Tips Seru Saat Earth Hour Berlangsung

Pretty Black Cat

Tips Seru Saat Earth Hour Berlangsung



Earth Hour, matikan lampu 60 menit

Tips Seru Saat Earth Hour BerlangsungEarth Hour, merupakan waktu di mana bumi sejenak merasa tenang dan tentram. Kenapa? Karena selama 1 jam, seluruh masyarakat dunia secara serentak akan mematikan lampu, untuk mendukung kelestarian bumi.

Kegiatan memadamkan lampu ini kurang lebih sama saat masyarakat Bali merayakan Hari Raya Nyepi. Hanya saja, berbeda pada jadwal dan berapa lamanya lampu wajib dipadamkan. Kalau di Bali, wajib memadamkan lampu selama 24 penuh, yang dimulai dari pukul 6  pagi ke pukul 6 pagi lagi. Selain itu, akses internet juga akan dinonaktifkan selama meNyepi.

Jujur, saya sih senang ya kalau saat meNyepi itu datang. Karena memang hawanya beda, lebih adem, apalagi kalau malam hari, kita bisa melihat bintang-bintang dengan mata telanjang. Karena memang penerangan cuma cuma bulan dan bintang (kecuali di dalam rumah, pasti pake lilin, hihi).

Sejarah Singkat Earth Hour

Kegiatan global Earth Hour ini sebenarnya dicanangkan sejak Maret 2007, oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dan Leo Burnett yang merupakan agen periklanan wilayah Sydney. Waktu itu, terjadi obrolan panjang antara keduanya. Di mana, warga Australia sadar akan perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun belakangan. Kegiatan ini lantas disetujui oleh wali kota Sydney, Clover Moore.

Awalnya, hanya sekitar 2,2 juta penduduk Sydney yang berpartisipasi untuk memadamkan beberapa lampu yang tidak digunakan. Setelah itu, barulah kabar ini menyebar ke kota-kota di seluruh dunia pada 28 Maret 2008, yang dimulai dari pukul 20.00 sampai 21.00 waktu setempat. 

Dampak Positif  Selama Earth Hour

Beberapa dampak negatif dari kerusakan bumi sepertinya semakin hari semakin kita rasakan ya. Seperti, konsumsi bahan bakar fosil dengan kecepatan tinggi, pemanasan global, perubahan iklim, penimbunan limbah, penebangan hutan secara liar, pencemaran air, polusi udara, dan masalah lain yang terjadi pada bumi ini.

Cukup mudah sebenarnya untuk terlibat dalam program Earth Hour ini, yaitu dengan mengurangi jejak karbon secara berkesinambungan. Serta berperan aktif dalam perubahan lingkungan, mulai aja dulu dari lingkungan sekitar. Menularkan kegiatan lingkungan sehat kepada warga sekitar.

Pada Earth Hour ini, adalah kesempatan emas untuk kita lebih memperhatikan bumi dan merupakan langkah tepat untuk melestarikannya. Kegiatan ini tidak akan berjalan apabila tidak adanya kesadaran dalam diri masing-masing. Untuk itu, sepanjang tahun akan ada banyak komunitas di Earth Hour yang membantu mempromosikan dan mengedukasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Ikut Berpartisipasi Dalam Earth Hour, Yuk!

Tak bisa dipungkiri, isu pemasanan global semakin menajdi belakangan ini. Termasuk beberapa bencana alam yang terjadi di berbagai daerah. Pastinya hal ini akan berdampak pada banyak aspek, seperti sosial, ekonomi, ekologi dan juga kesehatan.

Earth Hour kali ini akan diadakan pada Sabtu 27 Maret 2021 pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat. Bahkan dibeberapa lokasi di Indonesia juga turut berpartisipasi dalam program Earth Hour secara daring, yang berpusat di Bandung, Jawa Barat, bersama dengan 190 negara di dunia, dengan 2000 volunteer dari berbagai negara. Ini adalah kesempatan kita sebagai manusia untuk sama-sama menjaga bumi, untuk lebih perhatian kepada bumi tempat kita berpijak. Kalau kita baik pada bumi, pasti bumi akan jauh lebih baik pada kita, benar nggak?

Lakukan Hal Seru Berikut Selama Earth Hour

Dari pada bingung bengong nggak jelas selama 60 menit earth hour berlangsung, mending lakuin hal menyenangkan di bawah ini, supaya 60 menit Earth Hour kamu nggak sia-sia, hehe..

