Hidden Gems di Bali: Buat Libur Lebaran Makin Berkesan



Hidden Gems di Bali: Buat Libur Lebaran Makin Berkesan


Matahari Bali bersinar terang, pantai-pantai yang indah dan kafe yang trendi selalu ramai pengunjung. Tapi tahukah kamu, ada sisi lain Pulau Dewata yang belum tersentuh keramaian, lho?

Di sini tersimpan hidden gems di Bali yang menawarkan keindahan alam yang masih asri, budaya yang otentik, serta pengalaman yang tak terlupakan.

Mau sejenak lepas dari hingar bingar aktivitas seharian? Yuk, intip tempat-tempat wisata di Bali yang masih belum terjamah banyak orang berikut ini!

Hidden Gems di Bali: Buat Libur Lebaran Makin Berkesan

Supaya libur Lebaran kamu dan keluarga terasa lebih berkesan, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang disebut-sebut sebagai hidden gems di Bali, catet ya!

1. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala Bali

Air Terjun Banyumala, juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Kembar Banyumala, adalah air terjun cantik yang terletak di Bali Utara.

Daya tarik wisata Air terjun Banyumala memiliki pemandangan yang eksotis dan asri. Terdiri dari tiga aliran air, dengan air terjun utama berada di tengah yang diapit oleh dua air terjun yang lebih kecil di kanan kirinya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang sangat jernih. Saking jernihnya, saat terkena cahaya matahari, airnya bisa terlihat berwarna safir. Di bawah air terjun terdapat kolam alami dengan kedalaman sekitar 2 meter yang cocok untuk berenang.

Lokasi Air Terjun Banyumala berada di Banjar Asah Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi ini bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Canggu dan sekitar 1 jam 30 menit dari Ubud.

Akses perjalanan menuju Air Terjun Banyumala dari Bedugul cukup mudah. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati tempat wisata populer seperti Gerbang Handara dan Wanagiri Hidden Hills.

Tiket masuk untuk pengunjung lokal Rp20.000 dan turis mancanegara Rp30.000.

2. Bukit Asah


Bukit Asah Bali


Daya tarik Bukit Asah adalah pemandangan laut biru yang menakjubkan dari atas tebing yang menjulang tinggi dan pulau kecil di depannya. Area perkemahan dengan suasana tenang dan asri di Taman Harmoni Bali.

Bukit Asah juga cocok untuk menikmati sunrise dan sunset yang indah. Akses jalan menuju Bukit Asah cukup mudah dilalui.

Harga tiket masuk ke Bukit Asah cukup Rp5.000 saja.

Rute yang bisa dilalui menuju Bukit Asah, dari Denpasar, ikuti jalan By Pass Ida Bagus Mantra menuju Karangasem. Sesampainya di Karangasem, ikuti petunjuk arah menuju Desa Bugbug. Dari Desa Bugbug, ikuti jalan menuju Bukit Asah.

Bukit Asah berlokasi di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

3. Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk Bali

Campuhan Ridge Walk adalah salah satu jalur pendakian paling populer di Bali. Memiliki trek indah di sepanjang garis batas di atas lembah hijau subur yang indah.

Lokasi Campuhan Ridge Walk terletak di Ubud, Bali Tengah, dekat dengan Pura Gunung Lebah Temple. Jalur ini melewati sawah lokal, deretan pohon palem dan tanaman tropis.

Daya tarik utama Campuhan Ridge Walk adalah pemandangannya yang menakjubkan. Dari punggung bukit, kamu dapat menikmati pemandangan lembah Sungai Wos yang subur, pesawahan berunduk, dan Gunung Agung yang megah di kejauhan. Jalur ini juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat flora dan fauna Bali, termasuk berbagai macam burung dan kupu-kupu.

Berlokasi di Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, untuk masuk ke Campuhan Ridge Walk kamu cukup membayar parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

4. Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang Bali

Wisata Hidden Canyon Beji Guwang di Bali adalah ​​objek wisata alam yang menawarkan keindahan ngarai tersembunyi berupa lembah yang dalam dan sempit. Ngarai ini terbentuk akibat erosi aliran sungai yang terjadi ratusan atau ribuan tahun yang lalu.

Hidden Canyon Beji Guwang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari kota Gianyar atau sekitar 14 kilometer dari kota Denpasar. Karena lokasinya yang tersembunyi, tempat wisata ini belum banyak diketahui wisatawan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Hidden Canyon Beji Guwang antara lain trekking, cliff jumping, dan berenang. Namun, perlu diperhatikan bahwa wisata ini membutuhkan stamina yang cukup baik, karena pengunjung harus berjalan kaki melalui medan yang cukup sulit.

Harga tiket masuk ke Hidden Canyon Beji Guwang Bali bervariasi tergantung pada jumlah pengunjung dan paket yang dipilih. Ada Paket Individual mulai dari Rp240.000/orang, Paket Keluarga Rp600.000/5-8 orang, dan Paket Grup mulai dari Rp900.000/9-12 orang.

Harga tiket sudah termasuk, handuk, welcome drink, pemandu lokal, asuransi, pajak, dan voucher makanan.

5. Kelingking Beach

Kelingking Beach Bali


Kelingking Beach atau Pantai Kelingking adalah salah satu pantai di Bali yang terletak di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Pantai ini terkenal dengan tebingnya yang berbentuk seperti jari kelingking.

Daya tarik utama di tempat ini adalah Tebing Kelingking yang memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Pemandangan dari atas tebing ini sangat indah dan menakjubkan.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, sehingga sangat cocok untuk berenang, berjemur, dan bersantai.

Selain itu, di sekitar Pantai Kelingking terdapat beberapa gua yang dapat dijelajahi. Gua-gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Pengunjung juga dapat melihat laut lepas, tebing-tebing yang tinggi, dan pulau-pulau kecil di kejauhan.

Terdapat spot foto yang sangat populer di sini yang harus kamu coba. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang tebing dan laut yang indah.

Harga tiket masuk Kelingking Beach hanya Rp. 10.000. Sementara itu, biaya parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000.

Cara menuju lokasi jika kamu dari Bali, kamu dapat naik perahu dari Padang Bai atau Sanur ke Nusa Penida. Setelah sampai di Nusa Penida, kamu bisa naik ojek atau menyewa sepeda motor untuk menuju Pantai Kelingking.

Sementara jika dari Lombok, kamu dapat naik perahu dari Bangsal ke Nusa Penida. Setelah sampai, lanjut naik ojek atau menyewa sepeda motor.

Tips Saat Berwisata ke Bali

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di atas, ada baiknya kamu ikuti tips berikut ini:

~ Jangan lupa abadikan momen dengan berfoto ditempat-tempat yang menarik.

~ Pastikan menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

~ Pastikan mengawasi anak-anak dan jangan biarkan bermain terlalu jauh.

~ Ikuti segala aturan yang ada di tempat wisata tersebut.

Gimana, sudah tentukan tempat wisata libur lebaran dan siapkan budget? Semoga bermanfaat dan selamat berlibuuuur!


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Cuma klingking beach yg paling terkenal, eh ama campuhan sih. Lainnya aku ga pernah denger mba. Cantiiiiik banget 😍😍😍. Kadang yaa kepengin juga tempat2 ini ttp seperti skr, hidden dan sepi. Supaya ttp cantik natural. Kangen ke Bali lagi. Ntr mau datangin yg hidden spot begini

    BalasHapus
  2. senengnya kalau liburan di Bali adalah banyak banget wisata alamnya yang bagus dan ada juga beberapa yang hidden gem. Ini yang bikin wisatawan penasaran buat mengunjunginya

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!