Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus dan Tips Memilih yang Tepat



Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus dan Tips Memilih yang Tepat


Cloth diapers atau clodi merupakan popok cuci ulang yang menjadi salah satu alternatif popok sekali pakai lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. Namun, banyaknya pilihan merk clodi yang bagus di pasaran, pasti membuat ibu bingung untuk memilih yang tepat.

Memilih merk clodi yang bagus tentu tidak boleh sembarangan. Ibu harus perhatikan mulai dari bahan, kualitas, dan juga harganya. Karena, clodi sebagai popok cuci ulang harus nyaman dan aman saat digunakan si kecil.

5 Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus

Berikut adalah beberapa merk clodi yang bagus dan banyak direkomendasikan oleh para ibu:

1. Pempem!

Clodi Pempem merupakan merk clodi lokal yang cukup populer di Indonesia yang bisa dibeli secara offline maupun online.

Clodi Pempem memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

- Terbuat dari bahan berkualitas, seperti katun organik, bambu, dan microfiber yang aman dan nyaman untuk kulit bayi.

- Daya serap yang baik, bahkan dapat menahan pipis bayi hingga 4-5 jam.

- Desain ergonomis, sehingga nyaman digunakan oleh bayi.

- Harga terjangkau, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan.

- Tersedia dalam berbagai ukuran dan motif yang lucu dan menarik.

Berikut adalah beberapa pilihan produk Pempem, antara lain:

1. Clodi Pempem Pocket

Clodi Pempem Pocket merupakan jenis clodi yang paling umum. Clodi ini terdiri dari dua bagian, yaitu cover dan insert. Insert dapat dilepas dan diganti sesuai kebutuhan.

2. Clodi Pempem AI2

Clodi Pempem AI2 merupakan jenis clodi yang lebih canggih daripada clodi pocket. Clodi ini memiliki dua lapisan penyerap yang menyatu dengan cover.

3. Clodi Pempem All In One

Clodi Pempem All In One merupakan jenis clodi yang paling praktis. Clodi ini terdiri dari satu bagian yang terdiri dari cover dan insert. Clodi ini tidak perlu dilepas untuk mengganti insert.

Harga: Rp50.000

2. Cluebebe

Clodi Cluebebe merupakan merk clodi lokal yang sudah ada sejak tahun 2009 dan telah menjadi salah satu merk clodi yang bagus dan terpercaya di Indonesia.

Clodi Cluebebe memiliki berbagai keunggulan, antara lain:

- Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga tidak mudah bocor, dan awet, seperti PUL (polyurethane laminate) untuk bagian luar, microfleece untuk bagian dalam, dan microfiber untuk insert.

- Desain yang modern dan ergonomis, sehingga nyaman dipakai bayi. Cluebebe juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan pemakaian, seperti velcro yang kuat dan mudah dilepas, dan saku insert yang luas.

- Harga yang terjangkau

- Tersedia berbagai ukuran, mulai dari S hingga L. Dan tersedia pula dalam berbagai motif yang menarik.

Berikut beberapa pilihan produk Cluebebe, antara lain:

1. Cluebebe Pocket Classic

Cluebebe Pocket Classic merupakan clodi model pocket yang memiliki saku insert yang luas. Clodi ini cocok untuk bayi dari usia lahir hingga 2,5 tahun.

2. Cluebebe Pocket Slim Snap

Cluebebe Pocket Slim Snap merupakan clodi model pocket yang memiliki desain yang slim dan modern. Clodi ini cocok untuk bayi dari usia 6 bulan hingga 2 tahun.

3. Cluebebe AI2

Cluebebe AI2 merupakan clodi model all in two yang memiliki 2 bagian, yaitu cover dan insert. Clodi ini cocok untuk bayi dari usia lahir hingga 2,5 tahun.

4. Cluebebe OS

Cluebebe OS merupakan clodi model one size yang dapat digunakan untuk bayi dari usia lahir hingga 3 tahun. Clodi ini cocok untuk bayi yang memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda.

