Varian Sambal Ny. Rara, Rasakan Pedas Nampol dan Pedas Nagihnya!



Sambal Ny. Rara


Siapa nih yang nggak bisa makan kalau nggak ada sambal? Sekalipun harus ngulek-mengulek dulu, kamu teutep relaa.. Karena memang, sambal menjadi salah satu pelengkap menu makan selain kerupuk yang nggak boleh ketinggalan ya, terutama untuk warga +62.

Terlepas dari harus adanya sambal saat makan, kamu penasaran nggak sih, bagaimana sejarah sambal di Indonesia hingga menjadi primadona di tengah berbagai hidangan lezat khas nusantara?

Yuk, baca artikel ini sampai habis, setelahnya saya akan mereview beberapa varian Sambal Ny. Rara. Siap-siap bayangin pedas nampol dan pedas nagihnya, deh!

Sejarah Sambal Nusantara

Suryatini N Ganie (2009), seorang penulis buku resep, pernah menulis buku berjudul '100 Resep Variasi Sambal' dan '100 Variasi Makanan yang Dibuat Dari Sambal', ini membuktikan bahwa selain memiliki beragam jenis kuliner dengan cita rasa yang menggugah selera, Indonesia juga punya jenis-jenis sambalnya nggak pernah gagal bikin makan makin selera, betul nggak?? Hehe..

Bahkan, terdapat kisah unik dari zaman kolonial, kalau baboe, sebutan untuk pembantu dalam bahasa Londo, bisa dibayar mahal kalau pandai dalam meracik sambal, lho.

Sementara itu, Titi Surti Nastiti, seorang arkeolog, menyebutkan bahwa, cabai menjadi komoditas yang perdagangannya paling meningkat pada masa Jawa Kuno. Jadi nggak heran ya, kalau cabai memang menjadi salah satu bahan masakan populer di daerah tropis ini.

Catenius van der Meijden, seorang ahli kuliner zaman kolonial sekaligus sebagai seorang Nyonya Meneer Belanda yang tinggal di Indonesia, bersama dengan baboe yang membantunya, ia pun menjadi ahli dalam "dunia persambalan Indonesia".

'Groot nieuw volledig Oost-Indisch Kookboek'
Buku Karya Catenius van der Meijden berjudul 'Groot nieuw volledig Oost-Indisch Kookboek' dengan cover bayangan baboe

Berkat keahliannya itu, akhirnya ia pun merangkum berbagai resep masakannya dalam sebuah buku berjudul 'Groot nieuw volledig Oost-Indisch Kookboek' (1942) dan sebelumnya juga telah menerbitkan buku berjudul 'Makanlah Nasi' (1922).

Resep sambal populer dari sang Nyonya adalah sambal telur dan sambal oeloek (ulek). Muncul pula nama sambal ciptaannya seperti sambal brandal, sambal banjak, sambal serdadoe dan sebagainya.

Ternyata, cukup unik ya cerita sejarah sambal Indonesia. Jadi makin doyan deh, makan berteman sambal.

Asal Usul Sambal Ny. Rara

Setelah tahu sejarah singkat sambal khas Indonesia, sekarang saatnya mengetahui juga cerita tentang asal usul Sambal Ny. Rara yang nggak kalah unik dari sejarah sambal.

Berawal dari sebuah keresahan saat bepergian jauh dan merasa rindu dengan cita rasa sambal khas rumahan, ditambah dengan beberapa makanan yang tidak cocok di lidah, sehingga hilangnya selera makan.

Akhirnya, terciptalah ide untuk membuat sambal khas nusantara yang berasal dari resep sambal warisan keluarga Ny. Rara. Dibuat dengan kemasan yang praktis, kini siapa pun bisa menikmati sambal khas rumahan di manapun berada.

Review Sambal Ny. Rara: Nggak Nyesel Pilih Pedas Nampol!

