Ide Bisnis Rumahan yang Dinilai Tidak Murahan



Ide Bisnis Rumahan yang Dinilai Tidak Murahan

Bisnis rumahan adalah salah satu pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin memulai usaha dengan modal kecil dan risiko yang relatif rendah. Selain itu, bisnis rumahan juga memiliki banyak keuntungan lainnya, seperti fleksibilitas waktu dan lokasi, serta potensi untuk berkembang menjadi usaha yang besar.

Dilansir dari Databoks, jumlah pelaku usaha rumahan di Indonesia mencapai 15,9 juta unit pada tahun 2022. Jumlah ini meningkat 10,4% dari tahun sebelumnya. Produk makanan dan minuman merupakan sektor usaha rumahan yang paling banyak digeluti, dengan kontribusi 34,3%. Pada sektor jasa dan perdagangan menyusul di posisi kedua dan ketiga, masing-masing dengan kontribusi 24,2% dan 23,1%.

Sementara itu, modal awal usaha rumahan di Indonesia rata-rata sekitar Rp5 juta. Modal ini dapat bervariasi tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Usaha rumahan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Pada tahun 2022, usaha rumahan bahkan menyumbang 61,02% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Ide Bisnis Rumahan yang Dinilai Tidak Murahan

Melihat dari data di atas, bisnis rumahan modal kecil begitu potensial untuk dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan dan paling populer. Bahkan, kamu bisa membuat berbagai macam makanan dan minuman, seperti kue, roti, bakso, mie ayam, nasi goreng, atau jenis kuliner kekinian. Untuk menghasilkan produk berkualitas, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan memiliki keterampilan memasak yang baik. Bisnis kuliner sangat cocok dijadikan sebagai bisnis ibu rumah tangga.

2. Bisnis Kerajinan Tangan

Berikutnya ada kerajinan tangan. Ide bisnis rumahan satu ini biasanya berbau hal yang kreatif dan memiliki konsep yang unik. Kamu bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan, seperti tas, dompet, baju, perhiasan, dan lain sebagainya yang bisa saja multifungsi. Kerajinan tangan juga bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah. Dengan memiliki keterampilan dan kreativitas yang tinggi, kamu bisa membuat kerajinan tangan berkualitas yang dicari banyak orang.

3. Jasa

Selain produk, kamu juga bisa menawarkan bisnis rumahan berupa jasa yang berkualitas. Beberapa contoh jasa yang bisa kamu tawarkan adalah jasa fotografi, jasa penulisan konten, jasa desain grafis, jasa editing video, dan lain sebagainya. Bukan sembarang membuka jasa, namun, kamu juga harus memiliki keahlian yang mumpuni untuk menghasilkan jasa yang berkualitas.

Tips Menghasilkan Produk Berkualitas

bisnis rumahan yang menjanjikan

Untuk menghasilkan produk berkualitas dari bisnis rumahan yang menjanjikan ini, terdapat beberapa faktor yang harus diketahui, seperti:

1. Gunakan Bahan-bahan yang Berkualitas

Bahan baku adalah salah satu faktor penting yang menentukan kualitas produk bisnis rumahan. Oleh karena itu, gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang terbaik.

2. Perhatikan Proses Produksi

Proses produksi juga berpengaruh terhadap kualitas produk bisnis rumahan. Pastikan kamu mengikuti proses produksi yang tepat, termasuk memperhatikan kebersihan peralatan dan bahan.

3. Lakukan Uji Coba

Bukan hanya pada bisnis berskala besar, konsep uji coba merupakan cara terbaik untuk mengetahui apakah produk dari bisnis rumahan yang kamu hasilkan layak dipasarkan sekaligus untuk memastikan kualitas produk. Uji coba ini bisa dilakukan dengan meminta pendapat orang lain atau melakukan survei pasar.

4. Lakukan Promosi yang Tepat

Promosi yang tepat untuk bisnis rumahan akan membantu kamu menjangkau lebih banyak konsumen. Maka dari itu, perhitungkanlah dengan benar agar tepat sasaran. Salah satunya dengan berjualan online.

