4 Manfaat Memilih Mainan Edukasi untuk Anak, No. 4 Paling Bijak!



Manfaat Memilih Mainan Edukasi

Bermain merupakan proses belajar anak untuk mengenal berbagai macam hal disekelilingnya, melatih perkembangan sosial, fisik, mental, dan emosional anak. Sementara mainan adalah alat interaksi untuk membantu mengembangkan pertumbuhan anak. Bermain dengan mainan yang memiliki nilai manfaat bagi anak adalah termasuk hal yang sangat penting.

Biasanya, anak-anak akan memainkan mainannya hanya untuk dilempar kesana kemari. Bahkan tak jarang, mainan biasa dijadikan rebutan. Padahal sebenarnya, mainan anak bisa menjadi lebih bermanfaat jika memiliki fungsi lain, yaitu yang mampu meningkatkan kecerdasan dan mengasah kreativitas anak.

Jangan memilih mainan hanya dari segi bentuk atau warnanya yang menarik, atau bahkan yang menjadi tren saat itu. Pilihlah mainan yang memiliki nilai edukasi, agar anak tak hanya mendapatkan kesenangan dalam bermain, namun juga mendapat kesenangan dalam belajar. Bentuk dari mainan edukasi juga beraneka ragam. Ada yang berbentuk kartu, puzzle, buku, dan sebagainya.

Bijak Memilih Mainan Anak

Tak dapat dipungkiri, sebagian besar anak-anak lebih memilih bermain dengan gadget dari pada mainan berbentuk fisik. Dalam hal ini, orangtua adalah proteksi pertama anak untuk membatasi pemakaian gadget pada anak.

Ajak anak untuk bermain di luar bersama teman-teman sebayanya. Atau cobalah bermain dengan anak, temani anak mengeksplorasi sesuatu di lingkungan terbuka. Sekalipun harus bermain di rumah, orangtua harus menyediakan beberapa mainan, tentunya yang memiliki nilai edukasi.


Manfaat Memilih Mainan Edukasi

Dengan bijak memilih mainan untuk anak, maka akan banyak manfaat yang di dapatkan. Diantaranya:

1. Melatih Motorik Anak

Melatih motorik kasar dan motorik halus pada anak, adalah hal dasar yang didapat pada mainan edukatif. Yaitu dengan memegang, melempar, mengangkat, menekan, dan sebagainya. Pilih mainan edukatif dengan bentuk dan warna yang menarik.

Misalnya bentuk hewan yang mengeluarkan bunyi-bunyian atau bentuk bangun ruang, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja akan membuat anak senang dan anak akan menikmati waktu bermainnya sekaligus sambil belajar. Anak tidak akan mudah bosan bila mainannya memiliki lebih dari satu fungsi.


2. Menambah Wawasan

Mainan edukasi memiliki kelebihan lain, yaitu menambah pengetahuan untuk anak. Mainan edukasi yang mengeluarkan melodi-melodi akan menarik sensor gerak anak.

Selain itu, dengan bercerita kepada anak tentang mainan yang dimainkannya, tentunya kosa-kata bahasa dan kemampuan berbicara anak akan bertambah. Dengan mendengarkan dan memperhatikan, anak akan lebih cepat belajar.


3. Mudah Berkonsentrasi dan Lebih Fokus

Mainan edukatif juga mampu meningkatkan konsentrasi anak dan lebih fokus terhadap sesuatu. Misalnya, seperti mainan puzzle, anak akan fokus dan berkonsentrasi untuk menguasai permainan tersebut. Dengan demikian, anak akan terlatih dan terbiasa untuk konsentrasi dan fokus pada suatu hal.

4. Pandai Memecahkan Masalah

Mainan seperti puzzle akan membuat anak berpikir dan melatihnya untuk pantang menyerah dalam menyelesaikan dan menyatukan mainan puzzlenya. Biarkan anak berusaha memecahkan masalah pada mainannya tersebut.

Di sisi lain, anak akan menjadi lebih bijak dan mengerti mana yang harus didahulukan.

Itulah tadi 4 manfaat mainan edukasi untuk anak yang bisa dijadikan panduan agar anak tak hanya bermain tapi juga belajar. Semoga bermanfaat.




Reff. parenting.orami


Posting Komentar

21 Komentar

  1. Kalau ada kesempatan dan uang lebih, kayaknya saya pengen beli mobil remot kontrol. Mainan pertama yang seingat saya dibelikan oleh orangtua. Karena itu, pas rusak, saya cari cara untuk beli mobil-mobilan tanpa merengek beli mainan, yaitu dengan cara beli sepatu atau sendal yang ada hadiah mobil-mobilannya.

    Bicara soal toko online, saya agak kesal, soalnya beberapa waktu kemarin saya dan teman-teman saya sempat ketipu. Uang kami melayang, orangnya menghilang 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ada cerita mengharukan dibalik mainan pertama ya bang, hehe.. Tapi boleh juga tuh idenya, karena dulu sering ada ya beli sepatu bonus mobil remote, haha..

      Duh, itu toko nggak amanah dong. Sabar ya bang, pasti diganti yang lebih sama Allah :D

      Hapus
  2. Saya ngincer busy book nih. Pengen beli tapi anak saya masih 6 bulan wkwkwk nunggu anaknya gedean dikit hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. boleh deh nunggu 6 bulan lagi mbak :D

      Hapus
  3. Pas banget mbak, aku emang lagi nyari mainan edukasi. Jadi pengen beli busy book-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus langsung ceki-ceki IG nya mbak Alif :D

      Hapus
  4. Wwaah beberapa kali aku searching mainan edukasi, eh nongol punya mba kyy reviewnyaa. Hihi pas banget. Otw kepoin aahh.
    Btw untuk masalah mainan emang sekarang harus selektif biar ngga cuma sekadar main, tapi jugaa mengasah motorik kasar dan halus anak yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih mbak Ji, haha..
      betul nih, supaya anak nggak cpt bosen sama mainan yang cuma bisa di lempar dan unfaedah :D

      Hapus
  5. aku juga kalo pilih mainan sebisa mungkin mengedukasi anak supaya nggak sekadar main-main tapi bermain sambil belajar. Boleh juga nih rekomendasinya, aku udah cek instagramnya juga banyak pilihan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, semoga bermanfaat ya :D

      Hapus
  6. Bermain sama anak2 toddler emg paling seru boardgame gini ya mbak riz...btw aku kepo deh SM harganya berapaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus cek di IG nya mbak Ina, di shopee dan toped juga ada tuh :D

      Hapus
  7. Mainan edukasinya keren-keren nih.. kebetulan si kecil juga udah mulai suka yang edukasi kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok nih untuk usia Oya, pasti sukak dia :D

      Hapus
  8. Seru tuh busy kids activity cards kayanya. Bysanya anak gampang banget bosen kalo cuma main mobil-mobilan. Kalo ada busy cards gini pasti seru ya maen bareng-bareng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, yang 2 lainnya juga bisa dimainin bareng keluarga :D

      Hapus
  9. Akhirnya dapat info toko online mainan edukasi yang sesuai keinginan, makasih infonya mba, anak anak pasti suka nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak Arri. Semoga bermanfaat ya :D

      Hapus
  10. wah pengen coba beli yang creative card game, pasti seru bangetttt :D

    BalasHapus
  11. wah rekomendasi mainan edukasinya oke banget nih, anak jadi gak melulu main tapi juga belajar

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!