Akhirnya, saat-saat yang ditunggu tiba, sekarang waktunya review Sambal Ny. Rara, sambalnya favorit masyarakat Indonesia. Duh, takelinenya aja udah kebayang lezat ya, haha..

Sebagai penggemar sambal, saya termasuk perempuan yang doyan level kepedasan tinggi yang nggak pernah mentingin jumlah cabai genap atau ganjil, wkwk. Biasanya sih, paling simple bikin sambal terasi. Walau seringnya malas buat ngulek, kadang saya cuma mengeletus cabai rawit, hihi..

Tapi sekarang, bye-bye repot, deh, karena ada Sambal Ny. Rara yang praktis dan siap santap dengan nasi hangat dan lauk apa pun.

Varian Sambal Ny. Rara

Mencoba 6 varian Sambal Ny. Rara, Sambal Terasi, Sambal Gami Borneo, Sambal Rebon yang ketiganya ukuran 200 gr, dan juga sempat mencoba ukuran icip-icip sachet 35 gr dengan varian Sambal Cumi, Sambal Teri Medan dan Sambal Jengkol.

Sayangnya, Sambal Cumi nggak sempat difoto karena nggak sabar pengen icip-icip, habisnya menggugah selera sekali sih, haha..

Bertemankan nasi hangat, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, pindang goreng, lalapan timun dan kerupuk aja, Sambal Ny. Rara memang jadi pendamping menu makan maupun sebagai lauk yang pas.

Rasa pedas, gurih, manisnya berpadu sempurna di lidah. Dan karena ini varian level pedas nampol, jadilah harus sedia minum sebotol penuh ya, hihi..

Varian Sambal Ny. Rara

Sambal Ny. Rara memang harus banget dicoba sih. Sambal khas nusantara recommended!!

11 Varian Sambal Ny. Rara

Yang namanya sambal, pastilah sedapnya dimakan pakai nasi hangat dan ditambah dengan lauk. Begitupun Sambal Ny. Rara, apa pun jenis lauknya, cocok sekali disantap dengan sambal khas nusantara yang punya banyak varian ini.

Terus, apa aja sih varian Sambal Ny. Rara? Berikut kesebelas variannya:

1. Sambal Teri Medan

2. Sambal Terasi

3. Sambal Jengkol

4. Sambal Petai

5. Sambal Kecombrang

6. Sambal Geprek

7. Sambal Rebon Pedas

8. Sambal Bawang

9. Sambal Cumi

10. Sambal Tuna

11. Sambal Gami

Sambal Ny. Rara
Instagram @sambal.ny.rara


Harga Sambal Ny. Rara

Selain memiliki banyak varian, Sambal Ny. Rara juga praktis dibawa ke mana-mana dengan harganya yang sangat-sangat terjangkau, berikut detailnya:

- Harga Sambal Ny. Rara kemasan sachet icip 35 gr: Rp 9.900 ~ Rp 10.900

- Harga Sambal Ny. Rara kemasan ekonomis 120 gr: Rp 25.000 ~ Rp 29.500

- Harga Sambal Ny. Rara kemasan puas 200 gr: Rp 41.000 ~ Rp 48.500

- Harga Paket 200 gr: Rp 139.000

- Harga Paket 120 gr:  Rp 88.000

Paket Hemat Sambal Ny. Rara

Tersedia pula 5 pilihan paket hemat Sambal Ny. Rara, antara lain:

1. Paket Bon Terek (Rebon, Teri, Geprek)

2. Paket Gamteti (Gami, Petai, Teri)

3. Paket Cute Banget (Cumi, Teri Medan, Bawang)

4. Paket Jeng Tuti (Jengkol, Tuna, Terasi)

5. Paket Jeng Cumbrang (Jengkol, Cumi, Kecombrang)

Varian Level dan Jenis Sambal Ny. Rara

Buat kamu yang mulai bertanya-tanya, sepedas apa sih Sambal Ny. Rara? Atau, malah takut kepedasan? Tenaaang.. Karena Sambal Ny. Rara, tersedia dalam 2 varian level pedas, yaitu:

1. Pedas Nampol

Sesuai namanya, varian sambal ini asli pedasnya bikin nampol! Karena terdiri dari cabai rawit yang berlimpah, menjadikan citarasa sambalnya semakin dahsyat sensasi pedasnya. Cocok buat kamu si penggemar pedas sejati.