Lazada: Platform eCommerce No. 1 di Indonesia untuk Jualan Online

Macam-macam ide bisnis rumahan di web Yuk Jualan Online

Lazada, merupakan platform eCommerce terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia, mulai dari fashion, elektronik, hingga kebutuhan sehari-hari.

Bukan hanya itu, Lazada Indonesia juga meluncurkan situs Yuk Jualan Online pada tahun 2023. Situs ini dibuat bertujuan untuk membantu para pemula yang ingin memulai bisnis rumahan modal kecil.

Sebagai blog informatif, situs Yuk Jualan Online memiliki fitur utama, yaitu:

- Artikel dan Tutorial

Berisi tentang berbagai macam artikel dan tutorial tentang cara memulai dan strategi menjalankan bisnis online yang semuanya ditulis oleh para ahli.

- Video Tutorial

Berisi video tutorial tentang cara memulai dan menjalankan bisnis online. Dengan video tutorial yang mudah dipahami.

- Forum Komunitas

Situs ini memiliki forum komunitas yang dapat digunakan oleh para penjual untuk berdiskusi dan saling berbagi informasi.

- Layanan Dukungan Pelanggan

Fitur ini akan membantu para penjual jika membutuhkan bantuan.

Langkah-langkah Utama untuk Berjualan Online di Lazada

Ada beberapa cara jualan di Lazada untuk memulai bisnis online menggunakan situs Yuk Jualan Online:

1. Daftar sebagai penjual di Lazada

Untuk memulai bisnis online di situs Yuk Jualan Online, kamu harus terlebih dahulu mendaftar sebagai penjual di Lazada.

2. Buat toko online

Setelah berhasil mendaftar sebagai penjual, kamu dapat membuat toko online di situs Lazada dengan mengikuti langkah-langkah yang benar.

3. Tambahkan produk

Setelah membuat toko online, kamu dapat menambahkan produk yang ingin kamu jual dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, lalu memasukkan harga yang kompetitif, dan menuliskan deskripsi produk yang sesuai.

4. Promosikan produk

Setelah menambahkan produk, kamu perlu mempromosikan produk kamu agar dapat dilihat oleh calon pembeli. Kamu dapat mempromosikan produk kamu dengan menggunakan berbagai cara, seperti iklan, media sosial, dan sebagainya.

Manfaat yang Didapat dari Situs Yuk Jualan Online

Berikut adalah beberapa contoh manfaat yang telah dirasakan oleh para penjual online yang menggunakan situs Yuk Jualan Online:

1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Situs Yuk Jualan Online membantu para penjual untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka tentang jualan online. Hal ini dapat membantu mereka untuk menjalankan bisnis mereka dengan lebih sukses.

2. Memperluas jaringan

Forum diskusi di situs Yuk Jualan Online membantu para penjual untuk memperluas jaringan mereka. Hal ini dapat bermanfaat untuk mendapatkan informasi dan dukungan dari sesama penjual.

3. Meningkatnya penjualan

Akses ke pasar Lazada membantu para penjual untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan peluang penjualan mereka.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk memulai bisnis rumahan, ada baiknya kamu membaca artikel tentang "Tujuan Penting Analisis Peluang Usaha Sebelum Berbisnis" pada situs Yuk Jualan Online. Karena ini merupakan bagian terpenting untuk membantu mengidentifikasi pasar sekaligus permintaan pelanggan.

Secara keseluruhan, situs Yuk Jualan Online merupakan sumber daya yang berharga bagi para penjual online. Situs ini dapat membantu para penjual untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih sukses, bukan hanya untuk kaum muda saja, tetapi juga para ibu yang ingin lebih produktif sehingga berani untuk memulai bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.



Posting Komentar

21 Komentar

  1. Benar sekali, Mbak Rizki. Bisnis rumahan memang paling pas untuk memulai usaha. Saya pun menjalani. dengan modal tidak terlalu besar, dan risiko kecil. yang penting semangat menjalankannyya. Apalagi sekarang sudah terbantu dengan platform jualan online dan media sosial juga.

