Berkenalan dengan Olahraga Pound Fit yang Sedang Populer Saat Ini



Berkenalan dengan Olahraga Pound Fit yang Sedang Populer Saat Ini
Gambar: milenianews.com


Ada beragam jenis olahraga yang dapat kamu lakukan di sela waktu luang, tentunya agar tubuh bisa lebih bugar dan sehat, bonusnya adalah untuk membuat bentuk tubuh juga makin ideal.

Salah satunya adalah olahraga pound fit, mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan jenis olahraga yang satu ini, karena belakangan memang sedang naik daun. Ada banyak orang mulai dari anak muda sampai orang tua yang tertarik untuk mengikuti olahraga tersebut.

Lalu olahraga seperti apakah pound fit ini?

Pound fit adalah jenis olahraga kardio yang menggabungkan antara senam serta gerakan tari. Selain itu yang membuatnya tidak kalah menarik adalah nantinya peserta bisa menggunakan drumstick untuk membuat gerakan pukulan.

Jadi, tidak akan membosankan, karena akan menghasilkan suara-suara pukulan yang berpadu serempak di dalamnya, sehingga tidak hanya iringan dari musik energic saja.

Meskipun di Indonesia sendiri olahraga pound fit bisa dikatakan masih baru diperkenalkan, namun sebenarnya ia sudah ada sejak tahun 2011, dimana pada saat itu ada 2 orang wanita asal California yang membuat olahraga ini serta kemudian mempopulerkannya di seluruh dunia, termasuk yang sekarang ini banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

Selama melakukan olahraga ini nantinya peserta akan diajak untuk mencoba berbagai macam gerakan yang pastinya menyenangkan serta bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Pound Fit untuk Kesehatan

Olahraga pound fit sendiri bisa dikatakan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya seperti:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan memang tidak ada salahnya mencoba jenis olahraga yang satu ini, karena ia punya kemampuan yang efektif di dalam proses pembakaran kalori, cukup dengan 45 menit bisa membakar hingga 700 kalori. Hal ini tentunya bagus untuk yang sedang berada dalam program penurunan berat badan.

2. Menjaga Keseimbangan Hingga Koordinasi Tubuh

Gerakan-gerakan aktif yang ada dalam olahraga ini bagus untuk meningkatkan keseimbangan dalam tubuh, begitu juga dengan kemampuan koordinasinya. Sehingga nantinya kamu dapat bergerak secara lebih lincah dan juga efektif.

3. Membentuk Otot dan Memperbaiki Postur Tubuh

Tidak sekadar membakar kalori yang cukup besar saja, karena dengan pound fit sebenarnya kamu juga dapat membentuk otot sehingga bisa jadi lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, nantinya postur tubuh juga akan diperbaiki, sehingga bisa jadi lebih indah dan tampil ideal.

4. Dapat Mengurangi Stres

Mengurangi Stres

Karena dilakukan bersama dengan para peserta lain, ditambah dengan iringan musik serta gerakan-gerakan yang lincah, maka pound fit juga berguna untuk membantu mengurangi tingkat stres, khususnya bagi peserta yang rutin mengikutinya.

Tips Mengikuti Pound Fit Bagi Pemula

Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti olahraga pound fit, namun masih sangat pemula, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, yaitu:

1. Jangan Lupa Melakukan Pemanasan (Warning Up)

Pastikan untuk selalu melakukan warning up atau pemanasan, tentunya tidak sekedar pound fit saja, melainkan untuk kategori atau jenis olahraga apapun penting bagi para pesertanya untuk mengawali dengan pemanasan. Hal ini sangat bagus untuk mengurangi risiko terjadinya cedera serta membantu melemaskan otot-otot yang kaku agar lebih siap melakukan aktivitas fisik lebih tinggi.

2. Memilih Drumstick yang Tepat

Drumstick Pound Fit

Pastikan kamu menggunakan drumstick yang tepat. Jangan pula memilih yang terlalu berat, karena bisa berpotensi mencederai tangan pada saat digunakan. Usahakan juga mencari yang tidak begitu licin sehingga tidak akan terlepas pada saat dipakai.

3. Pilih Intensitas yang Sesuai

Kamu harus memilih intensitas pound fit yang sesuai dengan kemampuan atau kapasitas diri, sehingga tubuh khususnya organ jantung nantinya juga tidak akan terlalu terbebani, karena jika tidak diperhatikan, maka akan berbahaya bagi kesehatan.

4. Minum Cukup Air Putih

Usahakan untuk selalu terhidrasi, kuncinya adalah minum cukup air putih, karena selama berolahraga nantinya akan lebih banyak keringat yang dikeluarkan, sehingga resiko mengalami dehidrasi juga menjadi lebih tinggi.

Olahraga pound fit sekarang ini dapat diikuti secara mudah lewat program kelas yang diadakan olah FIT HUB. Ini adalah layanan terbaik untuk kamu yang ingin mulai berolahraga, namun tidak punya waktu luang yang cukup, sehingga bisa ikut kelas yang ada di sini. Selamat mengikuti olahraga pond fit. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar