegunungan Atlas tepatnya Chefchaouen.

14. Essaouira

Essaouira


Dari banyaknya kota atau tempat wisata di Maroko, kota tepi laut yang paling menawan di Maroko ini patut dikunjungi. Essaouira merupakan tempat hippie tua yang terkenal otentik.

Di Essaouira, kamu dapat menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang berwarna-warni terombang-ambing di atas air, tembok-tembok benteng sisi pantai yang megah, dan jalur-jalur kota tua yang berliku-liku membuat Essaouira senang dijelajahi.

Jika kamu mencari wisata kulinernya, kamu juga dapat pemandangan kuliner yang enak di sini, dengan hidangan laut yang terkenal lezat, dan kehidupan kafe yang asyik. Bagi mereka yang mencari tamasya berjalan-jalan, ada juga jalan-jalan bagus di sepanjang pantai ke desa-desa terpencil, kamu juga dapat berselancar di sepanjang pantai.

15. Bab al-Mansour

Bab Al Mansour


Gerbang raksasa ini terkenal dengan dekorasinya yang menawan dan menakjubkan untuk dikunjungi saat wisata di Maroko. Dimaksudkan sebagai pengingat monumental dari kekuatan sultan, Bab al-Mansour adalah peninggalan yang luar biasa dari era kemuliaan Meknes sebagai ibu kota Maroko.

Datang pada sore hari untuk memotret gerbang dalam cahaya yang pas dan lembut, lalu berjalan-jalan di labirin kecil Madinah untuk mendapatkan suasana tepat di Maroko.

16. Meknes

Meknes


Salah satu tempat wisata di Maroko yang terkenal adalah Meknes. Meknes merupakan tempat yang lebih kecil dan lebih santai dari Marrakesh dan Fez, namun kota ini memiliki semua pesona yang kamu harapkan dari kota kekaisaran termasuk Medina yang terawat dengan baik yang diisi dengan pasar yang mudah dinavigasi.

Meknes adalah ibu kota pada masa pemerintahan Sultan Moulay Ismail abad ke-17 dan merupakan karya arsitektur Maroko lengkap dengan gerbang besar dan ukiran yang mengesankan.

Para penggemar sejarah akan menyukai atraksi-atraksi di Meknes seperti Royal Stables dan Museum of Moroccan Art dan reruntuhan Romawi di Volubilis terdekat patut dikunjungi.

17. Volubilis

Volubilis


Setelah melakukan wisata Maroko di meknes, kamu harus mengunjungi Volubilis. Runtuhan Romawi di Maroko adalah pesta bagi para pecinta sejarah. Situs ini juga penuh dengan sisa-sisa kuil yang runtuh, sebagai pengingat bahwa kekaisaran terbesar sekalipun akhirnya runtuh.

Tempat ini juga tepat untuk para fotografer yang ingin mencuri banyak pemandangan untuk diabadikan. Objek wisata ini dapat dengan mudah dikunjungi sebagai perjalanan sehari dari Meknes atau Fez.

Yup.. Itu dia rekomendasi tempat wisata di Maroko yang sayang kalau dilewatkan. Apalagi, momen tahun baru ini, bisa banget bikin list liburan ke Maroko bersama keluarga maupun pasangan. Selamat berlibuurr..!!


Gambar: Canva - Getty Image



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Menarik ya ... unik-unik, tidak ada samanya di Indonesia. Jadi pengen ke Maroko juga.

    BalasHapus
  2. Awal baca tertarik pengen ke air terjun, tapi saat baca lengkap sampai 17 tempat wisata ternyata semuanya menarik banget. Duh pengen bisa ke sana segera jadinya.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!