2. Pedas Nagih

Varian level ini cocok buat kamu yang suka colek-colek sambal. Karena memang, sensasi pedasnya nggak terlalu mencolok, tapi tetap bikin nagih sehingga makan lebih lahap.

Jadi, kamu tim Pedas Nampol atau Pedas Nagih, nih?

Keunggulan Sambal Ny. Rara

Sambal Ny. Rara

Bukan cuma menang pedas nampol dan pedas nagih apalagi harganya terjangkau, Sambal Ny. Rara juga memiliki keunggulan lain, lho. Apa aja sih? Ini dia..

1. Kondisi Fresh

Sambal Ny. Rara selalu dikirim dalam kondisi yang fresh dan terpilih. Kamu bisa langsung menyajikannya bersama nasi hangat dan lauk favorit.

2. Garansi 100 Persen

Keamanan pengiriman Sambal Ny. Rara dijamin aman, nggak perlu khawatir bakal rusak, bahkan garansi 100 persen! Syaratnya, kamu harus mengirimkan bukti video saat unboxing, jika memang terjadi kerusakan, tim Sambal Ny. Rara akan segera mengirimkan barang baru dengan varian yang sama tentunya.

3. Bahan Premium

Karena terdiri dari bahan-bahan premium dan terpilih, maka masa simpan sambal maksimal hanya 4 hari dalam suhu ruangan dan bisa mencapai 1 bulan (sesuai masa expired produk) jika disimpan dikulkas.

4. Kemasan Aman dan Praktis

Kemasan Sambal Ny. Rara

Kemasannya pas dan praktis, sehingga mudah di bawa ke manapun. Selain itu, botolnya nggak mudah bocor, karena disegel dan setelah dibuka pun tetap aman.

5. Diolah Secara Higienis

Pernah dengar dong kalau masak sambal kurang matang, bisa bikin sakit perut? Nah, kalau Sambal  y. Rara selain dimasak dengan higienis, pastinya juga dimasak dengan kematangan yang pas, sehingga nggak bikin penikmatnya sakit perut.

6. Isian Nggak Pelit

Selain topping sambalnya yang melimpah, isian lauknya pun bukan kaleng-kaleng, potongannya besar-besar dan empuk.

7. Banyak Varian

Tersedia banyak varian, jadi kamu bisa pilih sambal khas rumahan favorit maupun ingin mencicipi semua varian, buat stok biar makan makin lahap.

Cara Order Sambal Ny. Rara

Udah ngiler habis baca dan lihat gambar Sambal Ny. Rara.. Now.. Langsung aja order Sambal Ny. Rara melalui DM Instagram dan TikTok @sambal.ny.rara, serta via Facebook.

Bisa juga order via website di https://ny.rara.co.id/pesan/, order di eCommerce kesayangan kamu seperti di Shopee maupun di Tokopedia, atau kalau kamu si anti ribet club-club dan mau langsung order Sambal Ny. Rara tanpa harus mencari toko onlinenya, langsung aja order Sambal Ny. Rara via WhatsApp.

Siap-siap pilih dan rasakan semua varian Sambal Ny. Rara yang pedas nampol maupun pedas nagihnya! Saran saya sih, bisa langsung beli yang paketan, biar lebih hemat dan lebih puas! Hihihi..



Ref:

https://gangkecil.com/cartenius-van-der-meijden-nyonya-belanda-jago-masak-sambal-era-kolonial/

https://instagram.com/sambal.ny.rara



Posting Komentar

0 Komentar