Tips: Hilangkan Jenuh Saat Menulis



tips hilangkan jenuh saat menulis

Tips: Hilangkan Jenuh Saat Menulis - Jujur, merasa 'tertampar' sih waktu ide judul ini muncul dalam otak, haha.. Pasti wajar ya rasa bosan, jenuh, malas, gabut, yang timbul begitu saja di sela-sela deadline menulis. Entah itu nulis cerpen, puisi, novel, artikel berfaedah daaan sebagainya.

Ada banyak cara sebenarnya untuk menghilangkan rasa-rasa tak enak itu. Tapi saya pilih beberapa aja yang terbukti ampuh mengatasi kebosanan dan kawan-kawannya tersebut. Cekidot!

1. Ingat Tujuan Awal

Tips manjur hilangkan jenuh saat menulis

"Innamal A’malu Binniyat", setiap amalan tergantung niatnya. Nah, coba ingat-ingat lagi apa niat kamu untuk menulis blog (contoh blog aja ya). Apakah memang karena menyalurkan hobi, ya dari pada bengong nggak jelas, mending mengarang bebas atau nulis kisah-kisah yang pernah kamu alami. Jadi ada aja yang di kerjain, karena kamu ingat tujuan awal menulis untuk apa. Kalau perlu, tulis tujuan kamu kedepan, pakai huruf kapital juga boleh, biar jelas, terus tempel didinding, dekat pintukah, ditembok kamarkah, pastikan tulisan itu selalu kamu lihat setiap harinya.


2. Menulis Hal yang Diminati

Menulis minat dan bakat


Yakinlah, cara ini dijamin ampuh untuk membuatmu semangat menulis. Karena kamu menulis apa yang kamu senangi. Bukan ikut-ikutan, sok-sok-an ngikutin trend. Sebenarnya nggak masalah sih, tapi akhirnya kamu bakal susah sendiri deh nanti, karena kamu seolah menjadi orang lain. Just be your self.

3. Paksakan Diri atau Tinggalkan

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis dan deadline

Kalau kamu ingat tujuan awal menulis, kamu akan berada pada posisi yang serba salah. Misalnya, kamu ingin mencapai tujuan tersebut, tapi terhalang dengan pikiran yang bilang 'capek', naah di sini saatnya kamu memilih antara memaksakan diri atau meninggalkan tujuan awal tadi. Butuh semedi sih cara satu ini, haha..

4. Mengarang Bebas

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis deadline

Stuck, racun satu ini bisa menyerang otakmu secara tiba-tiba. Jadi, jangan biarkan dia berkembang, haha.. Tulis aja apa yang kamu ingat, misalnya selama satu harian ini kamu ngapain aja, curhat juga nggak apa-apa kok. Asal ada aja yang kamu tulis.

5. Bacalah

Jangan malas membaca. Cari referensi dari orang lain. Tapi jangan 'njiplak' ya, gabole itu sih. Cara ini akan membuat semangat menulismu kembali lagi. Dan cobalah berpikir agar tulisanmu bisa lebih baik dari referensi tsb.

6. Buat Jadwal Baru

Atur jadwal menulismu. Misalnya dalam satu hari kamu hanya akan menulis sekitar 1 - 3 jam saja. Tapi benar-benar targetkan bahwa dalam waktu singkat itu, kamu bisa menghasilkan setidaknya satu tulisan.

7. Suasana Baru

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis

Jika kamu bosan dengan menulis di atas meja belajar dengan satu lampu belajar yang menyala, pergilah keluar, cari tempat yang menurutmu nyaman dan berpotensi untuk menimbulkan cerita-cerita yang fresh dan orisinil. Seperti taman, coffee shop atau bahkan lesehan diteras rumah.


8. Coklat dan Es Krim

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis

Dua hal enak tsb bisa jadi menaikkan mood kamu lho. Karena rasa manis yang terkandung dalam keduanya sangat baik untuk mengembalikan mood-mu.


9. Minta Saran

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis
Jika kamu punya komunitas blog, atau yang dekat dulu aja deh, sama sahabat misalnya. Kamu bisa minta pendapat mereka tentang ide apa yang bisa mereka berikan untuk kamu tulis.


10. Reward

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis
Terkadang kita lupa sudah sejauh apa perjuangan kita dalam menulis. Yang pada akhirnya terlalu memforsir diri sendiri untuk selalu bekerja memaksakan otak berpikir. Jadi, selalu sempatkan untuk memberi penghargaan kepada diri sendiri. Misalnya aja melakukan sesuatu yang paling disukai atau pergi ke suatu tempat bersama orang-orang tersayang. Percayalah, akan ada mood-booster yang timbul.

11. Berdoa

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis
Cara terbaik untuk menghilangkan berbagai rasa gundah gulana ya dengan berdoa. Meminta pertolongan padaNya agar selalu diberikan kelancaran dalam menulis serta dimudahkan pemikiran dan dijauhkan dari rasa jenuh yang berkepanjangan.

12. Lupakan Sejenak

Tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis
Lupakan sejenak semua hal tentang menulis selama satu hari penuh dan jangan coba-coba melihatnya, mengintip sekalipun. Tenangkan pikiranmu. Tarik napas dalam lalu hembuskan. Biarkan dirimu tenang, bersantailah sejenak. Dan jika perasaanmu kembali pulih selama seharian penuh, setelahnya kamu boleh memulai lagi untuk menulis.

