Cara Mudah Menjual Karya Seni NFT, Check!

Pretty Black Cat

Cara Mudah Menjual Karya Seni NFT, Check!



Cara Mudah Menjual Karya Seni NFT, Check!

Pernah mendengar istilah NFT? NFT atau Non Fungible Token akhir-akhir ini memang sedang banyak diperbincangkan dikalangan anak muda zaman now, atau biasa disebut dengan Gen Y dan Gen Z. Apakah termasuk kamu?

NFT disebut-sebut bisa mendatangkan banyak cuan. Salah satunya jual beli NFT art yang saat ini paling banyak diminati kaum muda zaman now yang benar-benar memahami dan ahli dalam bidang seni digital. Bakalan keren lho kalau kamu tahu tentang hal ini.

Makin penasaran, apa sih sebenarnya NFT itu? Mari baca artikel ini sampai habis yaa..

Apa Itu NFT?

Cara Mudah Menjual Karya Seni NFT, Check!
Gambar: Kolase Seniman Digital Beeple


Secara garis besar, NFT atau Non Fungible Token, merupakan sebuah sertifikat kepemilikan terhadap suatu karya. Karya yang nantinya dapat diperjualbelikan resmi dan akan tersimpan pada blockchain (transaksi digital). Bentuk karya digital yang dimaksud bisa jadi item virtual video game, musik, karya seni, atau barang koleksi.

Sederhananya, NFT adalah sebuah karya digital yang bisa dimiliki atau diduplikasi secara massal. Namun, hanya kreator saja yang memiliki karya aslinya. Di sini, NFT juga berfungsi sebagai sumber informasi kepada siapa saja, untuk membedakan karya seni yang asli atau sekadar replika. NFT hanya bisa diperjualbelikan, dan bukan untuk ditukarkan. Karena tersambung langsung dengan blackchain yang tidak jauh beda dengan mata uang kripto.

Dikutip dari Coindesk, bahwa bukan tidak mungkin seorang gamer bisa menjadi si pemilik item dalam sebuah game, yang bahkan bisa mendapatkan pundi-pundi dari gamer tersebut. Mayoritas token NFT sendiri sudah dibuat menggunakan standar token Ethereum, yakni ERC-721 dan ERC-1155.

Beberapa waktu lalu, juga saya sempat melihat berita, bahwa ada sebuah video berdurasi 10 detik menggegerkan jagat maya, karena dijual seharga US$6,6 juta atau setara dengan Rp94,3 miliar.

Padahal sebenarnya, video tersebut dapat ditonton secara cuma-cuma. Video pendek tersebut lalu laku pada Oktober 2020, seharga US$67 ribu atau setara dengan Rp957,6 jutaan. Seniman digital dibaliknya adalah Mike Winkelmaan atau lebih dikenal dengan sebutan Beeple.

Wow, sekali bukan? Coba bayangkan jika kamu bisa membuat karya seni digital semacam itu, peluang untuk mendapatkan cuan pasti semakin besar.

Cara Mudah Menjual Karya Seni NFT

Supaya nggak penasaran seperti apa cara jual karya seni NFT, berikut ini adalah langkah-langkahnya, antara lain:

1. Pilih Blockchain yang memiliki fungsi sebagai penerbit, di mana nantinya akan digunakan seperti Polkadot, Tezos, Ethereum, dan Binance Smart Chain.

Saya akan mengambil contoh pada situs opensea,io yang merupakan platform terbesar pembuatan NFT.

Menuju situs opensea.io, lalu klik pada opsi 'My Profile' pojok kanan atas.

2. 'Sign Up', mulailah mengisi kelengkapan profil.

3. Kemudian pilih 'Create' pojok kanan atas, lalu klik 'My Collections'

4. Segera aktivasi dompet digital yang tersedia dalam situs Open Sea.

5. Saatnya 'Create New Collection', lalu 'Create' untuk melihat detail koleksi.

6. Klik 'Add New Item' untuk menambahkan karya baru dengan mengupload file video, audio, dan gambar.

7. Setelah itu, klik 'Create' agar karya seni dapat terbit di NFT.

Gimana, cukup mudahkan langkah-langkah menjual karya seni di NFT? Ohya, saat ini sudah ada toko mall yang jual beli NFT art, lho. Ada banyak karya-karya seni digital luar biasa yang pastinya bisa kamu pilih dengan harga yang bervariasi untuk menambah koleksi terbaikmu. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Selamat berburu karya seni NFT.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang jelas seputar NFT. Sampai jumpaa..





Ref:
https://bisnismuda.id/read/3766-yusuf-ridhwan/ini-cara-menjual-karya-seni-lewat-nft
https://my24hours.net/teknologi/cara-membuat-dan-menjual-karya-seni-nft-untuk-dapat-mata-uang-kripto
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210301184040-37-227031/geger-dunia-video-klip-10-detik-ini-terjual-rp-943-miliar


Posting Komentar

0 Komentar

Pembuatan Blog Murah!

Hobi nulis? Publikasikan tulisan pada personal blog dan hasilkan cuan dari blog mu sekarang!

Buat Blog di Sini !