Peralatan Penting untuk Buka Bengkel Bubut



bengkel bubut perlu memiliki alat cutting plasma

Memulai bisnis manufaktur, terutama bengkel mesin bubut, maka penting untuk mengetahui berbagai peralatan atau komponen yang dibutuhkan. Memiliki pemahaman tentang mesin bubut akan sangat bermanfaat, seperti pengoperasian mesin bubut dan perawatan yang tepat.

Namun, sebelum mengetahui apa-apa saja peralatan penting untuk buka bengkel bubut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu fungsi mesin bubut dalam industri manufaktur. Mari baca artikel ini sampai akhir.

Fungsi Mesin Bubut

mesin bubut CNC LATHE MACHINE L33 B1338 1005344410053444
CNC LATHE MACHINE L33 B1338 10053444


Mesin bubut merupakan salah satu yang terpenting yang digunakan dalam industri manufaktur, di mana alat ini akan melakukan berbagai proses pembentukan dan pemotongan beragam material menggunakan teknik cutting plasma maupun MMA welding (Manual Metal Arc) yang memiliki presisi tinggi. Mesin bubut akan bekerja dengan prinsip memutar material sekaligus menggunakan alat potong sesuai bentuk yang diinginkan.

Mesin bubut adalah mesin produksi yang penting dalam pembentukan komponen presisi dalam berbagai industri, seperti pesawat terbang, otomotif, peralatan medis dan sebagainya. Sementara itu, fungsi dari mesin bubut sendiri adalah melakukan rotasi material spindle serta memahat dengan kecepatan yang telah diatur, dengan tujuan mengurangi material berlebih, sehingga mencapai menghasilkan bentuk dan ukuran material yang sesuai.

Selain itu, penggunaan mesin bubut juga bisa dikombinasikan bersama alat lainnya, seperti las mig. Las MIG adalah, Metal Insert Gas yang merupakan teknik penyambungan material logam menjadi satu dengan metode pencairan, sehingga mampu menghasilkan bentuk potongan yang presisi, karena komponen penyusunnya bekerja secara sinergis.

Adapun keunggulan mesin bubut yaitu dapat secara maksimal menghasilkan material dengan bentuk dan ukuran presisi serta menghasilkan permukaan yang halus. Oleh karenanya, mesin yang juga biasa disebut mesin plasma ini, menjadi pilihan tepat bagi sektor industri yang mengutamakan kualitas sekaligus ketelitian proses produksi.

Peralatan Penting untuk Buka Bengkel Bubut

Beragam Peralatan untuk Buka Bengkel Bubut


Setelah mengetahui fungsi utama mesin bubut, berikut berbagai komponen atau peralatan untuk buka bengkel bubut yang harus diketahui, antara lain:

1. Bed

Komponen mesin bubut satu ini berfungsi menekan gaya yang dihasilkan dari proses operasi mesin bubut. Selain itu, bed juga mampu menangani beban berat benda kerja secara stabil.
Peran bed juga penting sebagai tempat pemasangan berbagai komponen mesin bubut atau las bubut, seperti headstock, carriage, tailstock, dan sebagainya.

Bed juga harus memiliki kualitas dan kekuatan, karena akan menahan beban dan getaran selama mesin bubut bekerja. Oleh sebab itu pula, bed terbuat dari bahan khusus dengan ketahanan dan kekuatan yang tinggi, layaknya baja atau bahan lain yang sejenis.

2. Headstock

Headstock merupakan komponen yang berada di ujung kiri mesin bubut. Memiliki fungsi sebagai tempat pemasangan gigi transmisi dan spindle utama. Headstock membuat motor penggerak utama dengan tenaga putar mesin bubut. Spindel bertugas sebagai penggerak objek pada pemotongan atau pemboran dengan mesin bubut.

3. Chuck

Komponen atau alat di bengkel bubut satu ini terpasang pada spindle headstock yang fungsinya sebagai penjepit atau penahan objek di salah satu ujungnya. Chuck biasanya berputar secara bersamaan dengan material dan poros.

Umumnya, ada dua jenis chuck yang digunakan, yakni chuck tiga rahang (self-centering) dirancang untuk dapat menggerakkan objek secara bersamaan, dan chuck empat rahang dirancang untuk menggerakkan secara independen.

4. Main Spindle

Komponen ini merupakan elemen sentral yang melalui sistem transmisi dan digerakkan motor penggerak utama. Fungsinya adalah untuk memutar objek pada chuck, sehingga dalam proses pemotongan berlangsung lancar.

Main spindle yang terdiri dari poros berongga serta memiliki chuck yang terpasang di atasnya. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan alat berupa batang panjang untuk melewati porosnya.

