Cara Merawat Sepatu dengan Benar, Biar Makin Awet



Cara Merawat Sepatu Biar Makin Awet

Sepatu merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk manusia. Selain berfungsi untuk melindungi kaki, sepatu juga sering menjadi penunjang penampilan seseorang dalam berbagai momen, mulai dari jenis sepatu sneakers, pantofel, boots, slip on, dan sebagainya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki hobi mengoleksi sepatu, akan sangat penting untuk kamu mengetahui cara merawat sepatu dengan benar dan tepat, supaya sepatu makin tahan lama.

Cara Merawat Sepatu dengan Benar

Berikut adalah beberapa tips merawat sepatu dengan benar dan tepat:

1. Perhatikan Bahan Sepatu

Macam-macam Bahan Sepatu

Cara merawat sepatu tergantung pada bahannya. Berikut beberapa contoh merawat sepatu sesuai bahan, antara lain:

Bahan Kulit: Gunakan pembersih dan pelindung khusus kulit untuk membersihkan dan melindungi sepatu. Hindari mencuci sepatu kulit dengan air sabun karena dapat merusak bahannya.

Bahan Kanvas: Sepatu kanvas dapat dicuci dengan air sabun dan sikat lembut. Hindari menjemur sepatu kanvas di bawah sinar matahari langsung, karena dapat memudarkan warnanya.

Bahan Suede: Sepatu suede perlu disikat dengan sikat khusus suede untuk mengangkat kotoran. Hindari terkena air karena dapat membuat suede basah dan rusak.

2. Simpan Sepatu dengan Benar

Rak Sepatu

Simpan koleksi sepatu kamu di tempat yang kering dan sejuk, jauh dari sinar matahari langsung dan kelembapan. Gunakan rak sepatu atau kotak sepatu untuk menjaga bentuk sepatu. Hindari menumpuk sepatu, karena dapat menyebabkan goresan dan kerusakan.

3. Bersihkan Sepatu Secara Teratur

Membersihkan Sepatu

Bersihkan sepatu secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu. Semakin sering sepatu dipakai, semakin sering pula perlu dibersihkan. Gunakan sikat lembut dan kain bersih untuk membersihkan sepatu. Sememtara untuk noda membandel, gunakan pembersih khusus sepatu.

4. Hindari Air Hujan dan Genangan Air

Sepatu Basah

Air hujan dan genangan air dapat merusak bahan sepatu. Hindari menggunakan sepatu saat hujan atau di tempat yang becek. Jika sepatu basah, keringkan dengan segera menggunakan kain lap. Hindari menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan bahan sepatu retak, cukup diangin-anginkan saja.

5. Rotasi Pemakaian

Rotasi Sepatu

Jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari. Berikan sepatu waktu untuk "beristirahat" agar bahannya tidak cepat rusak. Rotasi pemakaian sepatu juga membantu menjaga bau tidak sedap pada sepatu.

6. Gunakan Pelindung Sepatu

Pelindung Sepatu

Gunakan pelindung sepatu untuk melindungi sepatu dari air, kotoran, dan sinar matahari. Pelindung sepatu tersedia dalam berbagai jenis, seperti spray atau wax.

7. Lepaskan Sepatu dengan Benar

Sendok Sepatu

Saat melepas sepatu, jangan tarik tali sepatu dengan keras, atau menginjak bagian belakangnya. Sebaiknya, gunakan tangan atau sendok sepatu untuk membantu melepaskan sepatu. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada tali dan bahan sepatu.

Selain poin-poin di atas, kamu juga bisa menggunakan deodoran sepatu untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Mengganti sol sepatu juga termasuk penting jika sudah tipis atau aus. Atau, kamu bisa membawa sepatu ke tempat profesional untuk dibersihkan dan direstorasi secara berkala.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, sepatu kamu akan lebih awet dan makin nyaman dipakai. Sepatu yang terawat dengan baik juga akan terlihat lebih menarik dan rapi. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

28 Komentar

  1. Rotasi sepatu kayaknya nggak cucok buat adikku yang sekolah. Hehehe...

    Sepatu adikku cuma satu-satunya. Tapi, ada waktu istirahatnya sih.

    Pas hari sabtu dan minggu kan libur. Jadi, nggak dipake sepatunya.

    Bisa jadi waktu sepatu buat istirahat tuh.

    BalasHapus
  2. Kurang satu nih.. Belum ada tips merawat sepatu rajut. Sejauh ini sepatu jenis itu yang pas dan nyaman buat saya.

    BalasHapus
  3. Memang sepatu itu agak tricky ya penyimpanannya harus di tempat yang kering dan jangan lembab. Beberapa kali coba laundry sepatu juga untuk membersihkan tapi entah kenapa malah lebih bersih dicuci sendiri :')

    BalasHapus
  4. Benar nggak sih Mbak, sepatu itu nggak boleh dicuci pakai sabun dan air? Aku selama ini selalu cuci sepatu olahraga pakai sabun dan air, alhamdulillah baik-baik saja. Cuma pernah dengar katanya nggak boleh dicuci karena bisa cepat rusak.

    BalasHapus
  5. Iyaa Kak. Ternyata merawat sepatu gak hanya dengan dicuci. Tapi juga disimpan dengan baik. Disumpel kertas koran juga ga sih di dalamnya biar enggak kempes?

    BalasHapus
  6. Kalau koleksi sepatu tuh harus telaten merawatnya..karena setiap bahan caranya berbeda. Seperti sepatu kulit punya suami juga tuh yang paling susah, secara nggak boleh kena sabun harus memakai sikat khusus juga.

    BalasHapus
  7. Pantesan sepatuku cepat rusak, ternyata karena gak pernah di rotasi sepatunya.

