Begini Loh, Cara Digital Agency Membantu UMKM dan UKM Go Digital



Begini Loh, Cara Digital Agency Membantu UMKM dan UKM Go Digital


Era digital membawa cukup banyak perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk kepada para pelaku UMKM dan UKM. Sebagaimana dilansir dari data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEa) yang menilai bahwa pertumbuhan e-commerce di Indonesia berjalan dengan sangat baik. Bahkan, mampu meningkatkan pertumbuhan UMKM dan UKM Go Digital secara signifikan yakni mencapai 21,8 juta di 2022 dari 12,8 juta di 2019.

Berdasarkan data pendapatan ekonomi Indonesia, total pendapatan naik 22 persen hingga 2021 yakni sebesar 63 miliar dolar AS. Sementara pendapatan ekonomi digital di 2022 mencapai 77 miliar dolar AS. Selain itu, dengan adanya event Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2022 yang tembus diangka 22,7 triliun yakni meningkat sekitar 26 persen dibandingkan pada 2021 dan sebesar 44 persen di antaranya adalah produk lokal.

Mengenal Digital Agency

Setelah mengetahui secara singkat data pertumbuhan UMKM dan UKM Go Digital yang makin meningkat dari tahun ke tahun, hal ini juga tak terlepas dari keterkaitannya dengan digital agency.

Lantas, apa itu digital agency? Dan seperti apa cara digital agency membantu UMKM dan UKM Go Digital?

Digital agency merupakan sebuah agen yang berwujud perusahaan maupun perorangan yang memiliki tugas membantu klien untuk melakukan pemasaran secara online. Digital agency juga bisa dikatakan sebagai pihak ketiga di luar perusahaan untuk mengatur strategi pemasaran, sehingga produk akan lebih mudah laku di pasaran.

Strategi yang dimiliki pun terarah, terstruktur dan terukur. Dengan begitu, aktivitas pemasaran dapat dikalkulasi dan menghasilkan keuntungan secara maksimal.

Cara Digital Agency Membantu UMKM dan UKM Go Digital

Dilansir dari redcomm.co.id, sebagai Digital Agency Jakarta, memiliki beberapa cara untuk memaksimalkan pemasaran layanan dan produk UMKM dan UKM secara digital, antara lain:

1. Membantu Menganalisis Kebutuhan Klien

Tahap awal dalam aktivitas pemasaran digital yang dilakukan tim agensi digital di Jakarta adalah menganalisis kebutuhan pelaku UMKM dan UKM. Seperti apa tujuan bisnis yang ingin dicapai setelah memilih bekerja sama dengan digital agency yang tepat. Kemudian, mereka akan mencari tahu target audiens, pangsa pasar dan kompetitor. Barulah nantinya dapat merancang strategi pemasaran tepat dan mencapai tujuan.

2. Membangun Website

Memiliki website profesional bagi pelaku UMKM dan UKM, merupakan hal penting dan termasuk dalam strategi digital marketing. Membuat website yang responsif, navigasi mudah, desain menarik, mengisi dengan konten-konten yang relevan, gambar dan deskripsi produk jelas, serta memberikan informasi kontak yang lengkap.

3. Strategi SEO

Setelah berhasil membuat website, tim agensi digital di Indonesia akan mengoptimalkan website dengan strategi SEO (Search Engine Optimization), dengan terlebih dahulu menganalisis keyword (kata kunci), membuat konten berkualitas, membangun backlink berkualitas dan optimalisasi secara teknis, supaya nantinya website maupun produk UMKM dan UKM akan muncul secara relevan pada mesin pencari.

4. Membangun Media Sosial

Siapa pun pasti tahu, bahwa media sosial menjadi salah satu platform paling diminati, bukan hanya sebagai hiburan, namun juga punya peran sangat penting bagi kemajuan UMKM dan UKM Go Digital. Inilah cara digital agency selanjutnya agar pelaku usaha tersebut dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efektif sekaligus untuk mempromosikan produk-produknya. Setelahnya, konsisten dalam membuat konten yang menarik dan informatif.

5. Email marketing

Sebagai cara untuk menjaga hubungan dengan para pelanggan potensial, jasa digital agency Jakarta akan dengan senang hati melakukan kampanye melalui email yang menjadi cara cukup efektif. Misalnya menginformasikan penawaran produk terbaru, promo, diskon, atau konten-konten yang relevan.