Estimasi harga: Rp65.000

3. AIO Embun

Clodi AIO (All In One) Embun adalah salah satu merk clodi yang bagus produksi PT. Clodi Embun Indonesia, yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat dan termasuk yang terpopuler di Indonesia.

Clodi AIO Embun memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

- Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, seperti katun premium, PUL, dan microfiber, sehingga dapat menyerap dan menahan pipis bayi dengan baik.

- Nyaman dipakai dan mudah digunakan, karena memiliki ban pinggang dan perekat yang adjustable, sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi.

- Harga terjangkau

- Tersedia berbagai ukuran mulai dari newborn hingga 24 bulan, variasi warna dan motif.

Estimasi harga: Rp129.000

4. BabyRoo

Clodi BabyRoo adalah salah satu merk clodi yang bagus buatan lokal yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Clodi Baby Roo memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

- Memiliki daya serap yang tinggi, karena menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

- Dapat menampung pipis bayi hingga 3-4 jam, sehingga bayi tetap merasa nyaman.

- Desain ergonomis, sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh bayi dengan baik.

- Harga yang terjangkau

- Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari newborn hingga big size dan juga tersedia warna-warna dan motif yang menarik.

Berikut adalah beberapa jenis produk clodi BabyRoo:

1. Clodi Full Cover

Clodi full cover adalah jenis clodi yang menutupi seluruh area tubuh bayi, termasuk bagian punggung. Clodi ini memiliki daya serap yang tinggi dan nyaman digunakan untuk tidur malam.

2. Clodi Pocket

Clodi pocket adalah jenis clodi yang memiliki kantong untuk memasukkan insert. Clodi ini memiliki daya serap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Clodi AI2

Clodi AI2 adalah jenis clodi yang memiliki dua lapis insert. Clodi ini memiliki daya serap yang sangat tinggi dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Estimasi harga: 

5. Rumparooz

Clodi Rumparooz menjadi rekomendasi merk clodi yang bagus terakhir dengan kulaitas premium yang sangat populer di Indonesia.

Clodi ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

- Terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, seperti TPU Biodegradable untuk bagian luar, microchamois untuk bagian dalam, dan 6R Soaker untuk insert. Bahan-bahan ini memiliki daya serap yang baik dan lembut di kulit bayi.

- Memiliki desain yang nyaman untuk bayi yang dilengkapi double inner gusset dan pop scoop yang dapat mencegah bocor samping.

- Mudah digunakan, karena merupakan clodi tipe pocket, sehingga mudah digunakan.

- Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari newborn hingga 3T, bahkan dapat digunakan oleh anak hingga berat 20kg.

Estimasi harga: 

Tips Memilih Clodi yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli clodi, kamu perlu memperhatikan tips berikut ini, yaitu:

1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Budget

Sebelum membeli clodi, ada baiknya mempertimbangkan kebutuhan dan budget. Jika memiliki bayi yang aktif, mungkin kamu perlu memilih clodi dengan daya serapnya tinggi agar tetap kering dan nyaman. Sementara itu, apabila memiliki budget yang terbatas, kamu bisa memilih clodi dengan harga terjangkau, namun dengan bahan dan kualitas tidak jauh berbeda.

2. Cari Tahu Bahan yang Digunakan

Bahan yang digunakan untuk membuat clodi sangat penting untuk diperhatikan. Pilihlah clodi yang terbuat dari bahan yang lembut, yang nyaman dan aman untuk kulit bayi, seperti katun, microfleece, atau bambu.

3. Perhatikan Fitur-fitur yang Ditawarkan

Setiap merk clodi memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda. Pilihlah clodi yang memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan bayi kamu, seperti daya serap tinggi, anti bocor, dan mudah dicuci. Pastikan pula untuk mencuci clodi secara rutin, supaya tetap awet dan makin nyaman digunakan bayi.

4. Baca Review dari Pengguna Lain

Sebelum membeli clodi, tidak ada salahnya untuk membaca review dari pengguna lain. Hal ini dapat membantu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merk clodi.

Semoga tips di atas dapat membantu kamu untuk memilih merk clodi yang bagus, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Semoga bermanfaat.


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator


Posting Komentar

0 Komentar