Jenis-jenis Game Berdasarkan Permainannya, Sudah Tahu Belum?



Jenis-jenis Game Berdasarkan Permainannya, Sudah Tahu Belum?


Gamers, mana suaranyaa!! Kamu udah tahu belum, kalau ada banyak jenis game berdasaran permainannya? Jadi, jenis game itu bukan cuma satu aja. Ada banyak jenis game yang bisa kamu pilih untuk dimainkan.

Saya sendiri juga sangatsengan bermain game. Tapi, bukan game yang terlalu berat kayak Mobile Legend, PUBG, or something like that. Saya lebih senang bermain game yang ringa-ringan aja, kayak Worm Zonw, Zombie vs Plants, Mario Bross, dan lain-lain.

Jenis-jenis Game Berdasarkan Permainannya

Bukan cuma satu jenis, game memiliki bermacam jenis genre yang bisa kamu pilih sesuai dengan kesenangan atau keahlianmu dalam bermain game. Berikut daftar jenis game yang bisa kamu pilih, antara lain:

1. Shooting (Aksi)

Shooting yaitu tembak-tembakan atau perkelahian, tergantung cerita dalam gamenya, sih. Bermain video game jenis ini memerlukan kecepatan yang refleks, koordinasi mata-tangan yang tepat, dan timing.

Contoh shooting games, Free Fire, Valorant, PUBG, dll.

2. Fighting (Pertarungan)

Sama seperti jenis shooting, hanya saja jenis game fighting lebih memerlukan hafalan gerak atau jurus, karena nggak menggunakan alat seperti pistol, tongkat baseball, dsb.

Contoh fighting games, Tekken, Mortal Kombat, Seri Street Fighter, Soul Calibur, King of Fighter, dll.

3. Adventure (Petualangan)

Melompat melewati sungai, masuk ke dalam gua, memanjat tebing, berayun dari pohon satu ke pohon lain, dan sebagainya, adalah beberapa aksi dalam game jenis petualangan, misinya bisa jadi untuk menyelamatkan putri, mengambil barang yang dicuri penjahat, atau sekadar mencari barang yang hilang.

Contoh adventure games, Grand Theft Auto, Tomb Rider dan Prince of Persia, dll.

4. Game Simulasi

Game simulasi ini dibuat layaknya seperti berada di dunia nyata. Misalnya, membangun rumah dan gedung-gedung disekitarnya, mencari dana untuk pembangunan, sampai mengatur kehidupan dalam satu wilayah atau kota yang sedang dibangun.

Contoh game simulasi, The Sims, Tamagotchi, Sim City, dll.

6. Role Playing

Game bermain peran ini memiliki banyak tokoh atau karakter yang bisa pemain pilih. Pemain bisa mengarahkan tokoh sesuai tujuan game itu sendiri.

Terkadang, karakter tersebut akan mendapatkan bonus berupa nyawa, senjata, atau kekuatan lain, jika berhasil melewati tantangan pada level tertentu.

Contoh role playing games, Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears, pengembang game asal Jepang biasanya memberikan karakter secara acak. Sedangkan pengembang game RPG Eropa, membebaskan pemain memilih karakter dengan jalan cerita sendiri secara non-linear, seperti Ultima, Never Winter Nights, baldurs gate, Elder Scroll, dan Fallout, dll.

7. Strategi

Strategi game, merupakan jenis game yang memerlukan refleks yang tidak terlalu cepat, hanya saja membutuhkan strategi yang matang. Dalam memainkannya membutuhkan keahlian berpikir serta gerakan yang dilakukan secara terencana dan hati-hati.

Jenis game ini, akan memberikan kendali penuh kepada pemainnya, baik individu mau pun kelompok. Terdapat berbagai karakterr sesuai dengan kemampuannya, hingga kendaraan dan bangunan-bangunan yang dapat dimiliki.

Selain itu, pemain dapat melihat dari sudut pandang secaraluas serta lebih ke depan dengan waktu permainan yang lebih lama dan santai daripada jenis game aksi. Permainan dalam jenis game ini biasanya berupa pembangunan, pembentukan pasukan sekaligus peletakannya, menghasilkan sumberdaya (minyak, kayu, uang, dll), sampai untuk mengupgrade bangunan, pasukan mau pun teknologi.

Contoh strategi game, Class Royale, The Battle for Polytopia, Plant vs Zombie, Vainglory, Star Command, Pandemic: The Board, dll.

8. Puzzle

Jenis game puzzle menjadi salah satu game terfavorit kalangan muda. Tipe game tentang menyusun balok, pemecahan teknologi, menyamakan warna-warna, dan lain sebagainya. Jenis game ini biasanya berbau petualangan dan edukasi.

Contoh game puzzle, Minesweeper, Tetris, Bomberman, Jigsaw, Bejeweled, Dinasty, Zuma, dll.

9. Simulasi Kendaraan

Jenis game simulasi kendaraan juga banyak diminati orang-orang, nih. Game ini memberikan interaksi sekaligus pengalaman secara dekat bahkan layaknya asli. Permainan ini sangat detil dan realistik.

Contoh game simulasi kendaraan, F1 2018, Car Mechanic Simulator, Bus Simulator, Train Sim World, Railway Empire, dll.

10. Olahraga

Bermain jenis game olahraga, akan menerjunkan kamu pada dunia game yang dibuat serealistik mungkin. Walau masih ada beberapa gane olahraga yang menambahkan unsur fiksi, misalnya NBA JAM.

Contoh game olahraga, seri FIFA, seri NBA,Lakers vs Celtics, Toby Hawk Pro Skater, John Maden NFL, dll.

Jadi, sekarang sudah pada tahu ya jenis-jenis game yang ada saat ini. Yang mana nih favoritmu? Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpaaa...




Posting Komentar

0 Komentar