6. Content Marketing

Selanjutnya, membuat konten informatif yang tertarget pada audiens. Misalnya, membuat infografis, video tutorial, artikel blog, e-book, dll. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan visibilitas merek, kepercayaan terhadap pelanggan sekaligus membangun otoritas. Inilah yang hendak dibangun oleh tim digital agency Indonesia terpercaya.

7. PPC Advertising

Pay Pe Click (PPC) Advertising merupakan ikal berbayar, seperti pada Google Ads maupun di media sosial, dengan tujuan meningkatkan visibilitas sekaligus mengarahkan lalu lintas website ke halaman website UMKM dan UKM. Nantinya, tim digital agency akan mengoptimalkan melalui kata kunci yang relevan dan tertarget, membantu mengelola budget iklan dengan baik untuk mencapai Return of Investment (ROI) lebih maksimal.

8. Retargeting

Cara digital agency membantu UMKM dan UKM Go Digital dengan retargeting merupakan teknik untuk menargetkan pengunjung website sebelumnya atau yang pernah mengklik iklan. Hal ini dapat diketahui melalui pemasangan iklan di media sosial maupun website. Ini semacam memberi kesempatan kedua kepada para calon pelanggan untuk mengonversinya menjadi pelanggan.

9. Kemitraan dan Kolaborasi

Cara selanjutnya adalah, menjalin kemitraan dan berkolaborasi dengan konten kreator, seperti blogger maupun influencer. Pastikan mereka memiliki audiens yang relevan, agar produk yang ditawarkan pun menyasar target yang sesuai. Hal ini tentu saja akan memperluas jangkauan produk UMKM dan UKM sekaligus membangun kepercayaan terhadap pelanggan potensial.

10. Analisis dan Pengukuran

Terakhir, memantau dan menganalisis kinerja strategi digital marketing. Tim agensi akan menggunakan alat untuk mendata dan menganalisis efektivitas strategi yang telah diterapkan. Kemudian, mereka akan memberikan laporan mingguan maupun bulanan, dan akan melakukan perbaikan jika diperlukan, sehingga mencapai hasil yang baik.

Terdapat hal yang perlu diingat, bahwa strategi digital marketing yang efektif bahkan lebih mudah go digital, umumnya tergantung pada karakteristik usaha serta target audiens yang ingin dicapai. Selain itu, penting pula untuk tetap melakukan pengujian, pengukuran, dan penyesuaian terhadap strategi yang dipilih, agar perkembangan UMKM dan UKM Go Digital cenderung stabil bahkan meroket.

Redcomm: Digital Agency Terkemuka di Indonesia

Terlepas dari diketahuinya cara kerja digital agency membantu UMKM dan UKM Go Digital, sebagai pelaku usaha, kamu juga harus tepat dalam memilih digital agency terkemuka di Indonesia. Bersama Redcomm digital agency Indonesia, yang sudah berpengalaman sejak 20 tahun lalu, yang tadinya hanya merupakan sebuah agensi kecil dalam ruangan kecil dan berlokasi di Jakarta ini, memiliki tujuan mengubah cara berkreasi untuk menciptakan dampak. Di mana dampaknya adalah bagi karyawan, klien, dan masyarakat luas.

Berkat pengalaman dan kreativitasnya itulah,  Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut, dan telah berhasil membantu 500 lebih merek, termasuk UMKM dan UKM. Bahkan, dinilai telah mencapai sebesar 99 persen KPI bisnis bersama para klien dan sudah menerima beragam penghargaan lokal dan global.

Hingga kini, Redcomm terus berusaha mempertahankan reputasi terbaiknya sebagai digital agency terpercaya Indonesia dengan mendukung periklanan konvensional sekaligus membantu berbagai merek perusahaan dan bahkan para pelaku usaha baru.