    BalasHapus
  2. ide bisnis yang yang bagus aapalagi di bidang kerajinan tangan seperti aksesoris pasti sangat menguntungkan

    BalasHapus
  3. Buat seller ada nya situs tersebut bisa menambah wawasan dan skill berniaga juga ya. Se-asik itu berbisnis bareng Lazada

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang ya, memulai bisnis sudah bukan lagi hal yang mustahil. Bahkan ibu rumah tangga yang hampir seluruh waktunya berada di rumah bisa menjalankan bisnis rumahan.

    Apalagi, ada Lazada yang memudahkan kita untuk membuka toko online. Makin mantul.

    BalasHapus
  5. Lazada marketplace favoritku karena sangat user friendly. Buat jualan di Lazada juga dipermudah ya. Mari kuatkan ekonomi negara dengan berjualan online.

    BalasHapus
  6. Wah bisa banget nih mengembangkan bisnis buku lewat toko online di Lazada ya. Pendaftarannya termasuk gampang nih

    BalasHapus
  7. Setuju yang soal kerajinan tangan. Saya punya saudara yang punya bisnis kerajinan tali agel. Dia sampai bisa ikuta pameran ke mana-mana. Bahkan dia sudah sering keluar negeri.dan kerajinan dari bahan alam sangat disukai oleh orang luar.

    BalasHapus
  8. bisnis rumahan yang gak murahan, menarik nih idenya, mau cobain ah memang lg kepikiran mau merintis bisnis nih

    BalasHapus
  9. Untuk saat ini bisanya sih jual jasa emangg kalo aku. Dulu pernah bisnis baju muslimah, bisnis makanan, sampe sewa stand di mall. hasilnyaaa huhuh bikin menangis semua wkwkwk, yg paling langgeng ya jual jasa hihi

    BalasHapus
  10. Ide jualan bisnis online memang banyak tinggal konsisten dan komitmen aja sih. Apalagi klo jualan di Lazada aku juga dah mulai merintis. hehee

    BalasHapus
  11. Wesbite Yuk Jualan Online ini sangat informatif ya mbak
    Memberikan informasi yang lengkap untuk membantu pebisnis online

    BalasHapus
  12. Bisnis kuliner tuh masih jadi salah satu bisnis paling menguntungkan menurutku. Karena modalnya kecil tapi bisa untung besar. Salah satu ide bisnis yang wajib dijajal nih..

    BalasHapus
  13. Banyak yaaa bisnis rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Tuh kan, kata siapa IRT nggak bisa berpenghasilan sendiri?

    BalasHapus
  14. Bisnis kuliner emg ga ada matinya ya kak. Soalnya kan smua org butuh makan. Asal makanan kita berkualitas dan enak rasanya, pasti diserbu pelanggan. Enaknya lg kita smua bs mengonlinekan produk/jasa kita shg bs menjangkau bnyk pelanggan drh. Aku mau coba jg ah jualan online di Lazada. Ada brg yg mau aku jual di sana.

    BalasHapus
  15. Aku sudah coba jasa foto produk via online
    Alhamdulillah jadi penopang saat pandemi kemarin
    Syukurlah sekarang sudah membaik

    BalasHapus
  16. Wah wajib baca Yuk Jualan Online nih buat nambah pengetahuan tentang sukses jualan online..

    BalasHapus
  17. aku jaman awal pandemi pernah coba bisnis rumahan, tapi ternyata tak bertahan lama. dulu aku belum coba kesempatan ini, seharusnya bisa jualan online juga ya sekalian

    BalasHapus
  18. Ternyata jasa juga termasuk bisnis rumahan yang gak murahan ya, dan yah ada banyak bisnis rumahan yang peluangnya cukup menjanjikan apalagi kalau mau Jualan Online bisa manfaatkan platform seperti Lazada yang sekarang juga sudah meluncurkan situs terbarunya yuk jualan Online dengan fitur2 menarik.

    BalasHapus
  19. Ternyata Lazada sampai segitu perhatiannya ya sama penjual, sampai dibikinin forum, jadi bisa saling belajar dan kasih masukan.

    BalasHapus
  20. Bisnis kuliner itu memang bisa dijalankan dari rumah ya gak mesti sewa kios pun bisa.

    BalasHapus
  21. MasyaAllah pas banget nih. Saya sebagai pelaku bisnis rumahan, sangat terbantu dengan aplikasi seperti ini, sangat mempermudah dalam pemasaran dan pengenalan produk.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!