Yuk, simak ke lima poin berikut, antara lain:

1. Nyalakan lilin

Layaknya waktu mati listrik, lilin adalah sumber penerangan utama disaat gelap. Nah, saat Earth Hour ini, kamu juga bisa menggunakan lilin. Tapi, tetap hati-hati ya, jauhkan dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan, dan juga letakkan di tempat yang aman.

Kamu juga bisa memakai lilin aroma terapi Supaya dalam gelap kamu bisa merasa lebih tenang dengan menghirup aroma segar nan lembut dari lilin.

2. Simpan Gawai Sejenak

Hei! Ini Earth Hour, coba silent sejenak smartphone dan segala macam gadget kamu, jangan dulu deh iseng tanya Veronika asisten virtual, kurang kerjaan jugaaa.. Yuk, hirup udara segar dengan duduk di teras bersama keluarga atau pasangan. Atau bisa juga menyalakan beberapa lilin di halaman rumah dengan membentuk angka 60, kan lucu, hihi.. Habis itu, langsung abadikan moment tahunan tersebut.

3. Kumpul Keluarga

Satu jam lebih dekat, duh udah kayak judul acara talk show aja ya, haha.. Nggak apa-apa dong, selama 60 menit ini kamu juga bisa lebih dekat dengan keluarga atau pasangan. Berbagi cerita-cerita seru selama saling membersamai, bicara dari hati ke hati, sampaikan uneg-uneg kamu, intinya jadi curhat sih ya, haha.. Ngapai aja deh, yang penting bisa lebih dekat sama orang-orang tersayang. So sweet..

Nah, buat kamu anak rantau, ngumpul bareng teman-teman dekat juga nggak masalah. Seru-seruan, 60 menit pasti terasa cepat berlalu.

4. Nikmati Pemandangan Langit Malam

Nggak harus ke tempat yang jauh, kamu masih bisa menikmati pemandangan langit malam penuh bintang, sambil menikmati beberapa camilan dan minuman hangat, duh, pasti seru tuh.. Atau kalau kamu punya teleskop atau kamera, coba potret suasana langitnya.

Tapi kalau langit lagi nggak berbintang, paling tidak kamu bisa menikmati udara malam yang sejuk, asal jangan hujan aja deh ya, mending diem di rumah sih kalau gitu, hihi..

5. Makan Malam Bersama

Lebih dekat dengan keluarga atau bersama pasangan, kamu bisa menikmati 60 menit kamu dengan makan malam bersama mereka. Karena banyak yang bilang, waktu berkumpul terbaik bersama keluarga adalah disaat makan. Kenapa begitu? Karena pasti akan terjadi obrolan seru. Misalnya menceritakan kegiatan selama satu harian, atau cerita seru lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Walaupun terkadang, menu yang dihidangkan terasa biasa (tapi tetap enak), namun kebersamaan dengan keluarga atau pasangan adalah hal terpenting.

Yups, itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama Earth Hour. Boleh dong tambahin di kolom komentar kegiatan apalagi yang bisa bikin seru selama 60 menit. Setelah terjelaskan sejarah singkat, dampak positif, dan manfaat yang diberikan saat Earth Hour, semoga selama 60 menit ini kita bisa membebaskan bumi dari energi-energi panas yang membahayakan atau semacamnya ya. Naudzubillah, semoga kita selalu dalam lindunganNya, aamiin..

Buat yang baru tau Earth Hour, yuk mulai dari tahun 2021 ini di 27 Maret, kasih waktu 60 menit aja untuk membebaskan bumi dari kondisi yang tidak baik. Semoga program baik dari Earth Hour ini akan terus di lakukan setiap tahunnya ya, dan perlahan-lahan akan menjadikan bumi semakin baik Selain itu, semakin banyak pula orang-orang yang berpartisipasi untuk menjaga, merawat, dan melestarikan bumi.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..


Ref:
https://bit.ly/3dfLBLE
https://bit.ly/3cotR1A
https://bit.ly/2Pum5dw

Gif: canva


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Haii mbak, apa kabar nih..
    Dulu, kampanye ini sering aku saksikan di tv. Tapi udah lama dan jarang pula sih. Akhirnya diingatkan lagi dari blog Mbak.
    Btw, ternyata semalam yaa event nya, udah lewat dong 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, Do, sehaaat!

      Ini aku yg telat mengingatkan apa kamu yg telat baca ya, wkwk..

      Yowis, ditunggu aja eventnya tahun depaaan :D

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Pembuatan Blog Murah!

Hobi nulis? Publikasikan tulisan pada personal blog dan hasilkan cuan dari blog mu sekarang!

Buat Blog di Sini !