Redcomm Client Says, Komentar Pelanggan


Jadi, jangan ragu lagi untuk percayakan segala jenis usahamu bersama Redcomm digital agency terkemuka untuk membantu sahabat UMKM dan UKM Go Digital. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

37 Komentar

  1. dengan adanya Redcomm membantu banget UMKM untuk bisa lebih maju ya usahanya

    BalasHapus
  2. Membantu banget ya digital agency ini buat perkembangan UMKM dan UKM. Moga makin banyak yang memanfaatkan

    BalasHapus
  3. Dunia digital sangat membantu bisnis dalam hal promo dan penjualan ya, Mbak. Hanya untuk berhasil, promonya perlu trik jitu juga, dan tidak semua orang menguasai. makanya perlu sekali bantuan digital agency.
    Jadi biar kita fokus pada produk saja, mereka yang bantu marketing digitalnya.

    BalasHapus
  4. Sekarang UMKM pun harus go digital, biar terus maju usahanya. Jangan sampai tergilas dengan perkembangan jaman

    BalasHapus
  5. Semoga Redcomm Digital Agency bisa menjangkau lebih banyak lagi UMKM yah. Bisnis online sekarang udah biasa kok jalan bareng dengan offline. Malah seringnya konsumen, cuma jalan-jalan aja ke mall, tapi belinya online...

    BalasHapus
  6. UMKM perlu baget bekerjasama dengan agency agar bisa maksimal dipemasaran digital, karena kebiasaan berbelanja saat ini cendrung online.

    BalasHapus
  7. wah banyak banget ya manfaat menggunakan jasa digital agency dalam membantu mengembangkan umkm. memang sih kadang memang tidak semua bisa dihandle sendirian ya makanya perlu banget jasa digital agnecy ini

    BalasHapus
  8. Kalau menggunakan jasa digital agency biasanya tujuan marketing akan lebih terarah dan bisa disesuaikan dengan target yang ingin dicapai. Apalagi dengan pesatnya perkembangan jaman dan perubahan marketing yang terus bergerak

    BalasHapus
  9. Adanya agency ini bisa sangat membantu dalam menganalisis bisnis yang dijalankan, agar biar diketahui perkambangannya sudah sampai mana

    BalasHapus
  10. UMKM harus pake jasa digital marketing loh kalo ga pny tim digital marketing sndiri. Soalnya fungsinya tuh bgs bgt baik buat branding hingga closing penjualan.

    KaloUMKM mau memanfaatkannya bkn tdk mgkn UMKM bs naik kelas bahkan bs go internasional.

    BalasHapus
  11. Emang paling ringkas dan fleksibel pakai jasa digital agency aja sih ya. Soalnya lebih hemat dan efisien juga dibandingkan pakai strategi pemasaran konvensional seperti pakai brosur, baliho dkk yang bisa mehong banget jadinya

    BalasHapus
  12. Redcomm digital agency sangat bisa digandeng dalam membersamai para UMKM dan UKM agar memiliki keuntungan serta kemudahan dalam menjalankan usahanya, terutama dalam bidang pemasaran, ya.

    BalasHapus
  13. Saya sih percaya dengan kinerja redcomm digital agency secara terbukti udah lima tahun berturut-turut menorehkan prestasi yang tidak kecil. Kini saatnya UMKM maju dan berdaya ya

    BalasHapus
  14. Sy baru tau ada redcomm digital kak, tpi setelah baca detailnya ternyata positif banget bantu umkm di era gempuran teknologi kian makin canggih.

    BalasHapus
  15. Redcomm ini keren banget. Selain membantu produk UMKM makin dikenal masyarakat luas, juga menjadi gold winner 5x berturut-turut sejak tahun 2018.

    BalasHapus
  16. Sepertinya belum banyak UMKM yang mengenal tim digital agency ya. Semoga semakin meluas jangkauannya.

    BalasHapus
  17. banyak banget ya manfaat menggunakan jasa digital agency, apalagi buat pelaku UMKM seperti aku yang kurang paham soal ini. untuk ningkatin skala usaha dan pendapatan, harus banget deh pakai jasa digital agency

    BalasHapus
  18. Sekarang semua hal sudah serba digital ya..
    Jadi UMKM pun perlu bekerjasama dengan Redcom agar semakin dikenal luar dengan branding yang sesuai.

    BalasHapus
  19. digital agency sekarang tuh ibarat bestienya umkm ya yg bs support dan bantu umkm untuk naik level, jd bs kasih advice jg buat kemajuan para umkm nih

    BalasHapus
  20. Redcomm memsng yg perlukan untuk umkm lebih maju dari sebelumnya. Marketing yg tepat, serta pemasangan seo yg sesuai insyallah pasti lancsr.