5. Tailstock

Terdapat pada sebelah kanan, tailstock memiliki fungsi sebagai penopang di ujung kanan objek yang terjadi selama mesin bekerja. Tailstock juga berperan penting untuk menahan alat dengan berbagai operasi, seperti pengeboran, penyadapan, dan lainnya.

Terdapat fungsi lainnya yaitu dapat meredam getaran selama berproses, sehingga mampu menjaga kestabilan serta kualiti kerja yang terbaik. Selain itu, komponen ini umumnya digerakkan secara longitudinal agar dapat menyesuaikan posisi objek.

6. Carriage

Komponen selanjutnya adalah carriage yang berada antara headstock dan tailstock pada mesin bubut. Komponen ini dapat digerakkan menggunakan umpan daya eksternal atau
secara manual. Carriage memiliki lima bagian utama, yakni compound rest, tool post, cross slide, apron, dan saddle. Fungsinya memberikan gerakan memanjang melintang, dan gerakan sudut pada alat.

7. Lead Screw

Komponen ini memiliki fungsi untuk panduan dalam pembuatan benang yang dapat di lepas pasang. Berupa poros berulir panjang, komponen ini letaknya di bagian bawah yang sejajar dengan tepian, membentang dari depan mesin sampai ke belakang. Porosnya terhubung dengan roda gigi di bagian depan yang dapat berputar berlawanan arah.

8. Feed Rod

Komponen ini dikenal juga sebagai batang penyimpan yang memiliki peran untuk menggerakkan secara horizontal komponen carriage dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya. Berfungsi menggerakkan ruang umpan yang dibutuhkan selama mesin beroperasi. Proses ini termasuk sangat krusial dan jangan sampai diabaikan dalam proses pembubutan.

9. Hand Wheel

Hand wheel dapat dioperasikan secara manual menggunakan tangan pada mesin ini.
Berfungsi untuk menggerakkan tailstock, carriage, dan cross slide, handwheel juga dapat digunakan sebagai penggerak dan pengaturan bersama dengan kontrol akurat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasi mesin.

10. Chip Pan

Komponen terakhir yang harus ada di bengkel bubut adalah chip pan. Alat ini khusus dirancang untuk mengumpulkan chip hingga material yang bisa jadi tidak diperlukan selama proses pemotongan material. Chip pan berfungsi mencegah penyebaran dari serpihan sehingga area tetap bersih. Chip pan umumnya berada di bawah mesin bubut sebagai tempat penampungan serpihan selama proses pembubutan.

Dengan mengetahui fungsi dan berbagai komponen atau peralatan bengkel bubut di atas, maka kamu dapat memulai mengoperasikan bisnis bengkel bubut dengan lebih matang. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar mesin bubut, seperti teknik bubut, jenis pembubutan, termasuk produk-produknya yang berkualitas, silakan mengakses situs kawanlama.com.

Tentang Kawanlama.com

peralatan bengkel bubut bisa dibeli di Kawan Lama Group

Kawanlama.com adalah situs web e-commerce yang dimiliki oleh Kawan Lama Group, salah satu grup perusahaan ternama di Indonesia yang bergerak di bidang ritel, manufaktur, dan distribusi alat perkakas, bahan bangunan, dan kebutuhan rumah tangga.

Kawan Lama Group didirikan pada tahun 1955 oleh Tan Tjeng Siang. Awalnya, perusahaan ini fokus pada perdagangan alat perkakas dan mesin industri. Namun, pada tahun 1970-an, Kawan Lama Group mulai merambah ke bisnis ritel dengan membuka toko Kawan Lama di Jakarta.

Pada tahun 2000-an, Kawan Lama Group meluncurkan situs web Kawanlama.com sebagai platform e-commerce untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Dengan menawarkan berbagai macam produk, seperti alat perkakas, bahan bangunan, dan kebutuhan rumah tangga.

Kawanlama.com memiliki banyak keunggulan di antaranya, hanya menyediakan produk yang berkualitas dari merek-merek ternama, harga yang kompetitif untuk semua produknya, memiliki jaringan logistik yang luas sehingga dapat mengantarkan produk dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia, serta layanan pelanggan yang baik.

Berkat pengalaman selama puluhan tahun, Kawan Lama Group berhasil mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya dalam ajang HR Excellence Award 2023, yang diselenggarakan 20 Juli 2023 lalu di Jakarta. Menyabet tiga penghargaan sekaligus untuk kategori HR Digitalization dan People Analytic, Learning & Development dan Knowledge Management, dan Employer Branding dan Talent Acquisition.

Jadi makin yakin untuk mencari segala kebutuhan perkakas hingga peralatan profesional di Kawan Lama.com, bukan? Semoga bermanfaat!



