Tips Membangkitkan Selera Makan Anak. Sstt.. Boleh Sedikit Memaksa

Blooming Sparkly Red Rose

Tips Membangkitkan Selera Makan Anak. Sstt.. Boleh Sedikit Memaksa



tips ampuh untuk anak yang susah makan

Tips Membangkitkan Selera Makan Anak. Sstt.. Boleh Sedikit Memaksa - Halo semua. Sebagai orangtua yang memiliki balita, masalah susah makan selalu saja bikin stres. Padahal di usia itu, anak sangat butuh asupan gizi yang seimbang. Hal tersebut bisa saja menjadi pemicu terhambatnya pertumbuhan anak.

Saya sempat mengalami masa-masa itu. Bermula saat bang Rasyiid usia 1 tahun. Berat badannya susah sekali bertambah. Nafsu makannya juga berkurang. Saya juga sempat memberinya vitamin penambah nafsu makan, tapi hasilnya nihil. Saya berpikir, dia masih beradaptasi dengan rasa makanan yang masuk ke mulutnya. Waktu itu memang belum berubah banyak sih dengan nafsu makannya. Lagipula, dia juga nggak bisa lepas dari susu. Syukurnya saya punya pengalaman memberi susu formula pada anak yang nggak terlalu banyak drama.

Tapi saya nggak berputus asa, saya tetap mencari solusi agar nafsu makan anak saya kembali normal. Saya selalu bikin menu yang bervariasi untuk bang Rasyiid. Saya tetap berusaha agar perutnya tetap terisi nasi atau makanan yang mengandung kalori, seperti kentang, dan singkong atau sayuran seperti brokoli.

Alhamdulillah, makin kesini, mungkin lidahnya sudah bisa beradaptasi dengan makanan-makanan tersebut. Sampai di usianya yang 4 tahun ini, nafsu makannya semakin bertambah. Pernah beberapa kali kumat lagi, karena sakit. Butuh perjuangan juga setelah itu.

Nah, dari cerita singkat saya tadi, saya mau berbagi tips nih, agar nafsu makan anak kembali normal. Check this out!

1. Membuat variasi menu

Cukupkan gizi yang seimbang pada menu makanan anak. Buat menu yang bervariasi agar anak nggak bosan dengan menu yang itu-itu aja.

2. Perlu sedikit memaksa

Adakalanya anak perlu dipaksa agar mau makan. Tapii.. Memaksa dengan cara sabar. Beri tahu anak bahwa ia butuh energi untuk main. Atau bisa makan sambil memainkan mainan kesukaannya. Lambat laun tanpa sadar anak akan menghabiskan makanannya, trust me!

3. Makan bersama

Cobalah untuk mengajak anak makan bersama anggota keluarga lain, atau mungkin teman sepermainannya. Kadangkala cara ini berhasil lho untuk bikin anak nafsu makan.

4. Porsi yang secukupnya

Makan sedikit tapi sering, akan lebih baik dari pada makan banyak tapi cuma satu kali. Beri porsi yang secukupnya agar anak nggak bosan, dan dengan lahap menghabiskan makanannya.

5. Atur waktu

Makan 3 kali sehari, sepertinya cara itu boleh agak dikesampingkan sejenak ya. Lanjutan dari poin sebelumnya, jangan terlalu mengatur jadwal makan anak. Disaat anak melakukan banyak aktivitas, sebenarnya ini adalah kesempatan untuk orangtua agar memberikannya makan sesering mungkin. Tapi tetap dengan jarak yang agak longgar, misalnya 2-3 jam.

Oke baiklah. Cara-cara di atas adalah pengalaman saya sendiri ya dalam menghadapi anak susah makan. Mungkin agak anti-mainstream, haha.. Silakan dipraktekan, nggak juga nggak masalah, hehe..

Tapi hasil dari anak saya sih, tanpa kita mengajak atau menyuruhnya makan, dia akan bilang sendiri kalau dia udah ngerasa lapar. Anyway, tetap balik lagi ke masing-masing anak dan orangtua ya. Sebenarnya memang tergantung dari apa yang dihadapi. Jadi, pandai-pandainya orangtua aja. Itu sih..

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa..

Gif: tenor.com


Post a Comment

4 Comments

  1. Aku belum punya anak karena belum nikah juga sih kak jadi belum bisa ngerasain gimana susahnya beri makan anak, paling liat keponakan aja dan keliatannya emg repot ya😂 Mudah2an suatu saat kalau sudah berkeluarga aku bisa balik lagi ke post kak Rizky ini terus dapet tips2 jitu deh! yuhu😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. Bisa aja kamu yak. Aku dulu juga belajarnya dari keponakan, yang luar biasa susahnya kalo makan, hah, ampun deh.. Memang harus ibunya sendiri yang turun tangan.

      Semoga disegerakan ya Awl, hihi..

      Delete
  2. hu hu, pernah di masa anak susah makan, Mam. Tepatnya makannya lama. Tapi efektif banget sih emang ya kasih makan sedikit aja biar cepat habis, baru nanti makan lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. permasalahan semua mam sih, hehe..
      iya mbak bener, daripada ambil banyak tapi nggak abis, eh malah emaknya yg makan :D

      Delete

Sponsored by Bali Digital Marketing Agency

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.