    BalasHapus
  8. Saya pernah punya sepatu, Mbak. Saya belinya setelah menabung hehehe. Saking sayangnya, malah saya jarang pakai. eh, pas saya cek, sol sepatunya sudah rapuh dan hancur hehehe. terus itu memang banyak orang kebiasaan melepas sepatu dengan menginjak bagian belakang sepatu ya. padahal kalau di rumah bisa pakai sendok sepatu.

    BalasHapus
  9. Sepatu kain kalo kena air hujan emg susah banget sih ngeringin. Apalagi kalo musim hujan. Mknya harus punya sepatu cadangan biar kita ga repot cuci sepatu.

    Aku sih seminggu sekali cuci sepatu. Soalnya kadang gampang kotor. Untung ada cadangan, jd ga selalu cuci sepatu deh.

    BalasHapus
  10. Bagian yang hindari genangan air, sama daku malah daku terpaksa cemplungin dong kak huhu. Beneran jadi jebol sepatunya. Soalnya waktu itu memang kondisinya lagi hujan deras dan banyak genangan

    BalasHapus
  11. Sepatuku bahan kulit ini baru beli ee ada goresan gitu ngelupas, selama ini belum aku cuci, bearti cuci pake Air biasa tanpa sabun ya mba

    BalasHapus
  12. Kalau udah kena hujan dan atau genangan air, haduh, ngebersihinnya harus ekstra. Memang sebaiknya kalau bisa dihindari, ya, penggunaan sepatu di saat hujan atau becek

    BalasHapus
  13. Sepatu merupakan salah satu item fashion yang penting untuk menunjang penampilan dan kenyamanan. Namun, sepatu yang sering dipakai lama kelamaan bisa kotor, rusak, dan tidak nyaman digunakan.
    Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat sepatu dengan benar agar awet dan tahan lama.

    BalasHapus
  14. Sepatu saya bahan suede, jadi hanya perlu dilap saja ya, biar tidak cepat rusak. Penting banget sih untuk mengetahui tips merawat sepatu dengan benar, agar sepatu lebih awet lagi. Apalagi kalo harga sepatunya mahal, perawatannya juga mesti diperhatikan dengan baik. Makanya kalo di motor, saya selalu sedia sandal, kalo sewaktu-waktu hujan, saya ganti sepatu dengan sendal saja. Mantap pisan tipsnya Kakakkkkkk

    BalasHapus
  15. Baru tahu nih ada pelindung sepatu. Jadi ingat dulu zaman sekolah kalau musim hujan sepatu kudu dibungkus kresek dulu. Hahaha.

    BalasHapus
  16. makasih penjelasannya. ternyata banyak ya kak cara merawat sepatu biar awet. kalo selama ini molly sih cuci2 doang wkwk

    BalasHapus
  17. Pelindung sepatu ini aku baru tahu loh. Bisa dipakai nih untuk merawat sepatu-sepatu di rumah biar awet

    BalasHapus
  18. Membersihkan sepatu secara teratur menjadi salah satu cara agar sepatu tetap awet ya mbak

    BalasHapus
  19. Aku suka berselisih nih sama suami soal bersihkan sepatu. Dia tuh, main sikat aja sama sabun lalu jemur. Duh...belel kan.
    Aku sih, ke shoes laundry...wkwkwk. Lah, sayang kan, sneacker mahil iih...

    BalasHapus
  20. Yang punya sepatu, wajib nih baca artikel ini. Biar sepatu terawat dan awet. Kan eman-eman kalau tidak dirawat, bisa cepat rusak.

    BalasHapus
  21. Saya kalau lepas sepatu kadang sering main injek saja akhirnya belakangnya paling sering rusak, dengan baca ini jadi tau bagaimana merawat sepatu biar lebih awet

    BalasHapus
  22. Tricky banget memang kalau urusan ngebersihin sepatu. Harus tahu bahannya dulu biar gak gampang rusak. Pengalaman, punya sepatu kain, ku sikat, ancur deh wkwkw

    BalasHapus
  23. Ternyata sepatu malah sebaiknya nggak dipakai setiap hari biar si sepatunya punya jeda waktu istirahat ya. Jadi, lebih baik punya lebih dari satu sepatu dong ya? Nah, hujan sama genangan air nih yang kadang kalau di Bogor tuh susah dihindari. Jadinya kalau beli sepatu, aku cenderung dari bahan canvas biar mudah dicuci. Tapi ternyata nggak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung ya.

    BalasHapus
  24. Artikel ini cocok nih buat adekku. Dia suka ngoleksi sepatu, tapi juga sukaa banget nginjek bagian belakang sepatu. Dahlah, cape. Biar artikel ini aja yang berbicara, hehe. Thanks ya mbak sharingnya.

    BalasHapus
  25. Sendok sepatu ini memudahkan untuk lepas pakai sepatu ya, saya baru menyadarinya setelah membaca artikel ini, terima kasih remindernya

    BalasHapus
  26. bener banget sih kalo sepatu kulit gak boleh sembarang di cuci, beneran jadi kering kek kanebo, huhuh. aku pernah soalnya

    BalasHapus
  27. Whaaa pantes sepatu canvasku cepet banget pudar warnanya, ternyata gegara dijemur langsung di bawah sinar matahari padahal gaboleh ya buat yang bahan canvas

    BalasHapus
  28. Untuk merawat sepatu tuh harus perhatikan hal-hal di atas ya biar sepatunya awet lama. Sering kali aku suka lepas sepatu seenaknya, ini yang bikin sepatu lebih cepat rusak. Membersihkan sepatu juga gak boleh asal-asalan.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!