Ref:
https://www.kawanlama.com/
https://www.kawanlamagroup.com/


Posting Komentar

19 Komentar

  1. Infonya membantu sekali bagi yang ingin membuka bengkel bubut nih, Kak. Lengkap sekali. Terima kasih, Kak.

    BalasHapus
  2. Biasanya kalau bidang pengolahan besi, butuh banget mesin bubut sehingga cocok kalau usaha ini dekat dengan mereka yang mengolah berbagai macam besi, kayu dll. Keren tapi kak ide usahanya

    BalasHapus
  3. Wah kalo nyari peralatan seputar keperluan mesin bubut langsung aja ngintip situs Kawan Lama aja yah. Enak sekarang serba online, kita mau nyari apa-apa juga mudah. Jaringannya luas, jadi tetep bisa kirim2 ke berbagai daerah di Indonesia dengan harga yang kompetitif.

    BalasHapus
  4. Jadi mesin bubut itu untuk pemotongan dan pembentukan. Pernah waktu bapakku masih punya perahu nelayan itu bilang kalau mesinnya perlu dibubut. Nah, aku nggak paham waktu itu diapain. Cuma memang nggak banyak ada bengkel bubut di sekitar sini. Karena memang butuh peralatan yang lengkap gitu ya.

    BalasHapus
  5. Banyak juga peralatan yang dibutuhkan untuk membuka bengkel bubut ini, selain modal yang besar juga supplier untuk peralatan yang terpercaya ya, di Kawan Lama memang lengkap, pabrikku biasanya juga belanja di sana untuk kebutuhan operasional

    BalasHapus
  6. Dulu saat STM, ada jurusan mesin bubut, Mbak. Dan saya belum pernah lihat langsung seperti apa mesin bubut itu. Dan ternyata selian mesinnya, wajib juga lengkap peralatannya ya. Untunglah mudah di dapatkan di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Membuka bengkel mesin bubut memang harus dipenuhi seluruh peralatan dan perlengkapannya mulai dari yang paling kecil sekalipun, mengingat bengkel bubut berbicara tentang presisi ukuran, jadi harus lengkap.

    BalasHapus
  8. Lewat kawanlama ini bisa jadi referensi ya untuk yanq mungkin mau buka usaha bengkel bubut

    BalasHapus
  9. banyak komponen dari mesin bubut yang perlu diketahui lebih dalam buat siapa saja yang ingin berbisnis di peralatan ini ya. Sehingga bisa langsung siapkan stoknya.

    BalasHapus
  10. Wah saya sering nih denger istilah bubut untuk dunia pertukangan. Sayangnya saya gak tahu bentuknya seperti apa sampai sekarang. Dan ternyata, mesin bubut juga banyak, ya. Wah mesti belajar lagi nih soal bubut.

    BalasHapus
  11. Baca artikel ini jadi tahu apa saja perlengkapan bengkel bubut
    Emang harus ada ya semua perlengkapan ini

    BalasHapus
  12. Keliatannya mesin bubut ga besar perannya penting ya termasuk dlm pembuatan pesawat terbang :)

    BalasHapus
  13. auto klik situsnya kawanlama deh, penasaran saya bisa dapet aja buat keperluan di rumah. alamak, ternyata banyak banget. ada tempat sampah sampai mesin pemersih lantai, gak hanya mesin bubut, yang mungkin gak akan saya butuhkan kalau dirumah, hehehe. tapi saya jadi tahu tentang mesin bubut ini loh.

    BalasHapus
  14. Wah ternyata banyak banget manfaat mesin bubut untuk bengkel bubut. Terus mesin bubut ini bisa diandalkan karena pemotongannya yang presisi ya. Kaget juga ternyata komponen dalam mesin bubut tuh banyak banget ya kak.

    BalasHapus
  15. saya baru tahu kalau mesn bubut itu salah satu mesin yang digunakan didunia manufacture. padahal saya sudah lama kerja di dunia mfg.

    BalasHapus
  16. Artikelnya detail banget, jelasin satu per satu peralatan yang dibutuhin, plus bonus info tentang situs Kawanlama.com yang bisa jadi solusi buat nyari perlengkapan bisnis. Mantap deh, semoga sukses buat yang mau mulai bisnis bengkel bubut! 🔧🚀

    BalasHapus
  17. Nama websitenya sungguh mudah diingat, kawanlama.
    Yang menyediakan berbagai peralatan industri. Cocok bagi yang memulai usaha dengan modal terbatas.

    BalasHapus
  18. baca artikel ini jadi tahu mengenai peralatan penting untuk membuka bengkel bubut, bisa jadi pengingat buat siapapun yang ingin membuka bengkel bubut untuk mempersiapkan apa saja peralatannya agar tidak ada yang terlewat

    BalasHapus
  19. dulu jaman kecil tuh ga paham kenapa ya namanya bubut aneh banget haha. tapi bisnis bengkel kayaknya menjanjikan juga ya

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!