    BalasHapus
  21. Ternyata komplit ya yang dilakukan oleh digital agency. Apakah termasuk membuat dan mengenalkan brand? Karena biasanya UMKM dan UKM masih abai dengan brand

    BalasHapus
  22. Hari gini, kalau mau maju ya harus siap go digital. Konsumen juga udah jarang khan yang transaki offline. Paling mudah sih percayakan pada digital agency ya, mereka udah punya "rahasia" suksesnya

    BalasHapus
  23. Dari dulu kepingin punya digital agency sendiri. Tapi mulai kecil"an dulu dengan bikin blog dan menulis. Yang jadi problem adalah dari segi marketing nya yg saya belum kuasai. Padahal diluar sana, masih banyak UMKM yg membutuhkan website untuk menunjang bisnis mereka.

    BalasHapus
  24. Membantu banget nih bagi pelaku UMKM untuk go digital. Cocok banget pakai jasa Redcomm, penjualan jadi tepat sasaran karena menggunakan teknik SEO yang tepat.

    BalasHapus
  25. Betul, digital agensi ini memang membantu banget sih buat UMKM yang ingin melancarkan bisnisnya. Mau ga mau ya sekarang bisnis udah serba digital. Kalaau kurang paham soal ini, mending minta bantuan digital agensi sih

    BalasHapus
  26. dengan menggunakan jasa digital agency akan jauh lebih mudah menjabarkan tujuan dan arah dari perusahaan yang siapkan dalam Planning of Action digital marketing. Perusahaan tinggal mengevaluasi saja keberhasilannya.

    BalasHapus
  27. saat ini, kalau promo tidak memanfaat internet maka dipastikan akan ketinggalan zaman..
    untuk iti kehadiran digital agency adalah solusi bagi mereka yang ingin fokus di bidang inovasi produk tanpa perlu memikirkan strategi pemasaran secara digital..

    BalasHapus
  28. Iya, bener banget nih, Kak. Di zaman digital sekarang, bisnis lebih banyak keuntungan dari promo dan penjualan online. Tapi itu pun selama promonya berhasil. Di sini peran digital agency untuk memastikan semua tepat sasaran.

    BalasHapus
  29. Digital agency ini emang punya pengaruh yg signifikan. Apalagi sekarang zamannya orang ngehabisin waktu yang cukup banyak di internet

    BalasHapus
  30. dengan digital agency, UMKM pun bisa go digital ya, bisa lebih dikenal luas dan mencapai target sasaran yang tepat.
    Apalagi kalau kerja samanya ke Redcomm yang udah terkenal se Indonesia ya.

    BalasHapus
  31. Emang bener sih, lebih baik nyerahin ke digital agency aja karena mereka udah berpengalaman dengan strategi andal. Kita cukup fokus ke pengembangan produk, boar marketing dikerjakan agensi. Target jelas dan capaian terukur!

    BalasHapus
  32. Whuaaaaa banyak ya kak yg dilakuin dan kompleks juga, pantaslah digital agency ini eksis dan juga bisa bantu bgt UMKM untuk promosi jualannya. Soalnya kalau dilakukan sendirian lumayan menguras waktu dan tenaga, kalau diserahkan ke tangan yang profesional di bidangnya ini kan jadi lebih strategis.

    BalasHapus
  33. Jelas banget sih gimana digital agency bisa bantu UMKM untuk masuk ke dunia digital. Banyak UMKM yang mungkin masih bingung soal online marketing, tapi artikel ini nunjukin caranya dengan sederhana. thank you kak - dila

    BalasHapus
  34. Memilih layanan agency digital untuk kembangkan bisnis memang pilihan yang tepat. Tapi jangan lupa untuk selalu bertanya tentang portofolio mereka

    BalasHapus
  35. Dengan bantuan digital agency sepertinya memang mampu membuat UMKM jadi lebih praktis dan untung. Apalagi dibanti strategi dari para profesional di bidang.y

    BalasHapus
  36. Wah itu poin-poinnya sangat membantu sekali UKM dan UMKM untuk semakin maju dan tumbuh ya. Bagus baenget ini.

    BalasHapus
  37. Kehadiran digital agency ini membantu UMKM banget untuk terus berkembang dan produktif pada usaha yang dijalankan..

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!