Itu aja deh tips nya ya. Semoga berfaedah. Ayo semangat menulis.. Sampai jumpaa..

Gif: tenor.com


Posting Komentar

12 Komentar

  1. Waah, ini tips yg lengkap mba buatku. Hal-hal yg biasanya aku lakuin kalau lg bosan atau bingung menulis ada disini, kayak nulis hal yg diminati, makan coklat atau es krim (lebih seneng es krim sih karena dingin maknyus gitu wkwk), blogwalking buat cari referensi, mengarang bebas, kasih reward, sama suasana baru (skrg lg seneng nulis di tempat terbuka sambil ngupi santuy jiaah gayak kali memang), dan yg terakhir tentu saja melupakan haha.

    Soalnya part melupakan buat aku justru malah bikin kita cepet kangen sama nulis. Apalagi kalau lupa nya itu diisi dengan blogwalking, pasti ada aja ide baru kak. Kalau dipikir-pikir, toh banyak bgt hal di sekitar kita yg bisa jadi tulisan. Tapi aku kok dulu kayak susah cari bahasan wkwk, gak taunya emg terlalu ideal aja🤦🏻‍♀️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Kayak yg aku tulis ini sebenernya juga muncul gitu aja lho idenya, wkwk..

      Kalo aku dulu malah fokusnya cerpen sama puisi, jadi kalo nggak ada ide, ya mandek, stuck, males, laah.. Baru 2 tahun terakhir ini aja mulai nulis acak, ikut lomba, dan cerpen puisi nya masih konsisten dong, walau udah nggak sesering dulu postnya, malah sering up-in cerpen-cerpen lama, biar nostalgia (eh, padahal biar ada aja yang di post, wkwk)

      Aku juga suka lho sama tulisan kamu, apa ya, kek memang kejadian yang sering kita alami aja gitu, hihi..

      Hapus
  2. Kalau buat saya, jenuh saat menulis sih tidak terlalu, tapi jadi malas pas inspirasinya sudah kosong banget.
    Untuk coklat, itu entah kenapa memang fakta buat saya. Otak suka segar kalau habis makan coklat. Saya suka coklat. He

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti, kalo lagi males nulis, mending makan coklat dulu, biar mood dan ide nulisnya balik :D

      Hapus
  3. kalau aku seringnya mood nya tiba-tiba ilang Kak, padahal ide udah bertebaran di kepala, pas nulis blank dan kepikiran lain tambah lemes deh nulisnya, scroling-scroling Hp atau buka medsos makin jadi deh malesnya ... hihi dasar aku. Tapi beberapa tips dari Kakak ini berguna banget juga buat aku yang mood menulisnya suka ilang, terutama mesti berdoa, inget tujuan awal, paksakan atau tinggalkan, reward ... Makasih Kak tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama :D

      sebuah kewajaran yang dirasain penulis ya, hihi..

      semangat!

      Hapus
  4. Menulis yang diminati itu tips manjur buat aku mbak. Jari2ku langsung menari di atas keyboard. Gak peduli sama sekeliling. Yang biasanya bikin agak lambat tempo menulis karena menulis buat orang lain. Ada topik dan syarat tertentu, jadi harus benar2 dipikirkan. Nah proses mikir ini yang suka bikin malas, wkwk. Jadinya ditunda2 sampai deadline tiba hahaha tak patut lah 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhu.. persis. sekarang di draft aja masih ada 3 tulisan gantung, wkwk.. memang nggak ada deadline sih, jadi santai, eh males sih sebenernya :))

      aku juga gitu sih, kalo bikin puisi sama cerpen rasanya ngalirrr aja, kalo lagi mood juga tetep, wkwk..

      ah dasar kita..

      Hapus
  5. halo mba.
    kayaknya saya pertama kali blogwalking ke sini ya.
    keren blognya. tapi tidak sehat di kuota, karena banyak gif (gambar bergerak). hehe. itu menurut saya sih

    saya pribadi sedang menetapkan lagi tujuan/motivasi menulis. soalnya sering banget menunda-nunda. ampun deh diri ini. ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. monmaap mbak Mirna. tapi udah saya kompres kok sebelum di post :D Kunjungan pertama kuota langsung terkuras ya mbak, hihi..

      hayo hayo, semangat nulis mbak Mirnaa :D

      Hapus
  6. hihihihi menulis yang disukai, itu udah paling manjur deh.

    Kalau saya pas bosan, buka laptop, buka dashboard, trus nulis aja gitu di dashboard, tanpa judul, jadi judulnya terakhir setelah saya selesai menulis apa yang saya sukai dan pikirkan :D

    tapi itu bisanya di blog lain sih, karena blog utama saya tuh udah ada tema hariannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, tiada kata jenuh dalam kamus hidup ya mbak Rey, haha..

      Apa itu jenuh? Jaripun mengetik dengan lancar di keyboard, wkwk..

      Pasti ngelola banyak blog ya mbak? Duh, saya satu aja kadang males, gimana lagi banyak, emang tergantung orangnya sih yak, hihi..

      Hapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!